Senin, Juli 2

manajemen fungsional



MANAJEMEN FUNGSIONAL
1.    Ellyza Anggraini                @L21-Ellyza
2.    Novia Nila Sutarman        @L22-Novia
3.    Chairunnisa                       @L23-Nisa


ABSTRAK
Artikel ini bertujuan untuk menganalisis kontribusi dari manajemen fungsional dalam pengimplementasian strategi dimana terdiri dari: 1) Manajemen Produksi, 2) Manajemen Marketing, 3) Manajemen Keuangan, dan 4) Manajemen Sumber Daya Manusia dalam penerimaan dayaguna berdasarkan pendekatan Scorecard Balanced baik secara simultan maupun parsial. 

KATA KUNCI : manajemen, fungsional. 

Pendahuluan
Kondisi ekonomi yang serba sulit yang dibarengi krisis moneter yang berkepanjangan serta persaingan usaha yang semakin kompetitif tersebut, maka setiap perusahaan (institusi bisnis) dituntut memiliki daya adaptif yang tinggi. Apabila perusahaan tidak mampu menyesuaikan diri dengan lingkungannya yang terus berubah secara cepat, maka perusahaan tersebut harus bersiapsiap untuk keluar (exit) dari dunia bisnis. Oleh karena itu pihak manajemen perusahaan dituntut untuk bekerja lebih keras secara efektif dan efisien dalam upaya mencapai tujuan perusahaan.

Rumusan Masalah
1.    Apa pengertian dari manajemen fungsional?
2.    Apakah aktivitas dari manajemen fungsional dalam kontribusi pada suatu departemen?

Pembahasan
 pengertian manajemen fungsional adalah sebuah bentuk supaya kontribusi pada dalam suatu departemen dapat bertahan pada tingkatan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.Sebuah sumber daya manusia menjadi tidak berharga lagi bila mana manajemen sumber daya manusia mempunyai sebuah kriteria yang lebih rendah dari yang dibutuhkan oleh perusahaan. Kedengarannya hal itu kejam, akan tetapi dalam sebuah perusahaan hal itu sangatlah dipegang teguh. Adapun aktivitas dari manajemen fungsional tersendiri terdiri dari manajemen sumber daya manusia (msdm), manajemen produksi, manajemen marketing, manajemen keuangan.
Yang mana keempat hal tersebut merupakan sebuah pendekatan manajemen yang cukup klasik berdasarkan dari fungsi ataupun tugas.
Salah satu pemikiran manajemen modern, Henry Fayol (1841-1925), seorang industrialis Perancis, adalah orang yang pertama menjelaskan secara systematis pengetahan manajemen dan fungsinya. Fungsi yang dimaksud adalah merencanakan. Mengorganisir, memimpin, dan mengedalikan. Kemudian H. Koontz (1982) memberikan definisi sebagai berikut:
Manajemen adalah proses merencanakan, mengorganisir, memimpin dan mengendalikan kegiatan anggota sumber daya yang lain untuk mencapai sasaran organisasi (perusahaan) yang telah ditentukan.”
Aktivitas manajemen fungsional
Manajemen sumber daya manusia (msdm)
Manajemen operasional
Manajemen pemasran
Manajemen keuangan

MSDM
·         Mary Parker Follett
Manajemen Sumber Daya Manusia adalah suatu seni untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi melalui pengaturan orang-orang lain untuk melaksanakan berbagai pekerjaan yang diperlukan, atau dengan kata lain tidak melakukan pekerjaan-pekerjaan itu sendiri.
·         Edwin B. Flippo
Manajemen Sumber Daya Manusia adalah perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan kegiatan-kegiatan pengadaan, pengembangan, pemberian kompensasi, pengintegrasian, pemeliharaan dan pelepasan sumber daya manusia agar tercapai berbagai tujuan individu, organisasi dan masyarakat

MOP
·         Produksi adalah penciptaan atau penambahan faedah, bentuk, waktu dan tempat atas faktor-faktor produksi sehingga lebih bermanfaat bagi pemenuhan kebutuhan manusia.
·         Produk adalah hasil dari kegiatan produksi yang berwujud barang dan jasa.
·         Produsen adalah orang atau badan ataupun lembaga lain yang menghasilkan produk.
·         Produktivitas adalah suatu perbandingan dari hasil kegiatan yang sesungguhnya dengan hasil kegiatan  yang seharusnya.
·         Pelaksanaan kegiatan–kegiatan manajerial dalam pemilihan, perancangan, pembaharuan, pengoperasian, dan pengawasan sistem produktif.

MP
Serangkaian kebijaksanaan dalam penyediaan barang dan jasa yang tepat kepada orang yang tepat, pada waktu yang tepat,harga yang tepat, dengan komunikasi yang tepat.
   Keputusan2 yg diambil dalam MP dikenal dgn Marketing Mix (bauran pemasaran) atau 4 P
        1. Produk
        2. Price
        3. Place (distribution)
        4. Promotion

MK
Aktivitas menyediakan segala kebutuhan finansial yang berhubungan dengan operasional perusahaan atau organisasi.
Lalu, apa yang dikerjakan Manajer?

Melalui Pendekatan Fungsional dapat disederhanakan, menjadi :

1. Planning (Merencanakan)
Mendefinisikan tujuan, menetapkan strategi untuk mencapai tujuan, mengembangkan rencana untuk mengintegrasikan dan mengkoordinasikan aktivitas.

2. Organizing (Mengorganisasikan)
Menyusun/menata kerja untuk mencapai tujuan organisasi.

3. Leading (Memimpin/Mengatur)
Bekerja bersama dan memanfaatkan orang-orang untuk mencapai tujuan.
Controlling (Mengendalikan)
Memonitor, membandingkan, dan mengoreksi pekerjaan


Kesimpulan
Dalam berwirausaha diperlukan adanya manajemen. Manajemen fungsional bisa diartikan sebagai salah satu kegiatan atau usaha dari suatu bagian yang berperan aktif agar dapat memberikan kontribusi kepada suatu perusahaan agar perusahaan tersebut tetap bisa bertahan. 

Daftar pustaka
·         Gunarianto. 2014. Jurnal Kontribusi Manajemen Fungsional dalam Implementasi Strategi Perusahaan terhadap Pencapaian Kinerja Perusahaan Manufaktur Berdasarkan Pendekatan Balanced Scorecard (Survey Pada Perusahaan Manufaktur Berskala Besar di Kota Surabaya).
·         Hansen, Mowen R Don dan Maryanne M. 1997. Management Accounting. International. Ohio: Thomson Publishing Co.
·         Jauch, lawrence R & William F Glueck. 1998. Strategic Management and Business Policy. USA: Mc Graw-Hill International.
·         Setiawan Hari Purnomo & Zulkieflimansyah 1996. Manajemen Strategi: Sebuah Konsep Pengantar. Jakarta: Lembaga Penerbit FE UI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar