Kamis, Maret 21

Kekuatan Pikiran Menuju Kesuksesan.


Oleh : @M10-ERLANGGA, @Proyek-M02, @STARTUP-M03








Abstrak

Pasti setiap manusia memiliki tujuan hidupnya masing-masing. Disetiap momen dalam hidup setiap manusia ingin berprestasi. Dari saat ditaman kanak-kanak kita sudah berlomba-lomba untuk mendapatkan prestasi sebanyak banyaknya. Lanjut di jenjang pendidikan selanjutnya SD,SMP,SMA kita mengikuti berbagai lomba, diranah perguruan tinggi pun kita masih mengikuti acara yang dapat mencapai prestasi untuk diajukan beasiswa ke kampus. Bahkan didunia kerja juga kita masih berusaha untuk mendapatkan prestasi dalam kehidupan. Baik menjadi karyawan terbaik, pengusaha muda, atau hal lainnya. Semua itu dapat terjadi karena kita sudah memiliki mindset untuk mendapatkan itu semua.

Kata kunci : Tujuan, manusia, prestasi, kehidupan, pengusaha.


            Manusia adalah makhluk ciptaan tuhan yang memiliki akal pikiran untuk berfikir. Kita diberikan karunia akal pikiran yang dapat digunakan untuk memutuskan seperti apa kehidupan yang diinginkan oleh individu tersebut. Tanpa pikiran sesoerang mungkin tidak bisa mengatur hidupnya bahkan sulit untuk meraih masa depannya.

            Menurut anonym (2019) , mindset merupakan hal yang bisa mempengaruhi seseorang dalam hidupnya. Mindset bisa membuat seseorang menajdi kaya ilmu namun mindset juga bisa membuat orang tidak berdaya. Dalam kasus ini kita dapat artikan bahwa mindset dapat mempengaruhi manusia untuk melakukan hal-hal yang diluar kemampuannya untuk mendapatkan apa yang dia inginkan. Namun mindset juga dapat memperburuk kehidupan manusia, sebagai contoh mindset manusia yang tidak peduli akan lingkungan akan menyebabkan kerusakan alam dan hal-hal negatif lainnya.

            Menurut Wahyudi (2010), ada tiga jenis mindset. Ketiga mindset tersebut adalah :

1.      Mindset Karyawan
Karyawan adalah seseorang yang bekerja untuk orang lain, dia cuma bertanggung jawab kepada atasan dan perusahaan serta pekerjaannya. Mindset seorang karyawan biasa hanya mengikuti perintah atasan dan mengerjakan apa yang disuruh. Mereka cenderung mengikiti alur hidup dan pekerjaan yang telah ia jalan sehari-hari tampa berfikir untuk maju.

2.      Mindset Manager
Manager adalah orang yang mempunyai tanggung jawab kepada atasan serta bertanggung jawab dalam memimpin karyawan (anak buah). Biasanya, orang yang meiliki mindset ini adalah orang yang sudah lebih maju pola pikirnya di bandingkan dengan pola pikir orang bermindset karyawan. Inovasi, kemauan motivasi telah tertanam di dalam mindset manager ini
3.      Mindset Pengusaha
Mindset seorang pengusaha adalah mindset yang dapat menimbulkan ide-ide yang akan dilakukan untuk dijadikan usaha menuju kesuksesan dengan kemampuan diri sendiri. Inovasi, motivasi dan jiwa kepemimpinan akan terus tertanam dalam otak yang memiliki mindset pengusaha.

            Dalam hal ini menjadi pengusaha mindset sangatlah menentukan dalam sukses atau tidaknya kita menjalani usaha tersebut. Bayak sekali yang harus kita tanamkan dalam pikiran kita jika ingin menjadi seorang pengusaha. Mindset apa saja yang harus dimiki oleh seorang pengusaha, berikut beberapa hal tersebut :

1.      Kreatif
2.      Inovatif
3.      Tidak mudah menyerah
4.      Mampu beradaptasi
5.      Tak kenal takut
6.      Risk taker
7.      Belajar dari kesalahan
8.      Bangkit dari keterpurukan.

Semua hal diatas dapat membuat orang sukses atau malah menjadikan drinya gagal dalam menjalani kehidupan. Kedua hal dipengaruhi oleh mindset masing-masing individu. Jadi setelah semua hal yang kita lalui, manusia selalu memiliki kesempatan dalam hidupnya untuk memilih, jadi pilihlah dengan bijak agar kelak mendapatkan kesuksesan.

DAFTAR PUSTAKA


25 komentar:

  1. Nama ; Yusup Maulana

    NIM : 41416120114

    artikel ini sangat baik dan dapt membuka pola pikir saya sebagai mahasiswa yang sedang mengikuti mata kuliah kewirausahaan. inti dari ini semua dari mulai atasan hingga karyawan-karyawan harus memiliki tujun yang sama serta komitmen yang kuat

    BalasHapus
  2. Nama : Sandro Handika
    NIM : 41617110108

    Menurut saya artikel ini cukup bagus, dimana setelah membaca artikel ini saya jadi lebih memahami bahwasanya setiap anggota dalam sebuah usaha harus memiliki tujuan dan komitmen yang sama guna memajukan sebuah usaha.

    BalasHapus
  3. Nama : Priyo Hadi Prakoso
    NIM : 41314120089

    Sebuah artikel bacaan yang bagus pak , mudah dipahami.

    BalasHapus
  4. Nama : Nurring Tyas

    NIM : 41617110119

    saya setuju dengan pendapat artikel tersebut, berprestasi / sukses memang karena kita sudah memiliki mindset untuk mendapatkan itu semua.maka dari itu membangun membangun mindset harus berani berbeda, agar tidak stay diposisi itu saja. seperti mindset seorang karyawan,manager,dan pengusaha akan berbeda - beda karena mereka memiliki tujuan yang berbeda juga.

    BalasHapus
  5. Nama : Fadjar Imaniar
    Nim : 43117010001

    Artikel ini sangat benar dan baik.

    Hanya tindakan-tindakan hebat yang dibutuhkan untuk meraih sukses. Bukan tindakan dengan skill tinggi yang dimaksud hebat, namun tindakan yang berenergi, tindakan pentuh semangat, tindakan dengan penuh determinasi, pantang menyerah, dan tekun.

    BalasHapus
  6. Nama : Siti Salmah

    Nim : 43117110046

    Artikel tersebut mengandung mindset yang dapat membuat orang sukses atau malah menjadikan drinya gagal dalam menjalani kehidupan. Tergantung mindset masing2 Individu.

    BalasHapus
  7. Nama : Siti Salmah

    Nim : 43117110046

    Artikel tersebut mengandung mindset yang dapat membuat orang sukses atau malah menjadikan drinya gagal dalam menjalani kehidupan. Tergantung mindset masing2 Individu.

    BalasHapus
  8. Nama : AVIP WIJAYANTO
    NIM : 41617110053

    Artikel ini adalah bertujuan agar mahasiswa dan para pembaca untuk mempunyai motivasi dalam hidup , bahwa keyakikan untuk menjadi sukses tidak instant dan tetap memerlukan proses dan proses itu tidak singkat.

    BalasHapus
  9. Nama: Devi Widya Winata
    NIM : 43217120173

    Artikel ini sangat bagus, dimana manusia selalu memiliki kesempatan dalam hidupnya untuk memilih, jadi pilihlah dengan bijak agar kelak mendapatkan kesuksesan.

    BalasHapus
  10. Nama : Helena Mutiara H
    Nim : 43218110214

    Artikel yang sangat bagus, apalagi mindset tentang "bangkit dari keterpurukan" karena tidak semua pengusaha bisa melewati fase ini.

    BalasHapus
  11. Nama : Puspa Rahayu
    NIM : 43117110268

    artikel ini bertujuan agar seseorang mempunyai mindset hidup yang kuat bahwa menjadi pengusaha yang sukses itu tidak mudah, harus melewati rintangan" . mindset sangatlah menentukan dalam sukses atau tidaknya kita menjalani usaha tersebut

    BalasHapus
  12. NAMA : ANENAYA NURUL AFIFAH
    NIM : 43218110265

    Artikel ini memberikan suatu tujuan bahwa setiap manusia harus memiliki midset yang kuat untuk mendapatkan kesuksesan.

    BalasHapus
  13. Nama : Abdul Hadi Hadzami
    Nim : 41318110064

    artikel ini bertujuan agar seseorang mempunyai mindset hidup yang kuat bahwa menjadi pengusaha yang sukses itu tidak mudah butuh perjuangan yang sangat Bagus dan stategi yg kuat.

    BalasHapus
  14. Nama : Ezra Feroza Dwi Antono
    NIM : 41617120059

    Menjadi seorang pengusaha memiliki midset bahwa dengan keyakinan dan ketekunan serta motivasi dari diri sendiri akan membuahkan hasil yang memuaskan sesuai dengan keinginan yang dicapai.

    BalasHapus
  15. Nama : Fredi Wibowo
    NIM :41617110115

    Mindset positif dan kerja keras merupakan salah satu faktor keberhasilan.

    BalasHapus
  16. Nama : Muhammad Refiansyah
    Nim :41617110113

    Menurut saya artikel ini mudah di cerna dan bagus untuk orang yang ingin menjadi seorang pengusaha yang sukses, karna di dalam isi artikel tersebut sangat detail untuk sang pengusaha yang berfikir untuk sukses di bidangnya.

    BalasHapus
  17. Nama : Feralvin Satria Lanusa Hardjanto
    NIM : 41617110045

    saya setuju dengan pendapat artikel tersebut, berprestasi / sukses memang karena kita sudah memiliki mindset untuk mendapatkan itu semua.maka dari itu membangun membangun mindset harus berani berbeda, agar tidak stay diposisi itu saja.

    BalasHapus
  18. Nama: Mahfudin
    Nim: 41617110014
    Artikel yang mengaskan dimana kita saat ini, dan bisa memotivasi kita untuk menjadi individu yang bisa lebih maju lagi

    BalasHapus
  19. Nama : Rima Apriyana
    Nim : 43117110171

    Artikel tersebut menjelaskan bahwa mindset dapat mempengaruhi manusia untuk melakukan hal-hal yang diluar kemampuannya untuk mendapatkan apa yang dia inginkan. Namun mindset juga dapat memperburuk kehidupan manusia, sebagai contoh mindset manusia yang tidak peduli akan lingkungan akan menyebabkan kerusakan alam dan hal-hal negatif lainnya.

    BalasHapus
  20. Nama: Rosliana jhon febri s
    NIM: 43117110141

    dalam artikel ini saya mengetahui bahwa mindset sangatlah menentukan dalam sukses atau tidaknya kita menjalani usaha. bagaimana kita menyikapi sebuah keadaan dimana kita ingin sukses maka kita harus mempunyai pola pikir dengan bijak agar kelak mendapatkan kesuksesan.

    BalasHapus
  21. Nama : Hana Kartika
    Nim: 42317110015
    Artikel yang sangat bagus. Karna mindset yang di miliki dapat mempengaruhi hasil dari yang di kerjakan.

    BalasHapus
  22. Nama : Zahrawani Ilmi Pradina
    NIM : 43218110083
    Artikel yang sangat bermanfaat bagi saya. Saya ingin sekali mempunya mindset pengusaha, saat ini saya masih menjadi karyawan di sebuah kantor konsultan swasta, yang ada dalam pikirian saya adalah ambil ilmunya yang banyak kemudian buka kantor sendiri. Banyak pengalaman yang bisa saya ambil di kantor tempat saya bekerja, saya juga ingin membuat mesin uang sendiri, bukan selamanya dijadikan orang (atasan saya) sebagai mesin uang.

    BalasHapus
  23. Nama :Nurhadi Budi Santoso.Y
    Nim :41617110063
    artikel ini bagus karena jika seseorang mempunyai mindset hidup yang kuat bahwa menjadi pengusaha yang sukses itu tidak mudah, harus melewati proses yang tidak cepat dan banyak masalah/rintangan" . mindset sangatlah menentukan dalam sukses atau tidaknya kita menjalani usaha tersebut dan tak lupa selalu berusaha dan berdoa.

    BalasHapus
  24. Nama : Dinda juliskha Yanti
    Nim : 43218110220


    saya setuju dengan pendapat artikel tersebut, berprestasi / sukses memang karena kita sudah memiliki mindset untuk mendapatkan itu semua.maka dari itu membangun membangun mindset harus berani berbeda, agar tidak stay diposisi itu saja. seperti mindset seorang karyawan,manager,dan pengusaha akan berbeda - beda karena mereka memiliki tujuan yang berbeda juga.

    Terimakasih

    BalasHapus
  25. nama : Hari Setiawan
    NIM : 44215120086

    Artikel yang membuka pikiran bahwa seseorang harus merubah mindsetnya untuk maju

    BalasHapus