Kamis, Maret 21

Pola Pikir Untuk Menjadi Pengusaha Yang Sukses

Disusun Oleh:
Bayu Anggara (41618010004)


Abstrak: Jika kita ingin menjadi seorang entrepreneur yang sukses mungkin kita harus mencari tahu beberapa hal yang sangat penting dalam hal tersebut. Mungkin beberapa orang tellah menerbitkan beberapa buku tentang hal ini. Dalam artikel ini saya akan mengutip beberapa hal yang penting untuk anda miliki jika ingin menjadi entrepreneur yang sukses.

Kata Kunci: Pola piker pengusaha dan pengusaha yang open minded

Siapa sih yang gak pengin jadi pebisnis muda sukses? Setiap orang bisa dipastikan ingin jadi pebisnis yang berhasil dan bisa mengumpulkan pundi-pundi rupiah yang melimpah dalam usia muda. Namun, ternyata untuk menjadi seorang pengusaha muda yang berhasil itu wajib punya jalan pikiran yang beda dari lainnya, lho.
Ya, kamu harus mau keluar dari zona nyaman dan punya pola pikir yang antimainstream. Kira-kira apa saja sih yang ada di benak para pengusaha sukses? Inilah beberapa di antaranya.


1.       Aku pasti bisa!

Kedengarannya memang sepele, tapi menjadi pebisnis sukses itu memang harus punya modal awal yaitu pemikiran yang selalu optimis. Pemikiran yang selalu positif inilah yang bisa jadi bahan bakar untukmu selalu melaju ke depan. Bahkan, ketika berbagai permasalahan menerpa, kamu gak cepat putus asa berkat pemikiran yang selalu positif ini.

2.       Modal bukan halangan

Gak semua pebisnis sukses memiliki modal awal yang lumayan, lho. Sudah pernah menonton film The Billionaire dari Thailand kan? Nah, kamu pasti tahu bahwa modal itu bisa dicari.
Asal kamu ulet dan tahan banting, modal awal tak lagi jadi masalah. Jika kamu menunggu modal yang cukup untuk mendirikan usaha, dijamin deh bisnismu gak bakal jadi-jadi.

3.       Percaya bahwa semuanya mungkin

Pertama dan pelajaran paling penting untuk menjadi pengusaha besar adalah Anda harus selalu percaya segala sesuatu mungkin terjadi.
Kepercayaan ini yang dapat melampaui keinginan dalam hati. Sebab Anda percaya segala sesuatu mungkin terjadi.
Usai percaya dengan hal itu maka lakukan sesuatu dan fokuslah melakukannya.
Ini juga akan melatih pikiran Anda untuk melihat solusi daripada masalah dan membedakan hal prioritas dalam hidup.

4.       Luangkan waktu untuk mengapresiasi prestasi kecil

Sebagai seorang pengusaha, Anda akan lebih sering gagal dan hampir tidak pernah melihat apapun manfaat dari usaha kerja keras tersebut. Padahal, sukses itu membutuhkan waktu dan muncul dari hal kecil.
Para pengusaha juga membahas langkah-langkah kecil yang mereka lakukan. Seperti ucapan “Terimakasih” dari klien. Semua hal-hal besar dibangun perlahan-lahan dan terkadang dari hal kecil.
Ketika Anda mulai menghargai prestasi kecil, akan melihat hal berbeda. Cobalah belajar untuk bersabar dan belajar untuk menggunakan apa yang dimiliki, daripada menunggu apa yang tidak Anda miliki.

5.       Fokus dengan yang dikerjakan

Anda akan selalu melihat rumput tetangga yang lebih hijau. Pikirkan menjadi seseorang yang perfeksionis adalah kunci untuk pencapaian.
Mereka menghabiskan banyak waktu dalam menganalisis pesaing mereka, melihat bagaimana dapat mengunggulinya.
Itu adalah hal baik untuk mengetahui apa yang orang lain lakukan. Seperti yang Anda inginkan untuk melangkah ke depan, tapi jangan terlalu banyak menghabiskan waktu untuk mengamati orang lain.
Fokuslah pada ide Anda sendiri  dengan meningkatkan kreativitas dalam hidup. Jangan pernah lupa bahwa waktu adalah aset kita yang paling berharga.



6.       Hambatan Menjadi Tantangan

Kebanyakan orang akan menjadi stres dan pesimis ketika menemukan masalah dan hambatan. Namun, seorang pengusaha yang sukses pasti akan memahami bahwa masalah dan hambatan akan selalu datang. Oleh karena itu, mereka yang sukses pasti akan menjadikan hambatan dan masalah menjadi sebuah tantangan baru yang harus dihadapai. Mereka akan menganggap masalah sebagai tantangan untuk berpikir kreatif dan menemukan solusi yang inovatif. Karena mereka sadar, berfokus pada titik masalah hanya bisa membuat mereka berlarut-larut dalam masalah dan membuat mereka jatuh lebih dalam.

7.       Disiplin adalah Gaya Hidup

Disiplin adalah salah satu syarat wajib yang harus dimiliki seorang pengusaha atau pribadi yang sukses. Bagi sebagian orang, menjadi disiplin merupakan suatu beban yang membutuhkan motivasi, pikiran, dan tenaga yang lebih dari pengusahanya. Namun, seorang pengusaha sukses, disiplin adalah bagian dari gaya hidup yang menjadi kebiasaan sehari-hari. Untuk menjadi disiplin, mereka harus mengetahui apa yang sebenarnya mereka inginkan dan bersedia melakukan apa saja demi mencapai seluruh keinginan.

8.       Mengetahui Kemampuan Sendiri

Orang sukses pasti memiliki kecerdasan dan cara berpikir yang berbeda dari orang kebanyakan, salah satunya percaya diri dan tahu batasan dari kemampuan yang dimiliki. Jadi jika Anda ingin sukses, cobalah kurangi mengeluh dan menyesali perbuatan yang telah terjadi di belakang, dan cobalah untuk hadapi masa depan dengan menghindari untuk meremehkan kemampuan diri sendiri.

9.       Lakukan

Mereka mengatakan Anda tidak harus menjadi jenius untuk menjadi inovator.Yah, itu sangat benar. Sebagian besar ide-ide penemuan baru sudah menjadi hal yang biasa. Mereka menjadi baru ketika hal ini masuk ke pasar. Ketika Anda memiliki sebuah ide, langkah berikutnya adalah pergi untuk mewujudkan ide itu. Itu berlaku pada setiap aspek kehidupan. Terkadang menjadi yang pertama lebih baik daripada menjadi yang sempurna.

Banyak pebisnis yang tidak suka mendengar pendapat atau kritikan dari beberapa orang. Kritikan yang jujur yang membuatnya merasa direndahkan. Tanpa berpikir panjang dan mencoba mendengarkan atau membuka pikiran tentang apa yang dikatakan orang tentang usahanya atau tentang peluang usaha yang ingin dijalankan. Bahkan sebelum seseorang tersebut menyelesaikan pembicaraannya, Ia sudah menyela pembicaraan dan dengan sengaja mengubah topik pembicaraan.

Mereka kadang tidak menyadari. Bahwa mendengar kenyataan memang menyakitkan, akan tetapi pada akhirnya kenyataan itu lah yang akan menyelamatkan bisnisnya. Maka ketika bisnisnya bangkrut atau mengalami sebuah masalah, barulah sadar dan menyesali jika saja mendengarkan saran dari teman atau orang yang memberi saran. Jika saja mendengarkannya, mungkin saja dapat menghindari beberapa masalah mereka. Pola pikiran terbuka pemilik bisnis atas saran dan kritik orang-orang tentu tidak selamanya baik dan buruk. Sehingga kemampuan menganalisa anda sangat diperlukan. Artinya perhatikan orang-orang yang memberikan saran tersebut kepada anda.

Pikiran terbuka adalah aktivitas otak terbuka terhadap berbagai ide, pandangan, argumen, data, teori dan kesimpulan. seorang entrepreneur tidak harus berpikir kreatif dan inovatif, tapi juga dibutuhkan pikiran terbuka. Untuk mengetahui sejauh mana pengatahuan bisnisnya dan sejauh mana usahanya berjalan. Dengan saran dan kritik dari banyak orang, kita dapat melihat kebutuhan pasar sesuai dengan bisnis. Pikiran terbuka bisa menjadikan seseorang menjadi inovatif yang dapat menciptakan produk dan jasa yang diterima oleh masyarakat. Banyak orang yang selalu merasa tidak memerlukan bantuan orang lain, merasa pengetahuan yang dimilikinya sudah mampu membesarkan dan menjalankan bisnisnya untuk jangka panjang.

Pikiran terbuka artinya kita dapat menerima ide, saran dan kritikan yang datang dari banyak orang. Terkadang saat bisnis kita diterpa sebuah masalah, peran orang atau saran dari mereka dapat menjadi jawaban dari masalah tersebut.
Kesimpulannya adalah ada banyak hal yang perlu diperhatikan jika kita ingin menjadi seorang pengusaha sukses. Bayangkan saja kita harus memikirkan hal-hal di luar kebiasaan kita. Contoh kita harus mengapresiasi hal-hal kecil disekelilling kita. Untuk itu jika kita ingin menjadi pengusaha yang sukses kita punya banyak PR yang harus dimiliki.


DAFTAR PUSTAKA
Anonim. 2014. “Pemikiran terbuka dalam entrepreneur dan pebisnis”. Dalam http://idemotivasibisnis.blogspot.com/2015/07/pikiran-terbuka-entrepreneur-dan-pemilik-bisnis.html (diakses pada 21 maret 2019)
Utami, Novia. 2018. “9 cara berpikir pengusaha sukses”. Dalam https://www.jurnal.id/id/blog/2018-9-cara-berpikir-pengusaha-sukses-yang-wajib-anda-tiru/ (diakses pada 21 maret 2019)
Anonim. 2017. “Ingin Sukses, Tiru 5 Pola Pikir yang Dimiliki Pengusaha Ini”. Dalam https://www.liputan6.com/bisnis/read/2864636/ingin-sukses-tiru-5-pola-pikir-yang-dimiliki-pengusaha-ini (diakses pada 21 maret 2019)
Wima, Pinka. 2018. “6 Pemikiran Out of The Box Pebisnis Sukses yang Harus Kamu Miliki”. Dalam https://www.idntimes.com/business/finance/pinka-wima/hal-yang-dipikirkan-oleh-pebisnis-sukses/full (diakses pada 21 maret 2019)

4 komentar:

  1. Nama : Muhamad Arya Dwi Pangga
    Nim : 41617110087

    Artikel yang unik, memang terkadang untuk membangkitkan diri untuk memjadi pengusaha diperlukannya motivasi yang membuat mindset nya menjadi berkembang atau mewujutkan imajinasi untuk usahanya menjadi lebih maju.

    BalasHapus
  2. NAMA : ANENAYA NURUL AFIFAH
    NIM : 43218110265

    Menurut saya artikel ini menarik. Mulailah sejak saat ini untuk mengubah tatanan kehidupan kita dengan menciptakan pikiran-pikiran positif yang akan membantu kita dalam meraih kesuksesan.

    BalasHapus
  3. Nama : EZRA FEROZA DWI ANTONO
    NIM : 41617120059

    Pola Pikir Untuk Menjadi Pengusaha Yang Sukses adalah midset yang perlu ditanam untuk menjadi pengusaha. Mulai melangkah dengan keyakinan bahwa semua rintangan dapat dilalui dan dorongan dari hati serta ketulusan agar semua dapat terwujudkan

    BalasHapus
  4. Nama : Nabila Mahsa Irawan
    NIM : 44218110072

    Artikel yang baik. Sangat dijelaskan secara rinci bagaimana pola pikir untuk menjadi pengusaha sukses dan sangat memotivasi

    BalasHapus