Sabtu, Maret 16

Sukses Diusia Muda dengan Menjadi Pengusaha.

@M10-ERLANGGA, @STARTUP-M03, @Proyek-M01.

Abstrak

Manusia adalah makhluk yang diberikan akal pikiran oleh Tuhan YME, dan tujuan dari manusia adalah untuk mencari dan mendapatkan apa yang dia senang dan menjauhi apa yang dia tidak suka. Manusia diberikan akal agar dia bisa berfikir untuk menentukan apa yang baik dan buruk baginya.
Menuju kesuksesan itu banyak sekali cara yang bisa dipilih. Namun dari setiap cara itu pasti memiliki rintangan dan tantangannya masing-masing. Salah satu cara menuju kesuksesan adalah dengan menjadi pengusaha. Apakah kita pasti akan sukses jika menjadi pengusaha? Jawabannya belum tentu. Mengapa? Karena menjadi pengusaha tidaklah selalu mudah, diperlukan kerja keras dan banyak sekali pengorbanan yang harus dilakukan

kata Kunci : sukses, manusia, kerja keras, pengusaha.


Arti kesuksesan menurut Wijaya (2015),  Sukses adalah kemampuan untuk menjalani hidup Anda sesuai dengan keinginan Anda, melakukan apa yang yang paling dinikmati, dikelilingi oleh orang-orang Anda senangi dan hormati.

Contoh pengusaha yang sukses di usia muda adalah Putri Tanjung, anak dari pendiri CT Corps, Chairul Tanjung. Dia adalah CEO Creativepreneur Event Creator. Memulai usaha pada tahun 2014 pada usia 17 tahun.

Mengawali karir dengan mendirikan El Paradiso di tahun 2011, Putri mulai merintis usahanya dengan menggarap kegiatan skala kecil seperti ulang tahun.

"Awalnya usaha aku ini namanya El Paradiso, berdiri tahun 2011. Nah waktu itu kita garap acara-acara kecil-kecilan seperti ulang tahun. Jadi kita mulai dari bisnis yang kecil dulu," ujarnya.
Gelaran perdananya adalah “Mandiri Creativepreneur Corner 2014″ hasil kolaborasi dengan Transevent dan Bank Mandiri yang telah terselenggara pada 18 Januari 2014 lalu di The Hall Senayan City, Jakarta.Acara itu menjadi bukti kemandiriannya untuk tidak bergantung pada nama besar sang ayah yang saat ini menjabat sebagai Menteri Koordinator bidang Perekonomian Chairul Tanjung.

"Buktinya, kerjasama aku sama Bank Mandiri, bukan sama Bank Mega. Karena aku ingin membuktikan bahwa aku bisa menjalankan sesuatu yang aku sendiri yang bener-bener hasil kreasi aku dan dukungan temen-temen aku," ujar Putri.

Putri sendiri harus merasakan penolakan saat berusaha untuk memajukan usahanya. Dia pernah mengajukan proposal untuk mendapatkan dana kepada ayahnya yang lebih dulu sukses menjadi pengusaha namun dia di tolak oleh ayahnya sendiri.

Putri mengaku bahwa yang memotivasi dirinya adalah keluhannya dia sendiri. Berawal dari keiinginannya untuk datang keacara-acara yang ada pengusahanya, tokoh-tokoh hebat. Tapi di Indonesia itu sangatlah mahal

Keluhan itu lah yang menjadi peluang bagi dirinya hingga pada akhirnya membuka event organizer, Creativepreneur Event Corner.

"Gue dulu ngeluh kenapa Jakarta gini, Indonesia gini. Tapi ini adalah opportunity. Kita bisa melihat peluang kita bisa berinovasi untuk masalah tersebut. Akhirnya lahir Creativepreneur," papar dia.
(Detik, 2019)

Jadi dapat disimpulkan bahwa menjadi pengusaha sukses artinya bekerja keras. Memiliki kemauan yang kuat dan berdedikasi. Mampu untuk melihat segala peluang yang ada dan memanfaatkannya dengan baik. Tekanan akan selalu hadir menemani dalam perjalanan menuju kesuksesan menjadi pengusaha, namun jangan pernah mengeluh dan jangan pernah menyerah jika bertemu dengan penolakan. Bangkit dan terus kejar apa yang anda mau. Tidak semua bisa menjadi pengusaha sukses, namun pengusaha sukses dapat berasal dari mana saja.

Daftar Pustaka









3 komentar:

  1. Nama : Sidik Purnomo
    NIM : 41617110057

    menurut saya artikel ini bagus, kuncinya pengusaha sukses artinya bekerja keras. Memiliki kemauan yang kuat dan berdedikasi. Mampu untuk melihat segala peluang yang ada dan memanfaatkannya dengan baik. Tekanan akan selalu hadir menemani dalam perjalanan menuju kesuksesan menjadi pengusaha, namun jangan pernah mengeluh dan jangan pernah menyerah jika bertemu dengan penolakan. Bangkit dan terus kejar apa yang anda mau. Tidak semua bisa menjadi pengusaha sukses, namun pengusaha sukses dapat berasal dari mana saja.

    terima kasih

    BalasHapus
  2. Nama : Septy Luthfiani
    NIM : 43117110280

    Artikel ini sangat membangun, karena sukses tidak ditentukan berdasarkan usia. Bahwa menjadi pengusaha sukses artinya bekerja keras. Memiliki kemauan yang kuat. Karena menjadi pengusaha tidaklah selalu mudah, diperlukan kerja keras dan banyak sekali pengorbanan yang harus dilakukan.

    BalasHapus
  3. Nama: Anggi Yos Indra
    NIM : 41617110049

    Menjadi pengusaha di Usia Muda memang menjadi dambaan sebagian orang, hanya saja kesempatan untuk kearah sana memang masih terkendala jikalau kita tidak mempunyai akses.pada dasarnya usia juga tidak bisa dijadikan tolak ukur keberhasilan tetapi lebih kepada pribadi dari pengusaha itu sendiri dan kemampuan hard skill,soft skill, dan peluang.

    BalasHapus