Jumat, Juni 29

pola pikir wirausaha dimasa kini


Abstrak
Saat ini wirausaha menjadi sebuah trend dikalangan mahasiswa yang menggeluti dunia bisnis diberbagai bidang, dan hasilnya pun tak tanggung-tanggung. Namun, semua itu tak semulus apa yang kita bayangkan, banyak hal yang membuat seorang pembisnis jatuh bangun.

Pendahuluan
Wirausaha adalah seseorang yang melakukan suatu usaha untuk mendapatkan keuntungan dimana dalam prosesnya bisa menciptakan sesuatu yang kreatif inovatif dan memiliki manfaat lebih. Wirausahawan atau seorang wirausaha juga harus memiliki karakter yang unik dan melekat pada dirinya seperti kepercayaan diri. Sehingga dapat membuat seseorang memiliki ambisi lebih untuk mencoba sesuatu yang sebelumnya belum pernah di coba.

Pembahasan
1.Jangan Banyak Rencana, Karena Rencana adalah Bencana.
Pemikiran ini tentu sangat bertolak belakang dengan kebanyakan pebisnis yang biasanya suka melakukan perencanaan secara matang. Menurut Bob Sadino, membuat perencanaan yang matang adalah sesuatu yang bisa menjadi bencana. Ia menulis dalam buku yang berjudul “Mereka Bilang Saya Gila”, di buku tersebut Bob Sadino menyebutkan bahwa rencana hanya berlaku bagi seseorang yang belajar ilmu manajemen.

2. Pemikiran Gila Bob Sadino “Carilah Kegagalan dan Kerugian”
Tentunya semua orang tidak ingin menerima kegagalan maupun kerugian, dan pasti berusaha keras untuk menghindarinya. Tapi berbeda dengan Bob Sadino, ia justru menyarankan untuk mencari kegagalan dan kerugian. Di dalam buku berjudul “Belajar Goblok dari Bob Sadino”, ia menjelaskan bahwa kebanyakan pengusaha berpikir linear: kalau mau usaha berarti harus untung agar berhasil.
Faktanya, saat menjalankan usaha seringkali pengusaha justru mengalami kerugian dan kegagalan. Itulah alasan mengapa ia menyarankan untuk mencari kegagalan dan kerugian. Bagi Bob Sadino sebuah keberhasilan dalam bisnis adalah sebuah titik puncak dari sekian banyak kegagalan yang telah dialami.

3. Jangan Kebanyakan Analisis
Hampir sama dengan poin nomor #2 “Recana adalah Bencana”, menurut Bob Sadino tidak perlu melakukan banyak analisis jika mau sukses. Alasannya, seringkali orang yang melakukan analisis justru membuatnya fokus pada hal-hal negatif. Analisis membuat seseorang berpikir tentang hal buruk yang bisa terjadi pada sebuah bisnis. Hal ini kemudian akan membuat orang tersebut menjadi sulit melangkah. Menurut Bob Sadino, lebih baik segera bertindak dan memulai usaha Anda, dan cetak keuntungan setiap bulannya.

4. Orang Bodoh Jadi Bos
Ini adalah pemikiran gila Bob Sadino yang mungkin tidak masuk akal bagi kebanyakan orang. Anda mungkin sudah tahu salah satu kutipan kata-kata Bob Sadino yang nyentrik ini, “Setinggi apapun pangkat yang dimiliki, Anda tetap seorang pegawai. Sekecil apapun usaha yang Anda punya, Anda adalah bossnya.”

Pemikiran inilah yang mengawali keputusan Bob Sadino untuk kembali ke tanah air setelah sekian lama menjadi karyawan di Amsterdam dan Hamburg.
Orang yang dianggap bodoh memang harus membuat usaha sendiri karena ia selalu ditolak oleh berbagai macam pekerjaan. Namun, untuk mengembangkan usahanya, tentunya orang yang dianggap bodoh tadi membutuhkan orang pintar untuk membantunya.
Hal ini sangat sesuai dengan yang terjadi pada diri Jack Ma, berkali-kali ditolak di dunia kerja karena dianggap tidak kompeten, justru akhirnya ia sukses menjadi seorang pengusaha dan membangun Alibaba.com.

5. Menjadi Peka Berkat Jalanan
Selama bertahun-tahun Bob Sadino “hidup di jalanan” dan melihat berbagai hal yang berhubungan dengan dunia wirausaha. Hal ini membuatnya menjadi lebih peka dalam melihat berbagai peluang usaha yang ada di sekitarnya. Menurut Bob Sadino, riwayat pendidikan seseorang bukanlah sesuatu yang harus diagungkan.

Theresia Deka Putri

Wanita berusia 24 tahun ini mampu menghasilkan omset berjumlah 1 miliar dari bisnis yang digelutinya, yakni industri kopi dan teh. Jeli melihat peluang, Theresia yang belum mencapai usia 20 tahun pada saat itu bisa meraih kesuksesan melalui komoditas kopi luwak lanang yang dikembangkan olehnya. Momen yang tepat membuatnya tidak kesulitan dalam memasarkan produk tersebut dengan baik.

Dia mencoba untuk mencari produk kopi luwak khusus yang hanya dimakan oleh luwak lanang dan menciptakan brand tersebut pada saat bersamaan. Jenis produk yang langka, membuat produk Theresia mampu menembus pasar Indonesia dengan cepat, dan bahkan merambah negara Taiwan, Jepang dan Korea Selatan. Saat ini dia memiliki sekitar 15 karyawan dan bernaung di bawah UD Karya Semesta yang didirikan olehnya. Beberapa penghargaan berhasil diraihnya, salah satunya adalah Wirausaha Muda Mandiri tahun 2012.

Daftar Pustaka
Ramdhani, Niko. 2017. Apa itu Wirausaha ? Berikut Definisi dan Tujuannya. https://uangteman.com/blog/bisnis/apa-itu-wirausaha/
Wibowo, Hery. 2011. Pola Pikir Wirausaha. http://kesos.unpad.ac.id/2011/09/27/pola-pikir-wirausaha/
Bangkapos.com. 2017. Mau Sukses Wirausaha, Coba 5 Ide Gila Bob Sadino Ini, Apa Mungkin?. http://bangka.tribunnews.com/

2016. 7 Profil Pengusaha Muda dan Sukses di Indonesia. https://www.cermati.com/artikel/7-profil-pengusaha-muda-dan-sukses-di-indonesia


1 komentar:

  1. Nama : Mochamad Zakaria
    Nim : 41115120047

    Saya setuju tentang motivasi yang di berikan oleh Alm.bob sadino,,
    Karna orang pintar tentang materi belom tentu pintar juga keadaan lapangan karna kepintarannya itu atas dasar tulisan di atas kertas bukan pengalaman di lapangan nyata,,
    Dan seorang yang pintar berfikir kepintaraannya untuk bekerja esok hari bukan membuka usaha agar orang lain bisa bekerja padanya namun berfikir bekerja kepada orang yang menurutnya sudah sukse,,
    Good artikel,,,

    BalasHapus