Kamis, Maret 14

Motivasi Sebagai Pondasi Untuk Kesuksesan

Oleh : Randi Arifin

Abstrak
Kewirausahaan merupakan sikap mental dan jiwa yang selalu aktif, kreatif, dan bersahaja dalam berusaha dalam rangka meningkatkan pendapatan dalam kegiatan usahanya atau kiprahnya. Kewirausahaan (Entrepreneurship) adalah proses mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupan.
Seseorang wirausaha adalah seseorang yang memiliki jiwa dan kemampuan tertentu dalam berkreasi dan berinovasi. Untuk menjadi wirausaha yang berhasil, persyaratan utama yang harus dimiliki adalah memiliki jiwa dan watak kewirausahaan.
Motivasi juga ikut terlibat dalam kesuksesan seorang wirausaha selain dukungan eksternal maupun internal motivasi juga dapat dijadikan sebagai pondasi jika kita sedang terpuruk,Motivasi merupakan hal yang melatar belakangi individu berbuat untuk mencapai tujuan tertentu. seorang mahasiswa memerlukan motivasi dari dalam dirinya sendiri.Motivasi ini diyakini dapat mempengaruhi minat mahasiswa dalam berwirausaha.Faktor faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha berasal dari lingkungan internal dan eksternal. Latar belakang belakang keluarga dan pengaruh atau dorongan sosial lingkungan berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa. siap menghadapi perubahan juga sangat penting jika kita ingin menuju kesuksesan. karena dalam bisnis tidak selamanya lancar dan sesuai dengan apa yang kita harapkan.

Kata kunci : Motivasi sukses, Motivasi berwirausaha, dan Minat berwirausaha
Pendahuluan
Kewirausahaan merupakan sikap mental dan jiwa yang selalu aktif, kreatif, berdaya, bercipta, berkarsa dan bersahaja dalam berusaha dalam rangka meningkatkan pendapatan dalam kegiatan usahanya atau kiprahnya.
Wirausaha adalah orang yang terampil memanfaatkan peluang dalam mengembangkan usahanya dengan tujuan untuk meningkatkan kehidupannya. Istilah wirausaha dan wiraswasta sering digunakan secara bersamaan, walaupun memiliki substansi yang sedikit berbeda.
Sebagai pelajar, wirausaha tidak hanya dapat berencana, berkata-kata, akan tetapi juga berbuat, merealisasikan rencana-rencana dalam pikirannya ke dalam suatu tindakan yang berorientasi pada sukses. Maka dibutuhkan kreatifitas, yaitu pola pikir tentang sesuatu yang baru, serta inovasi, yaitu tindakan dalam melakukan sesuatu yang baru.
Pikiran kreatif sejak dini terutama bagi pelajar, tercetus dari menyalurkan hobi  pastilah kegiatan yang sangat menyenangkan bagi semua orang. Kesenangan ini akan makin sempurna ketika hobi yang kita miliki dapat kita berdayakan menjadi sebuah bisnis yang dari sana kita dapat memperoleh kemapanan finansial.

Permasalahan
1. Bagaimana pengaruh Motivasi berwirausaha terhadap kesuksesan ?
2. Masih kurangnya motivasi berwirausaha Mahasiswa.

Pembahasan

Secara umum, motivasi adalah istilah untuk dorongan yang membuat kita mau melakukan sesuatu. Tanpa motivasim kita tidak akan bersemangat untuk melakukan suatu pekerjaan kalaupun tetap harus dikerjakan, kita pasti akan merasa tak bersemangat dan setengah hati. Yang namanya motivasi untuk setiap orang bisa bermacam-macam, tetapi biasanya secara garis besar ada dua macam, yaitu motivasi internal dan eksternal. Motivasi usaha motivasi usaha melalui motif, harapan, insentif, laba, kebebasan, impian personal dan kemandirian berpengaruh terhadap kemampuan usaha berbanding lurus (positif) sehingga semakin tinggi motivasi usaha akan diikuti tinggi kemampuan usaha. Kemampuan usaha terdiri dari memiliki pengetahuan usaha, sikap, kematangan emosional, memiliki imajinasi atau khalayan, memiliki pengetahuan praktik, memiliki pandangan ke depan, ketrampilan menemukan dan memiliki ketrampilan berkomunikasi berpengaruh terhadap keberhasilan usaha berbanding lurus (positif) semakin tinggi kemampuan usaha akan diikuti tinggi keberhasilan usaha. Motivasi usaha terhadap keberhasilan usaha melalui kemampuan usaha sebagai mediator dapat diterima atau berpengaruh. 

motivasi adalah suatu dorongan dari dalam diri seseorang untuk melakukan sesuatu berupa sikap, persepsi dan keputusan guna mencapai tujuan. Seperti halnya dengan berwirausaha,kunci sukses untuk berhasil menjadi wirausaha adalah adanya motivasi yang kuat untuk berwirausaha. Adanya motivasi kerja ternyata berpengaruh besar terhadap kesuksesan seseorang. Motivasi untuk menjadi seseorang yang berguna bagi diri sendiri, keluarga dan masyarakat melalui pencapaian prestasi kerja sebagai wirausaha. Ketika wirausahawan berhenti belajar dan memperbaiki diri, saat itulah wirausahawan mengambil keputusan untuk berhenti menjadi wirausahawan. Belajar, bagi wirausahawan sejati adalah proses yang dilakukan seumur hidup, seperti halnya perubahan senantiasa terjadi sepanjang perjalanan hidup. 
Hal-hal yang Harus Dimiliki Wirausaha Menurut Jamal Ma’mur Asmani, empat hal yang dimiliki oleh wirausaha adalah:
 1) Proses berkreasi, yaitu mengkreasikan sesuatu yang baru dengan menambahkan nilainya 
2) Komitmen yang tinggi terhadap penggunaan waktu dan usaha yang diberikan 
3) Memperkirakan resiko yang mungkin timbul 
4) Memperoleh reward, reward yang terpenting adalah kebebasan yang diikuti kepuasan pribadi.

contoh kasus :
Upi, 29 tahun, berusaha keras menabung dan mengumpulkan modal supaya ia bisa berhenti dari pekerjaannya sebagai karyawan dan memulai usaha jual busana muslim yang sudah ia impikan sejak lama. Saat-saat pertama memulai usaha, Upi mengalami kesulitan karena banyaknya persaingan sampai harus berhutang segala, tetapi Upi tetap maju terus. kedua motivasi Upi ini berbeda. 

Motivasi eksternal berasal dari tuntutan karena kebutuhan akan uang, sedangkan motivasi internal adalah keinginan pribadi Upi untuk menjadi pengusaha yang mandiri. Kedua motivasi ini sama pentingnya, agar Upi bisa terus maju dan berjuang untuk meraih cita-citanya.



            Akan tetapi, walapun keduanya penting, tetap ada perbedaannya. Motivasi internal agak lebih kuat perannya daripada motivasi eksternal. Kalau Upi membutuhkan uang yang banyak, dia bisa saja mencari pekerjaan di perusahaan yang menawarkan gaji ekstra, bukan? Tetapi rupanya ada hal lain yang mendorong Upi untuk membuka usaha (yang notabene tidak mudah), yaitu keinginan pribadi untuk menjadi pengusaha mandiri.
Kesimpulan
Kewirausahaan adalah proses mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupan. Wirausahawan mempunyai motivasi, panggilan jiwa, persepsi dan emosi yang sangat terkait dengan nilai nilai, sikap dan perilaku sebagai manusia unggul. Untuk memenangkan persaingan, maka seorang wirausahawan harus memiliki daya kreativitas yang tinggi. Kreativitas yang tinggi tetap membutuhkan sentuhan inovasi agar laku di pasar. Inovasi yang dibutuhkan adalah kemampuan wirausahawan dalam menambahkan nilai guna/nilai manfaat terhadap suatu produk dan menjaga mutu produk dengan memperhatikan “market oriented” atau apa yang sedang laku dipasaran. Salah satu kunci untuk memulai usaha yang sukses adalah bekerja dengan senang hati, seolah kita sedang mengerjakan hobi hingga lupa waktu dan tidak kenal lelah.

Daftar Pustaka

https://scarlet-chan.blogspot.com/2016/11/contoh-karya-tulis-kewirausahaan.html
https://bisnisukm.com/pengaruh-motivasi-kerja-terhadap-kesuksesan.html
https://eprints.uny.ac.id/16075/1/SkripsiFull_YunitaWidyaningAstiti_10404244033.pdf

























































Tidak ada komentar:

Posting Komentar