Kamis, Maret 21

APAKAH POLA PIKIR ITU ?

Apakah Pola Pikir Itu?
Pola pikir kita (atau kadang-kadang disebut paradigma kita) adalah jumlah total keyakinan, nilai, identitas, harapan, sikap, kebiasaan, keputusan, pendapat, dan pola-pola pemikiran kita — tentang diri kita sendiri, orang lain, dan bagaimana kehidupan bekerja.
Ini adalah saringan yang dengannya kita menafsirkan apa yang kita lihat dan alami. Pola pikir Anda membentuk kehidupan Anda dan menarik kepada diri Anda hasil-hasil yang merupakan refleksi pasti pola pikir itu. Apa yang Anda percayai akan terjadi, benar-benar terjadi.
Memilih Pola Pikir Anda Yang Baru
Bagaimana Anda mendapatkan pola pikir yang baru? Bagaimana Anda memilih pikiran baru untuk menggantikan pikiran lama Anda yang membatasi? Berikut ini adalah beberapa petunjuk untuk menciptakan pola pikir Anda yang baru:
1.    Buatlah pola pikir Anda senyata, sekonkret, dan sekomprehensif mungkin.
2.    Berpikirlah secara tidak terbatas.
3.    Pastikan untuk menuliskannya dalam kalimat seolah-olah Anda sudah memilikinya.
4.    Buatlah pola pikir Anda bersifat emosional.
5.    Berhati-hatilah agar Anda menyatakan apa yang benar-benar Anda inginkan, bukan apa yang tidak Anda inginkan.
6.    Ciptakan sebuah gambar tentang pola pikir Anda dan beradalah dalam gambar itu, bukan sekadar menjadi pengamat yang melihat ke gambar itu.

Pemikiran Out of The Box Pebisnis Sukses yang Harus Kamu Miliki

1. Aku pasti bisa!
Kedengarannya memang sepele, tapi menjadi pebisnis sukses itu memang harus punya modal awal yaitu pemikiran yang selalu optimis. Pemikiran yang selalu positif inilah yang bisa jadi bahan bakar untukmu selalu melaju ke depan. Bahkan, ketika berbagai permasalahan menerpa, kamu gak cepat putus asa berkat pemikiran yang selalu positif ini.
2. Modal bukan halangan
Gak semua pebisnis sukses memiliki modal awal yang lumayan, lho. Sudah pernah menonton film The Billionaire dari Thailand kan? Nah, kamu pasti tahu bahwa modal itu bisa dicari.
Asal kamu ulet dan tahan banting, modal awal tak lagi jadi masalah. Jika kamu menunggu modal yang cukup untuk mendirikan usaha, dijamin deh bisnismu gak bakal jadi-jadi.
3. Kalau orang lain bisa, kenapa aku gak?
Pemikiran ini juga salah satu yang perlu dimiliki untuk memacu diri sendiri. Membandingkan diri sendiri dengan kesuksesan orang lain juga bisa jadi bumbu supaya kamu terpacu sama seperti mereka.
Siapa yang tidak ingin sukses? Pada kenyataannya, hampir semua orang ingin sukses dan memiliki kehidupan sesuai yang diharapkan. Untuk menjadi pribadi yang sukses, Anda membutuhkan ketekunan, kegigihan, serta mental yang kuat. Biasanya orang yang telah berada di puncak kesuksesan memiliki pola dan cara berpikir yang berbeda dengan orang yang baru akan meraih kesuksesan. Jika Anda ingin sukses, cobalah mulai ubah dan miliki cara berpikir mereka.

Kegagalan adalah Awal Kesuksesan

Banyak orang yang dengan mudah dan cepat menyerah ketika mengalami kegagalan. Sedangkan, pribadi yang berhasil dan sukses tidak akan pernah menyerah begitu saja. Karena mereka menganggap kegagalan adalah sebuah awal kesuksesan yang akan mereka dapatkan. Kegagalan juga bisa menjadi kesempatan untuk memulai suatu hal yang baru dengan cara dan strategi yang lebih baik. Mereka akan belajar dari sebuah kegagalan dan mencoba mencari solusi agar kegagalan tidak lagi datang menghampiri.

Hambatan Menjadi Tantangan

Kebanyakan orang akan menjadi stres dan pesimis ketika menemukan masalah dan hambatan. Namun, seorang pengusaha yang sukses pasti akan memahami bahwa masalah dan hambatan akan selalu datang. Oleh karena itu, mereka yang sukses pasti akan menjadikan hambatan dan masalah menjadi sebuah tantangan baru yang harus dihadapai. Mereka akan menganggap masalah sebagai tantangan untuk berpikir kreatif dan menemukan solusi yang inovatif. Karena mereka sadar, berfokus pada titik masalah hanya bisa membuat mereka berlarut-larut dalam masalah dan membuat mereka jatuh lebih dalam.

Disiplin adalah Gaya Hidup

Disiplin adalah salah satu syarat wajib yang harus dimiliki seorang pengusaha atau pribadi yang sukses. Bagi sebagian orang, menjadi disiplin merupakan suatu beban yang membutuhkan motivasi, pikiran, dan tenaga yang lebih dari pengusahanya. Namun, seorang pengusaha sukses, disiplin adalah bagian dari gaya hidup yang menjadi kebiasaan sehari-hari. Untuk menjadi disiplin, mereka harus mengetahui apa yang sebenarnya mereka inginkan dan bersedia melakukan apa saja demi mencapai seluruh keinginan.

Berusaha & Bertindak Setiap Saat

Tantangan dalam bisnis sangat beragam dan akan berubah secara konsisten. Hal ini menuntut seorang pengusaha untuk memutar otak mencari solusi dan mengantisipasi agar bisnisnya tidak mengalami kegagalan. Seorang pengusaha yang sukses pasti telah waspada dan fokus mengantisipasi tantangan ini dengan segala usaha, tindakan, dan upaya agar bisnisnya tetap berjalan dengan sukses. Mereka tidak akan diam dan terlena ketika bisnisnya telah sukses, mereka akan terus bergerak, berusaha, dan bertindak.

Mengetahui Kemampuan Sendiri

Orang sukses pasti memiliki kecerdasan dan cara berpikir yang berbeda dari orang kebanyakan, salah satunya percaya diri dan tahu batasan dari kemampuan yang dimiliki. Jadi jika Anda ingin sukses, cobalah kurangi mengeluh dan menyesali perbuatan yang telah terjadi di belakang, dan cobalah untuk hadapi masa depan dengan menghindari untuk meremehkan kemampuan diri sendiri.

Bekerja Mencapai Tujuan

Setiap orang pasti memiliki sebuah impian dan rencana hidup yang telah mereka tentukan. Namun bedanya, pengusaha sukses bukan hanya memiliki impian, tapi mereka juga melakukan berbagai hal untuk mencapai tujuan yang telah mereka buat. Mereka akan menuliskan rencana step by step untuk meraih tujuan tersebut. Jika impian telah tercapai, mereka akan terus membuat impian dan tujuan yang lebih tinggi.

Tidak Hanya Berharap

Seorang pribadi sukses tidak akan berharap sesuatu berubah dengan sendirinya, tapi mereka akan mencoba mengubahnya sendiri. Mereka sadar bahwa semuanya tidak dapat berubah dengan sendirinya tanpa ada aksi atau perbuatan yang dilakukan. Dengan pola pikir seperti itu, mereka akan memiliki keinginan kuat, ketegasan serta kekuatan dalam diri untuk mengubah situasi dan kondisi untuk mencapai kesuksesan dalam hidup.

Kesalahan adalah Hal Biasa

Seorang yang sukses pun tidak akan pernah meraih kesuksesan tanpa membuat suatu kesalahan. Perbedaannya adalah, mereka tidak akan mengulangi kesalahan sama secara berulang. Karena mengulang kesalahan yang sama menandakan bahwa Anda tidak pernah belajar dari kesalahan. Seorang pribadi yang sukses juga tidak akan pernah merasa takut membuat kesalahan, karena menurut mereka kesalahan adalah sebuah proses belajar dan mereka memahami bagaimana cara belajar dari kesalahan.

Pesaing adalah Bahan Pembelajaran

Seorang yang sukses pasti tidak akan menjadikan pesaing sebagai ancaman yang berarti, tapi menjadikan pesaing sebagai kesempatan mereka untuk mempelajari dan meneliti lebih jauh tentang bisnis yang sedang dijalankan. Dengan begitu, mereka dapat membandingkan apa yang telah mereka lakukan dengan apa yang pesaing lakukan. Hal ini tentu bisa menjadi pembelajaran yang baik sehingga dapat membuat bisnis menjadi lebih baik.

DAFTAR PUSTAKA:
Wima, Pinka. 2018. “6 Pemikiran Out of The Box Pebisnis Sukses yang Harus Kamu Miliki”.  https://www.idntimes.com/business/finance/pinka-wima/hal-yang-dipikirkan-oleh-pebisnis-sukses/full
Utami, Novia. 2018. “9 cara berpikir pengusaha sukses”. Dalam chttps://www.jurnal.id/id/blog/2018-9-cara-berpikir-pengusaha-sukses-yang-wajib-anda-tiru/
Anonim,2019”Apakah Pola Pikir Itu´”


8 komentar:

  1. Nama : Muhamad Arya Dwi Pangga
    Nim 41617110087

    Artikel yang menarik yang bisa membuat pembacanya menjadi bijak dalam hidup, sebab mengajarkan bahwa berpikir benar bukanlah berpikir tentang "kebenaran".

    BalasHapus
  2. Nama : Helena Mutiara H
    Nim : 43218110214

    Artikel ini bagus, untuk pengusaha pemula yang masih butuh banyak pencerahan. untuk tidak memandang sesuatu disatu aspek, tetapi seluruh aspek. ubah sudut pandang maka pola pikir kitapun akan terbiasa

    BalasHapus
  3. Nama : Natan
    Nim : 43117110110


    Artikel ini bagus, untuk pengusaha pemula yang masih butuh banyak pencerahan. untuk tidak memandang sesuatu disatu aspek, tetapi seluruh aspek. ubah sudut pandang maka pola pikir kitapun akan terbiasa.

    BalasHapus
  4. Nama : Fredi Wibowo
    NIM : 41617110115

    Artikel diatas kontennya cukup menarik tp sayang penulisannya kurang rapih.

    BalasHapus
  5. Nama : Ratu Nasia Nastashia Sakina
    NIM : 41118110154

    Artikel yang sangat membantu, dengan adanya penjelas pada artikel ini kita bisa mengetahui dengan benar apa dari pila pikir. Karena masih banyak yang tidak mengerti maksud dari pola pikir itu apa.

    BalasHapus
  6. Nama : Muhammad Refiansyah
    Nim :41617110113

    Artikel yang bagus, dan mudah untuk di mengerti

    BalasHapus
  7. Nama: Hana Kartika
    Nim: 42317110015

    Dengan adanya artikel ini saya dapat mengetahui apa itu pola pikir dan bisa di coba untuk di terapkan.

    BalasHapus
  8. nama : Hari Setiawan

    NIM : 44215120086

    Konten artikel informatif namun penulisan bisa lebih baik

    BalasHapus