Kamis, Maret 28

Berpikir Kreatif dan Inovatif

Oleh : @M17-Luthfiah

Abstrak
    Orang yang berpikir kreatif dan inovatif tidak akan takut oleh sempitnya lapangan pekerjaan seperti saat ini, karena orang yang berpikir kreatif dan inovatif akan berpikir untuk menciptakan lapangan pekerjaan yang baru untuk dirinya sendiri dan juga untuk orang lain. Gagasan utama itulah yang seharusnya kita bentuk untuk menerapkan cara berpikir yang kreatif dan inovatif.
    Dalam berwirausaha, cara berpikir kreatif dan inovatif sangatlah diperlukan karena dalam hal ini bisa menghasilkan ide-ide yang mungkin akan akan sangat menguntungkan, seperti memunculkan suatu inovasi baru yang mungkin saja unik dan menarik sehingga dapat diaplikasikan dalam berwirausaha, lalu mendapat keuntungan dari ide tersebut.
    Maju atau mundurnya usaha yang kita jalani juga tergantung pada kreativitas kita. Bisa jadi, sebuah usaha saati ini maju atau berjalan. Namun, perubahan akan terus berlanjut. Bisa jadi, bisnis kita saat ini sudah tidak bisa lagi berkembang akibat perubahan yang ada. Disini, kreativitas kita diperlukan untuk mengubah cara kita menjalankan bisnis dan menghasilkan produk atau jasa baru sesuai dengan perkembangan pasar.

Kata Kunci : Berpikir, Kreatif, Inovatif



    Menurut Hikmah, berpikir adalah berkembangnya suatu ide, konsep, pemikiran yang baru yang keluar dari  dalam diri seseorang. Dan berkembangnya pemikiran itu sendiri dari informasi yang telah didapat dan disimpan oleh sesorang, dan terkadang ide atau konsep itu muncul dengan sendirinya ketika seseorang itu merasa terdesak. Jadi, tidak selamanya berpikir itu keluar setelah seseorang mendapatkan informasi yang telah disimpan seperti halnya ketika seseorang mendapatkan suatu masalah dan seseorang tersebut akan mulai berpikir bagaimana cara agar mereka bisa mendapat jalan keluar dari masalah tersebut.
     Menurut Perdana, pengertian kreatif adalah cara berpikir yang menghasilkan metode baru, konsep baru, pengertian serta seni yang menyebabkan banyaknya keluar ide atau hal-hal yang sebelumnya tidak berhubungan menjadi saling terhubung karena berpikir secara kreatif. Sedangkan inovatif adalah kemampuan manusia mendayakan pikiran serta sumberdaya yang ada disekelilingnya untuk suatu karya yang baru atau benar-benar orisinil serta bermanfaat bagi banyak orang. Dari kedua definisi bisa kita ketahui betapa pentingnya diterapkan dalam wirausaha, agar memacu kita menjadi pengusaha yang kuat, banyak ide, serta mengambil peluang usaha yang tepat.
    Sebagai contoh apabila kita sudah berkreasi terhadap suatu produk yang kita miliki saat ini kemudian pada saat diperjualbelikan ternyata tidak laku sama sekali, kita bisa memikirkan kembali, seperti :
  • Apakah yang sebenarnya diinginkan oleh pelanggan?
  • Siapa target pemasaran produk?
  • bagaimana membuat pelanggan puas terhadap produk dan bisa terjual dengan cepat?
  • Dimana tempat yang tepat untuk mempromosikan dan menjual produk?
  • Kapan waktu yang tepat untuk memasarkan?
    Pada dasarnya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif adalah dengan memperbaiki mental dan kemampuan teknik. Keduanya sangat penting. Jika kita hanya mempelajari masalah teknis, tetapi mental kita masih belum kreatif, maka kreativitas akan terhambat. Sebaliknya, jika orang yang sudah bermental kreatif, tidak mengetahui tekniknya, akan kurang optimal juga hasilnya. 
    Langkah pertama adalah kita harus mengetahui cara mengatasi hambatan berpikir kreatif. Penghambat utama berpikir kreatif adalah tidak mau menerima sesuatu yang baru dan aneh. Ingatlah, berpikir kreatif adalah menghasilkan sesuatu yang baru, jika kita tidak mau menerima yang baru, bagaimana ide-ide hebat akan muncul? 

Daftar Pustaka


13 komentar:

  1. nama : abdul hadi hadzami
    nim : 41318110064

    artikel di atas sangatlah bagus karena untuk menjadi pengusaha yang sukses itu butuh kreativitas dan inovasi yang tinggi agar dalam mengembangkan usaha yang sukses.

    BalasHapus
  2. Nama : cindy
    NIM : 43218110114

    Artikel ini sangat bagus, karena kita bisa tau cara berpikir untuk menjadi kreatif dan inofatif dalam menjalankan bisnis

    BalasHapus
  3. Nama : Fadjar Imaniar
    Nim : 43117010001

    Artikel ini sangat benar, baik dan bermanfaat.

    Betapa pentingnya kreatif dan inovatif diterapkan dalam wirausaha, agar memacu kita menjadi pengusaha yang kuat, banyak ide, serta mengambil peluang usaha yang tepat.

    BalasHapus
  4. Nama : Natan
    NIM : 43117110110

    Artikel ini sangat benar, baik dan bermanfaat.

    Betapa pentingnya kreatif dan inovatif diterapkan dalam wirausaha, agar memacu kita menjadi pengusaha yang kuat, banyak ide, serta mengambil peluang usaha yang tepat.

    BalasHapus
  5. Nama : IRWAN SUSANTO
    Nim : 41617110044

    Artikel ini sangat benar, baik dan bermanfaat.

    Betapa pentingnya kreatif dan inovatif diterapkan dalam wirausaha, agar memacu kita menjadi pengusaha yang kuat, banyak ide, serta mengambil peluang usaha yang tepat.

    BalasHapus
  6. Nama : Nurring Tyas

    Nim : 41617110119

    artikel diatas cukup bagus karena bahasanya mudah dimengerti dan dipahami untuk para pemula usaha agar dapat memunculkan ide - ide / inovasi tentang bisnis.

    BalasHapus
  7. Nama : Zahrawani Ilmi Pradina
    NIM : 43218110083
    Artikel yang sangat bermanfaat. Memang banyak sekali untuk berpikir kreatif, tentu saya merasakan juga. Terkadang ide yang saya dapatkan kemudian saya sampaikan ke orang terdekat, pasti mereka bilang aneh, dan apa itu pasti ada yang beli? Namun hal tersebut tidak membuat saya patah semangat, seperti yang disampaikan penulis dalam artikel tersebut.

    BalasHapus
  8. NAMA:ANENAYA NURUL AFIFAH
    NIM:43218110265

    Artikel yang sangat memberikan motivasi untuk kita bahwa betapa pentingnya berpikir kreatif dan inovatif. Orang yang berpikir kreatif dan inovatif tidak akan takut oleh sempitnya lapangan pekerjaan seperti saat ini, karena orang yang berpikir kreatif dan inovatif akan berpikir untuk menciptakan lapangan pekerjaan yang baru untuk dirinya sendiri dan juga untuk orang lain.

    BalasHapus
  9. NAMA : FREDI WIBOWO
    NIM : 41617110115

    Artikel yang menarik, dengan ilmu yang kita punya dan ditambah kreatifitas kita dapat menciptakan lapangan pekerjaan untuk sendiri dan orang lain.

    BalasHapus
  10. Nama : Feralvin Satria L.H
    Nim : 41617110045

    Artikel diatas cukup bagus karena bahasanya mudah dimengerti dan dipahami.

    BalasHapus
  11. Nama : Sulistianto
    Nim : 41617110021

    Artikel ini sangat benar, baik dan bermanfaat. Betapa pentingnya kreatif dan inovatif diterapkan dalam wirausaha, agar memacu kita menjadi pengusaha yang kuat, banyak ide, serta mengambil peluang usaha yang tepat.

    BalasHapus
  12. Nama : Dinda Juliskha Yanti
    Nim : 43218110220

    Menurut saya, artikel diatas cukup bagus karena bahasanya mudah dimengerti dan dipahami untuk para pemula usaha agar dapat memunculkan ide - ide / inovasi tentang bisnis.
    Terimakasih

    BalasHapus
  13. Nama : Rima Apriyana
    Nim : 43117110171

    Skill kreatif memang sudah dimiliki oleh beberapa orang tanpa dia berusaha mengetahuinya, namun pada sebagian orang lainya, jika mau, skill kreatif bisa diketahui dan diasah melalui berbagai cara, diantara yang sudah disebutkan pada artikel "berilmu luas dengan kreatif dan inovatif" jika sudah memiliki skill kreatif, apapun usaha/ kerjanya maka skill ini akan membantu bahkan memudahkan kita untuk bisa survive.

    BalasHapus