Selasa, Juli 3

Introduce E-COMMERCE


Sepatah kata
Sepinya mall dan supermarket diasumsikan sebagian pengamat ekonomi dan pelaku ekonomi sebagai semakin melemahnya daya beli masyarakat. Isu tersebut semakin di goreng oleh beberapa politikus sebagai gambaran ekonomi kita yang terpuruk dan susahnya hidup saat ini, tapi apakah hal itu benar?
E commerce saat ini memang tidak bisa 100 persen menyediakan barang yang dibutuhkan konsumen tapi 10 tahun lagi siapa yang bisa menjamin. Produsen sudah banyak mengubah pola penjualan langsung ke konsumen melalui e commerce. Sekarang giliran retil modern dan toko konvensional yang harus menyesuaikan dengan perkembangan zaman jika tidak ingin tinggal sejarah saja.
Kata kunci:
E-commerce , teknologi internet
Pembahasan:
    E-commerce
E-commerce adalah  penyebaran,  pembelian, penjualan, pemasaran barang dan  jasa  melalui  sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan computer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana 4elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

E-commerce menurut martin kütz dalam rustamaji adalah pertukaran barang dan jasa antara (biasanya) organisasi independen dan / atau orang-orang yang didukung oleh penggunaan sistem  ict (information & commucation technology) yang komprehensif dan infrastruktur jaringan yang standar secara global.
Sistem e-commerce bertumpu pada resources internet dan jaringan komputer lain untuk menunjang setiap langkah dalam proses tersebut di atas
       1.      Business – to - consumer commerce
Pertama, strategi yang berkaitan dengan penarikan minat konsumen.
Kedua, strategi yang berkaitan dengan penjagaan loyalitas konsumen. sedangkan tip-tip agar business-to-consumer commerce sukses adalah jagalah kesederhanaan, berikan nilai tambah, mudahkan cara pembelian, tunjukkan sertifikasi keamanan, menjaga privasi pelanggan, berikan harga terendah, mudahkan akses, berinomor bebas pulsa, usahakan tepat waktu, berilah jawaban secepatnya, gunakan penjawab otomatis, lakukan konfirmasi, berikan pengiriman terendah, dan sertakan garansi kepuasan.”
       2.      Business – to - business commerce
Menurut (kastner, 1997) dalam prihastono (2010).business – to - business commerce adalah situs perdagangan partai. Contoh: perusahaan penjaul produk ke perusahaan lain. Hubungan jaringan bisnis dengan perusahaan lain diperlukan untuk menjalin dan menjual produk disebut supply chain supply chain management (scm) adalah konsep manajemen yang mengintegrasikan manajemen dengan proses rantai persediaan. Tujuan dari scm adalah untuk meminimalkan biaya, meningkatkan keuntungan, memperbaiki kinerja, dan memberi nilai tambah untuk bersaing.
Pentingnya e-commerce
Pentingnya      e-commerce   adalah :
1.         Orang yang ingin membeli barang atau transaksi lewat internet hanya
membutuhkan akses internet dan interface-nya menggunakan web browser
2.         Menjadikan portal e-commerce / e-shop tidak sekedar portal belanja, tapi  
menjadi tempat berkumpulnya komunitas dengan membangun basis 
komunitas, membangun konsep pasar bukan sekedar tempat jual beli dan
sebagai pusat informasi(release,product review, konsultasi, etc)
3.         Pengelolaan yang berorientasi pada pelayanan, kombinasi konsepsi pelayanan
konvensional dan virtual : Responsif (respon yang cepat dan ramah), Dinamis,
Informatif         dan      komunikatif
4.         Informasi yang up to date, komunikasi multi-arah yang dinamis
5.         Model  pembayaran : kartu    kredit   atau     transfer.

Contoh Kasus
Dalam hal ini contoh kasus mengenai proses transaksi pembelian sebuah barang dalam E-Commerce melalui aplikasi situs www.e-bay.com dengan penjelasaanya sebagai berikut, Ebay.com adalah pusat jual-beli dan lelang barang atau jasa online terbesar didunia, semua orang dari seluruh dunia dapat membeli atau menjual di ebay, karena banyaknya pengguna ebay sebanyak 200 juta orang pada juni 2006 (sama dengan populasi negara terbesar kelima didunia setelah indonesia 220 juta orang) anda dapat menemukan hampir barang atau jasa apapun di ebay. Disini kami beritahu langkah-langkah dalam transaksi die bay, pertama pembeli harus mengetahui situs yang akan dipilih sebagai tempat transaksi seperti www.e-bay.com, setelah kita mengunjungi situs terlihat tampilan depan halaman situs tersebut dimana kita terlebih dahulu harus melogin. Apabila kita belum menjadi menjadi member didalam situs tersebut kita harus register melalui form yang tersedia disitus tersebut. Setelah kita mendaftarkan diri kita die bay kita harus menunggu verisifikasi dari ebay di email kita. Setelah kita mendapat balasan dari ebay kita bisa verifikasi di situs ebay tersebut.
Sebelum kita mendaftarkan di ebay kita harus mempunyai alat transaksi pembayaran yang disebut dengan Paypal. Dimana paypal berfungsi sebagai alat pembayaran terbesar di dunia dan dipakai oleh ebay. PayPal menyatakan pembeli yang menggunakan PayPal dapat melakukan komplain dalam waktu 45 hari jika pembeli belum mendapatkan barang yang dipesan atau jika barang yang dipesan tidak sesuai deskripsi yang di beritahukan penjual

Daftar Pustaka
Ade, Kemal, dan Sularto, Lana. “Introduction To E-Commerce.” Lembaga Pengembangan Komputerisasi Universitas Gunadarma : Jakarta, Januari, 2001.

Abdul Kadir, “ Pengantar Sistem Informasi.” Andi Yogyakarta : Yogyakarta, 2003.

http://forum.indo-onlines.com/lofiversion/index.php/t139.html
http://kulino.dinus.ac.id/file.php/1/moddata/forum/5/425/04b-pengembangan-aplikasi-e-commerce_1_.ppt
 www.e-bay.com
http://www.sentralweb.com/script.php?halaman=berita&klik=lihat&artid=13
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar