Kamis, Maret 14

Menjadi Pembisnis yang Kreatif dan Inovatif


ABSTRAK
Artikel ini dibuat bertujuan untuk memotivasi  mahasiswa agar menjadi pengusaha yang kreatif dan inovatif.

Kata kunci : bisnis, kretif, inovatif.

Menurut Allan Affuah (2004)
Bisnis merupakan sekumpulan aktifitas yang dilakukan untuk menciptakan dengan cara mengembangkan dan mentranformasikan berbagai sumber daya menjadi barang atau jasa yang diinginkan konsumen.
Bisnis adalah usaha menjual barang atau jasa yang dilakukan oleh seseorang, atau sekelompok orang dengan tujuan utamanya adalah memperoleh keuntungan/laba. Kreatif  adalah mengembangkan ide baru menjadi produk yang berguna untuk kehidupan orang-orang dan Inovatif adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru.

Cara meningkatkan kemampuan berpikir kreatif :
1.      Coba hal – hal yang baru.
2.      Bertukar pikiran dengan orang lain.
3.      Mengamati lingkungan disekitar.
4.      Membuat sketsa atau menulis ide – ide.

Beberapa tips bagi anak muda yang ingin mendirikan bisnis yang kreatif dan inovatif :
1. Melakukan riset produk dan bisnis
Pastikan produk atau bisnis yang akan Anda kembangkan mendapat ‘tempat’ di pasaran.
2. Belajar dari kesuksesan Bisnis Orang Lain
Dengan mengetahui keunggulannya, anda bisa membangun bisnis baru yang serupa namun dengan beberapa nilai lebih dengan bisnis aslinya.
3. Memunculkan Ide Kreatif
Dalam proses menemukan ide bisnis yang kreatif, kita harus memikirkan sebuah ide yang belum dipikirkan orang lain.
4. Belajar dari permasalahan bisnis orang lain
Menemukan ide bisnis bisa dilakukan dengan mempelajari dan menganalisa masalah yang didapat oleh orang lain.

            Diambil dari kisah seseorang yang mengubah hobi gambar menjadi bisnis yang bernama ROYAS AMRI BESTIAN, diberawal dari memanfaatkan hobi dan kreatifitasnya untuk mendapatkan tambahan uang saku. Royas berfikiran untuk membuat dan menjual pistol-pistolan dan dompet ke temannya sewaktu ia duduk di sekolah dasar, lalu berlanjut ke SMP dimana royas yang suka menggambar di buku pelajarannya dan sampai-sampai ia membuat kartu nama yang digambar menggunakan spidol dan cat berwarna untuk dijual ke teman-temannya sewaktu SMP, kegemarannya pun berlanjut saat SMA royas bekerjasama dengan kedua kakaknya untuk membuat komik dengan label ROGORI “Riga Royas Ogie” yang ditampilkan disalah satu majalah game. Sehingga ia melanjutkan kuliah S1 Desain Komunikasi Visual di ITS, ia lulus pada tahun 2005, dan iapun akhirnya bergabung lagi dengan kedua kakaknya untuk membuat perusahaan bidang komunikasi visual, bernama SignDesign. Sambil mengembangkan SignDesign, royas juga bekerja di perusahaan lain sebagai art direction untuk menggali ilmu dan pengalaman. Setelah empat tahun, ia resign untuk fokus di SignDesign.
Dalam menjalankan SignDesign mereka bertiga mengalami pengalaman pahit yaitu salah mencetak ribuan brosur sehingga harus mencetak ulang ribuan brosur tersebut. Untuk mempromosikan jasanya, mereka melakukan “Jemput Bola” melalui pameran. Sehingga SignDesign pun berhasil mendapatkan klien satu biro haji dan umroh untuk mempercayakan design company profile, buku umroh anak, dan multimedia.

Dari artikel diatas kita dapat mengambil kesimpulan bahwa, kreatif dan inovatif itu sangatlah penting untuk menjadi seorang pengusaha agar dapat bersaing di dunia bisnis. Dengan demikian kita harus meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan inovatif dengan cara : mencoba hal – hal yang baru, bertukar pikiran dengan orang lain, mengamati lingkungan sekitar, membuat sketsa. Setiap kesuksesan tersimpan banyak kegagalan didalamnya, ketika kita menemukan kegagalan dalam hidup, kita tidak mengeluh, putus asa, tetapi kita harus berusaha dan pantang menyerah.

Daftar pustaka



16 komentar:

  1. Semangat ya putri, rajin"buat artikel biar gw jdi rajin baca hehe

    BalasHapus
  2. Eh kamu iyah tunggu ya untuk selanjutnya bakal ada yg lebih menarik loh hahaha

    BalasHapus
  3. Nama : agun kurniawan
    Nim : 41416120068

    Pembisnis memang harus kreatif agar bisa bersaing , tp tidak semudah mengatakan. , berfikir keras dan usaha itu penting

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. NAMA : Sandro Handika
    NIM : 41617110108

    Artikel yang cukup baik, dimana dalam artikel ini saya medapat kan ilmu bagaimana cara meningkatkan cara berfikir kreatif guna membuat sebuah terobosan dalam sebuah usaha dan juga ada tips untuk anak muda membangun bisnis yang kreatif dan inovatif.

    BalasHapus
  6. Nama : Natan
    NIM :43117110110

    Seorang pengusaha memanglah harus memiliki ide yg inovatif dan kreatif agar mampu bersaing di pasar ekonomi internasional.
    dan dapat menghasilkan setiap karya yg inovatif ke depannya.

    BalasHapus
  7. Nama : nabila mahsa irawan
    Nim : 44218110072

    Menjadi pengusaha haruslah selalu berinovasi dan mempunyai kreativitas yang banyak. Karna seiring perkembangan zaman yg semakin maju, banyak sekali yg mulai berubah. Dan itulah pengusaha dibutuhkan inovasi dan kreativitas tinggi.

    BalasHapus
  8. Nama : Yusup Maulana

    NIM : 41416120114

    Kreatif dan inovatif sangatlah penting bagi pembisnis , karna kita akan mendatangi jaman-jaman yang akan berubah dan pastinya memerlukan inivasi yang terbaru demi berjalannya bisnis yang kita miliki.

    BalasHapus
  9. Nama : Ratu Nasia Nastashia Sakina
    NIM : 41118110154

    Pebisnis memerlukan sikap dan berpikir kreatif dan inovatif, agar ia bisa terus berkembang dan maju menjadi sukses.

    BalasHapus
  10. Nama : Riki Saefulloh
    NIm : 41617110029
    Mengutip dari artikel diatas benar adanya, Menjadi entrepreneur harus berfikir kreatif dan inofatif. Mencoba hal yang baru, Mengamati, membuat ide. untuk bersaing dalam dunia usaha nilai-nilai tersebut sagatlah berguna.

    BalasHapus
  11. Nama : Rima Apriyana
    Nim : 43117110171

    Dari artikel tersebut saya menjadi tahu cara dan tips menjadi pembisnis yang kreatif dan inofatif. Karena itulah yang dibutuhkan oleh seorang pembisnis agar dapat bersaing di dunia bisnis. Kegagalan dalam bisnis itu pasti terjadi, tapi dengan memiliki motivasi yang kuat tentunya bisnis tersebut akan segera bangkit kembali.

    BalasHapus
  12. Nama; Fredi Wibowo
    NIM 41617110115

    Kreatif dan inovatif memang merupakan salah satu modal besar kita dalam dunia usaha, jika kita lihat banyak perusahaan besar yang akhirnya bangkrut karena mereka kurang bisa berinovsi.
    Dengan mengembangkan kreativitas kita, kita akan menumukan ide ide baru yang menghasilkan produk- produk baru yang bisa memenuhu kebutuhan masyarakat dimasa kini.

    BalasHapus
  13. Nama : Suhardianto Noor
    Nim : 43217120172

    Dalam menjalankan bisnis dan usaha kita harus bisa kreatif dan inovatif, denga adanya kreatif dan inovatif binis dan usaha yang kita jalankan akan mendapatkan laba/ keuntungan yang banyak.

    BalasHapus
  14. Nama : Siti Salmah
    Nim : 43117110046

    Cara meningkatkan kemampuan berpikir kreatif :
    1. Coba hal – hal yang baru.
    2. Bertukar pikiran dengan orang lain.
    3. Mengamati lingkungan disekitar.
    4. Membuat sketsa atau menulis ide – ide.
    Dengan adanya artikel ini, membuat saya menjadi tau cara meningkatkan kemampuan berfikir kreatif.

    BalasHapus
  15. Nama : saripudin
    Nim: 41617110111

    Artikel bagus memang setiap pengusaha di perlukan pemikiran dan gagasan yang inovatif dan kreatif.


    BalasHapus
  16. Nama:Anna Deo Rika Sinabutar
    NIM:44218110104
    Artikelnya sangat bagus sekali,dan kalau saya biasa nya selalu bertukar fikiran dengan saudara laki2 saya jika mempunyai ide atau membutuhkan masukan agar lebih kreatif lagi,and it works..coba deh

    BalasHapus