Selasa, Juli 10

Komunitas Bisnis



@L05-Vaizar , @proyek-L06 ,
@startup-L02











ABSTRAK
Komunitas bisnis menjadi trending dikalangan masyarakat sosialita saat ini ,dan dari berbagai stakeholder.pebisnis Muda saat ini tentunya ditantang untuk ikut andil dalam kegiatan komunitas bisnis,ditambah dengan banyaknya aplikasi jejaring sosial yang memudahkan setiap orang didalam berkomunikasi

Kata kunci :  Komunitas dan Bisnis
Rumusan Masalah
Bagaimana Langkah-langkah membentuk sebuah komunitas bisnis yang berhasil dan memiliki output yang besar
Bagaimana antusias dari khayalah pebisnis Muda mengikuti tren dari komunitas Bisnis ini

Pendahuluan
Menjalankan dan mengelola sebuah usaha tidak bisa teman-teman lakukan sendirian tanpa melibatkan orang lain. Mungkin masih bisa sih dengan melibatkan sedikit orang dalam mengelola intern bisnis sobat. Namun untuk menunjang perkembangan dan eksistensi bisnis, teman-teman tidak bisa hanya mengandalkan diri sendiri saja. Ide bisnis yang brilian akan tidak maksimal jika hanya dilakukan sobat sendiri saja. Apalagi ketika bisnis yang teman-teman kerjakan saat ini sedang dalam tahapan pengembangan.
Saya ingin menyampaikan kepada teman-teman pebisnis bahwa dalam menjalankan usaha juga sangat penting peran dari sebuah komunitas bisnis. Komunitas bisnis sendiri adalah sekumpulan orang yang mempunyai kesamaan cara pandang bisnis dalam kehidupannya.
Pembahasan
Saat ini komunitas bisnis sudah menjamur di dunia maya dan tidak lagi dibatasi oleh ruang dan waktu. Orang dari belahan bumi yang berbeda bisa bersatu dalam sebuah komunitas tanpa pernah bertemu satu dengan yang lain. Kondisi ini tentu menjadi peluang bagi seorang pengusaha, terutama tentu bagi start-up bisnis. Dalam teori bisnis saat ini, kekuatan utama sebuah perusahaan adalah jaringan. Tentu keberadaan komunitas bisnis akan menambah jaringan yang dimiliki oleh start-up dan akan menjadi aset intangible yang bernilai tinggi.
beberapa dampak atau hal positif dari Komunitas Bisnis:
1. Komunitas Bisnis Memperkaya Wawasan
Dengan adanya sebuah komunitas bisnis, sedikit banyak tentu akan menambah wawasan startup dalam dunia bisnis. Baik untuk bisnis yang sama dengan yang pebisnis kerjakan atau mungkin bisnis yang sama sekali berbeda. Dengan bergabung dengan komunitas bisnis, calon pebisnis juga akan memperoleh wawasan yang banyak dan juga bermacam-macam.
Dengan wawasan yang beraneka ragam inilah yang nantinya ke depan akan menambah pengalaman pada cara berpikir seorang pebisnis. Pebisnis juga akan semakin tahu bagaimana cara menghadapi suatu masalah, bagaimana memecahkannya dan bagaimana harus mengambil langkah yang tepat terhadapnya.
2. Komunitas Bisnis Menambah Informasi
Tentu saja hal ini sangat mudah didapatkan oleh seorang pebisnis ketika bergabung dengan sebuah komunitas bisnis. Informasi yang menjadi salah satu faktor kesuksesan sebuah bisnis akan mudah di peroleh ketika bergabung dengan komunitas. Apalagi didukung dengan canggihnya dunia informasi saat ini.Info-info seputar bisnis saat ini begitu mudah menyebar melalui internet, baik dengan media sosial, blog ataupun melalui email.kecepatan dan keakuratan informasi juga sangat membantu pada percepatan bisnis.
3. Komunitas Bisnis Memungkinkan Saling Bertukar Informasi
Dengan begitu terbukanya akses informasi dan mengalir begitu cepat, maka dalam sebuah komunitas yang dibangun memungkinkan untuk saling bertukar informasi. Saling memberi informasi terbaru mengenai ide bisnis sangat mudah dilakukan. Pertukaran informasi seperti ini memungkinkan untuk mendapatkan ide-ide kreatif dalam menjalankan sebuah bisnis. dengan adanya berbagai informasi dari komunitas bisnis, tentu akan memudahkan kita dalam menggali inovasi dan kreasi.
4. Komunitas Bisnis Menjalin Hubungan yang Baik
Dengan membangun sebuah wadah komunitas, rasa persaudaraan akan semakin tumbuh dan semakin kuat. Apa keuntungan dari tumbuhnya rasa persaudaraan ini pada bisnis kita, tentu ada banyak sekali. Karena dalam dunia bisnis tentu saja kita tidak selalu berada pada kondisi yang aman dan nyaman,  memberikan motivasi adalah sangat penting.
5.Pertukaran Informasi Bisnis
Komunitas bisnis memungkinkan seseorang memiliki kedekatan antara anggota satu dengan yang lain. Hal ini merupakan kesempatan pebisnis dan rekan pebisnis untuk saling mengobrol dan bertukar pikiran. Dalam moment seperti ini sering muncul informasi atau gagasan-gagasan baru yang sebelumnya tidak terpikirkan.  Misalnya, dari sharing dengan anggota komunitas Anda menjadi tahu tentang strategi bisnis yang baru, dan sudah berhasil diterapkan.  Bagi seorang start-up, kita harus terus belajar kepada siapapun yang memungkinkan untuk kita bisa maju dalan usaha.
Kesimpulan
komunitas Bisnis memiliki peran andil masing-masing Buka sekedar mencari keuntungan akan tetapi membentuk sebuah ikatan persaudaraan yang bisa saling bertukar pikiran
Daftar Pustaka
https://id.techinasia.com/talk/seberapa-penting-nilai-komunitas-bagi-sebuah-emstartupem-atau-bisnis-lainnya
http://goukm.id/definisi-istilah-istilah-bisnis/
https://www.maxmanroe.com/5-peran-strategis-komunitas-bisnis-dalam-dunia-usaha.html
http://binus.ac.id/malang/2017/09/pentingnya-komunitas-bisnis-bagi-start-up/




Tidak ada komentar:

Posting Komentar