Kamis, Maret 21

Merubah Mindset Menjadi Lebih Baik

Oleh : Aprilia Wahyuni (@M23-APRILIA // @STARTUP-M09).


Abstrak

Persoalan rendahnya minat dan motivasi mahasiswa untuk berwirausaha saat ini menjadi pemikiran serius banyak pihak, baik pemerintah, dunia pendidikan, dunia industri, maupun masyarakat. Berbagai upaya dilakukan untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan terutama merubah mindset para mahasiswa yang selama ini hanya berminat sebagai pencari kerja (job seeker).
Sehingga hal ini merupakan tantangan bagi perguruan tinggi sebagai lembaga penghasil lulusan. Menumbuhkan jiwa kewirausahaan para mahasiswa melalui pendidikan kewirausahaan menjadi tugas perguruan tinggi karena dipercaya pendidikan kewirausahaan ini merupakan alternatif jalan keluar untuk mengurangi tingkat pengangguran, karena para sarjana diharapkan dapat menjadi wirausahawan muda terdidik yang mampu merintis usahanya sendiri. Zimmerer (1996) menyatakan bahwa salah satu faktor pendorong pertumbuhan kewirausahaan disuatu negara terletak pada peranan universitas melalui penyelenggaraan pendidikan kewirausahaan. Pihak universitas bertanggung jawab dalam mendidik dan memberikan kemampuan wirausaha kepada para lulusannya dan memberikan motivasi untuk berani memilih berwirausaha sebagai karir mereka.

Pendidikan kewirausahaan dapat membentuk pola pikir, sikap, dan perilaku pada mahasiswa menjadi seorang wirausahawan (entrepreneur) sejati sehingga mengarahkan mereka untuk memilih berwirausaha sebagai pilihan karir. Namun, pengaruh tersebut perlu dikaji lebih lanjut apakah dengan adanya mata kuliah kewirausahaan dapat melahirkan minat berwirausaha bagi mahasiswa. Oleh karena, itu perlu adanya penelitian untuk mengidentifikasi faktor yang mendorong minat berwirausaha mahasiswa mengingat pentingnya kewirausahaan bagi kesejahteraan ekonomi dan sosial.

Definisi

Pola pikir atau mindset adalah sekumpulan kepercayaan (belief) atau cara berpikir yang mempengaruhi perilaku dan sikap seseorang yang akhirnya akan menentukan level keberhasilan hidupnya l. (Adi W. Gunawan dalam Yoga, 2008)
Adi meyakini bahwa belief menentukan cara berpikir, berkomunikasi dan bertindak seseorang.  Dengan demikian jika ingin mengubah pola pikir, yang harus diubah adalahbelief atau kumpulan belief.  Dweck, 2008, mengatakan  bahwa “Pandangan yang orang adopsi untuk dirinya sangat mempengaruhi cara orang tersebut mengarahkan kehidupan”. Artinya kepercayaan atau keyakinan seseorang memiliki kekuatan yang dapat mengubah pikiran, kesadaran, perasaan, sikap, dan lain-lain, yang pada akhirnya membentuk kehidupannya saat ini.

Cara Mengubah Mindset Negatif Menjadi Pola Pikir Positif


1.      Selalu memandang sesuatu dari segala arah
Bila mendapati suatu hal mungkin kurang baik, kurang Anda sukai, Anda tidak boleh langsung membencinya atau mungkin memandang sebelah mata, yang perlu Anda lakukan adalah menganalisa dari berbagai sisi, dimana Anda bisa mendapatkan hal baik dan hal buruk dari sebuah kejadian atau benda. Sehingga Anda tidak langsung memiliki opini bahwa hal itu buruk, melainkan Anda bisa berpikir bahwa hal tersebut baik namun masih memiliki kekurangan. Hal ini pula yang harus Anda jadikan prinsip ketika bertemu dengan orang baru.

2.      Bijak dalam menghadapi masalah
Berusahalah untuk bijak ketika Anda mengatasi sebuah masalah, jangan pernah emosi dan jangan menyalahkan orang lain. Lebih baik cari masalah utama dan temukan jalan keluarnya.

3.      Tenang dan berfikir positif
pikiran yang positif sehingga akan membawa Anda menjadi orang yang dipenuhi dengan energi positif. Orang yang memiliki sikap dan jalan pikiran seperti ini pastilah orang baik dan membuat orang disekitar merasa tenang. Karena setiap energi dari diri kita pasti akan menular ke orang lain.

Kebiasaan Pola pikir pengusaha menurut McGrath dan MacMilla diidentifikasi :

·           Mereka penuh semangat mencari peluang - kebiasaan pengusaha selalu mencari untuk menemukan 'gagasan selanjutnya' atau untuk memperbaiki solusi. Mereka terus-menerus mencari keluar untuk peluang potensial yang kemudian mereka dapat tumbuh dan berkembang.

·           Mereka mengejar peluang dengan disiplin - Ini berarti bahwa pengusaha tidak hanya menemukan peluang, tapi mereka bertindak atas mereka, dan mengambil tindakan bila diperlukan.

·           Mereka fokus pada kualitas tinggi - mereka hanya mengejar peluang terbaik pada waktu yang tepat, daripada menjadi kelelahan terus-menerus mengejar setiap kesempatan yang datang dengan cara mereka. Dengan kata lain, entrepreneur sukses yang cerdas ketika datang ke kesempatan.

·           Mereka fokus pada eksekusi - tidak hanya pengusaha bertindak atas kesempatan. Tetapi, daripada terus-menerus menganalisis hasil potensial dari tindakan tertentu, mereka juga beradaptasu pada ide karena mereka bekerja melalui proses pengembangan mereka dan membawa mereka ke pasar.

·           Mereka melibatkan energi orang lain. Mereka dengan pola pikir kewirausahaan selalu terfokus untuk mendapatkan yang terbaik dari orang - termasuk diri mereka sendiri. Ini berarti bahwa dengan memiliki pola pikir ini, anda harus melihat untuk menggunakan keahlian, energi dan keterampilan orang di sekitar.

Bagaimana Merubah Pola Pikir

1.      Jangan takut jika bersentuhan dengan arus pikiran lain.
2.      Usahakan tidak langsung menolak yang bertentangan dengan keyakinan diri sendiri.
3.      Banyak membaca buku-buku penting.
4.      Bergaul dengan orang-orang yang berbeda pemikiran.
5.      Ubah pola pikir negatif jadi lebih optimis.
6.      Berhenti menyalahkan keadaan.

Untuk dapat mengembangkan pola pikir yang relevan anda bisa mempelajari sesuatu yang baru dan buanglah jauh jauh informasi yang tidak tepat. Itulah metode untuk mengembangkan pola pikir anda. anda juga bisa mengembangkan apa yang ada dipikiran anda terutama hal yang bermanfaat dengan penuh keyakinan. Yang terpenting anda mempunyai pola pikir yang baik karena hal tersebut bisa membantu dan mewujudkan kenyataan. Agar pola pikir bisa dirubah menjadi positif anda harus mempunyai keyakinan sukses dan amatilah bahwa potensi yang anda miliki harus selaras dengan keyakinan sukses anda. kalau anda yakin anda mempunyai potensi dan keyakinan sukses maka bertindaklah secepatnya dengan cara anda.



Daftar Pustaka

Ranto, Dwi Wahyu Pril. 2016. Membangun Perilaku Enterpreneur pada Mahasiswa Melalui Enterpreneurship Education. Jurnal Bisnis Manajemen dan Akuntansi. Vol. 3. No. 1. Hal. 79. ISSN 2252-5483. https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=mengubah+mindset+mahasiswa&btnG=#d=gs_qabs&u=%23p%3DiJBTn2PqPGMJ

Asvi, Erlangga. 2015. Cara Mengubah Mindset Negatif Menjadi Pola Pikir Positif. http://solusisupersukses.com/cara-mengubah-mindset-negatif-menjadi-pola-pikir-positif/

Soegiharto, Rachmat. 2013. Apa Sih Pola Pikir Itu. http://rachmatsoegiharto.blogspot.com/2013/04/apa-sih-pola-pikir-itu.html?m=1


Malau, Judika. Tips Merubah Pola Pikir. https://www.putra-putri-indonesia.com/merubah-pola-pikir.html

Lestari, Retno Budi, Trisnadi Wijaya. 2012. Pengaruh Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa STIE, MDP, STMIK MDP, dan STIE MUSI. Jurnal Ilmiah STIE MDP. Vol. 1. No. 2. Hal. 113. https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=bagaimana+mengubah+mindset+mahasiswa&btnG=#d=gs_qabs&u=%23p%3DmKz8-VRLX3kJ


Tidak ada komentar:

Posting Komentar