Kamis, Maret 28

Mari Menjadi Orang yang Kreatif dan Inovatif


Oleh : @M20-SYAHIDA (@STARTUP-M08)

Abstrak  
kenapa sih pengusaha atau wirausahaan itu harus punya kreatif dan inovatif ? menurut saya itu perlu, karena dalam usaha ataupun bisnis kita harus menciptakan dan memperkenalkan produk yang kita sudah buat kepada pelanggan.
Kreatif dan inovatif ini sangatlah berpengaruh kepada usaha dan bisnis, pasti seorang pernah berfikir  “kalo saya jual ini ada yang beli ga ya?” atau “kira – kira laku ga ya kalo di jual?”. Nah disitu lah pengusaha dan wirausahaan di uji untuk menciptakan ide, bagaimana cara untuk membuat suatu produk terlihat menarik dan bagaimana cara untuk memperkenalkan produk ini kepada pelanggan.
Kata kunci:kreatif dan inovatif
·        Suryana (2003) menyatakan bahwa kreativitas adalah: “Berpikir sesuatu yang baru”. “Kreativitas sebagai kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru dan untuk menemukan cara-cara baru dalam memecahkan persoalan dalam menghadapi peluang”
·        Hills (2008) menyatakan bahwa inovasi sebagai ide, praktek atau obyek yang dianggap baru oleh seorang individu atau unit pengguna lainnya.
·        Kreatif adalah kemampuan seseorang untuk menciptakan sesuatu hal yang beda dengan yang lain.
·        Inovatif adalah cara seseorang memperkenalkan dan mengembangkan hal – hal baru.
Untuk menjadi kreatif dan inovatif ada 4  yaitu :
1.     Buka mata , buka telinga
Lihatlah diluar sana banyak sekali ide ide yang bisa kita dapat dan kita juga mendengarkan masukan dari teman – teman anda.
2.     Belajar dari orang kreatif
Seringlah berbicara dengan orang yang menurut anda bisa membantu anda dalam memperluas wawasan tentang usaha dan bisnis
3.     Tuangkan semua ide
Kalian bisa menungkan ide yang ada di benak  anda dengan cara menulis setelah itu baru lah anda mewujudkan semua ide yang udah anda tulis.
4.     Percaya diri
Jangan takut untuk mengeluarkan ide anda di depan umum, anggaplah ide yang ada di benak mu membuahkan hasil.
·        Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh Wirausaha yang kreatif dalam mencari informasi yang penting bagi usahanya :
a. informasi tentang kepribadian dan kemampuanya,
b. peluang pasar,
c. peluang usaha yang menguntungkan perusahaan,
d. pemasok barang,
e. kebutuhan dan keinginan konsumen terhadap produk,
f. persaingan dalam dunia usah

Kesimpulannya adalah kita harus menjadi orang yang kreatif dan inovatif karena kita harus menjadi orang yang mempunyai pemikiran luas dan menciptakan sesuatu dari hasil kita sendiri dan menjadi orang inovatif karena kita harus mengembangkan dam memperkenalkan suatu produk yang sudah kita buat dan seorang inovatif bisa dapat penghasilan, jadi pengusaha harus berani mengambil resiko pernah gagal, gagal adalah sukses yang tertund. Jadi mari kita semangat dalam menjalankan sesuatu.

Daftar pustaka





34 komentar:

  1. Nama : Abdul hadi hadzami
    NIM : 41318110064

    artikel diatas sangat bagus karena adanya kreative dan inovasi dapat menarik perhatian pelanggan dan dapat mengembangkan ide ide yang cemerlang yang dapat dikembangkan

    BalasHapus
  2. Nama : Cindy
    NIM : 43218110114

    Artikel ini sangat bagus karena kalau kita kreatif dan inovatif bisa mengembangkan bisnis menjadi lebih baik

    BalasHapus
  3. Nama : Fadjar Imaniar
    Nim : 43117010001

    Artikel ini sangat benar, baik dan bermanfaat.
    Hal ini dapat membantu dan mengembangkan kita dalam memperluas wawasan tentang usaha dan bisnis.

    BalasHapus
  4. Nama : Rosada Tri Asnada
    NIM : 41415110052

    Kreatifitas dan inovasi, terkait artikel tersebut dapat menarik perhatian pelanggan dan dapat mengembangkan ide ide yang dapat dikembangkan.

    BalasHapus
  5. Nama : Natan
    NIM :43117110110

    Artikel di atas sangat lah bagus dan menarik. Di karenakan kreatif dan inovasi itu sangat lah di butuhkan bagi seorang pengusaha untuk mengembangkan ide-ide menarik mereka sehingga usaha nya maju dan berkembang.

    BalasHapus
  6. NAMA : SANDRO HANDIKA
    NIM : 41617110108

    Artikel ini cukup bagus dan menarik dimana pembaca di beritahu untuk kreatif dan inovatif dalam mengembangkan ide-idenya.

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Nama : IRWAN SUSANTO
    NIM : 41617110044

    Artikel ini sangat bagus karena kalau kita kreatif dan inovatif bisa mengembangkan bisnis menjadi lebih baik

    BalasHapus
  9. Nama : Nurring Tyas
    Nim : 41617110119

    saya setuju dengan artikel ini, bahwa Untuk menjadi kreatif dan inovatif ada 4 cara yang harus dilakukan dengan Buka mata , buka telinga kemudian Belajar dari orang kreatif, Tuangkan semua ide, dan yang terakhir Percaya diri. dengan cara tersebut penguasaha akan mendapatkan gagasan gagasan / masukan dari orang lain. sehingga dia mampu mengioptimalkan produknya.
    apabila sebagai humannya kurang handal dalam mengatur bisnis dia harus bertanya kepada yang lebih ahli

    BalasHapus
  10. NAMA : SIDIK PURNOMO
    NIM :41617110057

    Jadi kesimpulannya adalah Kesimpulannya adalah kita harus menjadi orang yang kreatif dan inovatif karena kita harus menjadi orang yang mempunyai pemikiran luas dan menciptakan sesuatu dari hasil kita sendiri dan menjadi orang inovatif karena kita harus mengembangkan dam memperkenalkan suatu produk yang sudah kita buat dan seorang inovatif bisa dapat penghasilan, jadi pengusaha harus berani mengambil resiko pernah gagal, gagal adalah sukses yang tertund. Jadi mari kita semangat dalam menjalankan sesuatu.

    BalasHapus
  11. Nama : Zahrawani Ilmi Pradina
    NIM : 43218110083
    Artikel yang sangat bermanfaat. Dengan membaca artikel tersebut saya jadi tau bahwa untuk menjadi kreatif dan inovatif diperlukan 4 hal yaitu buka mata, buka telinga; belajar dari orang kreatif; tuangkan semua ide; dan percaya diri.

    BalasHapus
  12. NAMA : PUSPA RAHAYU
    NIM : 43117110268

    Artikel ini sangta bermanfaat, selain ada 4 hal untuk menjadi kreatif dan inovatif yaitu mata, buka telinga, belajar dari orang kreatif, tuangkan semua ide dan percaya diri, dan adanya kreative dan inovasi dapat menarik perhatian pelanggan dan dapat mengembangkan ide ide yang cemerlang yang dapat dikembangkan

    BalasHapus
  13. NAMA :RIKI SAEFULLOH
    NIM : 41617110029
    Kreativitas dan inovasi tak harus berasal dari ide yang besar, bahkan ia bisa muncul dari ide-ide yang kecil. Namun, bagi sebagian orang, ide-ide kecil ini berakhir begitu saja tanpa rencana untuk dimanifestasikan. Dengan mengerti cara sederhana untuk merealisasikan ide-ide “kecil” yang Anda miliki, akan bisa mengubahnya menjadi cetusan inovasi dan kreativitas.

    BalasHapus
  14. NAMA : NABILA MAHSA IRAWAN
    NIM : 44218110072

    artikel yang sangat menarik. dan sangat memotivasi tulisan-tulisan yang ada di dalamnya. kesimpulan dari artikelnya pun sangat baik.

    BalasHapus
  15. NAMA:ANENAYA NURUL AFIFAH
    NIM:43218110265

    Menurut saya artikel ini sangat bermanfaat dan memotivasi untuk saya pribadi. Saya bisa mengetahui bagaimana caranya menjadi seorang yang kreatif dan inovatif.

    BalasHapus
  16. NAMA :FREDI WIBOWO
    NIM : 41617110115

    Artikel yang menarik, kreatif dan inovatif bisa mengembangkan bisnis menjadi lebih baik.

    BalasHapus
  17. Nama: Muhammad Refiansyah
    Nim: 41617110113

    Artikel yang sangat bagus, saya suka artikel ini

    BalasHapus
  18. Nama: Rosliana jhon febri s
    NIM: 431101144101

    Artikel yang menarik, karena jadi pengusaha harus berani mengambil resiko pernah gagal, gagal adalah sukses yang tertund. Jadi mari kita semangat dalam menjalankan sesuatu.

    BalasHapus
  19. NAMA : YORGI GANDA

    NIM : 41916120058
    kesimpulan pada artikeldiatas adalah dimana kiita harus melihat keluar sana dan tangkapide ide dariluar sehingga kita dapat memecahkan masalah yang kita hadapi saat berusaha,dan menghasilkan suatu produk yang tepat.

    BalasHapus
  20. Nama : Ratu Nasia Nastashia Sakina
    NIM : 41118110154

    Artikel yang bermanfaat menyadarkan dan mengajak para pembacar untuk menjadi seseorang yang kreatif dan inovatif.

    BalasHapus
  21. Nama : Feralvin Satria L.H
    Nim : 41617110045

    Saya setuju dengan artikel ini, bahwa Untuk menjadi kreatif dan inovatif ada 4 cara yang harus dilakukan dengan Buka mata , buka telinga kemudian Belajar dari orang kreatif, Tuangkan semua ide, dan yang terakhir Percaya diri.

    BalasHapus
  22. Nama : Sulistianto
    Nim : 41617110021

    Artikel ini sangat bagus karena kalau kita kreatif dan inovatif bisa mengembangkan bisnis menjadi lebih baik.

    BalasHapus
  23. Nama : septy luthfiani
    NIM : 43117110280

    Nilai yang bisa di ambil dari artikel diatas adalah bahwa jadi pengusaha harus berani mengambil resiko. Gagal misalnya. Gagal adalah sukses yang tertunda. Jadi mari kita semangat dalam menjalankan sesuatu.

    BalasHapus
  24. Nama : Yusup Maulana
    NIM : 41416120114
    setelah membaca artikel ini saya mendapat menambah wawasan tentang kreatif dan Inovatif. Thankss

    BalasHapus
  25. Nama : Helena Mutiara H
    Nim : 43218110214
    artikel ini, cukup mampu mengajak orang lain untuk bisa berfikir kreatif dan inovatif bagi yang ingin mempunyai pendapatan yang dimulai dari usaha dan kerja keras diri sendiri.

    BalasHapus
  26. Nama : Dinda Juliskha Yanti
    Nim : 43218110220

    Kreativitas dan inovasi tak harus berasal dari ide yang besar, bahkan ia bisa muncul dari ide-ide yang kecil. Namun, bagi sebagian orang, ide-ide kecil ini berakhir begitu saja tanpa rencana untuk dimanifestasikan. Dengan mengerti cara sederhana untuk merealisasikan ide-ide “kecil” yang Anda miliki, akan bisa mengubahnya menjadi cetusan inovasi dan kreativitas.
    Terimakasih

    BalasHapus
  27. Nama : Rima Apriyana
    Nim : 43117110171

    Inti pemahaman saya tentang Artikel "Mari Menjadi Orang yang Kreatif dan Inovatif" adalah, apabila seseorang tidak memiliki atau tidak mau belajar skill untuk bisa kreatif dan inovatif, seseorang itu akan sulit survive, terlebih bagi wirausahawan, yng dapat berdampak buruk bagi usahanya.

    BalasHapus
  28. Nama : Nurhadi Budi Santoso.Y
    Nim : 41617110063
    Artikel di atas sangat bagus karena Semua orang bisa menjadi pribadi yang lebih kreatif dari biasanya. Sehingga bukan hanya orang-orang tertentu saja yang memiliki kreativitas dari ia terlahir ke dunia. Bahkan seseorang dapat menjadi kreatif dengan mengasah dirinya untuk terus belajar dan berpikir kreatif. Dengan begitu jika seseorang tidak terlahir menjadi orang yang kreatif maka dapat dengan sendirinya mengasah diri untuk menjadi pribadi yang kreatif dan inovatif.

    BalasHapus
  29. Nama: Hana Kartika
    Nim: 42317110015
    Bagus artikelnya jadi makin bisa lebih baik dalam melakukan setiap memikirkan ide kreatif

    BalasHapus
  30. Nama : Satriya Ramahdika Utama
    NIM : 41413120157
    Kreativitas dan inovasi tak harus berasal dari ide yang besar, bahkan ia bisa muncul dari ide-ide yang kecil. Namun, bagi sebagian orang, ide-ide kecil ini berakhir begitu saja tanpa rencana untuk dimanifestasikan. Dengan mengerti cara sederhana untuk merealisasikan ide-ide “kecil” yang Anda miliki, akan bisa mengubahnya menjadi cetusan inovasi dan kreativitas.
    Terimakasih

    BalasHapus
  31. Nama: Devi Widya Winata
    NIM : 43217120173

    Artikel ayng bagus supaya kita dapat menjadi wirausaha yang tidak mudah putus asa di jaman modern ini karena kita memiliki modal kuat yaitu berpikir kreatif dan inovatif.

    BalasHapus
  32. Nama : Anggi Wahyu Guntara
    NIM : 41117110111

    Artikel ini sangat bermanfaat dan memotivasi untuk saya pribadi. Saya bisa mengetahui bagaimana caranya menjadi seorang yang kreatif dan inovatif.

    BalasHapus
  33. Nama : Ezra Feroza
    NIM : 41617120059
    artikel ini sangat bagus untuk generasi muda untuk memunculkan jiwa kreatif ,

    BalasHapus
  34. Nama : Saripudin
    Nim : 41617110111

    Kreatif dan inovatif memang sangat di perlukan dalam berwirausaha di karenakan kompetitor / persaingan pasar,
    Agar usaha tidak gulung tikar.
    artikel yang bagus.

    BalasHapus