Maret 14, 2019

MOTIVASI PENGUSAHA

Oleh: Dwi Arif Rahman (@M14-DWI)


KATA KUNCI: Motivasi, Pengusaha, Sukses.
Assalamualaikum Wr.Wb
A.     Motivasi
            Motivasi adalah suatu dorongan atau alasan yang menjadi dasar semangat seseorang untuk melakukan sesuatu untuk mencapai tujuan tertentu.
Arti motivasi juga dapat didefinisikan sebagai semua hal yang menimbulkan dorongan atau semangat di dalam diri seseorang untuk mengerjakan sesuatu. Secara etimologi kata motivasi berasal dari bahasa Inggris, yaitu “motivation”, yang artinya “daya batin” atau “dorongan”. Sehingga pengertian motivasi adalah segala sesuatu yang mendorong atau menggerakkan seseorang untuk bertindak melakukan sesuatu dengan tujuan tertentu. Motivasi bisa datang dari dalam diri sendiri ataupun dari orang lain. Dengan adanya motivasi maka seseorang dapat mengerjakan sesuatu dengan antusias.

B.      Pengusaha
            Pengusaha adalah seseorang yang menjalankan aktivitas usaha baik usaha jual-beli, maupun usaha produksi yang mempunyai tujuan utama untuk memperoleh keuntungan dan menanggung resiko yang mungkin saja akan terjadi dalam aktivitas usahanya.
            Jadi, Motivasi pengusaha adalah suatu dorongan untuk menjalankan aktivitas usaha. Lalu bagaimana cara memotivasi pengusaha untuk menjadi sukses? Saya akan memberikan 7 cara memotivasi pengusaha agar menjadi sukses.
C.      Cara
1.      Pengusaha sukses tahu apa yang seharusnya mereka lakukan dalam hidup
          Anda perlu menentukan tujuan hidup Anda, apa hal yang Anda akan lakukan untuk mencapai tujuan hidup Anda dan Anda sudah selangkah lebih maju untuk menuju kesuksesan.
2.    Mereka tahu apa yang harus mereka lakukan setiap hari
          Bila Anda tahu apa yang seharusnya Anda lakukan dalam hidup, Anda dapat menentukan apa yang harus Anda lakukan setiap hari.
          Pengusaha sukses menentukan tugas dan tujuan mereka setiap memulai hari Anda. Anda bisa menentukan tujuan Anda setiap bulan, kemudian tujuan setiap minggu dan terakhir setiap hari untuk mencapai tujuan besar Anda. Hal ini akan memotivasi diri Anda untuk tetap berjalan sesuai tujuan yang sudah Anda tentukan sendiri dan jangan berhenti.
3.    Persiapkan kondisi mental setiap hari
          Membuat rencana setiap hari saja tidaklah cukup. Anda pun harus mempersiapkan kondisi mental Anda dengan 4 cara memotivasi diri ini:
·      Musik, merupakan cara yang cepat membantu pikiran Anda menjadi lebih kuat dan bersemangat.
·      Buatlah album di ponsel Anda untuk hal-hal yang Anda inginkan dalam hidup.
·      Lihat tujuan hidup Anda setiap hari baik sebelum tidur atau setelah bangun pagi.
·      Banyak kata-kata motivasi atau hal-hal yang memberikan motivasi hidup baik secara online atau offline.
4.    Pengusaha sukses tidak hanya mengandalkan Disiplin Diri saja
          Ada aura rasa hormat dan harga diri yang mengelilingi orang-orang yang melakukan disiplin diri. Melakukan disiplin diri sendiri atau kemauan keras di ibaratkan seperti otot, yang akan merasa lelah jika terlalu sering digunakan dan terbatas.
          Maka itu Anda tidak bisa hanya mengandalkan disiplin diri Anda sendiri, karena dapat disiplin diri bisa melemah atau menurun. Akan tetapi lakukan pula motivasi diri yang dalam dan mendasar akan mendukung Anda. Anda melakukan disiplin diri untuk meningkatkan usaha Anda, tapi jangan mengandalkannya.
5.    Pengusaha sukses menulis peraturan bagi diri mereka sendiri
          Semua manusia dikelilingi oleh orang-orang terdekat, kelompok, kultur dan berbagai faktor eksternal yang akan memengaruhi persepsi, tujuan, visi, dan impian seseorang. Namun, orang yang memiliki motivasi diri, mereka juga memiliki keberanian untuk menciptakan peraturan dalam hidupnya sendiri.
          Standar tinggi memang sulit dipertahankan. Namun, mereka yang memiliki motivasi besar, akan membantu mereka mencapai prestasi tinggi.
6.    Mereka menjalankan tujuan yang ‘gila’
          Cara sukses yang dilakukan oleh pengusaha sukses untuk mendorong dan memotivasi diri adalah dengan menentukan tujuan. Menurut penelitian psikolog, ahli saraf, dan ilmuwan lainnya, menetapkan tujuan akan menanamkan pada diri sendiri seolah-olah Anda telah menyelesaikannya.
          Artinya, dengan menetapkan sesuatu sebagai tujuan, betapa pun kecil atau besar, dekat atau jauh di masa depan, sebagian otak akan percaya bahwa hasil yang diinginkan adalah bagian penting dari diri Anda. Menentukan tujuan akan menjadi pendorong yang kuat dalam mencapai hasil yang Anda tetapkan.
          Dalam perjalanan, ada yang menertawakan tujuan besar orang lain, beberapa mencemooh tujuan tersebut. Tetapi ada orang yang menetapkan tujuan ‘gila’, dan mereka mencapai hal-hal besar lalu menjadi pengusaha sukses.
7.    Pengusaha sukses tidak pernah melupakan tujuan mereka
          Hanya menetapkan tujuan tidak dengan sendirinya mendorong Anda menjadi termotivasi dan mencapai kesuksesan. Anda harus selalu mengingat tujuan Anda setiap hari, baik ditaruh dalam ponsel, ditempelkan ke komputer Anda atau digantung pada dinding. Selalu tempatkan tujuan Anda dalam pikiran Anda, dan Anda tidak akan pernah kehilangan motivasi diri.

Kesimpulan

          Motivasi diri adalah salah satu kekuatan mendasar dan kuat yang membedakan pengusaha sukses dari mereka yang terombang-ambing dari satu startup yang terabaikan ke startup lain tanpa arah yang jelas. Motivasi diri tidak mengandalkan keberuntungan atau pun disiplin diri, namun melihat pada kekuatan tujuan untuk pencapaian tertinggi dalam kehidupan.
 Wassalamualaikum Wr.Wb

DAFTAR PUSTAKA
·         Ningsih, 2016. “PENGARUH MOTIVASI DAN KOMUNIKASI”. file:///F:/Dwi%20mau%20kuliah/proyek/110287-ID-pengaruh-motivasi-dan-komunikasi-fasilit.pdf (diakses 13 maret 2019)
·         Rosmiati, 2015. “JURNAL MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN, VOL.17, NO. 1.” file:///C:/Users/hp/Downloads/19227-23237-1-SM.pdf (diakses 13 maret 2019)
·         Saragih, 2017. “MEMBANGUN USAHA KREATIF, INOVATIF DAN BERMANFAAT MELALUI PENERAPAN KEWIRAUSAHAAN SOSIALfile:///F:/Dwi%20mau%20kuliah/proyek/223703-membangun-usaha-kreatif-inovatif-dan-ber.pdf (diakses 13 maret 2019)

9 komentar:

  1. Nama : Muhamad Arya Dwi Pangga
    Nim : 41617110087

    Artikel yang bagus.
    Motivasi pengusaha adalah suatu dorongan untuk menjalankan aktivitas usaha.Ada lima kategori teori motivasi yaitu kebutuhan, penguatan, keadilan, harapan, dan tujuan (goal)

    BalasHapus
  2. Nama : Anenaya Nurul Afifah
    NIM : 43218110265

    Aertikel yang sangat bagus dan bermanfaat.
    Motivasi untuk mengembangkan usaha baru diperlukan bukan hanya oleh rasa percaya diri dalam hal kemampuannya untuk berhasil, namun juga oleh kemampuannya dalam mengakses informasi mengenai peluang kewirausahaan.

    BalasHapus
  3. Nama : muhammad arifin
    Nim : 41617110062rtikelnya sudah bermanfaat, tetapi tidaklah lupa bahwa dukungan dari keluarga dan orang-orang terdekat juga cukup penting di balik kesuksesan seseorang

    BalasHapus
  4. Nama : Rosada Tri Asnada
    NIM : 41415110052

    Sangat setuju dengan kalimat "Motivasi diri tidak mengandalkan keberuntungan atau pun disiplin diri, namun melihat pada kekuatan tujuan untuk pencapaian tertinggi dalam kehidupan."

    BalasHapus
  5. Nama : Riki Saefulloh
    NIM : 41617110029

    Motifasi bagi entrepreneur kesuksesan itu tidak akan terjadi dalam satu malam. Akan ada kesulitan di depan sana, tapi yang perlu di ingat di balik kesulitan pasti ada kemudahan.

    BalasHapus
  6. Nama : Abdul. Hadi. Hadzami
    NIM : 41318110064

    Motivasi dalam wirausaha itu sangatlah penting, karena menjadi kesuksesan dalam usaha perlu adanya tekat, niat, dan disiplin diri untuk menjadi wirausaha yang sukses .

    BalasHapus
  7. Nama : Rima Apriyana
    Nim : 43117110171

    Artikelnya sangat menarik, terdiri atas point-point dengan penjelasan yang jelas sehingga memudahkan pembaca dengan memusatkan perhatiannya pada point tersebut. Disampaikan juga 7 cara memotivasi pengusaha agar menjadi sukses.

    BalasHapus
  8. Nama : Sulistianto
    Nim : 41617110021

    artikel yang sangat bagus untuk dicermati, karena motivasi adalah segala sesuatu yang mendorong atau menggerakkan seseorang untuk bertindak melakukan sesuatu dengan tujuan tertentu. Dengan adanya motivasi maka seseorang dapat mengerjakan sesuatu dengan antusias untuk memulai usahanya.

    BalasHapus
  9. Nama:Anna Deo Rika Sinabutar
    NIM:44218110104

    Menurut saya Tekat dari dalam diri, Brani dan Focus.

    BalasHapus