Maret 15, 2019

Bahgaimana Menjadi Pengusaha Sukses?

Oleh: Rofiqoh Awaliyah (@M22-Rofiqoh)

Abstrak Sukses adalah dambaan bagi siapapun dan tidak mungkin dapat diraih tanpa didukung keseriusan serta fokus terhadap apa yang dibangun. Maka dari itu sebuah motivasi sangat dibutuhkan oleh semua orang yang mempunyai tujuan. Salah satunya adalah seorang pengusaha.

Kata Kunci: Motivasi pengusaha sukses


Apa yang membuat wirausaha berhasil meraih kesuksesan? Banyak sekali diantara kita yang bertanya-tanya bagaimana cara seseorang dapat meraih kesuksesan? Tentunya meraih kesusesan bukanlah hal yang mudah. Tidak jarang orang yang tengah berusaha hampir mencapai keberhasilan merasa lelah dan putus asa, sehingga usaha yang sudah dirintis dalam waktu lama mengalami kerugian dan gulung tikar.

Paramitasari, F. dan Muhyadi (2013) mengatakan “Pembangunan akan lebih berhasil jika ditunjang oleh wirausahawan yang dapat membuka lapangan kerja karena kemampuan pemerintah dalam meyediakan lapangan kerja terbatas.Motivasi berwirausaha yang tinggi harus ada dalam diri seseorang yang ingin menjadi wirausaha yang sukses, karena dengan adanya motivasi berwirausaha yang tinggi dapat membentuk mental yang ada pada diri mereka untuk selalu lebih unggul. Tanpa motivasi, tentunya akan sulit bagi seseorang untuk mencapai tujuannya. Karena motivasi adalah pemicu seseorang mempunyai keyakinan. Keyakinan untuk sukses.

Menurut Yunal dan Ratih (2013) “motivasi, inovasi merupakan kunci sukses dalam pertumbuhan usaha yang terjadi.” Bernarkah begitu? Tentu saja, karena seseorang yang memiliki motivasi berwirausaha yang tinggi, akan melakukan suatu tindakan dalam proses bisnisnya, seperti melakukan suatu inovasi untuk mencapai orientasi labanya.  Jika dalam berusaha tidak memiliki dasar motivasi berwirausaha yang kuat, tidak melakukan tindakan berupa inovasi, maka kecil kemungkinan bahwa suatu usaha akan mengalami pertumbuhan.

Tidak sedikit pengusaha sukses memberikan tips dan juga motivasi untuk kita. Salah satunya adalah Heppy Tenggono, ia mengatakan bahwa “Seorang enterpreneur harus tahu jalan. Meski tahu apa yang dilakukannya. Kalau ia tahu jalannya, ia tidak akan kaget dan putus asa muncul banyak hambatan dan resiko karena semua sudah diperhitungkan.” Dari kata-kata tersebut kita dapat mengetahui untuk menjadi wirausahawan kita harus mempunyai tujuan yang jelas, maksudnya adalah mengetahui dengan pasti arti tujuan tersebut. Setelah itu yakini lah tujuan tersebut agar kita tidak mudah jatuh ketika menjalaninya. Dari keyakinan terhadap tujuan tersebut memungkinkan tumbunya ide dan inovasi-inovasi serta keberanian untuk mengambil keputusan dan menghadapi resiko untuk mewujudkan ide dan inovasi yang ada. Mulai dari membangun, memelihara, dan mengembangkannya sampai menghasilkan dampak nyata bagi dunia.

Berikut ini ada beberapa motivasi untuk meraih kunci sukses berbisnis dan membangun usaha
1.      Memulai dari hal paling disukai, ini sama saja artinya dengan menjalani hobi yang menghasilkan uang. Menikmati setiap proses dalam membangun bisnis apabila didasari kecintaan bukanlah hal yang susah untuk dilakukan.
2.      Tetapkan tujuan jauh kedepan. Meyakini tujuan adalah hal terpenting karena jika tidak mempunyai tujuan, kita tidak dapat mengetahui arah yang pasti dari usaha tersebut.
3.      Bijaksana mengatur keuangan. Maksudnya disini agar kita tidak menyianyiakan uang kita demi hal yang tidak diperlukan.
4.      Manajemen waktu yang baik dan strategi pemasaran yang kreatif,

Ada dua faktor yang mempengaruhi seorang wirausaha yaitu “faktor internal yang berasal dari dalam diri wirausahawan dapat berupa sifat-sifat personal, sikap, kemauan dan kemampuan individu yang dapat memberi kekuatan individu untuk berwirausaha. Faktor eksternal berasal dari luar diri pelaku entrepreneur yang dapat berupa unsur dari lingkungan sekitar seperti lingkungan keluarga, lingkungan dunia usaha, lingkungan fisik, lingkungan sosial ekonomi dan lain-lain.” (Koranti, komsi. 2013)

Kesimpulan
Dari yang kita lihat diatas bahwa seorang wirausaha adalah orang yeng mempunyai tujuan, keyakinan, berani mengambil resiko, inovatif dan kreatif, dapat memanage waktu dan keuangan. Namun untuk mewujudkan semua itu kita membutuhkan motivasi yang kuat, dari internal maupun external.

Daftar Pustaka
Koranti, komsi. 2013. ANALISIS PENGARUH FAKTOR EKSTERNAL DAN INTERNAL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA. Proceeding PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitektur & Teknik Sipil). Vol. 5, Bandung, 8-9 Oktober 2013.  ISSN: 1858-2559 http://ejournal.gunadarma.ac.id/index.php/pesat/article/viewFile/801/713
Yunal, V. O dan Ratih. I. 2013. ANALISA PENGARUH MOTIVASI BERWIRAUSAHA DAN INOVASI PRODUK TERHADAP PERTUMBUHAN USAHA KERAJINAN GERABAH DI LOMBOK BARAT. AGORA Vol. 1, No. 1 http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/250/191
Paramitasari, F. dan Muhyadi. 2013. PENGARUH MOTIVASI BERWIRAUSAHA DAN PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK N 1 BANTUL. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/adp-s1/article/download/4665/4328
Anonim. 2016. Kata Motivasi Dari Pengusaha yang Sukses Dari Nol. https://bisnisukm.com/kata-motivasi-dari-pengusaha-yang-sukses-dari-nol.html
Ekarini, A.W. 2018. Motivasi Sukses Untuk Wirausaha Pemula dan Pengusaha Muda Di Dunia Bisnis https://centrausaha.com/motivasi-kunci-sukses-wirausaha/

37 komentar:

  1. Nama : Anggi Wahyu Guntara
    Nim : 41117110111

    Artikel yang bagus menurut saya.
    ya memang benar menurut saya seorang wirausaha adalah orang yeng mempunyai tujuan, keyakinan, berani mengambil resiko, inovatif dan kreatif, dapat memanage waktu dan keuangan. pada dasarnya harus mempunyai motivasi yang kuat dulu sebelum memulai dan harus berani action tanpa takut akan kegagalan.

    terima kasih.

    BalasHapus
  2. Nama : Muhamad Arya Dwi Pangga
    Nim : 41617110087

    Artikelnya menarik buat saya.
    Tepat sekali, seorang wirausaha adalah orang yeng mempunyai tujuan, keyakinan, berani mengambil resiko, inovatif dan kreatif, dapat memanage waktu dan keuangan.
    akan tetapi untuk menjadi seorang wirauasa harus memiliki 5 sifat,yakini:
    1. selalu yakin dalam bertindak
    2. tidak membuat alasan
    3. mengikuti proses yang ada
    4. tak pernah melewatkan kesempatan
    5. dan punya tujuan yang jelas

    terima kasih

    BalasHapus
  3. Nama : Anenaya Nurul Afifah
    NIM : 43218110265

    Artikel yang sangat bermanfaat untuk saya.
    Saya jadi mengerti bagaimana kunci untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses. Motivasi dan inovasi merupakan kunci sukses dalam pertumbuhan usaha yang terjadi.

    BalasHapus
  4. nama : yorgi ganda
    nim : 41916120058

    artikel ini sangat bermanfaat dan memacu diri saya untuk semangat dalam memulai dan menjalankan suatu usaha

    BalasHapus
  5. Nama : agun kurniawan
    Nim : 41416120068

    Menurut saya artikel ini membantu para pemula untuk bentindak di dunia bisnis agar tau step" yang dilakukan nanti

    BalasHapus
  6. Nama : Helena Mutiara H
    Nim : 43218110214

    Menurut saya, artikel ini mudah dipahami dan sangat membantu bagi pemula yang butuh banyak wawasan selain belum memiliki pengalaman. Dan memberikan semangat positif bagi siapapun yang ingin memulai bisnis .

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Nama : muhammad arifin

    Nim : 41617110062
    artikel mudah di terima untuk pemula yg terjun ke dunia bisnis dari segi aspek dasar dasar berbisnis

    BalasHapus
  9. Nama : Sandro Handika
    NIM : 41617110108

    Menurut saya artikel ini sangat bagus terutama untuk seseorang yang baru mau memulai menjadi penusaha karna di dalamnya terdapat beberapa saran dan motifasi untuk seseorang yang mau memulai sebuah usaha.

    BalasHapus
  10. Nama : Natan
    NIM :43117110110


    Menurut pendapat saya artikel Ini sangat bagus untuk seseorang yang baru memulai bisnis atau usaha. Selain terdapat beberapa saran dan motivasi.
    jika menjadi pengusaha jangan pantang menyerah dan selalu belajar ,jangan takut mencoba berbagai hal.
    memiliki tekad yang sangat kuat.

    BalasHapus
  11. Nama : Nurring Tyas
    NIM : 41617110119

    Menurut saya artikel ini cukup membantu untuk mengenal apa sih "motivasi pengusaha sukses"sehingga membangun minat para viewers untuk menetapkan motivasi dari dirinya. dimana jika kita mau berwirausaha tetapkan tujuan dengan jelas terlebih dahulu agar Setelah itu meyakini tujuan tersebut agar kita tidak mudah jatuh ketika menjalaninya.kemudian memungkinkan tumbunya ide dan inovasi-inovasi serta keberanian untuk mengambil keputusan dan menghadapi resiko.

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. Nama : Dinda Juliskha Yanti
    Nim : 43218110220
    prodi : Akuntansi








    Artikelnya Sangat Baik dan Membantu bagi para pengusaha baru.
    Memang Benar , seorang wirausaha adalah orang yeng mempunyai tujuan, keyakinan, berani mengambil resiko, inovatif dan kreatif, dapat memanage waktu dan keuangan.
    akan tetapi untuk menjadi seorang wirauasa harus memiliki bebrapa sifat antaranya.
    1. selalu yakin dengan hal yang diambil
    2. tidak menyerah dengan proses yang di jalani
    3. dan punya tujuan yang jelas


    Terima Kasih

    BalasHapus
  14. Nama : Nabila Mahsa Irawan
    NIM : 44218110072

    Menurut saya artikelnya sudah bagus. Sebuah artikel yg sangat bermanfaat untuk seseorang atau kaum milenial yg bercita cita menjadi seorang pengusaha sukses. Dan menjadi seorang pengusaha haruslah benar mempunyai tujuan,inovasi, keyakinan dsb.

    BalasHapus
  15. Nama : Yusup Maulana

    NIM : 41416120114

    Artikel ini bermanfaat sekali untuk saya, saya yang baru saja mau belajar kewirausahaan memiliki pikiran yang positif setelah membaca artikel ini.

    BalasHapus
  16. Nama : Ratu Nasia Nastasahia Sakina
    NIM : 41118110154

    Menurut saya artikel ini sangat bagus dan bermanfaat serta saya sangat setuju bahwa terdapat dua faktor yang mempengaruhi wirausaha yaitu faktor internal dan faktor eksternal, di mana kedua faktor tersebut merupakan salah satu bagian dari kunci suksesnya pengusaha.

    BalasHapus
  17. Nama : Puspa Rahayu
    NIM : 43117110268

    Menurut saya artikel ini sangat bagus, dimana artikel ini membuat pengusaha menjadi lebih semangat untuk menjadi pengusaha sukses, dimana harus berani mengambil resiko, inovatif dan kreatif, dapat memanage waktu dan keuangan. Namun untuk mewujudkan semua itu kita membutuhkan motivasi yang kuat, dari internal maupun external.

    BalasHapus
  18. Nama : Sidik Purnomo
    NIM : 41617110057

    menurut saya artikel ini sangat bagus, karena wirausaha adalah orang yeng mempunyai tujuan, keyakinan, berani mengambil resiko, inovatif dan kreatif, dapat memanage waktu dan keuangan.

    terima kasih

    BalasHapus
  19. Nama:Rosliana jhon febri s
    NIM: 43117110141

    Menurut saya artikel ini sangat bagus dan bermanfaat bagi yang mau memulai usaha dan yang sedang menjalankan usaha nya agar mulai membangun Motivasi yang tinggi yang harus ada dalam diri seseorang yang ingin menjadi wirausaha yang sukses, karena dengan adanya motivasi berwirausaha yang tinggi dapat membentuk mental yang ada pada diri untuk selalu lebih unggul. dan disertai dengan mempunyai tujuan, keyakinan, berani mengambil resiko, inovatif dan kreatif, dan dapat memanage waktu dan keuangan.

    BalasHapus
  20. Nama : Feralvin Satria Lanusa H
    NIM : 41617110045

    Menurut saya artikel ini cukup membantu, bagus, dan mermanfaat untuk mengenal motivasi menjadi pengusaha sukses.

    BalasHapus
  21. Nama:Fredi Wibowo
    NIM 41617110115

    Menurut saya artikel ini cukup inspiratif, memberikan semangat untuk kita berani terjun menjadi pengusaha muda dengan berbekal kreatifitas, keberanian, inovatif, management tang bagus serta keyakinan yang kuat maka kita bisa menjadi pengusaha yang sukses.

    BalasHapus
  22. Nama : Rima Apriyana
    Nim : 43117110171

    Penyampaian artikel tersebut mudah dipahami dan susunannya teratur. Dari apa pengertian sukses itu dan apa yang membuat wirausaha berhasil meraih kesuksesan, dan kunci sukses berbisnis dan membangun usaha. Dijabarkan dengan sangat lengkap dan diperjelas dengan pendapat para ahli. Seorang pengusaha pasti menginginkan usahannya sukses. Dengan adanya artikel ini banyak ilmu yang bisa diterapkan di bisnis yang sedang dijalankan. Untuk menjadi wirausahawan kita harus mempunyai tujuan yang jelas, ide dan inovasi-inovasi serta keberanian untuk mengambil keputusan dan menghadapi resiko untuk mewujudkan ide dan inovasi yang ada. Mulai dari membangun, memelihara, dan mengembangkannya sampai menghasilkan dampak nyata bagi dunia.

    BalasHapus
  23. Nama : Sulistianto
    Nim : 41617110021

    menurut saya artikel ini bagus dan sangat bermanfaat sebagai motivasi seseorang yang ingin memulai usaha.

    BalasHapus
  24. Nama :Nurhadi Budi Santoso Yohanes
    NIM :41617110063

    Menurut saya artikel yang saya baca di atas tadi sangat bagus dan bermanfaat dengan kata kunci motivasi pengusaha sukses dan dengan Kesimpulan
    Dari yang kita lihat diatas bahwa seorang wirausaha adalah orang yeng mempunyai tujuan, keyakinan, berani mengambil resiko, inovatif dan kreatif, dapat memanage waktu dan keuangan. Namun untuk mewujudkan semua itu kita membutuhkan motivasi yang kuat, dari internal maupun external.
    Tetapi semua itu sudah ada dalam diri kita yang mau berwirausaha.yang menjadi permasalahannya kita terbentur dengan modal yang ada atau kita kekurangan modal.jadi usaha yang kita jalankan kurang maksimal.

    BalasHapus
  25. Nama : Septy Luthfiani
    NIM : 43117110280


    Artikel diatas membahas tentang pentingnya Motivasi berwirausaha dalam diri seorang pengusaha, karena seseorang yang memiliki motivasi berwirausaha yang tinggi, akan melakukan suatu tindakan dalam proses bisnisnya. Dari yang kita lihat diatas bahwa seorang wirausaha adalah orang yeng mempunyai tujuan, keyakinan, berani mengambil resiko, inovatif dan kreatif, dapat memanage waktu dan keuangan. Namun untuk mewujudkan semua itu kita membutuhkan motivasi yang kuat, dari internal maupun external.

    BalasHapus
  26. Anna Deo Rika Sinabutar20 Maret 2019 pukul 13.10

    Menurut saya artikel di atas sangat benar,saya memulai usaha karena iseng saja tapi setelah saya jalani timbul keinginan inginlebih serius lg mengembangkan usaha saya yg sekarang.

    BalasHapus
  27. Anna Deo Rika Sinabutar20 Maret 2019 pukul 13.15

    Nama:Anna Deo Rika Sinabutar
    NIM:44218110104
    Menurut saya artikel di atas sangat benar,saya memulai usaha karena iseng saja tapi setelah saya jalani timbul keinginan inginlebih serius lg mengembangkan usaha saya yg sekarang.

    BalasHapus
  28. Nama : Fadjar imaniar
    Nim : 43117010001

    Menurut saya artikel ini sangat baik dan benar.

    Untuk sukses itu tak melulu harus punya modal besar tetapi kesuksesan itu dibutuhkan banyak hal seperti niat, ketekunan, dan tekad pantang menyerah.

    BalasHapus
  29. Nama : Tri Sunarto
    Nim : 41515120006

    selamat sore , ingin bertanya apakah ketika seseorang yang baru memulai usahanya harus dari hal yang paling disukai , karena terkadang seseorang memulai usahanya hanya karena coba coba dan akhiranya malah menjalaninnya dengan serius

    BalasHapus
  30. Nama : Zahrawani Ilmi Pradina
    NIM : 43218110083

    Terimakasih telah membuat artikel yang bermanfaat bagi diri saya maupun orang lain yang membacanya. Mungkin banyak yang kita mempunyai keingian untuk berwirausaha, tapi tak jarang juga sudah mempunyai keinginan tetapi tidak mempunyai motivasi yang kuat untuk memulai berwirausaha. Dengan membaca artikel ini saya lebih memahami bagaimana untuk membangun motivasi untuk berwirausaha. Terimakasih.

    BalasHapus
  31. Nama : Devi Widya Winata
    NIM : 43217120173

    Sangat bagus, bisa menginspirasi dan memotivasi bagi kami yang ingin mencoba menjadi pengusaha. Terima kasih

    BalasHapus
  32. Nama: Mahfudin
    NIM : 41617110014
    Sangat memotivasi!

    BalasHapus
  33. Nama: Suhardianto Noor
    Nim : 43217120172

    Terima kasih atas artikelnya, menurut saya artikel ini sangat bagus, sangat memotifasi buat saya untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses dan bisa mengembangkan usaha yang ingin saya wujudkan.

    BalasHapus
  34. Nama : Satriya Ramahdika Utama
    Nim : 41413120157

    Artikel yang cukup menarik, sehingga bisa menginspirasi kaula muda untuk berwirausaha.

    BalasHapus
  35. nama : ezra feroza dwi antono
    nim : 41617120059

    Artikel yang sangat inspirasi bagi pembaca khususnya saya, Bahgaimana Menjadi Pengusaha Sukses? seorang menjadi sukses berawal dari bawah dan tidak semua orang sukses secara tiba-tiba. Dengan semangat dan motivasi tinggi sehingga memperoleh kesuksesan tersebut.

    BalasHapus
  36. Nama : Siti Salmah
    Nim : 43117110046

    Menurut saya artikel tersebut mudah dipahami dan jelas isi nya. Dan menurut saya pada artikel tersebut benar adanya bahwa jika ingin menjadi pengusaha yang sukses harus mempunyai motivasi yang kuat.

    BalasHapus
  37. Nama : Muhammad Husein Rifa'i
    Nim : 41617110054

    Artikel yang sangat membantu, setelah saya membaca artikel ini saya menjadi termotivasi untuk menjadi pengusaha yang sukses

    BalasHapus