Sabtu, Juli 14

Tips Manajemen Pemasaran

@L13-Huda , @L14-Khalil, @L15-Fateh, @Proyek-L10, @Startup-L05
Oleh Huda, Gibran, dan Fateh

ABSTRAK
Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep manajemen pemasaran agar mahasiswa/i dapat memahami bagaiamana merancang strategi dengan baik dalam memasarkan produk.

KATA KUNCI
Manajemen Pemasaran, Perencannaan, penganalisaan

PENDAHULUAN
Dalam berbisnis, manajemen adalah suatu hal penting yang harus diperhatikan. Selain manajemen keuangan, manajemen pemasaran juga memiliki peranan yang penting untuk keberhasilan usaha atau kegiatan Anda. Sebab pemasaran yang baik bisa memberikan hasil yang bagus pula pada omset pendapatan Anda. Manajemen seringkali diartikan sebagai suatu proses perencanaan, penggerakan, pengorganisasian dan pengawasan untuk bisa mencapai tujuan atau target yang sudah ditentukan. Sedangkan pemasaran adalah kegiatan yang dapat membantu para pelaku usaha untuk menciptakan nilai ekonomi. Nilai ini dapat menentukan harga jasa atau produk yang ditawarkan.

PERMASALAHAN
1.      Apa pengertian manajemen pemasaran ?
2.      Apa fungsi manajemen pemasaran ?
3.      Apa saja konsep manajemen pemasaran ?

PEMBAHASAN

PENGERTIAN MANAJEMEN PEMASARAN

menurut para ahli datang dari Handoko dan Dharmmesta (1982) yang menjelaskan bahwa manajemen dalam pemasaran merupakan suatu kegiatan pokok yang harus dilakukan oleh pihak perusahaan agar bisa mempertahankan kelangsungan perusahaannya. Dengan adanya manajemen ini, perusahaan juga dapat berkembang serta mendapatkan keuntungan yang diinginkan.
Sedangkan menurut Kotler (1980), manajemen pemasaran merupakan perencanaan, penganalisaan, pengawasan dan pelaksanaan program-program yang pada dasarnya bertujuan untuk memunculkan pertukaran dengan pasar atau sasaran yang dituju agar tujuan perusahaan bisa tercapai.

FUNGSI MANAJEMEN PEMASARAN

  • ·         Melakukan riset terhadap konsumen
  • ·         Melakukan distribusi produk atau barang
  • ·         Memberikan layanan atau service kepada pelanggan
  • ·         Meningkatkan dan mengembangkan produk
  • ·         Menetapkan harga
  • ·         Membuat kegiatan pemasaran menjadi lebih efektif dan efisien.
  • ·         Mengevaluasi strategi promosi dan distribusi
  • ·         Menjalin komunikasi dengan konsumen
  • ·         Memenuhi kebutuhan konsumen dan pasar


KONSEP MANAJEMEN PEMASARAN

1.      Konsep Produksi
Dalam konsep berwawasan produksi berpendapat bahwa konsumeri menyukai produk yang tersedia di mana-mana dan dengan harga murah. Produsen yang berwawasan produksi mi perhatiannya senantiasa tertuju pada usaha mencapai efesiensi produksi yang tinggi serta daerah penyaluran yang luas bagi barang hasil produksinya. Konsep produksi ini merupakan konsep yang klasik dan tertua dalam sejarah perkembangan pemasaran.
2.      Konsep Produk
Produsen yang berwawasan produk berpendapat hahwa konsumen hanya akan memilih produk yang berkualitas, atau mempunvai kelehihan-kelebihan lain yang sifatnya inovatif menurut anggapan produsen. Oleh karenanya produsen disini akan memusatkan perhatiannya untuk membuat produk yang lebih baik dan yang adadanselalu berusaha terus untuk mengembangkan dan menyempurnakannya dan kurang memperhatikan masukan darn pelanggan.
3.      Konsep Penjualan
Dalam konsep ini produsen berpendapat bahwa agar konsumen membeli produk yang dihasilkan oleh organisasi maka harus ada upaya aktif dan produsen untuk melakukan usaha penjualan dan promosi penjualan yang agresif. Pada umumnya organisasi atau perusahaan menerapkan konsep produk ini jika mereka mengalami kelebihan kapasitas produksinya.
4.      Konsep Pemasaran
Konsep yang sangat berbeda dengan tiga konsep yang telah diuraikan adalah konsep pemasaran. Konsep ini berpendapat bahwa menentukan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diinginkan secara lebih efektif dan efisien merupakan kunci utama dalam mencapai sasaran dan tujuan organisasi. Jadi di sini kebutuhan pasarlah yang paling diutamakan bukan kebutuhan atau kepentingan penjual.
5.      Konsep Pemasaran Sosial
Jadi dalam konsep ini hubungan yang saling menguntungkan harus terjadi antara ketiga belah pihak (bukan dua pihak) yaitu pelanggan, produsen/penjual, dan masyarakat luas. Berkaitan dengan konsep tersebut maka dewasa ini para produsen berlomba-lomba menciptakan produk yang tidak merugikan bagi kepentingan umum, misalnya lemari pendingin dan AC yang tidak merusak lapisan ozon, kendaraan yang hemat energi dan bebas polusi, kemasan produk barang yang bisa didaur ulang, dan lain-lain.

KESIMPULAN
Pada intinya manajemen pemasaran adalah suatu proses yang dilakukan untuk menganalisa, merencanakan, mengimplementasikan, melaksanakan, mengendalikan sekaligus mengawasi kegiatan pemasaran suatu perusahaan agar tujuan atau target perusahaan bisa tercapai secara lebih efektif dan efisien. Manajemen pemasaran memiliki peranan yang sangat penting dalam keberhasilan suatu perusahaan.

DAFTAR PUSTAKA
  1. Anonim,2017. Pengertian manajemen pemasaran. Dalam http://blogpengertian.com/pengertian-manajemen-pemasaran/
  2. Bayu,Pramutoko.Management pemasaran. Dalam https://bayu96ekonomos.wordpress.com/modul-materikuliah/manajemen-pemasaran/
  3. Rahmani,Ani,2017. Konsep penting dalam manajemen pemasaran. Dalam https://www.jurnal.id/id/blog/2017/5-konsep-penting-dalam-manajemen-pemasaran
  4. Ciku, 2009. Definisi Pemasaran dan Manajemen  Pemasaran. Ciku.tyepad.com. dalam  http://ciku.typepad.com/blog/2009/12/definisi-pemasaran-dan-manajemen-pemasaran.html
  5. Heriyana, 2018. Manajemen Pemasaran. Mindmeister.com. dalam https://www.mindmeister.com/462915236/manajemen-pemasaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar