Selasa, Juli 3

manajemen pemasaran dalam organisasi bisnis



Manajemen Pemasaran dalam Organisasi Bisnis
1.    Ellyza Anggraini                @L21-Ellyza
2.    Novia Nila Sutarman        @L22-Novia
3.    Chairunnisa                       @L23-Nisa

Proyek-L10

Abstrak
Manajemen menjadi semakin penting seiring dengan perkembangan zaman, begitu juga organisasi tanpa manajemen akan menjadi sulit. Organisasi diselenggarakan karena adanya kepentingan tujuan yang dicapai, setiap organisasi mempunyai keterbatasan akan sumber daya manusia, uang dan fisik untuk mencapai tujuan organisasi. Keberhasilan mencapai tujuan tergantung pada pemilihan tujuan yang akan dicapai dengan cara menggunakan sumber daya untuk mencapai tujuan organisasi sesuai dengan apa yang diharapakan. 

Kata kunci:manajemen pemasaran, organisasi bisnis.

Pendahuluan
Adanya penggunaan sumber daya organisasi, baik sumber daya manusia, maupun faktor-faktor produksi lainnya. Sumber daya tersebut meliputi sumber daya manusia, sumber daya alam, sumber daya keuangan, serta informasi (Griffin,2002)
Adanya proses yang bertahap dari mulai perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengimplementasian, hingga pengendali an dan pengawasan.proses yang menyangkut bagaimana strategi dan taktik yang telah dirumuskan dalam perencanaan didesain dalam sebuah struktur organisasi yang tepat dan tangguh, sistem dan lingkungan organisasi yang kondusif, dan dapat memastikan bahwa semua pihak dalam organisasi dapat bekerja secara efektif dan efisien guna pencapaian tujuan organisasi.

Rumusan Masalah
1.    Apa yang di maksud Organiasasi Bisnis ?
2.    Apa yang di maksud peranan manajemen ?

Pembahasan
Manajemen Pemasaran adalah kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada    intinya berusaha untuk mengidentifikasi apa sesungguhnya yang dibutuhkan oleh konsumen, dana bagaimana cara pemenuhannya dapat diwujudkan.
Fungsi manajemen pemasaran meliputi riset konsumen, pengembangan produk,komunikasi-promosi, distribusi, penetapan harga dan pemberian service. Semuakegiatan ini dilakukan untuk mengetahui, melayani, memenuhi dan memuaskan kebutuhan konsumen.
Konsep dasar dalam manajemen bisnis yaitu:
1. Mengetahui konsep dasar manajemen dan mengapa manajemen diperlukan dalam sebuah organisasi bisnis.
2. Mengetahui konsep manajemen secara fungsional yang mencakup kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pengimplementasian, serta pengendalian dan pengawasan.
3. Mengetahui konsep manajemen secara operasional dalam organisasi bisnis yang mencakup manajemen sumber daya manusia, manajemen produksi atau operasi,manajemen pemasaran, dan manajemen keuangan.
Organisasi adalah sekelompok orang yang bekerjasama dalam struktur dan kordinasi tertentu dalam mencapai serangkaian tujuan tertentu.(Griffin,2002).Sekumpulan orang atau kelompok yang memiliki tujuan tertentu dan berupaya untuk mewujudkan tujuannya tersebut melalui kerjasama. (Ernie&Kurniawan,2005).
Kesimpulan
Sebagai kegiatan yang sistematis, setiap elemen yang membentuk organisasi diatas harus berinteraksi dan membentuk satu kesatuan yang integral. Sebuah sistem tidak bisa berfungsi dengan baik jika elemen-elemen yang ada tidak terintegrasi melalui interaksi yang baik. Dan untuk  mencapai kerja sama yang harmoni dan sinergis, dibutuhkan sistem pengatur yang pada intinya terdiri dari aturan-aturan dan pengatur pihak yang menjalankan dan menegakkan aturan. 
Daftar pustaka
·         Fauziyah, Ainul. 2014. Organisasi Manajemen Bisnis. http://ainainulfauziyah.blogspot.com/2014/11/makalah-organisasi-manajemen-bisnis.html .
·         Walker, O., and Ruekert, R. 1987. ”Marketing’s Role in the Implementation of Business strategies: a Critical Review and Conceptual Framework,” Journal of Marketing, 51 (3):15-33.
·         Sirumapea, Winda. 2012. Manajemen Bisnis.https://windasirumapea.wordpress.com/2012/12/03/manajemen-dan-organisasi-bisnis/.
·         Herlina. Jurnal Hubungan Tipe Strategi Bisnis dan Strategi Pemasaran Dalam Menciptakan Keunggulan Bersaing Perusahaan Dengan Menggunakan Manajemen Tenaga Penjual.  Jurnal Manajemen, Vol. 6, No. 1, Nov 2006.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar