Kamis, Maret 14

Motivasi diri Pebisnis Sukses

mind map "motivasi bisnis sukses".
Oleh: Aris Akbar Setiawan (@M16-ARIS)

Abstrak

Menjalankan  sebuah bisnis bukanlah hal yang mudah, banyak sekali rintangan dan permasalahan lain yang dapat menghiasi perjuangan seorang pengusaha. Untuk menggapai kesuksesan dalam berbisnis, pasti akan mengalami banyak sekali tantangan dan masalah yang harus dihadapi dengan bijak dan bekerja lebih keras lagi.
Dengan kerja keras dan menghadapi segala masalah dengan bijak, Anda akan lebih mudah meraih kesuksesan yang diinginkan. Selain kerja keras, seorang pengusaha sangatlah membutuhkan motivasi diri, karena dalam menjalankan usaha pasti memerlukan sebuah semangat dan tekad yang kuat. Namun, untuk mencapainya, kita juga harus rela mengorbankan segalanya, mulai dari waktu, pikiran, tenaga, dan uang. 
            Sebagai pengusaha yang ingin sukses, kita  juga harus memiliki prinsip dan motivasi bisnis yang dapat membantu kita meraih sukses. Tanpa adanya motivasi, maka pengusaha akan sulit untuk bertindak bahkan pada saat Ia memulai untuk memutuskan membangun sebuah usaha atau menjadi seorang entrepreneur. Padahal dalam menjalankan bisnis, tindakan merupakan hal yang sangat penting bagi seorang pengusaha, jika tidak ada tindakan maka tidak akan ada hasil yang didapatkan.

Kata Kunci : Motivasi, pebisnis sukses      
Pembahasan
Sebenarnya, apa itu motivasi? Motivasi adalah suatu dorongan atau alasan yang menjadi dasar semangat seseorang untuk melakukan sesuatu untuk mencapai tujuan tertentu. Arti motivasi juga dapat didefinisikan sebagai semua hal yang menimbulkan dorongan atau semangat di dalam diri seseorang untuk mengerjakan sesuatu.
Secara etimologi kata motivasi berasal dari bahasa Inggris, yaitu “motivation”, yang artinya “daya batin” atau “dorongan”. Sehingga pengertian motivasi adalah segala sesuatu yang mendorong atau menggerakkan seseorang untuk bertindak melakukan sesuatu dengan tujuan tertentu.
Motivasi bisa datang dari dalam diri sendiri ataupun dari orang lain. Dengan adanya motivasi maka seseorang dapat mengerjakan sesuatu dengan antusias.
Berikut di bawah ini motivasi yang bisa membantu kita mengembalikan ssemangat untuk menjadi seorang pebisnis sukses :
1.      Harus tau apa yang seharussnya dilakukan dalam hidup.
Setiap manusia tentunya pernah bergulat dengan pertanyaan mengenai suatu eksistensi yang besar seperti, “mengapa saya di sini?” Apa tujuan saya? Ataupun lainnya. Meskipun jawaban yang pasti dan sudah didukung dengan data terhadap pertanyaan existential itu hampir tidak pernah terjadi dalam beberapa millennium terakhir ini, setidaknya kita bisa memilih sebuah jawab untuk diri sendiri.
2.      Mempersiapkan mental setiap hari.
Sebelum mengatakan bahwa persiapan mental merupakan salah satu kunci untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses.
·      4 tips bagaimana meningkatkan motivasi diri sendiri:
a)    Musik bisa menjadi cara tercepat untuk membuat pikiran anda menjadi powerful state.
b)    Di dalam ponsel, kita bisa membuat sebuah album dari hal-hal yang di inginkan dalam kehidupan.
c)    Tempatkan tujuan-tujuan anda berada tepat di samping kasur.
d)     Lihat beberapa materi motivational di dalam YouTube atau sumber yang lainnya.
3.      Menolak untuk mengandalkan disiplin diri.
Terdapat sebuah aura rasa hormat dan harga diri yang mengelilingi seseorang yang berdisiplin diri.  Kita bisa menggunakan disiplin diri untuk meningkatkan usaha, tetapi jangan mengandalkannya.
4.      Menulis peraturan untuk diri mereka sendiri.
motivasi diri berarti memiliki keberanian untuk menciptakan peraturan di dalam hidupnya sendiri. Pada saat yang sama, semua orang akan dikelilingi oleh orang lain, kelompok dan juga pengaruh dari luar diri seseorang tersebut. Kehadiran kelompok-kelompok ini tentu saja akan mempengaruhi persepsi, tujuan, visi, dan juga impian seseorang.
Namun ada satu hal yang dapat mengatasi tekanan eksternal tersebut dan dengan membuat buku panduan di dalam hidupnya sendiri pun dapat menciptakan sebuah motivasi diri yang luar biasa.
Dalam kata lain maksudnya adalah seseorang yang memiliki motivasi diri menetapkan standar untuk diri mereka sendiri, dan selalu menciptakan beberapa standar yang cukup tinggi.
5.    Tidak pernah melupakan tujuannya.
Dengan hanya menetapkan sebuah tujuan di dalam hidup, maka dengan sendirinya akan terdorong ke dalam arus motivasi tanpa henti. Oleh karena itulah harus selalu mengingat tujuan tersebut sepanjang waktu.
Kesimpulan.
            Jadi, kesimpulan yang dapat kita dapatkan adalah motivasi diri dan merupakan salah satu  kekuatan mendasar yang membedakan pebisnis sukses dari pengusaha lain yang terhuyung-huyung dari stratup atau bisnis lain yang diabaikan oleh orang lain. Memotivasi diri dapat membuat kita benci pada hal-hal yang berkaitan dengan keberuntungan, menolak komponen disipli diri, dan melihat pada kekuatan tujuan untuk mencapai pencapaian tertinggi dalam kehidupan yang sementara ini. Motivasi diri akan memberikan suntikan semangat dan energi, sehingga sifat dan mental kita tidak mudah goyah terhadap permasalahan yang akan dihadapi.
Daftar Pustaka.

20 komentar:

  1. Nama : Anggi Wahyu Guntara
    Nim : 411171110111

    Artikel yang bagus menurut saya.
    tapi saya masih belum mengerti tentang tips meningkatkan motivasi diri "Musik bisa menjadi cara tercepat untuk membuat pikiran anda menjadi powerful state.
    mungkin saya harus coba cari informasi lagi mengenai hal ini.
    terima kasih

    BalasHapus
  2. Nama : Muhamad Arya Dwi Pangga
    Nim : 41617110087

    Artikel yang menarik buat saya.
    Berbicara motivasi, bukannya itu tergantung dari mindset?, Sebab yang saya ketahui seseorang tanpa mindset cenderung selalu gagal dalam berevolusi , jadi di beri motivasi pun akan percuma.

    BalasHapus
  3. Nama : Anenaya Nurul Afifah
    NIM : 43218110265

    Artikel yang sangat memotivasi diri saya.
    Selain kerja keras, seorang pengusaha sangatlah membutuhkan motivasi diri, karena dalam menjalankan usaha pasti memerlukan sebuah semangat dan tekad yang kuat.

    BalasHapus
  4. nama : yorgi ganda
    nim : 41916120058

    di artikel ini sangat membantu diri saya dalam menjalankan suatu usaha , dan di artikel ini sebagai pebisnis baru di ajarkan berbagai kiat kiat.

    BalasHapus
  5. Nama : Helena Mutiara H
    Nim : 432181110214

    Artikel ini dapat memotivasi saya, untuk memulai suatu usaha tanpa takut bersaing, mampu mencoba lebih keras lagi walaupun gagal.

    BalasHapus
  6. Nama : Rosada Tri Asnada
    NIM : 41415110052

    Artikel yang bermanfaat terutama bagi yang ingin jadi seorang pengusaha atau yang ingin mengembangkan usahanya, terlebih dimulai dari motivasi diri.

    BalasHapus
  7. Nama : Dinda Juliskha Yanti
    Nim : 43218110220


    Menurut say artikel ini sangat bagus dan bermanfaat
    karena dari artikel ini kita bisa tau bahwa motivasi diri dan merupakan salah satu kekuatan mendasar yang membedakan pebisnis sukses dari pengusaha lain yang terhuyung-huyung dari stratup atau bisnis lain yang diabaikan oleh orang lain. Memotivasi diri dapat membuat kita benci pada hal-hal yang berkaitan dengan keberuntungan, menolak komponen disipli diri, dan melihat pada kekuatan tujuan untuk mencapai pencapaian tertinggi dalam kehidupan yang sementara ini.
    Dan artikel ini pun dapat mengupah pola pikir masyarakat tentang wirausaha

    BalasHapus
  8. Nama : Puspa Rahayu
    NIM : 43117110268

    Menurut saya artikel ini bagus, selain untuk memotivasi agar menjadi pengusaha sukses namun artikel ini memberitahukan Motivasi diri akan memberikan suntikan semangat dan energi, sehingga sifat dan mental kita tidak mudah goyah terhadap permasalahan yang akan dihadapi.

    BalasHapus
  9. Nama : Abdul. Hadi. Hadzami
    NIM : 41318110064

    Menurut saya artikel ini cukup Bagus untuk memotivasi kita agar menjadi pengusaha yang sukses dan memotivasi agar bersemangat dalam usaha dan mental kita yang akan menghadapi dalam luang wirausaha.

    BalasHapus
  10. Nama : Fredi wibowo
    NIM :41617110115

    Motivasi memang memegang peranan penting dalam kita menjalani untuk berani menjagi pengusaha ysng sukses,karena dengan motisasi kita akan menjadi lebih berani untuk meraih kesuksesan di dunia usaha.

    BalasHapus
  11. Nama: Rosliana jhon febri s
    NIM: 43117110141

    menurut saya artikel ini mengajarkan supaya pembisnis harus mempunyai motivasi diri untuk menjalankan bisnis nya karena motivasi diri akan memberikan suntikan semangat dan energi, sehingga sifat dan mental tidak mudah goyah terhadap permasalahan yang akan dihadapinya dalam berbisnis.

    BalasHapus
  12. Nama : Septy Luthfiani
    NIM : 43117110280

    Menuruy saya artikel diatas sangat bermanfaat, karena untuk menjadi seorang pengusaha perlu adanya motivasi berwirausaha dalam diri seseorang. Sebagai pengusaha yang ingin sukses, kita juga harus memiliki prinsip dan motivasi bisnis yang dapat membantu kita meraih sukses. Tanpa adanya motivasi, maka pengusaha akan sulit untuk bertindak bahkan pada saat Ia memulai untuk memutuskan membangun sebuah usaha atau menjadi seorang entrepreneur.

    BalasHapus
  13. Nama:Anggi yos Indra
    NIM :41617110049

    Selalu menjadi pribadi Yang termotivasi adalah Salah syarat utama menurut saya untuk menjadi pebisnis sukses.karena dalam dunia usaha kompetisi tidak bisa dihindari,artinya dalam diri pebisnis termotivasi untuk memenangkan sebuah kompetisi Yang ada dengan secara otomatis menuntut individu untuk disiplin Dan selalu berkembang.

    BalasHapus
  14. Anna Deo Rika Sinabutar20 Maret 2019 13.39

    Nama:Anna Deo Rika Sinabutar
    NIM:44218110104
    Sangat setuju dengan artikel ini, kita harus memiliki motivasi di dalam diri jika ingin lebih baik lagi karena akan ada tantangan di dalam proses kegiatan yang kita lakukan dengan adanya motivasi kita akan sangat mudah melewati semua nya. klo saya sendiri memiliki motivator yaitu Mama saya sendiri yg selalu memerikan semangat dan masukan terbaiknya.

    BalasHapus
  15. Nama : Tri Sunarto
    Nim : 41515120006

    Sangat setuju dengan point no 2 , karena bagaimanapun ketika seorang ingin membangun usaha harus dilandasi dengan mental yang kuat dan tekad yang bulat

    BalasHapus
  16. Nama : Fadjar imaniar
    Nim : 43117010001

    Yaa benar sekali artikel ini.
    Motivasi adalah salah satu hal yang paling esensial dalam kehidupan kita. Setiap orang tentu memiliki motivasi untuk berbuat sesuatu, dan hal tersebut dipengaruhi oleh faktor internal maupun eksternal.

    BalasHapus
  17. Nama: Devi Widya Winata
    NIM : 43217120173

    Sangat Bagus, Motivasi diri akan memberikan suntikan semangat dan energi, sehingga sifat dan mental kita tidak mudah goyah terhadap permasalahan yang akan dihadapi. Terima kasih.

    BalasHapus
  18. Nama: Mahfudin
    NIM : 41617110014
    Didalam berwirausaha motivasi dan statement sangat berperan dalam menentukan kesuksesan kita

    BalasHapus
  19. Nama : Satriya Ramahdika Utama
    Nim : 41413120157

    Artikel ini cukup bisa mengingatkan saya pada point no. 5 yaitu idak pernah melupakan tujuannya.
    Dengan hanya menetapkan sebuah tujuan di dalam hidup, maka dengan sendirinya akan terdorong ke dalam arus motivasi tanpa henti. Oleh karena itulah harus selalu mengingat tujuan tersebut sepanjang waktu.

    BalasHapus
  20. nama : ezra feroza dwi antono
    nim : 41617120059

    dalam berwirausaha untuk mencapai kesuksesan adalah semangat dari diri sendiri, dan mental yang kuat untuk meraihnya, serta teatp fokus terhadap tujuan yang akan diraih..

    BalasHapus