Kamis, Maret 14

Pengaruh Digital Marketing sebagai alat Motivasi untuk Mensukseskan Wirausaha di Era Modern


Oleh:  Ghina Nadira Said  (@M24-GHINA;  @STARTUP-M09)

ABSTRAK
Digital Marketing sangat dibutuhkan untuk pengembangan wirausaha dengan adanya pemberdayaan yang sesuai dapat memberikan peluang bagi wirausaha. Wirausaha memerlukan dorongan usaha untuk memulai usahanya dengan adanya digital marketing dapat membantu mereka mengembangkan dan mensukseskan usahanya.


Kata Kunci: Wirausaha, Digital Marketing, Pemberdayaan, Mensukseskan Wirausaha Di Era Modern

PENDAHULUAN
            Saat ini dunia semakin berkembang dengan adanya internet hal tersebut memudahkan setiap orang untuk melakukan aktivitas dalam berbagai bidang. Salah satu diantaranya adalah aktivitas berwirausaha. Wirausaha telah lama menjadi bagian penting dalam perputaran ekonomi hal itu disebabkan karena adanya kebutuhan yang ingin dipenuhi dengan permintaan pasar yang ada.
            Wirausaha saat ini telah mengembangkan diri dengan mengikuti kebutuhan pasar terlebih dengan adanya internet yang memudahkan pemasaran dalam hal digital marketing. Dalam berwirausaha setiap pengusaha membutuhkan pemasaran untuk mencapai target yang mereka inginkan.
            Target tersebut dapat dimanfaatkan dengan adanya penggunaan internet. Saat ini banyak pengusaha menggunakan internet untuk memperluas jaringan usaha mereka. Hal itu disebabkan karena minat atau motivasi pasaran yang tinggi terhadap kemajuan teknologi yang membantu para konsumen.
            Oleh sebab itu, penggunaan internet sangat dibutuhkan untuk para usaha dalam hal digital marketing untuk memasarkan produk atau jasa yang mereka tawarkan. Dengan menggunakan digital marketing akan membantu untuk mengembangkan sumber daya manusia dalam hal digital marketing.

ISI
            Dalam hal pengembangan digital marketing saat ini sudah banyak berkembang perusahaan yang menjadikan digital marketing sebagai ladang mereka untuk mensukseskan pengembangan usaha menjadi lebih luas.
            Salah satu contohnya adalah perusahaan start up yang membuka jalan untuk para wirausaha memasarkan produk atau jasa mereka kepada konsumen. Dalam kasus ini salah satu diantaranya adalah Tokopedia, Shopee dan BukaLapak. Ketiga perusahaan tersebut telah berhasil membuat para wirausaha memasarkan usaha mereka dalam bentuk digital marketing.
            Perusahaan mereka sendiri adalah perusahaan yang memberikan peluang bagi para wirausaha pemula untuk memasarkan usaha mereka dengan mudah. Para wirausaha dapat memberikan detail mengenai usaha yang mereka lakukan agar para konsumen mengetahui deskripsi barang tersebut.
            Menurut (Timmons & Spinneli, 2004:31) wirausaha adalah salah satu tindakan berpikir dan menalaah peluang bisnis yang ada. Dalam hal ini tugas pengusaha juga membuat rencana dalam memasarkan usaha mereka. Salah satunya dengan menggunakan digital marketing.
            Berikut beberapa nilai yang harus dimiliki oleh para wirausaha menurut Rintan Saragih modal intelektual, modal sosial dan moral serta modal mental. Ketiga hal tersebut penting dalam membangun wirausaha.
            Modal intelektual adalah kombinasi dari sumberdaya-sumber daya intangible dan kegiatan-kegiatan yang membolehkan organisasi mentransformasi sebuah bundelan material, keuangan dan sumberdaya manusia dalam sebuah kecakapan sistem untuk menciptakan stakeholder value.
            Modal sosial dan moral adalah suatu integritas merupakan suatu hal penting yang membentuk sebuah citra terhadap kepribadian Anda sebagai seorang wirausaha. Modal mental adalah modal yang paling penting untuk membangun usaha. Modal mental adalah kesiapan sejak dini kemudian diwujudkan dalam bentuk keberanian untuk menghadapi risiko dan tantangan.
            Selain dari ketiga hal tersebut adanya inovasi dari pengusaha dapat membuat usaha mereka terus berkembang mengikuti perkembangan zaman. Penggunaan digital marketing memudahkan mereka untuk membuat inovasi dalam mengembangkan usaha.
Menurut Hellstrom (2004), inovasi mempertimbangkan adanya proses penciptaan produk yang incremental dan radical. Dengan menciptakan usaha yang berbeda dengan yang lain dapat membuat pengusaha memiliki pasar yang sesuai.
Sebagai contoh dari Tokopedia William Tanuwijaya sebagai pendiri memberikan skema bisnis yang dapat membantu para pengusaha dalam hal digital marketing. Skema bisnis tokopedia memudahkan para pengusaha untuk menjual dan membeli barang dengan mudah. Berikut skema dari bisnis tokopedia   :           JUAL         >           KIRIM           >       TERIMA UANG
Dengan skema bisnis yang diberikan oleh tokopedia memberikan gambaran mengenai perjalanan usaha yang akan dilakukan oleh pengusaha. Dengan memberikan skema bisnis para wirausaha dapat mengembangkan pasaran usaha mereka ke dalam bentuk digital marketing.

           Dengan melihat mind mapping diatas kita dapat melakukan perencanaan untuk merancang strategi pemasaran. Salah satu faktor yang menyatakan alat pemasaran adalah salah satu alasan mengapa digital marketing sangat diperlukan untuk para pengusaha karena dapat mereka untuk memasarkan usaha mereka dengan mudah.
  Menurut Alma (2010:2) wirausaha memiliki dorongan untuk memulai usahanya. Ada dua hal yang membuat pengusaha memiliki dorongan untuk memulai usaha yang pertama adalah personal attributes dan personal environment hal tersebut adalah dorongan dari dalam diri pengusaha dan lingkungan yang membuat usaha wirausaha dapat berkembang.
  Setelah para wirausaha mendapatkan pasar yang dinginkan langkah yang harus dilakukan adalah pemberdayaan dari usaha. Menurut (Suharto 2005:10) pemberdayaan adalah sebuah proses orang menjadi cukup kuat untuk berpartisipasi dalam berbagi pengontrolan.

PENUTUP
          Wirausaha adalah kegiatan yang membuat para konsumen memiliki kesempatan untuk memiliki barang atau jasa dari pengusaha. Hal tersebut dilakukan untuk tercapainya atau kesuksesan kebutuhan ekonomi bagi kedua belah pihak.
   Dalam hal ini digital marketing sangat berguna untuk memasarkan usaha para wirausaha. Para wirausaha memiliki beberapa nilai, motivasi dan cara untuk memasarkan kegiatan mereka dalam berwirausaha.
  Oleh karena itu pengembangan digital marketing dalam wirausaha sangat berguna bagi pengembangan bisnis agar para wirausaha selalu mengembangkan dan mensukseskan pemberdayaan bagi usaha mereka.

Daftar Pustaka
Alma, Buchari. (2010). Kewirausahaan (edisi revisi). Bandung: CV Alfabeta
Helltrom, T, 2004, Innovation as Social Action., Denmark: Copenhagen Bussiness School
Kottler Philip, Gary Amstrong, 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi12 Jakarta
Saragih Intan,2017.Membangun Usaha Kreatif,Inovatif dan Bermanfaat Melalui Penerapan Kewirausahaan Sosial. https://media.neliti.com/media/publications/223703-membangun-usaha-kreatif-inovatif-dan-ber.pdf
Suharto. 2005. Membangun masyarakat memberdayakan rakyat. Bandung: Rafika Aditama.


   

 
 
              

1 komentar:

  1. Nama: Devi Widya Winata
    NIM : 43217120173

    Pengembangan digital marketing dalam wirausaha sangat berguna bagi pengembangan bisnis agar para wirausaha selalu mengembangkan dan mensukseskan pemberdayaan bagi usaha mereka. Terima kasih

    BalasHapus