Sabtu, Maret 23

Membentuk Pola Pikir yang Baru


A.   Latar Belakang

Bagaimana membentuk pola pikir yang baru? Pola pikir kita (atau kadang-kadang disebut paradigma kita) adalah jumlah total keyakinan, nilai, identitas, harapan, sikap, kebiasaan, keputusan, pendapat, dan pola-pola pemikiran kita — tentang diri kita sendiri, orang lain, dan bagaimana kehidupan bekerja. Ini adalah saringan yang dengannya kita menafsirkan apa yang kita lihat dan alami.


Pola pikir Anda membentuk kehidupan Anda dan menarik kepada diri Anda hasil-hasil yang merupakan refleksi pasti pola pikir itu. Apa yang Anda percayai akan terjadi, benar-benar terjadi.
Kita mendekati, bereaksi, dan pada kenyataannya menciptakan dunia kita berdasarkan pola pikir individual kita sendiri. Pola pikir kita memberitahu kita bagaimana permainan hidup ini harus dimainkan, dan mengatur apakah kita memainkannya secara berhasil atau tidak. Kita mungkin memiliki pola pikir, misalnya, yang memberitahu kita, “Kehidupan ini sangat keras, dan aku harus berjuang hanya sekadar untuk hidup pas-pasan.” Atau kita mungkin memiliki pola pikir yang lebih positif, seperti, “Aku punya kemampuan yang hebat dan orang-orang ingin bekerja sama denganku.”
Pikiran adalah magnet yang sangat kuat. Apa pun yang diberitahukan pola pikir kita kepada kita adalah apa yang kita tarik, baik kita menyadarinya atau tidak! Jika Anda memiliki keyakinan bahwa, “Kehidupan ini sangat keras, dan aku harus berjuang hanya sekadar untuk hidup pas-pasan,” misalnya, Anda tidak perlu menyadari akan keyakinan itu untuk mengalami perjuangan dalam hidup Anda. Pada kenyataannya, jika Anda ingin melihat apa pola pikir Anda sebenarnya, Anda hanya perlu melihat hidup Anda dan hasil-hasil Anda. Hasil yang kita peroleh sesuai dengan apa yang kita yakini.
Dan bagaimana cara membangun mindset yang powerful.
Mind atau pikiran adalah penting untuk diketahui siapa saja. Tanpa mind sesoerang mungkin tidak bisa mengatur hidupnya bahkan sulit untuk meraih masa depannya. Ada banyak pengertian mind yang perlu anda ketahui dan konsep ini akan memudahkan anda untuk lebih sukses.
Macam-macam Minshet :
1.     Minshet positif adalah Suatu pemikiran yang melibatkan hal yang lebih menguntungkan untuk menjadikan seseorang lebih baik dari keadaan semula Mindset memungkinkan seseorang untuk meraih kesuksesan. Hal ini menimbulkan gairah yang luar biasa pada seseorang dan mindset positif selalu dibutuhkan untuk hidup yang lebih baik. Mindset selalu menimbulkan sikap yang jauh lebih berharga dari sikap sebelumnya.
2.     Minshet Negatif adalah merupakan pikiran seseorang yang mampu mempengaruhi sikap atau perilakunya menjadi lebih buruk dari keadaan saat ini. Mindset negatif sering menimbulkan rasa malas untuk bangkit.

k

DAFTAR PUSTAKA
·                     Kurniawan,Yogi. 2018. Mengubah Pola Pikir dan Motivasi Berprestasi. Dalamhttps://yogikurniawan16.wordpress.com/2018/09/26/kewirausahaan-week-3-mengubah-pola-pikir-dan-motivasi-berprestasi/ , diakses pada (21 March 2019).
·                     Sugeng. 2015. Cara Jadi Pola Pikir Seorang Pengusaha. Dalamhttp://idemotivasibisnis.blogspot.com/2015/11/cara-jadi-pola-pikir-seorang-pengusaha.html , diakses pada (21 March 2019).
·                     Riski,M. 2015. Tips Mengubah Pola Pikir (mindset) Menjadi Wirausaha Sukses. Dalamhttps://bisnissampingan007.blogspot.com/2015/11/tips-mengubah-pola-pikir-menjadi-wirausaha-sukses.html , diakses pada (21 March 2019).
·                     Peace,Yogi. 2015. Mengubah Pola Pikir. Dalamhttp://wirausahapilihan.blogspot.com/2015/10/mengubah-pola-pikir.html , diakses pada (21 March 2019).



Tidak ada komentar:

Posting Komentar