Kamis, Juli 12

Manfaat media sosial untuk berbisnis










Abstrak
Media sosial merupakan media secara online yang bisa digunakan siapapun, kapanpun dan dimanapun Anda berada. Selama fasilitas mendukung maka media sosial bisa dicapai. Faktanya semua orang di dunia untuk zaman sekarang, tidak bisa terlepas dari yang namanya media sosial. Semua orang menggunakan media sosial untuk berbagai kepentingan baik untuk bekerja, bercengkrama dengan keluarga atau teman, bertemu teman lama dan reuni bahkan untuk berbisnis.


Latar belakang
Sosial media merupakan sebuah platform yang sangat populer pada saat ini. Dengan memanfaatkan sosial media untuk pemasaran bisnis merupakan sebuah hal yang umum akhir-akhir ini di dunia komersial. Ketika berbicara tentang sosial media, kita memiliki dua hal yang harus dipikirkan. Hal pertama adalah banyaknya jumlah teman atau penggemar. Hal kedua adalah konten yang bagus atau menarik. Jadi, untuk optimasi penggunaan sosial media, Anda perlu menemukan platform sosial media mana yang cocok untuk bisnis Anda.
Sebagai media yang bisa diakses oleh banyak orang, pebisnis memanfaatkan hal ini untuk membuat sebuah strategi promosi atau strategi untuk bisnis yang bisa dikatakan gratis tanpa dipungut biaya. Hal yang dibutuhkan hanya biaya fasilitas dan sdm yang bekerja saja. Namun sisanya ? tentu saja gratis dan tidak perlu izin apapun. Maka sejak maraknya penggunaan media sosial itulah, bisnis juga menggunakannya untuk kepentingan usaha mereka.

Keuntungan
Mungkin bagi para bisnis pemula tentu masih bingung bagaimana menggunakan media sosial untuk promosi bisnis. Padahal caranya sangatlah mudah dan tentu saja semua orang bisa melakukannya.
  1. Anda tinggal memilih media sosial jenis apa yang ingin digunakan, dari sekian banyak media sosial ada yang bersifat "public" atau umum sehingga bisa dilihat dan digunakan siapapun. Ada yang bersifat privasi.
  2. Selanjutnya pilih produk yang ingin dipromosikan, atau misalnya ingin seluruh perusahaan yang Anda promosikan maka siapkan bahan promosi seperti produk unggulan, keunggulan usaha, harga, persaingan, kelebihan dan hal lain yang dianggap membanggakan usaha.
  3. Jika sudah pilihlah satu atau dua orang yang ahli dibidang IT atau telekomunikasi di media sosial. Anda bisa memilih karyawan atau jika Anda ahli maka bisa melakukannya sendiri. Setelah itu buat flow bagaimana usaha Anda mau dipromosikan.
  4. Apabila rencana sudah diketahui dan sudah dibuat, bisa langsung mengerjakannya di media sosial dan juga mempromosikan selayaknya katalog hidup yang bisa diakses dimanapun berada.
5.      Jaman sekarang tidak semua orang menggunakan televisi sebagai alat untuk mengetahui berita, namun media sosial terutama ponsel pintar sudah menjadi segalanya untuk bisa mengakses fasilitas lainnya. Salah satu kelebihan ini bisa Anda manfaatkan untuk usaha. Dimana media sosial bisa mempromosikan usaha dan produk lebih luas dan lebih besar lagi. Apalagi adanya jasa ekspedisi atau kurir pengantar barang semakin memudahkan para konsumen untuk membeli barang tanpa harus pusing atau ribet pergi keluar dan membeli barang di toko. Mereka tinggal mengeluarkan uang dan akhirnya sampai ke tempat.
6.      Kelebihan ini juga bisa dimanfaatkan jika di sebuah kota atau daerah tidak terdapat penjual yang menjual produk serupa seperti yang Anda jual. Maka akan menjadi keuntungan tersendiri, karena bisa menjualnya.
                                                                    
  Saat ini sudah dapat dipastikan bahwa yang berinternet selalu berhubungan dengan yang namanya media sosial seperti Facebook. twitter, Instagram, WA, Google+ dan lain sebagainya . Belajar, bekerja, rekreasi, bisnis, istirahat, marketing, semua selalu berhubungan dengan Sosial media. Termasuk untuk sebuah bisnis online untuk pertumbuhan bisnis.


Ada beberapa manfaat dari media sosial antara lain:

Sosial Media Dan Pendidikan Sosial media dapat membantu kita dalam belajar. Kita dapat berkumpul dengan sebuah komunitas tanpa harus keluar dari rumah. Kita dapat bertanya kepada orang lain tanpa kita harus tahu siapa orang tersebut. Melalui media share, kita bisa mendapatkan ilmu baru. Lebih banyak lagi informasi yang kita dapatkan secara uptodate dari waktu ke waktu.
Sosial Media di Pekerjaan Sosial media juga memegang peranan penting dalam sebuah pekerjaan. Kita bisa mengumumkan perubahan jadwal kerja dari Sosial media. Keuntungan menggunakan Sosial media adalah, Gratis, Up to date, dan mudah. Kita tidak perlu melakukan sms ke banyak orang, atau menelfon banyak orang saat ada perubahan jadwal kerja. Kita bisa melakukannya di Sosial media.
Sosial Media dalam Dunia Traveling Mungkin sebagian dari kita terlalu sibuk, sehingga kita jarang melakukan perjalanan. Dari kesibukan kita ini, kita membutuhkan informasi tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi. Sosial media dapat membantu kita untuk menemukan tempat-tempat yang menarik. Example, Sebagian besar penduduk Amerika Serikat tidak tahu apa itu "BALI". Tapi saat seseorang bepergian ke Bali, lalu dia mengupload photo tersebut ke Sosial media, maka orang lain bisa tahu seperti apakah Bali di Indonesia. Melalui photo yang di upload, akan lebih banyak lagi orang yang tahu tentang betapa indahnya Bali, Indonesia.
Sosial media bagi sebuah bisnis Sosial media memegang peranan penting dalam dunia bisnis. Sosial media terbukti mampu menggantikan peranan televisi. Kita bisa memasarkan produk kita secara cuma-cuma melalui Sosial media. Kita bisa menjaring lebih banyak lagi customer melalui Sosial media. Facebook, Twitter, Google +, telah membuktikan betapa pentingnya Sosial media dalam dunia bisnis. Terlebih hanya dengan mamorae.com kamu bisa share semua produk ukm indonesia karya anak negeri hanya dengan satu kali tombol share ke facebook/twitter dan semua orang akan tau kalau produk dalam negeri tidak kalah dengan produk luar negeri.
  Namun, selain manfaat media sosial juga memiliki kekurangan yaitu banyak digunakan untuk kejahatan. Dari beberapa kasus yang sudah dialami di dunia ini banyak sekali kejahatan yang pernah dialami manusia dengan menggunakan media sosial. Meskipun media dirasa canggih namun tetap membuat efek yang sangat berbahaya pula bagi pengguna.

           Manfaat Media Sosial Bagi Pelajar


1. Menciptakan Komunitas
Banyak pelajar ditantang untuk bisa menyesuaikan diri dengan konsep pembelajaran yang baru dan tugas-tugas khusus. Media sosial membantu memusatkan pengetahuan kolektif seluruh kelas untuk membuat kegiatan belajar dan berkomunikasi menjadi lebih efisien.
Contohnya :
·         Memulai daftar kontak kelas untuk berkolaborasi dan saling membagikan tips-tips pelajaran tertentu
·         Mengundang guru yang menggunakan media sosial untuk bergabung dengan kelompok belajar sehingga bisa memberi masukan
         Anda harus ingat bahwa jutaan pelajar dimanapun mereka berada sedang mempelajari hal yang sama saat ini. Jaringan kelompok belajar tak harus terbatas pada lingkup sekolah yang sama. Dalam hal ini, pelajar terdorong untuk menjadi ‘ahli’ dalam keterlibatan aspek internet. Tidak hanya belajar untuk berinteraksi dengan banyak orang, pelajar juga belajar cara penggunaan media sosial tersebut.

2. Melanjutkan Pembahasan Pelajaran

Memulai jaringan kelompok belajar kolaboratif bisa menghemat waktu dan tenaga banyak orang. Bagi pelajar yang tak dapat menghadiri kelas tertentu, tak perlu khawatir ketinggalan pelajaran karena saat ini media sosial seperti Periscope, Skype atau SnapChat bisa membantu pelajar.
Para pelajar dapat menggunakan Google Hangout untuk memfasilitasi mereka ketika belajar kelompok. Pelajar yang ingin mengajukan pertanyaan kepada ahli, dapat memanfaatkan Twitter atau Jelly yang dirancang untuk membangun koneksi melalui pertukaran pertanyaan atau jawaban antar pengguna.

3. Mengatur Sumber Pembelajaran

Media sosial dapat membantu untuk menjaga semua informasi agar terorganisir dan mudah diakses. Dengan media sosial, maka data yang pelajar miliki akan aman, akurat dan bisa saling dibagikan menggunakan tools seperti Pinterest atau Tumblr.
Jika dokumen yang dibutuhkan tidak atau belum diposting ke media sosial, gunakan Google Drive, Box atau Dropbox untuk mengumpulkan materi pembelajaran. Selain itu, pelajar juga bisa menggunakan layanan berbagi konten seperti Google Docs untuk tugas kelompok. Fitur tersebut membantu pelajar dalam mengorganisir kelompok dan tugas menjadi lebih mudah.

4. Mendukung Materi Pembelajaran

Media sosial dapat membantu mengidentifikasikan konten tambahan untuk memperkuat atau memperluas pembelajaran pelajar.
Misalnya saja YouTube membantu menyediakan video bagi pelajar secara audio visual ketika dibutuhkan untuk memperjelas materi pembelajaran. Media sosial memungkinkan pelajar mengirimkan bermacam-macam dokumen seperti video, reminder, voice note, gambar, data dan lainnya.

5. Bertambahnya Wawasan

Para pelajar yang merupakan pengguna media sosial secara langsung saling memberikan dan menerima beragam informasi. Mereka membagikan tips dan trik, proyek DIY (Do It Yourself) dan informasi yang berguna untuk bahan pelajaran. Kemampuan mereka untuk mengakses, menganalisa, menahan dan berbagi informasi kian meningkat seiring berjalannya waktu. Bahkan mereka tak sadar sudah mengembangkan kemampuan mereka tersebut.

6. Kemampuan Marketing Media Sosial

Berkembangnya media sosial menciptakan ‘dunia’ marketing yang baru, dimana membutuhkan para profesional atau ahli untuk membangun lapangan bisnis. Ketika para pengguna media sosial bergabung dalam lingkup tersebut, maka secara langsung mereka memberikan keahlian mereka.

Fakta Diminatinya Penggunaan Media Sosial Bagi Pelajar

Dari hasil studi yang dikumpulkan oleh Essay Writing Services UK , terdapat banyak alasan-alasan utama mengapa pelajar suka dan harus memanfaatkan media sosial dalam kegiatan belajar mereka.
1. Untuk terus up to date (40%)
2. Untuk koneksi dan komunikasi yang efektif (25%)
3. Untuk mencari opini (4%)
4. Penggunaannya yang menyenangkan (31%)

Media Sosial Sebagai Ajang Promosi

Media sosial merupakan media secara online yang bisa digunakan siapapun, kapanpun dan dimanapun Anda berada. Selama fasilitas mendukung maka media sosial bisa dicapai. Faktanya semua orang di dunia untuk zaman sekarang, tidak bisa terlepas dari yang namanya media sosial. Semua orang menggunakan media sosial untuk berbagai kepentingan baik untuk bekerja, bercengkrama dengan keluarga atau teman, bertemu teman lama dan reuni bahkan untuk berbisnis.
Sebagai media yang bisa diakses oleh banyak orang, pebisnis memanfaatkan hal ini untuk membuat sebuah strategi promosi atau strategi untuk bisnis yang bisa dikatakan gratis tanpa dipungut biaya. Hal yang dibutuhkan hanya biaya fasilitas dan sdm yang bekerja saja. Namun sisanya ? tentu saja gratis dan tidak perlu izin apapun. Maka sejak maraknya penggunaan media sosial itulah, bisnis juga menggunakannya untuk kepentingan usaha mereka.


Kesimpulan
Jaringan sosial seperti Facebook, Twitter dan YouTube telah cepat menjadi bagian dari kehidupan Anda sehari-hari. Salah satu alasan mengapa media sosial sangat populer adalah karena memungkinkan pengguna untuk mengubah pengalaman mereka dan berinteraksi dengan jaringan internet.
Dengan banyaknya teknologi baru dan perkembangan jaringan sosial saat ini, ada banyak manfaat dan alasan bagi semua orang, termasuk pelajar atau mahasiswa untuk menggunakan media sosial. Sebuah penelitian menemukan hasil bahwa 70% pelajar merasa bahwa teknologi yang mereka gunakan untuk belajar harus disesuaikan dengan diri mereka sebagai pengguna media sosial.


DAFTAR  PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar