Minggu, Juli 15

Manajemen Pemasaran Dalam Organisasi Bisnis

Disusun Oleh: Muhamad Farhan Naufal
Guntur Wahyu Prasetiyo

ABSTRAK
Bisnis ritel tidak hanya menjual produk atau barang tetapi juga pelayanan kepada pelanggannya. Oleh karena itu kepuasan pelanggan menjadi kunci sukses sebuah strategi pemasaran. Kepuasan pelanggan diharapkan menghasilkan company loyality dan pembelian berulang (repeat purchase atau product repurchase).
Supermarket Millenium telah melaksanakan strategi bauran pemasaran tetapi masalah yang dihadapi adalah belum tercapinya target yang diinginkan oleh perusahaan. Permasalahan timbul karena strategi bauran pemasaran yang dilaksanakan belum dapat memenuhi harapan sehingga pelanggan belum merasa puas.

KATA KUNCI : manajemen, pemasaran, konsumen, produsen

PENDAHULUAN

Globalisasi telah mendorong beberapa perusahaan untuk memasarkan di luar negara asal mereka. Pemasaran internasional merupakan bagian dari strategi pemasaran perusahaan-perusahaan tersebut. Manajer pemasaran sering bertanggung jawab untuk mempengaruhi tingkat, waktu, dan komposisi permintaan pelanggan. Hal itu berlaku tidak pada semua kasus karena peran seorang manajer pemasaran dapat bervariasi sangat signifikan berdasarkan ukuran bisnis, budaya organisasi, dan konteks industri. Sebagai contoh, dalam sebuah perusahaan produk konsumen besar, manajer pemasaran dapat bertindak sebagai manajer umum dari keseluruhan produk yang menjadi tugasnya. Untuk menciptakan strategi manajemen pemasaran yang efektif dan efisien, perusahaan harus memiliki pemahaman mendetail dan objektif mengenai bisnis mereka sendiri dan pasar tempat mereka beroperasi. Dalam menganalisis permasalahan-permasalahan ini, bidang manajemen pemasaran sering tumpang-tindih bidang perencanaan strategis.(wikipedia)

RUMUSAN MASALAH
1.      Apa itu manajemen pemasaran?
2.      Apa fungsi dari managemen pemasaran?


PEMBAHASAN

A.     PENGERTIAN MANAJEMEN PEMASARAN

Manajemen pemasaran adalah suatu proses perencanaan dan pelaksanaan pemikiran, penetapan harga, promosi, serta penyaluran barang, jasa dan gagasan untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan-tujuan individu dan organisasi. Manajemen pemasaran terjadi apabila sekurang-kurangnya satu pihak dari pertukaran potensial memikirkan cara untuk mendapatkan tanggapan dari pihak lain sesuai dengan yang dikehendaki.

B.     PERAN PEMASARAN DALAM ORGANISASI

Di dalam suatu organisasi manajer harus menyusun suatu struktur organisasi formal yang orang-orang serta sumber-sumber fisiknya dipersiapkan dengan baik untuk melaksanakan rencana dan mencapai tujuan keseluruhan.


Berikut ini peranan pemasaran dalam organisasi : 
  •  Peran Pemasaran dalam Sektor Bisnis 
Di dalam sektor bisnis, pemasaran mulai di sadari oleh berbagai perusahaan pada waktu yang berbeda. Ada beberapa sebagian contoh yang termasuk dalam kategori pelopor di Asia seperti misalnya unilever, philips, dan sony. Di berbagai negara memiliki perbedaan dalam mempraktikan pada pangsa pasarnya. Secara umum, pemasaran cepat menyebar di perusahaan - perusahaan penghasil produk konsumen dalam bentuk kemasan (consumer packaged-goods), dan perusahaan penghasil produk untuk konsumen tahan lama (consumer durable-goods), dan perusahaan barang industri. Perusahaan jasa atau pelayanan konsumen  (consumer service firm), khususnya untuk perusahaan penerbangan dan bank mereka telah menuju pada pemasaran modern. 
  • Peran Pemasaran dalam Sektor Non-Profit 
Pemasaran semakin menarik minat organisasi non profit seperti perguruan tinggi, rumah sakit, gereja, dan kelompok kesenian, khususnya di Negara-negara maju. Berbagai instansi pemerintah dan lembaga non - profit swasta juga meluncurkan kampanye pemasaran sosial untuk mengurangi merokok, minum alkohol, penggunaan obat bius, dan hubungan seks yang tidak aman. 
  •  Peran Pemasaran dalam Sektor Internasional  
Perusahaan multi nasional banyak menanamkan modalnya untuk meningkatkan kemampuan pemasaran globalnya. Beberapa perusahaan multi nasional Eropa dan Jepang seperti Nestle, Benetton, Unilever, Sony, dan lain sebagainya dalam banyak hal telah memahami pemasaran secara lebih baik dan mengalahkan para pesaingnya dari Amerika Serikat. Perusahaan multi nasional telah memperkenalkan dan menyebarluaskan praktik pemasaran modern ke seluruh dunia. Hal ini memaksa perusahaan-perusahaan domestik yang lebih kecil di berbagai Negara untuk memperkuat pemasaran mereka supaya dapat bersaing secara efektif dengan perusahaan multi nasional.


C.   KONSEP PEMASARAN

Dalam kegiatan pemasaran terdapat beberapa konsep pemsaran dimana masing-masing konsep memiliki tujuan yang berbeda. Konsep ini timbul dari suatu periode ke periode lainnya akibat dari perkembangan pengetahuan baik produsen maupun konsumen. Penggunaan konsep ini tergantung pada perusahaan yang juga dikaitkan dengan jenis usaha dan tujuan peusahaan yang bersangkutan. Ada lima konsep dalam pemasaran di mana setiap konsep dapat dijadikan landasan pemasaran oleh masing-masing perusahaan.




DAFTAR PUSTAKA

Aprilianti, Debby. 2011. Peran Pemasaran Dalam Organisasi Masyarakat. http://debbyaprilianti-gmail.blogspot.com/2011/10/peran-pemasaran-dalam-organisasi-dan.html . (Dikutip 15-Juli-2018).
Windasirumapea. 2012. ManajemenDan Organisasi Bisnis. https://windasirumapea.wordpress.com/2012/12/03/manajemen-dan-organisasi-bisnis/ (Dikutip 15-Juli-2018).
Milyardik. 2014. MANAJEMEN PEMASARAN. https://milyardidikdik.wordpress.com/2014/11/14/manajemen-pemasaran/ . (Dikutip 15-Juli-2018).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar