Kamis, Maret 14

percaya diri untuk menjadi pengusaha

Oleh : Syahida Nur Afini

Menurut saya pengusaha adalah seseorang yang menciptakan usaha dan bisnis untuk menghasilkan uang. Motivasi adalah mendorong atau mempengaruhi seseorang untuk mencapai apa yang dinginkan.


·         Menurut para ahli tentang pengusaha dan motivasi
1.      Menurut Sumardi (2007) menjelaskan bahwa pengusaha atau wirausahawan (entrepreneur) merupakan seorang yang menciptakan sebuah usaha atau bisnis yang diharapkan dengan risiko dan ketidakpastian untuk memperoleh keuntungan dan mengembangkan bisnis dengan cara membuka kesempatan.
2.      Menurut Sarosa(2005) Motivasi adalah suatu dorongan dari dalam diri seseorang yang mendorong orang tersebut untuk melakukan sesuatu, termasuk menjadi young entrepreneur.
·         Keahlian (skill) yang harus dimiliki oleh seorang wirausahawan terdiri dari:
1. Managerial skill, yaitu kemampuan untuk mengatur dalam mengorganisasikan semua faktor produksi agar mencapai tujuan;
2. Technical skill, yaitu keahlian yang bersifat teknis dalam pelaksanaan proses produksi sehingga berjalan dengan baik;
3. Organizational skill, yaitu keahlian dalam memimpin berbagai usaha, tidak hanya intern perusahaan yang brsifat bisnis, tetapi juga organisasi dalam bentuk lain.
·         Kelebihan Wirausahawan
Adapun kelebihan menjadi wirausahawan adalah:
1.Kesempatan untuk mewujudkan cita-cita
2.Kesempatan untuk membuat suatu perubahan
3.Untuk meraih potensi penuh yang terdapat pada diri sendiri
4.Untuk meraih keuntungan yang besar
5.Memberikan kontribusi pada masyarakat dan memperoleh pengakuan terhadap usaha sendiri
6.Bisa melaksanakan apa yang disenangi

·         Langkah – langkah menjadi pengusaha yang sukses

1.      Lakukan karena passion
Banyak sekali yang berawal dari hobi menjadi usaha, karena kalo kita usaha sesuai passion akan berjalan baik dan senang.
a.       Berani mengambil resiko
Seorang pengusaha harus berani mengambil resiko karena disitu kita akan ditantang , apakah kita bisa melewatinya atau tidak
2.      Kerja keras dan tekun
Seorang pengusaha harus bekerja keras untuk mencapai tujuan yang sudah dibuatnya. Tidak boleh cepat puas untuk menjadi pengusaha dan akan terus menerus bekerja keras.
3.      Memerlukan rekan
Dalam menjalankan usaha kita harus mencari tim yang solid untuk mendukung dan menjalankan tujuan bisnis kita.
4.      Merencanakan keuangan
Kita sebelum memeulai bisnis , kita harus melihat keuangan kita apakah sudah mencukupi untuk memulai, lalu kalian harus memikirkan kapan anda bisa mendapatkan keuntungan itu kembali , memikirkan apasaja yang di perlukan di bisnis anda agar tidak terjadi pemborosan.
Disini saya akan memberi tahu, banyak sekali pengusaha sukses di Indonesia dan salah satunya adalah William Tanuwijaya. William Tanuwijaya lahir di Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara pada tanggal 18 November 1981. Ia bersekolah hingga SMA di kampung halamannya tersebut, dan selama 18 tahun di kampung halamannya. Setelah lulus SMA dia melanjutkan kuliah di BINUS Jakarta dengan jurusan Teknik Informatika, ketika dia kuliah ia mencari penghasilan sampingan untuk membiayai kuliahnya. Waktu semester dua dia kerja menjadi penjaga warnet dari jam 9 malem sampai 9 pagi. Setelah lulus kuliah dia ia kemudian bekerja di kantoran yang bergerak dibidang pengembangan software komputer.
Namun lama kelamaan mulai terbesit ide dipikiran William Tauwijaya untuk mendirikan perusahaan sendiri. Dimana mimpinya adalah mempunyai perusahaan Internet sendiri. Dari bos di tempat kerjanya hingga kenalan teman-teman bosnya.Ia kemudian mulai menceritakan mengenai Tokopedia, sebuah pasar online atau e-commerce tempat bertemunya penjual dan pembeli dari seluruh Indonesia.Tempat dimana orang-orang dapat memasarkan produk-produk mereka keseluruh Indonesia melalu Tokopedia. Tokopedia juga menjadi perantara jual beli online yang aman bagi penggunanya. Semua ia lakukan dari Nol untuk membangun bisnisnya tersebut. Tokopedia buatan William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison terus menerus berkembang, bahkan pada akhir tahun 2014, Tokopedia mendapatkan kucuran dana untuk modal sebesar 100 Juta Dollar dari Softbank Internet yang juga memodali Alibaba serta Sequoia Capital yang juga pernah memodali Google dan Apple dan Instagram.William Tanuwijaya kemudian sekarang ini menjadi CEO perusahaan Tokopedia serta Leontinus Alpha Edison menjadi COO Tokopedia. Hingga kini tokopedia terus menerus berkembang pesat berkat usaha pantang menyerah William Tanuwijaya dan rekannya Leontinus Alpha Edison.Di tahun 2017, Tokopedia sukses menjadi startup unicorn yakni startup yang memiliki valuasi atau nilai diatas 1 miliar dollar AS atau sekitar 14 trilun rupiah.
Kesimpulan dari William tanuwijaya adalah kita harus berusaha bekerja keras untuk mencapai tujuan kita, banyak masalah untuk memulai tetapi akan berakhir sempurna. 
 Daftar pustaka
2.      Anonym.2015.pengusaha sukses.https://www.nadipos.com/blog/pengusaha-sukses/3/
4.      Anonym.2016.pengertian motivasi.https://www.kanalinfo.web.id/pengertian-motivasi

5.      Anonym.2018.pengertian pengusaha.https://www.onoini.com/pengertian-pengusaha/


26 komentar:

  1. Nama : Anggi Wahyu Guntara
    Nim : 411171110111

    Artikel yang bagus menurut saya.
    ya benar juga selain harus berusha keras untuk menjadi pengusaha sukses percaya diri juga sangat penting.
    semoga saya bisa jadi pengusaha sukses juga.

    BalasHapus
  2. nama : yorgi ganda
    nim : 41916120058

    di artikel ini memacu diri kita untuk semangat dan terus berjuang, banyak inspirasi seluk beluk pengusaha yang pernah gagal, ini sangat membantu.

    BalasHapus
  3. Nama: Helena Mutiara H
    Nim : 43218110214

    Pada artikel diatas, membuat kesadaran diri saya untuk menciptakan sebuah usaha atau bisnis yang diharapkan dengan risiko dan ketidakpastian menjadikan tetap terus semangat.

    BalasHapus
  4. Nama : Natan
    NIM :43117110110

    Pada artikel diatas membuat kita berusaha keras untuk maju .
    Dan untuk itu kita harus memiliki rasa kepercayaan diri agar kita juga semakin Pede untuk menjalani dunia bisnis yang kita jalankan.
    sebagai pengusaha juga kita harus memiliki rasa tanggung jawab yang penuh di setiap pekerjaan kita.

    BalasHapus
  5. Nama : Nurring Tyas
    NIM : 41617110119

    Pada artikel ini berisikan beberapa langkah - langkah dan kelebihan menjadi seorang wirausaha. kalimatnya mudah dipahami, sehingga pembaca paham dengan yang dimaksudkan penulis dilengkapi dengan biografi seorang pengusaha sukses yang menginspirasi dengan membangun karirnya dari menawarkan e-commerce tokopedia ke teman2 bos- nya dan Tokopedia menjadi pasar online tempat bertemunya penjual dan pembeli dari seluruh Indonesia hingga mendapatkan kucuran dana untuk modal sebesar 100 Juta Dollar dari Softbank Internet dan sukses membangun bisnisnya.

    BalasHapus
  6. NAma : Dinda Juliskha Yanti
    Nim : 43218110220

    Menurut saya artikel in sangat berguna untuk orang orang yang baru dan akan menjadi wirausaha.
    karena, di artikel ini memacu diri kita untuk semangat dan terus berjuang, banyak inspirasi seluk beluk pengusaha yang pernah gagal.


    Terimakasih

    BalasHapus
  7. Nama : Nabila Mahsa Irawan
    NIM : 44218110072

    Artikel yg bagus. Karna memang kunci utama untuk menjadi pengusaha ialah percaya diri. Jika kita sudah percaya diri otomatis usaha yang nantinya akan kita jalani akan terasa ringan dan lancar

    BalasHapus
  8. Nama : Yusup Maulana

    NIM: 41416120114

    Setelah membaca artikel ini saya memiliki semangat yang lebih membara, untuk melatih dan belajar tentang skill. karena saya ada niat untuk berwirausaha.

    BalasHapus
  9. Nama : Puspa Rahayu
    Nim : 43117110268

    menurut saya artikel yang saya baca sangat bagus, dimana artikel ini memberikan langkah-langkah menjadi pengusaha sukses , itu harus berusaha bekerja keras untuk mencapai tujuan kita

    BalasHapus
  10. Nama : Abdul Hadi Hadzami
    NIM : 41318110064

    Menurut saya pada artikel tersebut sangat Bagus dan efektif, dimana artikel ini memberikan inovasi dan cara cara dan langkah langkah untuk menjadi pengusaha yang sukses dan mengubah pola pikir kita

    BalasHapus
  11. Nama : Feralvin Satria Lanusa H
    NIM : 41617110045

    Kalimatnya dalam artikel mudah dipahami, sehingga pembaca paham dengan yang dimaksudkan penulis dilengkapi dengan biografi seorang pengusaha sukses yang menginspirasi dengan membangun karirnya dari menjadi pasar online tempat bertemunya penjual dan pembeli dari seluruh Indonesia hingga mendapatkan kucuran dana untuk modal sebesar 100 Juta Dollar dari Softbank Internet dan sukses membangun bisnisnya.

    BalasHapus
  12. Nama: Rosliana jhon febri s
    NIM: 43117110141

    menurut saya artikel ini sangat bermanfaat, karena pengusaha yang sukses adalah yang mau terus berusaha dan percaya diri akan keyakinan dan usaha nya yang terus dikembangkan sampai mencapai tujuannya yaitu menjadi pengusaha yang sukses.

    BalasHapus
  13. Nama : Sulistianto
    Nim : 41617110021

    artikel yang sangat bermanfaaat, karena percaya diri perlu dilakukan untuk menjadi pengusaha untuk harus berusaha bekerja keras untuk mencapai tujuan yang di inginkan untuk menjadi pengusaha yang sukses meskipun banyak masalah untuk memulai tetapi akan berakhir sempurna.

    BalasHapus
  14. Nama : Septy Luthfiani
    NIM : 43117110280

    Menurut saya artikel tersebut sangat bermanfaat dan bisa menjadi motivasi untuk para pembaca. Tidak ada kerja keras yang tidak membuahkan hasil. Dan percaya diri apapun hasil akhirnya yang penting kita harus berani mengambil resiko.

    BalasHapus
  15. Nama :Nurhadi Budi Santoso Yohanes
    NIM :41617110063

    Menurut saya artikel yang saya baca di atas tadi sangat bagus dan bermanfaat buat saya untuk bangkit kembali dari kegagalan yang pernah saya alami.karena tanpa ada rasa percaya diri serta motivasi dari diri kita dan sekitar kita usaha tidak akan berjalan lancar.

    BalasHapus
  16. Nama : Anggi Yos Indra
    NIM : 41617110049

    Menurut saya agar kita percaya diri menjadi pengusaha memang harus mempunyai kualitas diri. baik hard skill maupun soft skill. jika kedua item tersebut berkompeten faktor lainnya adalah atitude diri kita. dari article diatas juga dipaparkan penjabaran beberapa hal yang harus kita miliki dan latih.

    BalasHapus
  17. Anna Deo Rika Sinabutar20 Maret 2019 13.21

    Nama:Anna Deo Rika Sinabutar
    NIM:4421810104
    Menurut saya untuk menjadi seorang pengusaha memang lah tidak gampang,berani mengambil resiko adalah hal yang sangat dan harus dimiliki.

    BalasHapus
  18. selamat sore,
    artikel yang sangat bagus ..
    tapi apakah benar setiap seorang wirausaha ketika membangun usaha dari aawal hanya untuk mendapatkan uang ??/

    BalasHapus
  19. Nama : Fadjar imaniar
    Nim : 43117010001

    Menurut saya artikel ini sangat baik dan benar.
    Untuk menjadi pengusaha dengan pribadi yang sukses, diperlukan ketekunan, kegigihan, dan mental yang di atas rata-rata. Kesuksesan tak hanya ditentukan oleh takdir, namun bagaimana seseorang menyikapi permasalahan, pola berpikir, serta pengetahuan pribadi juga menentukan.

    BalasHapus
  20. Nama: Devi Widya Winata
    NIM : 43217120173

    Kesimpulan yang sangat bijak yaitu "kita harus berusaha bekerja keras untuk mencapai tujuan kita, banyak masalah untuk memulai tetapi akan berakhir sempurna". Terima kasih

    BalasHapus
  21. Nama : Zahrawani Ilmi Pradina
    NIM : 43218110083

    Terimakasih telah membuat artikel yang bermanfaat bagi diri saya maupun orang lain yang membacanya. Memang tidak mudah untuk menjadi pengusaha sukses. Salah satu hal perlu kunci menjadi pengusaha sukses adalah percaya diri. Tentu saja percaya diri didorong oleh orang disekitar kita seperti yang sudah dibahas diartikel ini.

    BalasHapus
  22. Nama: Mahfudin
    NIM :41617110014
    Motivasinya sangat menarik dan mudah dimengerti

    BalasHapus
  23. Nama : Suhardianto Noor
    Nim : 43217120172

    Terima kasih atas artikelnya, dalam mencapai suatu usaha yang sukses dalam menjalankan suatu usaha harus ada dorongan dari diri kita sendiri untuk menjalaninya, percaya diri dan siap menerima segala resiko dalam usaha. Dengan adanya dorongan dari diri sendiri dan percaya diri, kita bisa mencapai usaha yang sukses.

    BalasHapus
  24. Nama : Satriya Ramahdika Utama
    Nim : 41413120157

    Terimakasih, point penting dalam artikel ini sehingga memotivasi saya untuk menjadi seorang wirausaha yaitu:
    Kelebihan menjadi wirausahawan adalah:
    1.Kesempatan untuk mewujudkan cita-cita
    2.Kesempatan untuk membuat suatu perubahan
    3.Untuk meraih potensi penuh yang terdapat pada diri sendiri
    4.Untuk meraih keuntungan yang besar
    5.Memberikan kontribusi pada masyarakat dan memperoleh pengakuan terhadap usaha sendiri
    6.Bisa melaksanakan apa yang disenangi

    BalasHapus
  25. Nama : Siti Salmah
    Nim : 4311711046

    Artikel yang bagus, yang membuat para pengusaha baru menjadi lebih semanga dan memotivasi agar lebih percaya diri terhadap usaha tersebut.

    BalasHapus
  26. Nama : Saripudin
    Nim : 41617110111

    Artikelnya bagus singkat tapi kena point nya.
    dilengkapi dengan biografiseorang pengusaha sukses,menginspirasi pembaca.

    BalasHapus