Jumat, Maret 22

Sukses dengan pola pikir

Oleh: Dwi arif rahman (M14-DWI)

Assalamualaikum Wr.Wb


A.    Pengertian pola pikir
            Pola dapat diidentifikasikan sebagai bentuk atau patron atau model atau juga cara. Pikiran adalah alat ukur yang digunakan manusia untuk memilih sesuatu yang dinilai lebih baik dan menjamin masa depan diri dan keluarganya.
Pikiran merupakan kekuatan pendorong setiap perbuatan dan dampaknya. Kekuatan yang ditimbulkan mampu menentukan kondisi jiwa, tubuh, kepribadian dan rasa percaya diri (Ibrahim Elfiky,2009) dengan demikian pola pikir sebenarnya adalah bentuk pikir atau cara berpikir yang disebut Mindset terdiri dari dua kata yakni mind dan set. Definisi Mind dalam kamus electronica Encarta merupakan sumber pikiran dan memori atau pusat kesadaran yang menghasilkan pikiran, perasaan, ide dan menyimpan pengetahuan dan memori tentang segala macam hal – hal yang pernah dilakukan sendiri maupun kejadian apa saja yang dibaca, dilihat, dan dilakoni diri sendiri maupun orang lain. Sedangkan set adalah kepercayaan – kepercayaan yang mempengaruhi sikap seseorang atau suatu cara berpikir yang menentukan perilaku dan pandangan, sikap dan masa depan seseorang. Dengan demikian pola pikir adalah kepercayaan (belief) atau sekumpulan kepercayaan (set of belief) atau cara berpikir yang mempengaruhi perilaku (behavior) dan sikap (attitude) seseorang yang akhirnya menentukan level keberhasilan (nasib) hidupnya, (Adi W Gunawan 2007)
B.     Jenis – jenis pola pikir manusia

            Pola pikir adalah kecenderungan manusiawi yang dinamis, POLA PIKIR dapat mempengaruhi siapa saja, Pola Pikir dapat membantu kita, dapat pula merugikan kita. Dan ada berbagai macam jenis pola pikir , yaitu ;

·         POLA PIKIR PERFEKSIONIS.
Pribadi yang menilai dirinya begitu tajam sehingga sekilas pribadinya tidak berani mencoba sesuatu yang tidak dikuasai dengan sangat sempurna.
        POLA PIKIR OBSESIF.
Mengingat terus menerus sesuatu yang menakutkan sehingga menteror diri sendiri sampai rasa takut itu menjadi jauh lebih besar dari dirinya sendiri dan akhirnya berhenti sambil meyakini bahwa semuanya adalah malapetaka.
        POLA PIKIR PESIMIS.
PRIBADI yang meyakini bahwa dirinya telah dikutuk. Bagaimanapun kerasnya berusaha tapi yang datang selalu hal yang kurang menguntungkan. Pribadinya tidak mampu melihat atau peduli akan keberhasilan yang diraih karena dirinya memilih untuk hanya selalu melihat pada kegagalan.
        POLA PIKIR KETERGANTUNGAN PADA ORANG LAIN.
Pribadinya sangat ingin untuk bebas tapi dilain pihak merasa bahwa hanya orang lain yang dapat menyelamatkannya. Ia berpikir bahwa mereka mencintainya karena mereka telah menyelamatkannya. Ia merasa takut kehilangan hubungan baik yang telah lama dibina
        POLA PIKIR BIROKRAT / DOGMATIK.
Memaksakan kehendaknya untuk mengikuti aturan dan merasa yang paling tahu segalanya tapi kita juga dapat mempunyai pola pikir yang baik dan konstruktif.
        POLA PIKIR OPTIMIS.
Pribadinya percaya bahwa tidak ada sesuatu yang tidak mungkin. Semua dapat dilakukan secara bertahap, biar lambat asal selamat maka kita akan berhasil melakukan sesuatu yang teramat sulit.
        POLA PIKIR REALISTIS.
Dapat mengalahkan rasa takut dan hal-hal negatif dan melihat sesuatu tanpa menggunakan emosi lalu membuat rencana secara bertahap dengan penuh rasa percaya diri
        POLA PIKIR TAOISME.
Hitam tidak selalu jelek dan putih tidak selalu baik. Sesuatu yang jelek dapat sangat bermanfaat jika ada pada situasi yang tepat., dan sesuatu yang kelihatannya baik mungkin dapat mencelakakan. Pribadinya selalu berada dijalur tengah, berjalan dengan sendirinya tanpa diatur, tanpa emosi, menerima apa adanya tanpa penyesalan.

C.    Contoh pola pikir orang sukses
Berikut ini adalah contoh pola pikir para orang sukses dunia yang patut kita teladani.
1.      Think big, dream big
Orang sukses dunia mereka memiliki pola pikir yang sangat maju, mereka berani berpikir besar, berani bermimpi besar yang pada akhirnya membawa mereka pada sebuah tempat dan zaman yang benar-benar sesuai dengan impian mereka. Jadi bila Anda ingin menjadi sukses seperti para orang berhasil dunia, jangan pernah batasi pikiran Anda untuk berpikir yang besar, jangan takut untuk bermimpi. Karena semua keberhasilan dimulai dari pikiran dan mimpi yang besar.
2.      Action
Setelah memiliki impian dan pikiran yang besar, biasanya tokoh dunia yang sukses pun segera mengambil langkah untuk mewujudkan apa yang telah menjadi impian mereka. Mereka semua melakukan aksi nyata, jadi bukan hanya dalam bentuk impian dan pikiran. Sama halnya dengan kita, bila kita sudah memiliki impian yang jelas, kini saatnya Anda mengambil langkah nyata untuk mewujudkan apa yang Anda inginkan.
3.      Dare to be different
Dan yang terakhir adalah jangan pernah takut memiliki perbedaan, berani tampil beda merupakan salah satu hal yang dimiliki oleh orang sukses. Pola pikir orang sukses, Orang sukses tidak pernah memiliki hal yang sama dengan orang kebanyakan pada umumnya. Itulah mengapa mereka selalu memiliki perbedaan dan tidak pernah takut untuk berbeda dari yang lainnya.


DAFTAR PUSTAKA
        Anonim, 2019. “pengertian pola pikir” http://digilib.its.ac.id/public/ITS-paper-40180-3410100025-presentation2.pdf (diakses 20 maret 2019)
        Khuzaeva, 2014. “Jurnal lingkar widyaiswara edisi 1 no.4” https://juliwi.com/published/E0104/Paper0104_138-148.pdf (diakses 20 maret 2019)
        Mahmud, 2014. “tabloid VERBEEK edisi 10” http://www.vale.com/indonesia/EN/press/publication/tabloidverbeek/Tabloid_Verbeek_10_Juli_2014_web_.pdf (diakses 20 maret 2019)

33 komentar:

  1. Nama : cindy
    NIM : 43218110114

    Menurut saya artikel ini sangat benar.karena dengan kita memiliki pola pikir yang negatif, semua pekerjaan yang kita lakukan saat ini akan menjadi sia-sia. Namun apabila kita memiliki pola pikir yang positif makan kesuksesan akan ada didepan kita.

    BalasHapus
  2. Nama ; Yusup Maulana

    NIM : 41416120114

    semua harus didasari oleh pemikiran dan hal yang positif, Dengan berpikir yang positif maka akan menghasilkan perbuatan dan dampak yang positif.

    BalasHapus
  3. Nama : Sandro Handika
    NIM : 41617110108

    Menurut saya artikel ini cukup bagus, dimana setelah membaca artikel ini saya jadi lebih memahami berfikir negatif atau fositif mempengaruhi kesuksesan kita.

    BalasHapus
  4. Nama : Priyo Hadi Prakoso
    NIM : 41314120089

    setuju pak, dan ingin menambahkan sedikit pak, Pola pikir terbentuk dari berbagai hal untuk mendapatkan mana yang lebih cocok terhadap pribadi masing-masing sendiri agar menpunyai ciri khas berbisnis.

    BalasHapus
  5. Nama : Nurring Tyas
    NIM : 41617110119

    saya setuju dengan pendapat yang dikatakan artikel diatas,think big & dream big memang perlu dilakukan. karena dengan mimpi-mimpi tersebut kita menjadi memiliki tujuan untuk bisa diraih.dan tunjukan mimpi itu bisa menjadi realita bukan hanya halusinasi. terlihat berbeda bukan berarti aneh juga, tetapi menjadi memiliki style tersendiri dari penilaian orang lain.banyak para penemu yang dianggap aneh,tapi mereka sukses dengan impian - impiannya.

    BalasHapus
  6. Nama : Fadjar Imaniar
    Nim : 43117010001

    Artikel ini sangat benar dan baik.
    Karena pola pikir adalah cara berpikir atau keyakinan seseorang yang teraktualisasi dalam tindakan-tindakan nya, maka pola pikir hanya bisa diketahui setelah melihat sikap perilaku/tindakan seseorang secara nyata.

    BalasHapus
  7. Nama : Anggi Wahyu Guntara
    Nim : 41117110111

    Artikel yang baik menurut saya, memang di perlukanya pola pikir sebelum bertindak. terkadang jika kita hanya mengikuti kemauan tanpa pola pikir mungkin kita tidak akan bisa terus melangkah kedepan.

    BalasHapus
  8. Nama : Siti Salmah

    Nim : 43117110046

    Artikel yang baik menurut saya, karena menjadi pengusaha yang perfeksionis membutuhkan pola pikir yang baik. Seperti yang sudah dijelskan di artikel tersebut.

    BalasHapus
  9. Nama : Muhamad Arya Dwi Pangga
    Nim : 41617110087

    Artikel yang membantu,memang pada dasarnya pola berpikir lah yang membuat kesuksesan,walau Kerap muncul pemikiran jika seorang pengusaha adalah pembuat aturan tapi juga yang sering melanggar aturan.

    BalasHapus
  10. Nama : muhammad arifin
    Nim. : 41617110062
    artikel ini membantu seorang pemula unyuk mengubah mindset sebagai pengusaha

    BalasHapus
  11. Nama : Muhammad Husein Rifa'i
    Nim : 41617110054

    Menurut pendapat saya artikel ini sangat bermanfaat dan menambah wawasan kita tentang pola pikir atau mindset kita dalam berwrira usaha

    BalasHapus
  12. Nama : AVIP WIJAYANTO
    NIM : 41617110053

    Artikel ini adalah bertujuan agar mahasiswa dan para pembaca untuk selalu berfikir positif dalam menjalani suatu usaha agar mampu mendapatkan hasil yang positif.

    BalasHapus
  13. Nama: Devi Widya Winata
    NIM : 43217120173

    Artikel ini mambantu kita bahwa tidak semua Pola Pikir dapat membantu kita, dapat pula merugikan kita. Oleh karena itu kita harus lebih bijak memanfaatkan pola piker kita supaya dapat membantu kita menjadi orang yang lebih sukses.

    BalasHapus
  14. Nama : Helena Mutiara H
    Nim : 43218110214

    "dare to be different" berani untuk berbeda. Ini yang membuat kita harus percaya diri tentang keputusan. Artikel yang bagus.

    BalasHapus
  15. Nama : Riki Saefulloh
    NIM : 41617110029

    Mindsed (pola pikir) yang positif sesorang akan meraih kesuksesan dengan pengalaman dan caranya sendiri. artikel Di atas bagus bagaimana seseorang akan menentukan mindsednya sendiri.

    BalasHapus
  16. Nama : Natan
    Nim : 43117110110

    "dare to be different" berani untuk berbeda. Ini yang membuat kita harus percaya diri tentang keputusan kita. Artikel yang bagus.

    BalasHapus
  17. NAMA : Ricco Yudistira
    NIM : 41617110077

    Saya setuju dengan artikel ini, karna bagaimana pun pikiran yang positif membuka pola pikir yang baik..

    BalasHapus
  18. Nama : Puspa Rahayu
    NIM : 43117110268

    Artikel ini sangat benar dan baik.
    Karena pola pikir adalah cara berpikir atau keyakinan seseorang, maka pola pikir yang positif membuka pola pikir yang baik..

    BalasHapus
  19. Nama : Abdul Hadi Hadzami
    Nim : 41318110064

    Artikel ini sngat bagus menurut saya, karena menjadi pengusaha yang perfeksionis membutuhkan pola pikir yang baik dan berusaha tanpa menyerah.

    BalasHapus
  20. nama : yorgi ganda
    nim : 41916120058

    artikell yang sangat bbermanfaat dimana telah menjelaskan bahwa pola pikir yang mempengaruhi kita dalam menjalankan sesuatu, sehingga apa yang kita tuju dapat selalu kita jalankan asalkan dengan pola pikir yang positif yang selalu melihat untuk kedepannya.

    BalasHapus
  21. Nama : Ratu Nasia Nastashia Sakina
    NIM : 41118110154

    Artikel ini sangat bagus dan bermanfaat, saya sangat setuju karena pada dasaranya manusia selalu berpikir dengan kemauannya tanpa memikirkan untuk ke depannya. Dengan memiliki pola pikir yang baik maka bisa menuju hal yang baik juga.

    BalasHapus
  22. Nama : Ratu Nasia Nastashia Sakina
    NIM : 41118110154

    Artikel ini sangat bagus dan bermanfaat, saya sangat setuju karena pada dasaranya manusia selalu berpikir dengan kemauannya tanpa memikirkan untuk ke depannya. Dengan memiliki pola pikir yang baik maka bisa menuju hal yang baik juga.

    BalasHapus
  23. Nama : Feralvin Satria Lanusa Hardjanto
    NIM : 41617110045

    saya setuju dengan pendapat yang dikatakan artikel diatas,think big & dream big memang perlu dilakukan.

    BalasHapus
  24. Nama : NABILA MAHSA IRAWAN
    NIM : 44218110072

    Artikel yang bagus. Bisa membuat kita lebih mengeetahui bagaimana pola pikir yang baik dan sukses. Disini juga diceritakan beberapa contoh pola pikir orang orang sukses

    BalasHapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  26. Nama : Anggi Yos Indra
    NIM : 41617110049

    Ya, saya setuju dengan artikel tersebut bahwa untuk menjadi orang yang sukses kita harus mempunyai pola pikir:
    Berani untuk bermimpi yang besar, melakukan sesuatu(action) dan berbeda dari kebanyakan orang.

    BalasHapus
  27. Nama:Mahfudin
    Nim: 41617110014
    ya benar sekali, semua berawal dari pola pikir kita
    pola pikir tidak hanya menjadi langkah awal kita untuk menjadi orang sukses, tapi dengan pola pikir kita bisa mengendalikan diri kita.

    BalasHapus
  28. Nama : Rima Apriyana
    Nim : 43117110171

    Artikel tersebet membuat saya paham bagaimana pola pikir orang sukses, diantaranya Think big, dream big, Action, dan Dare to be different.

    BalasHapus
  29. Nama: Rosliana jhon febri s
    NIM: 43117110141

    artikel yang bagus dan bermanfaat, karena dapat menambah pengetahuan saya mengenai pola pikir para orang sukses dunia yang patut kita teladani.

    BalasHapus
  30. Nama : Zahrawani Ilmi Pradina
    NIM : 43218110083
    Artikel yang sangat bermanfaat bagi saya. Ada banyak jenis pola pikir manusia yang telah disampaikan penulis, yang paling saya suka adalah pola pikir optimis dan pola pikir taoisme. Jika disatukan mungkin akan berdampak besar baik itu untuk diri saya sendiri.

    BalasHapus
  31. Nama : Sulistianto
    Nim : 41617110021

    artikel yang cukup membantu, karena pola pikir yang positif akan mendapatkan hasil yang baik untuk seorang pengusaha

    BalasHapus
  32. Nama : Dinda Juliskha Yanti
    Nim : 43218110220

    Mindsed (pola pikir) yang positif sesorang akan meraih kesuksesan dengan pengalaman dan caranya sendiri. artikel Di atas bagus bagaimana seseorang akan menentukan mindsednya sendiri.

    Terimakasih

    BalasHapus
  33. nama : Hari Setiawan

    NIM : 44215120086

    artikel bagus dan informatif

    BalasHapus