Kamis, Juli 12

ORGANISASI BISNIS DENGAN MANAJEMEN PEMASARAN


@Startup-13, @Proyek-L10
Devi Yanti Naibaho 
Daffa Aziz Tandjung 
Lestari Febrina Tanjung 
Naqi Min Gil 

ABSTRAK
Pemasaran pada dasarnya merupakan suatu proses perpindahan barang atau jasa dari tangan produsen ke tangan konsumen. Secara ideal perlu didukungan oleh semua pihak, baik secara langsung maupun tidak langsung, berjasa dalam meraih keuntungan bisnis secara layak hal ini muncul dengan alasan bahwa keuntungan yang diperoleh bisnis, secara logis disebabkan karena jasa pihak lain terkait dengan kata lain, pencapaian tujuan bisnis terwujud karena telah didukung oleh sumber daya manusia.
KATA KUNCI
Manajemen pemasaran, dan organisasi bisnis
1.      PENDAHULUAN
Definisi umum dari organisasi bisnis adalah suatu identitas ekonomi yang diselenggarakan dengan tujuan bersifat ekonomis dan sosial.Tercapainya tujuan ekonomi dan sosial dari kegiatan bisnis. keuntungan yang diperoleh dari aktivitas berorganisasi dalam bisnis selayaknya dipergunakan sebagai instrumen untuk mencapai tujuan dan maksud yang lebih luas dan komperhensif bagi kseluruhan pihak yang terkait, baik yang bersifat ekonomi maupun sosial. Baik yang terkait dengan sang pencipta  sebagai pemilik sumber daya maupun kepada pihak-pihak yang memanfaatkan hasil bisnis.
2.      RUMUSAN MASALAH
1.    Apa pengertian, ruanglingkup Organisasi Pemasaran?
2.    Mengapa organisasi pemasaran perlu dalam suatu perusahaan?
3.    Bagaimana Organisasi Pemasaran, bisnis, dan kerjasama Menurut pandangan Islam?
3.      PEMBAHASAN
A.    Aspek Organisasi Pemasaran
1.    Pengertian Organisasi
Menurut Stephen P. Robbins (1993), organisasi adalah unit sosial yang terdiri dari dua orang atau lebih yang dikoordinasikan untuk mencapai sejumlah tujuan.
Menurut James D. Money (1977), organisasi merupakan setiap kerja sama manusia untuk mencapai tujuan bersama. Sedangkan menurut Dwight Waldo (1953), organisai adalah struktur antarhubungan pribadi yang berdasarkan atas wewenang format dan kebiasaan-kebiasaan di dalam suatu sistem administrasi.
2.    Pengertian Organisasi Pemasaran
Untuk mengetahui apa itu organisasi pemasaran, kita perlu meninjau aspek organisasi pemasaran. Dengan mengetahui aspek organisasi pemasaran kita dapat memahami apa organisasi pemasaran itu sebenarnya.
Organisasi pemasaran adalah pola hubungan kerja antara dua orang atau lebih dalam susunan hierarki dan pertanggungjawaban untuk mencapai tujuan di bidang pemasaran. 
Menurut Peter Drucker mendefinisikan organisasi pemasaran adalah organisai yang memahami kebutuhan dan keinginan para pembeli, dan secara efektif mampu mengkombinasikan serta mengarahkan keterampilan dan sumber daya ke semua bagian organisasi dalam rangka memberikan kepuasan maksimal kepada konsumennya.
B.    Mengapa Organisasi Pemasaran Perlu dalam Suatu Perusahaan?
Ada empat alasan utama perlunya suatu perusahaan menyusun organisasi pemasaran, yaitu:
·         Untuk membedakan tugas dengan tugas lainnya di bidang pemasaran, sehingga dapat meningkatkan efisiensi dari individu yang ada menspesialisasi usaha-usaha atau dirinya. Kegiatan yang dapat dispesialisasikan di dalam bidang pemasaran adalah kegiatan promosi dan advertensi, kegiatan operasi penjualan, dan kegiatan penelitian dan pengembangan pemasaran.
·          Untuk memberikan kemungkinan dilakukannya koordinasi atas tugas-tugas atau usaha-usaha dan tenaga-tenaga yang ada sehingga kegiatan yang dilaksanakan dapat efektif.
·          Untuk menentukan atau memberikan batasan tanggung jawab dan wewenang yang dibutuhkan oleh tenaga-tenaga yang ada dalam melaksanakan tugas-tugasnya. Deskripsi yang lengkap dari suatu jabatan mencakup pernyataan mengenai tanggung jawab dari seorang manajer yang mempunyai tanggung jawab untuk itu.
·          Sebagai sarana atau alat untuk menyokong dan mencerminkan pelaksanaan strategi pemasaran yang menyeluruh. Sebenarnya organisasi pemasaran dapat berupa pendorong maupun pembatas bagi penentuan strategi pemasaran dari suatu perusahaan.
C.    Peranan Organisasi Pemasaran dalam pencapaian Tujuan Pemasaran
Pimpinan di bidang pemasaran sering gagal menilai atau kurang menghargai sepenuhnya akan pentingnya peranan organisasi yang baik. Hal ini terutama karena telah sedemikian lamanya penjabat atau pimpinan tersebut berkecimpung dalam pelaksanaan kegiatan atau operasi pemasaran. Akibatnya beberapa pimpinan hanya menekankan pada pelaksanaan operasi kegiatan pencapaian target di bidang pemasaran dengan sarana organisasi yang asal ada dan umumnya kurang efisien. Walaupun demikian, tidak berarti tidak ada pimpinan di bidang pemasaran yang telah bekerja secara efektif dan efisien dengan menggunakan sarana organisasi pemasaran yang baik atau sehat.
Di samping itu, perlu pula disadari bahwa usaha pelaksanaan kegiatan pemasaran tidak mungkin hanya dilakukan sendiri oleh satu orang. Oleh karena itu, usaha pelaksanaan kegiatan pemasaran dilakukan oleh sekelompok orang harus diorganisasi dan dikoordinasi sehingga dapat diharapkan tercapainya tujuan dan sasaran dalam bidang pemasaran. Sedangkan tujuan pemasaran dalam suatu perusahaan tidak terlepas dari tujuan perusahaan secara keseluruhan. Adapun tujuan perusahaan secara umum adalah agar perusahaan dapat hidup, berkembang, dan bersaing. Hal ini pula yang menjadi landasan bagi tujuan di bidang pemasaran dari perusahaan tersebut. Dengan demikian organisasi pemasaran sebenarnya ditujukan untuk menunjang pencapaian tujuan perusahaan.
KESIMPULAN
Suatu organisasi pemasaran adalah wadah kegiatan dibidang pemasaran dan merupakan alat untuk mencapai tujuan dan alat untuk melaksanakan strategi pemasaran. Organisasi pemasaran mempunyai peranan yang penting dalam pencapaian tujuan di bidang pemasaran dan tidak terlepas dari tujuan perusahaan. Oleh karena itu, perlu adanya organisasi pemasaran yang baik atau sehat agar tetap dapat menunjang pelaksanaan kegiatan pencapaian tujuan perusahaan yang sekaligus tujuan bidang pemasaran.
Sesuai dengan apa yang kita bahas, selain organisasi pemasaran dalam paradigma modern, perlu juga mengkaji organisasi/kerjasama dalam pandangan Islam yang telah diuraikan sebelumnya. Pemakalah mempunyai pendapat mengenai kedua steatment tersebut, sesungguhnya prinsip organisasi, bisnis, kerjasama/musyarokah itu dibenarkan dan dibolehkan dalam Islam sebagaimana telah kita uraikan sebelumnya, asalkan tidak adanya kecurangan serta penipuan yang akan dapat menyebabkan salah satu pihak menanggung kerugian, oleh karena itu marilah kita bersama-sama beroganisasi, bekerja dengan menanamkan prinsip aqidah, akal yang bersih dan sehat dan berpedoman kepada al-Quran dan al- Hadist.
DAFTAR PUSTAKA
Anonim. 2011. Manajemen pemasaran. Wordpress.com. dalam
Diakses, 12 Februari 2011
Ashter. Suwito 2012. Organisasi pemasaran. Blogspot.com. dalam
Diakses, 4 Januari 2012
Rohman. Irfandy 2014. Makalh manajemen pemasaran, blogspot.com. dalam 
Diakses, 29 Januari 2014
Anitasari. Nuraini 2018. Peran penting manajemen pemasaran. Zahiraaccounting.com. dalam
Diakses, 12 Januari 2018
Anonim. 2014. Manajemen pemasaran. Wordpress.com. dalam
Diakses, 14 November 2014
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar