Rabu, Juni 6

STRATEGI JITU MARKETING BISNIS


STRATEGI JITU MARKETING BISNIS
ABSTRAK
Artikel ini bertujuan untuk memberikan informasi mengenai strategi-strategi apa saja yang dapat dilakukan untuk kegiatan Marketing Bisnis. Dimana Marketing Bisnis sangat berkaitan erat dengan pengaturan atau suatu sistem pemasaran produk atau jasa didalam usaha yang kita jalani.  
PENDAHULUAN
Pemasaran merupakan salah satu dari kegiatan-kegiatan pokok yang dilakukan oleh para pengusaha dalam usahanya untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, untuk berkembang dan untuk mendapatkan laba. Berhasil tidaknya dalam pencapaian tujuan bisnis tergantung kepada keahlian pengusaha di bidang pemasaran, produksi, keuangan maupun bidang lain. Selain itu tergantung pula pada kemampuan pengusaha untuk mengkombinasikan fungsi-fungsi tersebut agar usaha perusahaan dapat berjalan lancar.
Pada dasarnya tujuan dalam mendirikan perusahaan adalah mencari laba semaksimal mungkin. Keberhasilan suatu perusahaan dalam mencapai tujuan itu sangat dipengaruhi oleh kemampuan perusahaan dalam memasarkan produknya. Perusahaan dapat menjual produknya dengan harga yang menguntungkan pada tingkat kualitas yang diharapkan, akan mampu mengatasi tantangan dari para pesaing terutama dalam bidang pemasaran. Oleh karena itu untuk menarik konsumen melakukan pembelian maka perusahaan harus bisa menerapkan suatu strategi pemasaran yang tepat sesuai dengan kondisi pasar yang dihadapi. Keberhasilan strategi pemasaran dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu riset dan analisa pasar, keputusan tentang produk, penetapan harga, promosi dan distribusi (marketing mix).
MASALAH
Banyak sekali para pengusaha pemula tidak mengerti bagaimana strategi kegiatan Marketing Bisnis atau pemasaran didalam usaha yang  mereka jalankan. Maka dari kami sebagai penulis iingin memberikan informasi mengenai strategi apa saja untuk melakukan kegiatan Marketing Bisnis atau pemasaran serta tujuan adanya dari strategi itu sendiri.
PEMBAHASAN
Istilah pemasaran dalam bahasa Inggris dikenal dengan sebutan Marketing. Asal kata pemasaran adalah market yang artinya pasar. Didalamnya tercakup berbagai kegiatan seperti membeli, menjual, serta mendistribusikannya.

Menurut Stanton (Umar, 2005, 31) “Pemasaran adalah suatu system keseluruhan dari kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan baik pada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.”

Menurut Kotler ( 2001 ) definisi marketing adalah bekerja dengan pasar sasaran untuk mewujudkan pertukaran yang potensial dengan maksud memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia. Keberhasilan marketing dalam sebuah perusahaan merupakan kunci dari kesuksesan perusahaan tersebut.

Beberapa strategi pemasaran, diantaranya yaitu:
1.      Konsistensi: Tujuannya agar dapat membantu mengurangi biaya marketing serta meningkatkan efektivitas penciptaan merek.
2.      Perencanaan: Dalam menjalankan konsep marketing untuk usaha kecil, maka perlu perencanaan yang matang agar memperoleh banyak pelanggan. Karena itu, luangkan waktu sebanyak mungkin untuk merencanakan strategi marketing yang efektif, anggaran marketing yang dibutuhkan, serta konsep-konsep.
3.      Strategi: Beberapa hal yang biasanya dibahas saat menyusun rencana strategi adalah siapa target pasar, bagaimana cara membidik pelanggan, serta bagaimana cara menjaga agar konsumen yang ada menjadi pelanggan tetap.
4.      Target Market: Hal ini bertujuan untuk memperjelas target pasar seperti apa yang ingin Anda masuki sehingga konsep marketing yang ingin Anda buat lebih mudah untuk dilaksanakan.
5.      Anggaran:  Sebab dari anggaran yang telah dibuat tersebut, dapat menentukan berapa dana yang dibutuhkan untuk melakukan pemasaran.
6.      Marketing Mix: Marketing mix pada umumnya dijelaskan sebagai produk, harga, tempat serta promosi. Sebagai pengusaha, tentunya Anda perlu memutuskan secara spesifik produk atau jasa, berapa harga yang sesuai, bagaimana dan dimana Anda akan mendistribusikan produk yang Anda butuhkan, serta bagaimana cara agar orang lain dapat mengetahui mengenai produk apa yang sedang Anda tawarkan. Anda juga dapat menggunakan jasa perusahaan digital marketing untuk memasarkan produk Anda.
7.      Website: Sekarang ini, semua usaha bisnis membutuhkan website untuk memberikan informasi mengenai produk yang sedang Anda tawarkan, sebab hampir 60 persen konsumen yang datang mendapatkan informasinya melalui internet. 
8.      Branding: Branding merupakan proses yang menentukan apakah konsumen menerima produk dari perusahaan yang membuatnya. Usaha kecil tentunya membutuhkan brand, mulai dari gambar, logo serta produk unggulan yang dihasilkannya agar dapat dikenal oleh masyarakat sehingga semakin berkembang.
9.      SNS Operations: SNS operation merupakan salah satu strategi yang menggunakan media sosial untuk melakukan promosi dan iklan. Melakukan hal ini cukup mudah, Anda hanya perlu membuat suatu akun media sosial dan melakukan promosi dengan konten yang menarik. Jika perlu gunakan juga media yang berbayar untuk meningkatkan tingkat kunjungan ke media sosial Anda, seperti Keyword Planner, Facebook Ads, Twitter Ads, Instagram Ads dan lain-lain.
10.  Customer Relations Management: Untuk dapat menciptakan konsumen yang loyal dan konsisten, tentu membutuhkan pengelolaan hubungan yang baik dengan para pelanggan. Anda tentunya tidak mau pelanggan Anda lari ke perusahaan lainnya. Karena itu, buatlah pengelolaan hubungan yang baik dengan pelanggan, seperti membuat kartu member khusus pelanggan dan memberikan potongan harga bagi para member tersebut.
11.  Mobile Marketing: Dengan meningkatnya pengguna ponsel pintar dan tablet tentunya membuat pesan pemasaran dan konten untuk platform mobile merupakan suatu keharusan. Hal itu dikarenakan semakin banyaknya konsumen yang melihat konten, menerima email serta membeli produk menggunakan smartphone ini.

Tujuan Strategi Marketing untuk bisnis kita, yaitu:
  1. Untuk meningkatkan kualitas koordinasi antar individu yang tergabung di dalam tim pemasaran
  2. Sebagai alat ukur hasil pemasaran berdasarkan standar prestasi yang telah ditentukan
  3. Sebagai dasar yang logis dalam setiap pengambilan keputusan pemasaran
  4. Untuk meningkatkan kemampuan dalam beradaptasi jika terdapat perubahan-perubahan dalam pemasaran
CONTOH KASUS
Bambang Mustari Sadino
Sosok sukses Indonesia ini lebih dikenal dengan panggilan Bob Sadino. Bob dikenal sebagai sosok yang santai dan tenang. Dia memulai bisnis di bidang pangan dan peternakan. Beliau adalah pemilik dari jaringan usaha Kemfood dan Kemchick. Dari banyak kata yang terucap, pasti banyak yang suka dengan "Orang pintar belajar keras untuk melamar pekerjaan. Orang goblok berjuang keras untuk sukses biar bisa bayar para pelamar kerja."
KESIMPULAN
Pada dasarnya strategi marketing dalam dunia bisnis sangatlah di perlukan. Sebab, tujuan dengan adanya strategi kita dapat mengatur bagaimana peluang-peluang untuk mendapatkan keuntungan yang kita inginkan. Adapun strategi marketing dalam dunia bisnis, yaitu:
1.      Konsistensi
2.      Perencanaan
3.      Strategi
4.      Target Marketing
5.      Anggaran
6.      Marketing Mix
7.      Website
8.      Branding
9.      SNS  Operation
10.  Customer Relation Management
11.  Mobile Marketing
Dengan tujuan sebagai:
  1. Untuk meningkatkan kualitas koordinasi antar individu yang tergabung di dalam tim pemasaran
  2. Sebagai alat ukur hasil pemasaran berdasarkan standar prestasi yang telah ditentukan
  3. Sebagai dasar yang logis dalam setiap pengambilan keputusan pemasaran
  4. Untuk meningkatkan kemampuan dalam beradaptasi jika terdapat perubahan-perubahan dalam pemasaran
DAFTAR PUSTAKA


Tidak ada komentar:

Posting Komentar