Kamis, Maret 21

Motivasi menjadi pengusaha sukses

Motivasi Menjadi Pengusaha sukses

Abstrak
Dalam kewirausahaan, kekayaan menjadi relatif sifatnya. Ia hanya merupakan produk bawaan (by-product) dari sebuah usaha yang berorientasi dari sebuah prestasi. Prestasi kerja manusia yang ingin mengaktualisasikan diri dalam suatu kehidupan mandiri. Ada pengusaha yang sudah amat sukses dan kaya, tapi tidak pernah menampilkan diri sebagai orang yang hidup mewah, dan ada juga orang yang sebenarnya belum bisa dikatakan kaya, namun berpenampilan begitu glamor dengan pakaian dan perhiasan yang amat mencolok.
Kewirausahaan (entrepreneurship) adalah kemampuan kreatif dan inovatif yang dijadikan dasar, kiat, dan sumber daya untuk mencari peluang menuju sukses. Sesuatu yang baru dan berbeda adalah nilai tambah barang dan jasa yang menjadi sumber keuanggulan untuk dijadikan peluang. Jadi, kewirausahaan merupakan suatu kemampuan dalam menciptakan nilai tambah di pasar melalui proses pengelolaan sumber daya dengan cara-cara baru dan berbeda. 
Hal ini mungkin karena pengusaha sukses tahu apa saja rahasia cara menjadi sukses. Inilah tujuh motivasi diri yang diketahui pengusaha-pengusaha sukses.
1. Pengusaha sukses tahu apa yang seharusnya mereka lakukan dalam hidup
Motivasi itu sangat luas, bervariasi dan terkadang rumit, namun semua motivasi memberikan jawaban atas pertanyaan. Seperti, ‘Mengapa saya ada pada posisi ini?’, ‘Apa tujuan hidup saya?’, dan Anda harus mengetahui mengapa Anda hidup untuk menjadi benar-benar hidup.
Untuk itu, Anda perlu menentukan tujuan hidup Anda, apa hal yang Anda akan lakukan untuk mencapai tujuan hidup Anda dan Anda sudah selangkah lebih maju untuk menuju kesuksesan.
2. Mereka tahu apa yang harus mereka lakukan setiap hari
Bila Anda tahu apa yang seharusnya Anda lakukan dalam hidup, Anda dapat menentukan apa yang harus Anda lakukan setiap hari.
Pengusaha sukses menentukan tugas dan tujuan mereka setiap memulai hari Anda. Anda bisa menentukan tujuan Anda setiap bulan, kemudian tujuan setiap minggu dan terakhir setiap hari untuk mencapai tujuan besar Anda. Hal ini akan memotivasi diri Anda untuk tetap berjalan sesuai tujuan yang sudah Anda tentukan sendiri dan jangan berhenti.
3. Persiapkan kondisi mental setiap hari
Membuat rencana setiap hari saja tidaklah cukup. Anda pun harus mempersiapkan kondisi mental Anda dengan 4 cara memotivasi diri ini:
– Musik, merupakan cara yang cepat membantu pikiran Anda menjadi lebih kuat dan bersemangat
– Buatlah album di ponsel Anda untuk hal-hal yang Anda inginkan dalam hidup
– Lihat tujuan hidup Anda setiap hari baik sebelum tidur atau setelah bangun pagi
– Banyak kata-kata motivasi atau hal-hal yang memberikan motivasi hidup baik secara online atau offline
4. Pengusaha sukses tidak hanya mengandalkan Disiplin Diri saja
Ada aura rasa hormat dan harga diri yang mengelilingi orang-orang yang melakukan disiplin diri. Melakukan disiplin diri sendiri atau kemauan keras di ibaratkan seperti otot, yang akan merasa lelah jika terlalu sering digunakan dan terbatas.
Maka itu Anda tidak bisa hanya mengandalkan disiplin diri Anda sendiri, karena dapat disiplin diri bisa melemah atau menurun. Akan tetapi lakukan pula motivasi diri yang dalam dan mendasar akan mendukung Anda. Anda melakukan disiplin diri untuk meningkatkan usaha Anda, tapi jangan mengandalkannya.
5. Pengusaha sukses menulis peraturan bagi diri mereka sendiri
Semua manusia dikelilingi oleh orang-orang terdekat, kelompok, kultur dan berbagai faktor eksternal yang akan memengaruhi persepsi, tujuan, visi, dan impian seseorang. Namun, orang yang memiliki motivasi diri, mereka juga memiliki keberanian untuk menciptakan peraturan dalam hidupnya sendiri.
Seseorang yang mampu mengatasi tekanan eksternal tersebut dan membuat buku panduan hidupnya sendiri akan menciptakan pribadi yang luar biasa. Dengan kata lain, mereka yang memiliki motivasi diri selalu menetapkan standar mereka sendiri, dan merupakan standar yang tinggi seperti:
– Saya akan bangun pukul 5 pagi setiap hari
– Saya tidak akan makan gula
– Saya tidak akan menonton TV
– Saya akan bekerja setiap akhir pekan
– Saya akan menjauhkan orang yang memberikan pengaruh buruk dari hidup saya
Standar tinggi memang sulit dipertahankan. Namun, mereka yang memiliki motivasi besar, akan membantu mereka mencapai prestasi tinggi.
6. Mereka menjalankan tujuan yang ‘gila’
Cara sukses yang dilakukan oleh pengusaha sukses untuk mendorong dan memotivasi diri adalah dengan menentukan tujuan. Menurut penelitian psikolog, ahli saraf, dan ilmuwan lainnya, menetapkan tujuan akan menanamkan pada diri sendiri seolah-olah Anda telah menyelesaikannya.
Artinya, dengan menetapkan sesuatu sebagai tujuan, betapa pun kecil atau besar, dekat atau jauh di masa depan, sebagian otak akan percaya bahwa hasil yang diinginkan adalah bagian penting dari diri Anda. Menentukan tujuan akan menjadi pendorong yang kuat dalam mencapai hasil yang Anda tetapkan.
Dalam perjalanan, ada yang menertawakan tujuan besar orang lain, beberapa mencemooh tujuan tersebut. Tetapi ada orang yang menetapkan tujuan ‘gila’, dan mereka mencapai hal-hal besar lalu menjadi pengusaha sukses.
7. Pengusaha sukses tidak pernah melupakan tujuan mereka
Hanya menetapkan tujuan tidak dengan sendirinya mendorong Anda menjadi termotivasi dan mencapai kesuksesan. Anda harus selalu mengingat tujuan Anda setiap hari, baik ditaruh dalam ponsel, ditempelkan ke komputer Anda atau digantung pada dinding. Selalu tempatkan tujuan Anda dalam pikiran Anda, dan Anda tidak akan pernah kehilangan motivasi diri.
Kesimpulan untuk menjadi wirausaha adanya motivasi yaitu dengan pengusaha tahu apa yang dilakukan, mereka tahu apa yang harus dilakukan dikemudian hari, persiapan kondisi mental sehari hari dll.


1 komentar:

  1. Nama:Anna Deo Rika Sinabutar
    NIM:44218110104
    Sebagai pengusaha pemula kita harus disiplin, focus pada tujuan usaha kita dan juga selalu bekerja keras.

    BalasHapus