Minggu, Juli 15

Manajemen Fungsional

Disusun Oleh : Guntur Wahyu P
Muhammad Farhan N

ABSTRAK
Artikel ini bertujuan untuk menganalisis kontribusi dari manajemen fungsional dalam pengimplementasian strategi dimana terdiri dari: 1) Manajemen Produksi, 2) Manajemen Marketing, 3) Manajemen Keuangan, dan 4) Manajemen Sumber Daya Manusia dalam penerimaan dayaguna berdasarkan pendekatan Scorecard Balanced baik secara simultan maupun parsial. 

KATA KUNCI manajemen, fungsional. 

Pendahuluan
Kondisi ekonomi yang serba sulit yang dibarengi krisis moneter yang berkepanjangan serta persaingan usaha yang semakin kompetitif tersebut, maka setiap perusahaan (institusi bisnis) dituntut memiliki daya adaptif yang tinggi. Apabila perusahaan tidak mampu menyesuaikan diri dengan lingkungannya yang terus berubah secara cepat, maka perusahaan tersebut harus bersiapsiap untuk keluar (exit) dari dunia bisnis. Oleh karena itu pihak manajemen perusahaan dituntut untuk bekerja lebih keras secara efektif dan efisien dalam upaya mencapai tujuan perusahaan.

Rumusan Masalah
1.    Apa pengertian dari manajemen fungsional?
2.    Apakah aktivitas dari manajemen fungsional dalam kontribusi pada suatu departemen?

PEMBAHASAN

Pengertian manajemen fungsional (manajer fungsional) sendiri adalah aktivitas dari manajer madya untuk dapat mencapai tujuan dari sebuah perusahaan.Pengertian lainnya adalah, manajemen fungsional merupakan sebuah bentuk supaya kontribusi pada dalam suatu departemen dapat bertahan pada tingkatan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Berikut ini dikemukakan berbagai batasan manajemen.
1.       George R. Terry dalam bukunya The Principles of Management mengatakan bahwa manajemen adalahpencapaian tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya, dengan menggunakan kegiatan orang lain.
2.       Henry Fayol dalam bukunya General Industrial Management mengatakan bahwa manajemen adalah proses tertentu yang terdiri atas kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian, dan pengendalian dalam rangka mencapai tujuan.
3.       John D. Millet dalam bukunya Management in the Public Service mengemukakan bahwa manajemen adalah proses dalam memberikan arahan pekerjaan kepada orang-orang dalam suatu organisasi guna mencapai tujuan.
4.       Harold Koontz dan Cyril O’Donnell dalam bukunya ThePrinciples of Management mengatakan bahwa manajemen adalah cara untuk mencapai tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain.

Aktivitas manajemen fungsional
1.      Manajemen sumber daya manusia (msdm)
2.      Manajemen operasional
3.      Manajemen pemasran
4.      Manajemen keuangan

adalah pendekatan manajemen klasik berdasarkan fungsi/tugas.
Melalui Pendekatan Fungsional dapat disederhanakan, menjadi :

1. Planning (Merencanakan)
Mendefinisikan tujuan, menetapkan strategi untuk mencapai tujuan, mengembangkan rencana
untuk mengintegrasikan dan mengkoordinasikan aktivitas.
2. Organizing (Mengorganisasikan)
Menyusun/menata kerja untuk mencapai tujuan organisasi.
3. Leading (Memimpin/Mengatur)
Bekerja bersama dan memanfaatkan orang-orang untuk mencapai tujuan.
Controlling (Mengendalikan)
Memonitor, membandingkan, dan mengoreksi pekerjaa
Beberapa literatur mengemukakan pengertian yang berbeda, namun memiliki esensi yang sama.
Para ahli manajemen berbada pandangan dalam mengemukakan fungsi-fungsi manajemen. Sekalipun para ahli manajemen tersebut memeiliki perbedaan pandangan dalam melihat fungsi-fungsi manajemen, akan tetapi esensinya tetap sama, bahwa:
1.      Manajemen terdiri dari berbagai proses yang terdiri dari tahapan-tahapan tertentu yang berfungsi untuk mencapai tujuan organisasi.
2.      Setiap tahapan memeiliki keterkaitan satu sama lain dalam percapaian tujuan organisasi.
DAFTAR PUSTAKA
Admin, 2018. 3 kategori manajemen funsional. http://rocketmanajemen.com/manajemen-fungsional/ (Dikutip, 15-Juli-2018)
Raranatasha, 2013. Manajemen Fungsional. https://raranatasha.wordpress.com/2013/01/09/manajemen-fungsional/ (Dikutip, 15-Juli-2018)
Syamjani, Raaf. 2013. Makalah Tentan Perkenalan Konsep Manajemen. https://raafsyamjani.wordpress.com/2013/04/25/makalah-tentang-perkenalan-dengan-konsep-manajemen/ (Dikutip, 15-Juli-2018)
JUNICHIRO, WULAN. 2016. Peranan Dan Fungsi Manajemen. https://wulanjunichiro.wordpress.com/2016/11/06/peranan-dan-fungsi-manajemen/ . (Dikutip, 15-Juli-2018)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar