Kamis, Juli 12

Pengelolaan Perusahaan Dalam Saingan Pemasaran


Pengelolaan Perusahaan Dalam Saingan Pemasaran



ABSTRAK
Artikel ini di buat bertujuan untuk menunjukan bahwa dalam pengelolaan perusahaan dibutuhkan saingan dalam pemasaran, agar barang yang di jual oleh perusahaan bisa tersebar dan digunakan oleh para konsumen. Dan barang yang di jual akan mengalami proses penjualan secara cepat dan bisa berfungsi sebagai ajang promosi barang yang perusahaan jual.
PENDAHULUAN
Setiap orang berkeinginan selalu ingin mengembangkan ide kreative nya, untuk perusahaan yang akan di kembangkan  akan tetapi banyak sekali penghambat yang akan mengganggu ide kreative setiap orang,  untuk menjadi orang yang sukses kita harus pintar menempatkan waktu dimana orang itu akan mengembangkan ide kreativitas nya , maka dari itu ide kreativitas harus selalu di asah agar wawasan untuk mengembang ide kreativitas selalu akan berkembang dan menghasilkan sesuatu yang baru dan berguna untuk semua orang.
Artikel ini berupaya untuk memberikan bagaimana proses ide kreativitas dapat di kembangkan dalam pengelolaan perusahaan dan dapat sebagai alat pemecah masalah yang ada di setiap perusahaan, maka dari itu di sini kreativitas tidak boleh di batasi karena semua orang akan selalu tumbuh mencari ide kreativitas  untuk menghasilkan sesuatu yang baru menjadi lebih baik.

Rumusan Masalah
1.      Apa itu pemasaran ?
2.      Bagaimana cara Pengelolaan Perusahaan Dalam Saingan Pemasaran ?
3.      Faktor penghambat apa saja dalam startegi pemasaran?
PEMBAHASAN
A.    Apa itu pemasaran
Pemasaran (bahasa Inggrismarketing) adalah aktivitas, serangkaian institusi, dan proses menciptakan, mengomunikasikan, menyampaikan, dan mempertukarkan tawaran yang bernilai bagi pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat umum.[1]
Pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia. Contohnya, seorang manusia membutuhkan air dalam memenuhi kebutuhan dahaganya. Jika ada segelas air maka kebutuhan dahaganya akan terpenuhi. Namun manusia tidak hanya ingin memenuhi kebutuhannya namun juga ingin memenuhi keinginannya yaitu misalnya segelas air merek Aqua yang bersih dan mudah dibawa. Maka manusia ini memilih Aqua botolyang sesuai dengan kebutuhan dalam dahaga dan sesuai dengan keinginannya yang juga mudah dibawa.

B.     Bagaiamana cara Pengelolaan Perusahaan Dalam Saingan Pemasaran ?
Dalam dunia pemasaran tentu ada yang namanya persaingan, oleh sebab itu dibutuhkan pengelolaan strategi pemasaran, dan tentunya strategi pemasaran efektif adalah salah satu kunci dalam bersaing dengan saingan yang lain.
Adapun strategi pemasaran yan efektif ialah
1.      Konsistensi: Tujuannya agar dapat membantu mengurangi biaya marketing serta meningkatkan efektivitas penciptaan merek.
2.      Perencanaan: Tentunya dalam bersaing diperlukan perencaan yang matang, luangkan waktu sebanyak mungkin untuk merencanakan strategi marketing yang efektif, anggaran marketing yang dibutuhkan, serta konsep-konsep lainnya agar usaha kecil Anda dapat berkembang dengan pesat.
3.      Strategi: Strategi adalah dasar bagi kelanjutan kegiatan marketing yang telah direncanakan sebelumnya. Beberapa hal yang biasanya dibahas saat menyusun rencana strategi adalah siapa target pasar, bagaimana cara membidik pelanggan, serta bagaimana cara menjaga agar konsumen yang ada menjadi pelanggan tetap.
4.      Target Market: Strategi adalah dasar bagi kelanjutan kegiatan marketing yang telah direncanakan sebelumnya. Beberapa hal yang biasanya dibahas saat menyusun rencana strategi adalah siapa target pasar, bagaimana cara membidik pelanggan, serta bagaimana cara menjaga agar konsumen yang ada menjadi pelanggan tetap.
5.      Anggaran: suatu kebutuhan yang dibutuhkan  tingkat keakuratan yang tepat dalam menghitung anggaran marketing yang dibutuhkan. Sebab dari anggaran yang telah dibuat tersebut, dapat menentukan berapa dana yang dibutuhkan untuk melakukan pemasaran.
6.      Marketing Mix: Pada umumnya dijelaskan sebagai produk, harga dan tempat promosi.
7.      Website: sarana yang memudahkan untuk membagikan informasi berkaitan dengan perusahaan, dan mengenai hal-hal yang terkait perusahaan.
8.      Branding: proses yang menentukan apakah konsumen menerima produk dari perusahaan yang membuatnya. 
9.      SNS Operation: salah satu strategi yang menggunakan media sosial untuk melakukan promosi dan iklan. 
10.  Customer Relationship Management: Untuk dapat menciptakan konsumen yang loyal dan konsisten, tentu membutuhkan pengelolaan hubungan yang baik dengan para pelanggan. Agar dapat menguntungkan perusahaan.
11.  Mobile Banking: Dengan meningkatnya pengguna ponsel pintar dan tablet tentunya membuat pesan pemasaran dan konten untuk platform mobile merupakan suatu keharusan. Hal itu dikarenakan semakin banyaknya konsumen yang melihat konten, menerima email serta membeli produk menggunakan smartphone.
C.    Faktor penghambat apa saja dalam menjalankan startegi pemasaran
pertama > kurangnya pengalaman didalam bidang usaha.
kedua > tidak tepat memilih jenis usaha.
ketiga > tidak adanya perencanaan yang tepat.
keempat > permodalan kurang.
kelima > tidak adanya dukungan pemerintah.
keenam > tidak mempunyai keahlian
ketujuh > tidak mempunyai semangat bisnis

kedelapan > tidak percaya kepada kemampuan diri.


KESIMPULAN
Dalam dunia bisnis selalu ada  manajemen, dan banyak manajemen yang diperlukan di dalam bisnis, dari manajemen waktu, manajemen sumber daya alam dan manusia,  serta manajemen pemasaran. Dann yang paling penting diantara yaitu salah satunya manajemen pemasaran. Tanpa ada manajemen pemasaran, maka perusahaan tidak akan mendapatkan untung dan akan kalah bersaing dalam saingan pemasaran.

DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar