Rabu, Maret 27

Menjadikan Pola Pikir Yang Bersih Dan Positif

Oleh : Muhammad Irvin R (@M09-Irvin)
Abstrak

Bagaimana sih caranya merubah pola pikir ? apakah dengan cara melihat kata kata dari motivator langsung bisa merubah pola pikir anda . Faktanya tidaklah demikian. Pola pikir tidak bisa dirubah begitu mudah. Pola pikir tidak bisa dirubah dalam hitungan hari, minggu, bulan bahkan tahun. Dibutuhkan kerja keras, disiplin dan metode yang benar, Yang jelas, ada hal-hal yang harus Anda lakukan bila Anda mau merubah hidup Anda. Oleh karena masih ada harapan, jangan pernah putus asa untuk berubah. Selama Anda masih punya keinginan, masih ada peluang untuk berubah.


Kata Kunci : Pola pikir , tindakan, hasil, pemikiran

Pertama, jangan takut bila Anda bersentuhan dengan arus pikiran lain. Apakah itu arus pikiran berbahaya- Anda tidak perlu mengasingkan diri dari arus-arus pikiran yang ada. Arus pikiran akan selalu 'mengunjungi' Anda dan hadapilah itu dengan tenang. Bila perlu, bacalah buku-buku yang Anda anggap berbahaya. Karna lebih baik kita mengenal musuh dari pada tidak sama sekali.

Kedua, usahakan untuk tidak langsung menolak informasi yang bertentangan dengan keyakinan Anda.
Keyakinan dibangun di atas beragam informasi- mulai dari nasihat orang tua, pendidikan di masa kecil, masa remaja, sekolah menengah atas, kuliah, kisah-kisah unik dalam hidup Anda, dan juga pengalaman-pengalaman mengharukan dan beragam informasi lain termasuk informasi dari para elit agama. Semua informasi ini akan membentuk sebuah arus, yang tadinya hanya arus-arus yang kecil-kecil, lama-lama menjadi arus yang lebih besar. Namun, bila Anda sadar sejenak dan memberi peluang untuk pikiran Anda menerima, mengolah dan menganalisa informasi baru yang kelihatannya berlawanan dengan arus pikiran yang sudah Anda terima, ini bisa menjadi benih untuk mengalihkan arus pikiran Anda di kemudian hari. Jadi, berhentilah sejenak dan terima, pelajari, selidikilah informasi-informasi baru, khususnya informasi itu telah merubah pola pikir jutaan atau miliaran manusia. 

Ketiga, bacalah buku-buku terpenting yang telah ditulis di sepanjang sejarah. Di zaman sekarang, sulit menemukan sosok yang senang membaca buku. Jangan takut membaca Kitab Suci apapaun sekalipun isi Kitab itu berbeda dengan keyakinan Anda. Tuhan Yang Maha Esa akan menuntun Anda ke jalan yang benar dan mengingatkan Anda akan jalan yang salah melalui kebenaran yang pernah Anda baca.

Keempat, bergaullah dengan orang-orang yang arus pemikirannya berseberangan dengan Anda. Kita cenderung bergaul dengan orang-orang yang sepaham, sealiran, atau yang status sosialnya atau hobbinya sama dengan kita. Bergaullah dengan orang-orang yang berbeda dengan Anda dan dengan orang yang berbeda keyakinan dengan Anda. Perhatikanlah bagaimana mereka hidup, apa yang mereka yakini dan bagaimana mereka bertindak.

Ubahlah pemikiran Anda, dan Anda mengubah hasil Anda. Setiap pikiran yang terus-menerus Anda pikirkan akhirnya berakhir dalam bentuk fisik. Jika pikiran Anda berubah, hasil Anda pasti berubah.

PIKIRAN => PERASAAN => TINDAKAN => HASIL

Pikiran : dari sebuah pikiran kita bisa mengasah mental di dalam diri kita , dengan mempunyai mental yang positif pikiran kita akan terbawa menjadi pola pikir yang sehat , serta terlibat dalam bagaimana melakuakn penalaran , membuat keputusan serta terlibat dalam suatu pemecahan masalah.

Perasaan : setelah mempunyai pikiran positif beralihlah menjadi sebuah perasaan serta pemahaman dengan lingkungan sekitar ,perasaan ini bergantung pada keinginan seseorang dalam menangani situasi bagaimana situasi ini berhubungan dengan pengalaman masa lalu penerima , perasaan sesuatu hal yang dapat terjadi di benak manusia karena lingkungan dan pikirannya.

Tindakan : dari terciptanya sebuah pikiran dan perasaan timbulah sebuah tindakan yang dipicu dari pemikirian kita terhadap apa yang kita rasakan ,maka tergantung pemikiran kitanya sebuah tindakan akan berbuah positif atau negative .

Hasil : dengan adanya pemikiran dan tindakan pasti akan membuahkan hasil , hasil ini lah yang dilihat sebagaimana pemikiran kita sudah berubah atau belum , dan lebih kea rah positif atau negative , maka dari itu ciptakan lah pemikiran yang bersih serta positif terhadap situasi yang dirasakan.

Daftar Pustaka

Malau Judika, 2009, Tips merubah pola pikir, dalam https://www.putra-putri-indonesia.com/merubah-pola-pikir.html (diakses pada 21 march 2019)

Admin, 2013, Bagaimana membentuk pola pikir yang baru, dalam https://www.akuinginsukses.com/bagaimana-membentuk-pola-pikir-yang-baru/ (diakses pada 21 march 2019)

Purba Putriani, 2013, Mengembangkan mindset dan pola pikir kita, dalam https://www.kompasiana.com/putrianipurba/552c943f6ea834f0728b4567/mengembangkan-mindset-dan-pola-pikir-kita (diakses pada 21 march 2019)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar