Maret 22, 2019

pengusaha yang mempunyai mindset baik

Oleh @M20-SYAHIDA
Abstrak
Banyak sekali orang yang ingin mencoba menjadi pengusaha tapi takut adanya kegagalan, banyak sekali pemikiran yang membuat tidak percaya diri untuk mencoba. Menjadi pengusaha tidaklah gampang, kita harus mempunyai strategi, ide , dana , tujuan dan masih banyak lainnya. Awal memang sulit tapi kalo kita bekerja keras dan pantang menyerah kita bakalan sukses dan berhasil. Mari kita ubah pemikiran untuk menjadi orang sukses.
Kata kunci :pola pikir menjadi pengusaha , sikap


Menjadi pengusaha kita harus mempunyai sikap yang seperti:
1.      Banyak akal
Seorang pengusaha harus mempunyai banyak ide kreatif untuk usaha mereka , agar terus meningkatkan usaha dengan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat pasar.
2.      Berani Ambil Resiko
Ini yang harus Anda tanamakan dalam pikiran Anda. Seorang entrepreneur adalah seorang yang berani mengambil resiko dengan berpikir optimis didepan bahwa hal tersebut pasti bisa dicapai, tentunya bukan optimis buta, perlu Anda pelajari dulu resikonya dan strategi mencapainya.Kenapa orang sukses berbisnis tidak banyak? Karena memang sedikit orang yang berani mengambil resiko, Anda harus masuk ke dalamnya.
3.       Mencari Peluang Baru
Untuk tetap menjaga roda bisnis berjalan dengan lancar, mindset selalu mencari peluang baru adalah mindset yang perlu dimiliki oleh setiap entrepreneur. Banyak orang yang membatasi kemampuan dan potensi diri mereka sendiri dengan hanya berhenti pada satu titik saja. Seorang entrepreneur perlu untuk menjadi peka terhadap peluang-peluang yang datang lalu mengambil peluang itu jika memang sudah direncanakan dengan matang.
Entrepreneur dengan demikian tidak duduk manis dan pasrah menunggu peluang itu datang, mereka secara aktif menjalin hubungan dengan banyak pihak untuk mencari peluang-peluang ladang emas yang bisa mereka garap.
Itu sebabnya orang yang sukses berbisnis rata-rata memiliki banyak sumber income, bukan hanya dari satu kran bisnis saja. Karena mereka jeli dalam melihat peluang.
4.      Belajar terus menerus
Salah satu penyebab seorang entrepreneur cepat gagal adalah merasa puas akan ilmu yang dimiliki saat ini sehingga dia tidak mau belajar dan perlahan tanpa disadari terkejar dengan yang lain dan kemudian tertinggal lalu mati.
Seorang entrepreneur sukses adalah seorang pembelajar sejati. Dia selalu belajar untuk upgrade terus isi kepalanya. Karena mereka sadar investasi terbaik adalah leher ke atas, bukan pada penampilan.
Itu sebabnya Steve Jobs pernah berkata “stay hungry stay foolish” agar kita tidak berpuas diri pada ilmu yang telah dimiliki.
Strategi untuk merubah mindset
1.      Tidak mendengarkan omongan negative orang lain.
2.      Berbicara dengan orang yang bisa memotivasi.
3.      Mengikuti acara – acara yang membahas perbisnisan(seminar)



Daftar pustaka


35 komentar:

  1. Nama : Fadjar Imaniar
    Kelas : 43117010001

    Artikel ini sangat benar dan baik.
    Kita harus terus belajar,memiliki pikiran yang positif, update pengetahuan kita, sabar hanya untuk melihat hasil pertama yang akan membangkitkan motivasi kita dan berharap untuk terus melakukan kerja keras.

    BalasHapus
  2. Nama : cindy
    NIM : 43218110114

    Artikel ini sangat benar dan baik. Karena dalam membangun bisnis kita harus terus belajar, memiliki pemikiran yang positif, update pengetahuan kita dalam bidang bisnis, selalu sabar dan tidak takut menghadapi kegagalan yang justru harusnya dapat membangkitkan motivasi kita dan bisa bekerja lebih keras lagi

    BalasHapus
  3. Nama: Rosliana jhon febri s
    NIM : 43117110141

    Artikel ini bagus untuk Strategi merubah mindset untuk menjadi pengusaha, Tidak mendengarkan omongan negative orang lain, Berbicara dengan orang yang bisa memotivasi, Mengikuti acara – acara yang membahas perbisnisan(seminar)

    BalasHapus
  4. Nama ; Yusup Maulana

    NIM : 41416120114

    menurut saya artikel ini sangat bagus dan bisa merubah maindset calon-calon pembisnis yang akan memulai bisnisnya. Dan juga dapat menumbuhkan motivasi pembaca

    BalasHapus
  5. Nama : Sandro Handika
    NIM : 41617110108

    Menurut saya artikel ini cukup bagus, dimana dalam artikel ini terdapat pembelajaran untuk merubah maindset seseorang agar para pebisnis baru semakin termotivasi untuk berinovasi gun memajukan usahanya.

    BalasHapus
  6. Nama : Priyo Hadi Prakoso
    NIM : 41314120089

    Dan yang paling sangat berpengaruh adalah lingkungan kita tinggal, karena menurut saya lingkungan sangat memprngaruhi terhadap mindset seseorang.

    BalasHapus
  7. Nama : Nurring Tyas
    NIM : 41617110119

    Artikel ini bagus untuk menambah kepercayaan seseorang yang ingin memulai karier menjadi entrepreneur. berani mengambil resiko memang ciri khas yang harus dimiliki oleh seorang entrepreneur agar bisa bertindak mengambil langkah.

    BalasHapus
  8. Nama : Anggi Wahyu Guntara
    Nim : 41117110111

    Artikel yang menarik. memang di butuhkanya keberanian dan tidak takut akan kegagalan merupakan sesuatu yang sangat penting.

    BalasHapus
  9. Nama : Siti Salmah

    Nim : 43117110046

    Artikel tersebut sangat cocok untuk para pengusaha baru yang takut gagal. Karena di artikel tersebut dijelaskan bagaimana cara2 mengubah sikap yang baik untuk para pengusaha.

    BalasHapus
  10. Nama : AVIP WIJAYANTO
    NIM : 41617110053

    Artikel ini sangat bagus untuk para mahasiswa agar mampu memulai menjadi pengusaha dengan memulai usaha dengan pola pikir da planning yang tepat

    BalasHapus
  11. Nama: Devi Widya Winata
    NIM : 43217120173

    Artikel ini sangat bagus dan bisa membangun mindset kita kearah yg lebih baik. Menarik kutipan "Dia selalu belajar untuk upgrade terus isi kepalanya. Karena mereka sadar investasi terbaik adalah leher ke atas, bukan pada penampilan.", Semoga kita bisa menjadi entrepreneur...

    BalasHapus
  12. Nama : Helena Mutiara H
    Nim : 43218110214

    Artikel ini cukup membantu, bagi orang-orang untuk membuka pikirannya, untuk membuktikan kalau mindset berpengaruh terhadap kehidupan. Karena selain sikap pikiran pun juga harus dijaga untuk hal-hal positif saja.

    BalasHapus
  13. Nama :Riki Saefulloh
    NIM : 41617110029

    Dalam berwirausaha memiliki pengertian kompleks, ada ratusan bahkan ribuan langkah. Namun, sebagian besar memiliki pokok pembahasan yaitu the honesty (kejujuran). Penting bagi pengusaha memiliki sikap yang satu ini.

    BalasHapus
  14. Nama : Natan
    Nim : 43117110110
    Artikel ini sangat membantu, bagi orang-orang untuk membuka pikirannya, untuk membuktikan kalau mindset berpengaruh terhadap kehidupan. Karena selain sikap pikiran pun juga harus dijaga untuk hal-hal positif saja.

    BalasHapus
  15. Nama : Ricco Yudistira
    Nim : 41617110077

    Artikelnya bagus berguna bagi semuanya, jangan takut untuk usaha lakukan dlu soal gagal belakangan mungkin itu yang saya ambil

    BalasHapus
  16. Nama : Puspa Rahayu
    NIM : 43117110268

    Menurut pendapat saya artikel ini bagus. isi yang saya pelajari dalam artikel ini adalah untuk menjadi pengusaha jangan takut gagal, dengan adanya artikel ini pengusaha" yang baru mencoba dan membaca artikel ini mempunyai semangat dan motivasi dengan terus berfikir dan mencoba agar usaha yang dijalankan berhasil dan jangan takut berani mengambil risiko

    BalasHapus
  17. Nama : Abdul Hadi Hadzami
    Nim : 41318110064

    Pada artikel di atas sangatlah Bagus, artikel ini mengajarkan kita agar jangan takut tuh gagal dalam berusaha, dan bermotivasi agar semangat dalam berusaha dan tak takut mengambil resiko yang sangat besar

    BalasHapus
  18. Nama : Abdul Hadi Hadzami
    Nim : 41318110064

    Pada artikel di atas sangatlah Bagus, artikel ini mengajarkan kita agar jangan takut tuh gagal dalam berusaha, dan bermotivasi agar semangat dalam berusaha dan tak takut mengambil resiko yang sangat besar

    BalasHapus
  19. Nama : Abdul Hadi Hadzami
    Nim : 41318110064

    Pada artikel di atas sangatlah Bagus, artikel ini mengajarkan kita agar jangan takut tuh gagal dalam berusaha, dan bermotivasi agar semangat dalam berusaha dan tak takut mengambil resiko yang sangat besar

    BalasHapus
  20. Nama: Ezra Feroza Dwi Antono
    NIM ; 41617120059

    pengusaha yang mempunyai mindset baik sangat inspirasi artikel tersebut bagaimana seseorang pengusaha mempunyai mindset baik, pengusaha yang tidak takut akan gagal dan terus belajar kegagalan sebelumnya yang terus menerus bangkit dengan goal tertinggi.

    BalasHapus
  21. Nama : Weni preti muningsih
    Nim : 43116120036

    Artikel diatas sangat bagus mengajarkan bahwa seorang pengusaha atau pembisnis harus memiliki mindset yang Bagus agar tidak takut adanya kegagalan Dan siap menghapainya

    BalasHapus
  22. Nama : Fredi Wibowo
    NIM : 41617110115

    Terus semangat dan terus berjuang menjadi pengusaha yang sukses..

    BalasHapus
  23. nama: yorgi ganda
    nim : 41916120058
    artikel yang cukup bagus kita bisa mencontoh atau merubah mindset menjadi seorang pengusaha

    BalasHapus
  24. Nama : Ratu Nasia Nastashia Sakina
    NIM : 41118110154

    Menjadi seorang pengusaha memang harus memiliki mindset yang baik agar terarah untuk keberhasilan dan kesuksesan. Mindset yang baik harus dipupuk dengan niat yang baik juga.

    BalasHapus
  25. Nama : Feralvin Satria Lanusa Hardjanto
    NIM : 41617110045

    Artikel ini bagus untuk menambah kepercayaan seseorang yang ingin memulai karier menjadi entrepreneur. berani mengambil resiko memang ciri khas yang harus dimiliki oleh seorang entrepreneur agar bisa bertindak mengambil langkah. sangat membantu.

    BalasHapus
  26. Nama:Anna Deo Rika Sinabutar
    NIM:44218110104

    Benar sekali,untuk menjadi pengusaha muda tidaklah mudah kita harus bisa berfikir kreatif dan benrani mengambil resiko.

    BalasHapus
  27. Nama : NABILA MAHSA IRAWAN
    NIM : 44218110072

    Artikel yang sangat menarik. Disini kita jadi bisa mengetahui bagaimana menjadi oengusaha yang bisa nemiliki mindset yg baik, dan juga menjelaskan bagaimana cara untuk mengubah mindset kita yang sebelumnya buruk/berantakan menjadi baik.

    BalasHapus
  28. Nama:Anggi Yos Indra
    NIM :41617110049

    Mindset yang baik beberapa telah dijabarkan dalam artikel diatas. salah satu yang perlu mendapatkan penekanan khusus dan perlu kita pelajari adalah bagaimana cara merubah mindset yakni dengan tidak mendengarkan omongan negativ atau dengan arti kata lain kita mengkonsumsi pikiran atau pendapat2 positiv, karena menurut saya terkadang positiv thinking itulah yang selalu membantu kita disaat bangkit atau memulai sesuatu selain niat.

    BalasHapus
  29. Nma: mahfusin
    Nim: 41617110014
    Sebuah artikel yang sangat memotivasi bagi kita, dimana untuk menjadi seorang pengusaha kita harus mampu menjadi orang yang bertanggung jawab dan menjadi orang yang senantiasa mampu mamanege setiap langkah langkah yang akan kita lakukan

    BalasHapus
  30. Nama : Rima Apriyana
    Nim : 43117110171

    Dari artikel tersebut, seorang pengusaha harus mempunyai strategi, ide , dana , tujuan dan masih banyak lainnya. Dijelaskan dan disebutkan juga bagaimana sikap yang dimilki seorang pengusaha. Setelah membaca artikel ini, mindset sipembaca bisa berubah dari strategi yang telah disajikan.

    BalasHapus
  31. Nama : Sulistianto
    Nim : 41617110021

    Artikel yang cukup simpel dan mudah di mengerti untuk menjadi pengusaha yang mempunyai mindset baik, karena menjadi kita harus mempunyai strategi, ide , dana , tujuan.

    BalasHapus
  32. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  33. Nama : Zahrawani Ilmi Pradina
    NIM : 43218110083

    Artikel yang sangat bermanfaat bagi saya. Perlu adanya pola pikir menjadi pengusaha yang sukses dan berhasil. Diperlukan adanya sikap yang banyak akal, berani ambil resiko, mencari peluang baru, belajar terus menerus.

    BalasHapus
  34. Nama : Nurhadi Budi Santoso.Y
    Nim : 41617110063

    Artikel yang sangat bagus.Kunci kesuksesan seorang pengusaha adalah tidak takut gagal dan berani mencoba.mindset yang baik seperti yang sudah di jelaskan sangat membantu bagi kita yang baru memulai wirausaha untuk menuju sukses.

    BalasHapus
  35. Nama: Dinda Juliskha Yanti
    nim : 43218110220

    Menurut pendapat saya artikel ini bagus. isi yang saya pelajari dalam artikel ini adalah untuk menjadi pengusaha jangan takut gagal, dengan adanya artikel ini pengusaha" yang baru mencoba dan membaca artikel ini mempunyai semangat dan motivasi dengan terus berfikir dan mencoba agar usaha yang dijalankan berhasil dan jangan takut berani mengambil risiko

    Terimakasih

    BalasHapus