Kamis, Maret 14

Dibalik Kesuksesan Pengusaha

Oleh : @M17-Luthfiah

Abstrak
    Sebagai manusia kita harus mempunyai kemampuan bertahan hidup. Salah satu bentuk bertahan hidup adalah dengan bekerja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Keinginan setiap orang adalah mempunyai pekerjaan yang baik dan mendapatkan uang yang cukup atau bahkan ingin lebih.
Namun kenyataannya, masih banyak dari masyarakat yang tidak memiliki pekerjaan atau biasa disebut pengangguran, disebabkan kesulitan untuk mencari dan mendapatkan pekerjaan yang terbatas.
    Salah satu cara untuk menanggulangi pengangguran adalah membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat dengan membuka suatu bisnis yang berpeluang, atau biasa disebut pengusaha. Tetapi sesungguhnya menjadi seorang pengusaha tidaklah semudah yang dibayangkan. Dalam membuka usaha juga pasti memiliki ketentuan tertentu yang harus dipenuhi, seperti mencari mitra bisnis, memilih jenis usaha, mengenali pasar, modal, dan lain-lain. 
     Tetapi yang terpenting, seorang pengusaha harus berkomitmen dalam menjalankan bisnisnya dan juga selalu optimis dengan apa yang akan dilakukan pada bisnis tersebut. Karena itulah seorang pengusaha harus memiliki motivasi atau bahkan prinsip yang kuat agar tidak mudah terjatuh.


Kata Kunci : Pengusaha, Bisnis, Motivasi menjadi pengusaha

     Pengusaha adalah seseorang yang menjalankan aktivitas usaha baik usaha jual-beli, maupun usaha produksi yang mempunyai tujuan utama untuk memperoleh keuntungan dan menanggung resiko yang mungkin saja akan terjadi dalam aktivitas usahanya. 
     Menjadi pengusaha, terdapat hal-hal yang harus dimiliki, seperti :
  1. Berani mencoba dan tidak takut gagal
    Seorang pengusaha harus berani mengambil risiko dalam mengambil keputusan bisnis. Jangan pernah takut akan kegagalan. Bisnis bukan hanya sebuah rencana, namun sebuah sebuah rencana yang dilaksanakan dengan sungguh-sungguh.
  2. Jeli melihat peluang
    Anda juga harus pandai dalam menentukan pasar dan melihat peluang bisnis yang mungkin akan berkembang, sebab tidak ada gunanya menjalankan sebuah bisnis yang tidak memiliki peluang cerah ke depannya. Ini akan sangat menentukan berhasil atau tidaknya bisnis yang Anda jalankan.
  3. Relasi dan partner yang kuat
    Di dalam menjalankan bisnis, Anda juga akan dituntut untuk memiliki relasi dan juga partner yang bisa mendukung perkembangan bisnis tersebut.
  4. Tidak Mudah Merasa Puas
    Jangan pernah cepat merasa puas karena itu artinya bisnis tersebut telah berakhir dan tidak akan berkembang lagi ke depannya. Perbaiki berbagai hal di dalam bisnis Anda, perluas jaringan, dan mulai lini-lini baru yang masih bisa dikembangkan di masa yang akan datang.
  5. Cepat belajar dan beradaptasi
    Saat sedang menjalankan suatu bisnis, Anda akan menemukan banyak masalah, mulai yang kecil hingga yang tersulit sekalipun, maka siapkan mental Anda untuk hal-hal tersebut. Kaget dengan beragam kondisi yang akan Anda temui nanti, biasakan untuk cepat beradaptasi, bahkan pada kondisi-kondisi tersulit sekalipun yang mungkin akan anda hadapi.
    Sebagai contoh yang bisa kita ambil adalah kisah Achmad Zaky, CEO Bukalapak. Dia memulai bisnisnya benar-benar dari nol. Mencari rekan bisnis pun dia hanya mengandalkan penawaran dari mulut, sehingga dia bisa menggaet seorang sahabat SMA nya. dia pun memulai bisnis nya dengan membuat web yang tentu saja tidak langsung berhasil dan menghasilkan untung, namun dia tidak menyerah sampai akhirnya dia bisa mendapat suntikan dana dari investor mencapai ratusan milyar. dan dia memanfaatkan dana tersebut semaksimal mungkin hingga Bukalapak bisa menjadi sebesar sekarang. 

Daftar Pustaka

14 komentar:

  1. Nama : Muhamad Arya Dwi Pangga
    Nim : 41617110087

    Artikel nya bagus menurut saya.
    tetapi perlu di ketahui, di balik kesuksesan pengusaha mereka memiliki ciri ciri dan sifat :
    -Percaya diri

    -Berorientasikan tugas dan hasil

    - Berani mengambil risiko

    -Kepemimpinan

    - Keorisinilan

    - Berorientasi ke masa depan

    - Jujur dan tekun

    Sifat-sifat seorang wirausaha adalah:

    1.Memiliki sifat keyakinan, kemandirian, individualitas, optimisme.

    2.Selalu berusaha untuk berprestasi, berorientasi pada laba, memiliki ketekunan dan ketabahan, memiliki tekad yang kuat, suka bekerja keras, energik dan memiliki inisiatif.

    3.Memiliki kemampuan mengambil risiko dan suka pada tantangan.

    4.Bertingkah laku sebagai pemimpin, dapat bergaul dengan orang lain dan suka terhadap saran dan kritik yang membangun.

    5.Memiliki inovasi dan kreativitas tinggi, fleksibel, serba bisa dan memiliki jaringan bisnis yang luas.

    6.Memiliki persepsi dan cara pandang yang berorientasi pada masa depan.

    7.Memiliki keyakinan bahwa hidup itu sama dengan kerja keras.

    BalasHapus
  2. Nama : Helena mutiara h
    Nim : 4321811021

    Artikelnya sudah bermanfaat, tetapi tidaklah lupa bahwa dukungan dari keluarga dan orang-orang terdekat juga cukup penting di balik kesuksesan seseorang

    BalasHapus
  3. Nama : muhammad arifin
    Nim : 41617110062
    Artikel sangat membantu untuk membangun kepercayaan diri serta memulai segala sesuatu usaha dari 0

    BalasHapus
  4. Nama : Nurring Tyas
    NIM : 41617110119

    Artikel ini memberikan pembelajaran kepada pembaca tentang sikap - sikap yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha.karena seorang pengusaha harus berkomitmen dalam menjalankan bisnisnya dan juga selalu optimis dengan bisnis tersebut. sehingga seorang pengusaha harus memiliki motivasi atau bahkan prinsip yang kuat agar tidak mudah terjatuh.

    BalasHapus
  5. Nama : Rosada Tri Asnada
    NIM : 41415110052

    Mungkin poin-poin yang bisa dijadikan ajuan untuk mengembangkan bisnis yang sempat berjalan.

    BalasHapus
  6. Nama : Riki Saefulloh
    NIm : 41617110029

    arikel diatas cukup Baik. Pada seorang entrepreneur pastilah ingin maju dalam usahanya bahkan lebih maju. kuncinya Yakin,Fokus dan bekerja keras.

    BalasHapus
  7. Nama : Feralvin Satria Lanusa H
    NIM : 41617110045

    Artikel tersebut memberikan pembelajaran kepada pembaca tentang sikap - sikap yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha. Seorang pengusaha harus berkomitmen dalam menjalankan bisnisnya dan juga selalu optimis dengan bisnis tersebut. Sehingga seorang pengusaha harus memiliki motivasi atau bahkan prinsip yang kuat agar tidak mudah terjatuh.

    BalasHapus
  8. Nama : Rima Apriyana
    Nim : 43117110171

    Isi artikelnya sudah jelas, memberikan gambaran memotivasi manusia menjadi pengusaha untuk bertahan hidup dan mengurangi pengangguran. Dan contoh yang mengambil kisah Achmad Zaky, CEO Bukalapak yang sangat menginspirasi.

    BalasHapus
  9. Nama : Sulistianto
    Nim : 41617110021

    artikel ini sangat dan membantu untuk seseorang yang ingin memulai usaha. karena untuk jadi menjadi seorang pengusaha, harus berani mencoba dan jangan takut untuk merasa gagal.

    BalasHapus
  10. Nama :Nurhadi Budi Santoso Yohanes
    NIM :41617110063

    Menurut saya artikel yang saya baca di atas tadi sangat bagus dan bermanfaat selain itu dukungan dari keluarga dan lingkungan sekitar juga bisa membantu suksesnya suatu usaha.dan jangan lupa selalu berdoa dan berusaha terus bila belum mencapai apa yang di cita-citakan.

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Nama: Anggi Yos Indra
    NIM : 41617110049

    ada beberapa key point yang menarik dalam article ini. tapi ada satu hal yang menurut saya memiliki rangsangan yang berbeda, yakni salah satu menjadi pengusaha adalah mempunyai relasi yang baik dan partner yang kuat.
    Saya teringat bagaimana di Industri 4.0 ini banyak bermunculan start up -start up baru tapi kembali bicara soal eksistensi dan optimasinya tidak semuanya bisa bersaing. GOJEK adalah salah satu unucorn local yang sedang bergerak ke Decacorn saya pernah melihat hystory perjuangan founders-nya salah satu pointnya sama yakni: Relasi dan Partner (team yang solid).

    BalasHapus
  13. Nama : Satriya Ramahdika Utama
    Nim : 41413120157

    Artikel yang cukup bagus dan dapat merubah mindset orang awam tentang kunci kesuksesan seorang enterpreuner

    BalasHapus
  14. Nama : Suhardianto Noor
    Nim : 43217120172

    Menurut saya dari artikes di atas sangat memotifasi saya untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses.

    BalasHapus