Jumat, Maret 29

COLLAGE STUDENT ENTREPRENEURSHIP



Apasih kreatif dan inovatif dalam berwirausaha ?, arti dari kata “Kreatif” sendiri yakni menciptakan hal yang berbeda dari yang lain atau menghubungkan hal hal yang tidak dapat dihubungkan atau dikaitkan.
Sedangkan “Inovatif” sendiri  yakni, menciptakan sesuatu yang belum pernah ada menjadi ada atau menciptakan sesuatu yang sama sekali berbeda.

Disini kita dapat melihat apa saja aspek aspek yang dapat kita lihat dalam mengerjakan sesuatu atau mengembangkan ide ide yang dapat bermanfaat terhadap pengaruh dalam berwirausaha, yakni :

Proses : yang berorientasi tujuan, yang di desain untuk mencapai hasil solusi dalam suatu permasalahan. Misalkan prospek/strategi yang   dapat menentukan hasil kinerja yang lebih efektif dan efisien.

Manusia : merupakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang sebagai prioritas dalam mencapai solusi atau menentukan hasil yang bersifat membangun dan menggunakan peluang dengan semaksimal mungkin.

Saat ini, berbagai usaha kreatif dan inovatif semakin meningkatnya dengan adanya ide ide yang dapat dikembangkan serta minat yang dapat dicapai dalam membentuk suatu usaha yang berkompeten. Dengan demikian Para Wirausahawan muda yang berlomba lomba menumpahkan ide atau bakat usaha kreatif dan inovatif yang berbeda sebelumnya.

Namun juga bukan hanya mencari varian semata melainkan memberikan sesuatu yang unik dan berbeda dari pada kompetitornya atau sesama usaha muda. Hal ini disebabkan karena persaingan yang kian pesat dan dapat memberikan pengaruh dampak stabilitas yang telah memasuki Era Digital sekarang ini.

Berikut ada beberapa ide atau minat usaha kreatif inovatif yang diprediksi akan berkembang di Era tahun ini, yakni :

Starup
Sejak memasuki di era digital semakin maraknya pengguna Internet Mobile atau Via Online yang dapat menginisiasi gerakan seribu Starup. Dan menjadikan salah satu Misi untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat ekonomi digital di Asia Tenggara. Contohnya : Gojek, Tokopedia, Traveloka, dsb.

Digital Agency
Di era digital, semakin dibutuhkan sebagai sarana promosi bagi perusahaan online. Digital Agency merupakan suatu usaha yang bergerak menawarkan jasa periklanan dan memanfaatkan internet guna untuk menarik perhatian bagi para konsumen serta produser dan menjadi sarana dalam pemasaran produk agar dikenal luas.

E- Commerce
Di tahun sekarang ini usaha online ini akan menjadi usaha favorit. Karena sudah banyak masyarakat yang memilih segalanya menjadi praktis, sehingga urusan dalam kegiatan belanja kebutuhannya dilakukan secara online. Hal ini disebabkan via transaksi nya yang bisa dilakukan secara digital tanpa membebani suatu konsumen.

Robotika Engginering
Bahwa diketahui di Era Digital tahun 2018, semakin praktis atau semakin meningkatnya suatu perusahaan ini dalam mengembangkan suatu robot cerdas yang sensornya dapat mengetahui apa yang manusia lakukan dan mengurangi dampak terhadap perekomian yang dapat semakin meningkat untuk dapat membantu membangun atau menumbuhkan nilai nilai positif terhadap perusahaan.

Peran inovatif dalam berwirausaha yakni : suatu bisnis tidal berjalan dengan ketika menghadapi tantangan. Inovasi sendiri dapat diartikan sebagai salah satu upaya dalam kegiata mengembangkan serta memaksimalkan sumber daya yang ada. Sumber daya tersebut dapat berupa modal, pemikiran bahkan hubungan kerjasama terhadap orang lain.
Peran kreatif , pengusaha lebih menggunakan sumber daya yang belum ada atau menemukan cara baru.

Tipikal Karakteristik :
Memiliki semangat, passion untuk mencari peluang baru
Fokus dan disiplin dalam mengejar peluang
Fokus pada proses eksekusi sebuah ide
Terlibat dan membangun jejaring profesional




http://bbs.binus.ac.id/business-creation/2018/04/kreatif-dan-inovatif-dalam-berwirausaha/
http://berinovasi.com/2017/11/10/5-ide-usaha-kreatif-inovatif-yang-bakal-besar-di-tahun-2018/
https://swa.co.id/swa/my-article/column/kreativitas-inovasi-dan-kewirausahaan
https://www.kompasiana.com/manda.sari/55295fd26ea83482038b4582/pengertian-kreatif-dan-inovatif-dalam-bisnis

15 komentar:

  1. NAMA :SANDRO HANDIKA
    NIM : 41617110108

    Dari artikel ini saya jadi mengerti tentang kreatif dan inovatif dalam berwirausaha agar dapat melihat aspek-aspek agar bisa membuat ide-ide dalam berwira usaha.

    BalasHapus
  2. NAMA : SIDIK PURNOMO
    NIM : 41617110057

    dari artikel ini saya menangkap kesimpulan bahwa ber- kewirausahaan harus berpikir kreatif dan innovative

    terima kasih

    BalasHapus
  3. NAMA : PUSPA RAHAYU
    NIM : 43117110268

    Dari artikel ini saya bisa belajar dan mengerti bahwa seorang wirausaha selain mempunyai motivasi, mengubah pola pikir seorang wirausaha juga harus mempunyai sifat kreatif dan inovatif dalam membuat ide .

    BalasHapus
  4. NAMA : MUHAMAD ARYA DWI PANGGA
    NIM : 41617110087

    Artikel yang bagus,artikel ini dapat membuat pembacanya menjadi memiliki pemikiran yang maju secara spontan.

    BalasHapus
  5. Nama: Muhammad Refiansyah
    Nim: 41617110113

    Artikel di atas menurut saya bagus karna dapat di simpulkan pentingnya kreatif dan inovatif dalam berwirausaha

    BalasHapus
  6. Nama:Rosliana jhon febri s
    NIM: 43117110141

    Dari artikel diatas kita dapat mengambil kesimpulan bahwa, kreatif dan inovatif itu sangatlah diperlukan dalam kehidupan sehari hari. Karena kreatif dan inovatif itu sangat menentukan kualitas hidup kita. Apalagi dalam bidang kewirausahaan, untuk memiliki jiwa yang kreatif inovati karena keduanya akan menentukan hasil usaha kita.

    BalasHapus
  7. NAMA : YORGI GANDA
    NIM : 41916120058
    MENURUTsaya artikel ini bisa belajar dan mengerti bahwa seorang wirausaha selain mempunyai motivasi, mengubah pola pikir seorang wirausaha juga harus mempunyai sifat kreatif da
    Darin inovatif dalam membuat ide .

    BalasHapus
  8. Nama : Ratu Nasia Nastashia Sakina
    NIM : 41118110154

    Artikel yang sangat menarik,membantu para pembaca untuk berwirausaha dengan baik dengan kreatif dan inovatif. Menyadarkan para pembaca untuk terus berkembang dalam berwirausaha.

    BalasHapus
  9. Nama : septy luthfiani
    NIM : 43117110280

    Sesuai artikel diatas,akibat dari adanya pengaruh globalisasi maka semakin marak nya bisnis yang dijalankan secara online. Mulai dari ojek online sampe online shop. Untuk itu kita harus memiliki semangat, passion untuk mencari peluang baru
    Fokus dan disiplin dalam mengejar peluang dan harus berfikir kreativ dan inovatif.

    BalasHapus
  10. Nama : Yusup Maulana
    NIM : 41416120114
    di blog ini kita dapat tau apa aspek-aspek yang harus dapat kita lihat dalam mengerjakan sesuatu atau mengembangkan ide ide. Adapun beberapa ide atau minat usaha kreatif inovatif yang diprediksi akan berkembang di Era tahun ini.

    BalasHapus
  11. Nama : Rima Apriyana
    Nim : 43117110171

    Dari artikel "collage student entrepreneurship" saya memahami bahwa skill kreatif dan inovatif adalah hal yang sangat dibutuhkan dewasa ini dalam bekerja/ berwirausaha agar bisa survive di era globalisasi saat ini.

    BalasHapus
  12. Nama : Satriya Ramahdika Utama
    NIM : 41413120157

    Dari artikel diatas kita dapat mengambil kesimpulan bahwa, kreatif dan inovatif itu sangatlah diperlukan dalam kehidupan sehari hari. Karena kreatif dan inovatif itu sangat menentukan kualitas hidup kita. Apalagi dalam bidang kewirausahaan, untuk memiliki jiwa yang kreatif inovati karena keduanya akan menentukan hasil usaha kita.

    BalasHapus
  13. Nama: Devi Widya Winata
    NIM : 43217120173

    Sangat bagus artikelnya, memang benar sekali bahwa jika ingin menjadi Entrepreneur yang dapat bersaian di era digital ini dibutuhkan Kreatifitas dan Inovasi.

    BalasHapus
  14. Nama : Anggi Wahyu Guntara
    NIM : 41117110111

    “Berpikir sesuatu yang baru”. “Kreativitas sebagai kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru dan untuk menemukan cara-cara baru dalam memecahkan persoalan dalam menghadapi peluang”.

    BalasHapus
  15. Nama : Saripudin
    NIM : 41617110111

    Kemampuan Seseorang dalam menciptakan hal hal yang baru memang sangat dibutuhkan dalam berwirausaha,
    Artikel yang bagus.

    BalasHapus