Maret 14, 2019

Sukses "Tidak terbatas"

Sukses menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) adalah beruntung atau berhasil. Bagi setiap orang merasakan suatu keberuntungan itu pasti sudah sering dirasakan.
Dalam hal ini setiap orang pasti memimpikan kesuksesan namun sebagian orang berfikir bahwa beruntung  itu tidak seratus persen sama dengan sukses, karena untuk meraih kesuksesan semuanya tidaklah mudah, bahkan sukses itu biasanya dilalui dengan beragam perjuangan, pengalaman, dan pengorbanan.  Serta hasil akhir dari kesuksesan itu adalah sebuah kebahagiaan, sebab sukses dalam pengertiannya sendiri adalah menggambarkan wujud dari impian yang sudah terwujud.

Proses menjadi sukses
Proses untuk menjadi sukses diawali dengan adanya usaha. Usaha itu sendiri harus ada dan hadir dari diri sendiri karena untuk menciptakan impian agar terwujud hal yang paling penting adalah dengan mempengaruhi individu untuk terus berjuang dan berusaha. Sebagai pribadi yang masih bisa dipengaruhi oleh siapapun sangat mudah membangkitkan semangat untuk berusaha sehingga pada akhirnya menjadi sukses dapat terimplementasi dan terus bertumbuh. Maka kemajuan dalam usaha akan terus berkembang kemudian berhasil menciptakan kesuksesan yang besar.

Usaha
Keberhasilan yang dianggap sukses dicapai apabila harapan, keinginan, dan impian benar-benar telah terwujud dan tidak hanya menjadi sebuah mimpi belaka. Orang-orang sukses selalu mampu mengubah tantangan menjadi peluang. Menurut Wasis dan Sugeng Yuli Irianto, usaha adalah upaya manusia untuk melakukan sesuatu untuk mencapai tujuan tertentu. Apabila seseorang tidak bersikap bijak dan bersungguh-sungguh dalam berusaha,dan menjalankan usahanya dengan setengah hati pasti akan mengakibatkan usaha yang dilakukan bisa menjadi gagal ditambah dengan sikap yang suka bermalas-malasan seakan waktu masih panjang kemungkinan gagal menjadi lebih besar. Untuk menciptakan kesuksesan perlu adanya identifikasi dan mengevaluasi semua resiko yang mungkin terjadi.

Resiko dalam berusaha sebenarnya sudah sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari bahkan sudah sangat spesifik ditemui tapi masih saja kebanyakan orang mengabaikan resiko ini karena dianggap hal sepeleh. Seperti dalam berusaha resiko utama yang muncul itu akibat faktor individu sendiri, namun bisa juga karena faktor manajemen yang tidak baik. Dalam kasus ini siapa yang tidak tahu dengan Jack Ma seseorang yang sukses, pemilik situs Alibaba dan termasuk salah satu orang terkaya kedua dinegerinya dia juga dikenal sebagai pendiri yahoo!, Goldman sach dan SoftBank (perusahaan Jepang). Sebenarnya Jack Ma sama seperti orang lain pada umumnya yang dalam perjalanan hidupnya tidaklah ia lalui dengan mudah ia sudah sering merasakan pahitnya kehidupan, bahkan dalam setiap usahanya untuk menjadi orang sukses banyak telah ia lalui beragam kegagalan, dari yang ditolak bekerja di KFC, gagal menjadi seorang polisi dan yang lainnya. Namun Jack Ma tidak pernah menyerah ia terus mencoba meski gagal hingga akhirnya ia kini sukses besar.

Setiap masalah yang hadir di dalam kehidupan hal ini sudah menjadi sesuatu yang biasa bagi orang-orang sukses. Karena tidak selamanya masalah menjadi penghancur jalan kesuksesan. Padahal dengan adanya masalah dan kegagalan dalam berusaha itu bisa membuat mental individu semakin kuat dan bisa membangkitkan semangat untuk terus meraih kesuksesan. Sukses itu tidak berbatas semua orang yang pernah gagal masih memiliki kesempatan untuk berhasil. Sukses juga tidak dibatasi dengan apapun, bila setiap pribadi benar-benar berharap ingin sukses! usahalah yang menjadi tanggungan utama dalam setiap prosesnya. Jika dalam mencapai kesuksesan tidak ditemukan sebuah kegagalan? lalu bagaimana seseorang itu bisa tahu bahwa ia telah sukses sedang ia tidak gagal. Sukses artinya tidak gagal maka tidak menjadi masalah jika hanya sekali dua kali gagal dalam proses menuju kesuksesan. Sukses tidak perlu menunggu tua, kalau bisa sukses usia muda, kenapa harus ditunda?

Pesan dari orang sukses dunia “ Setiap tantangan yang dihadapi akan memaksa mereka untuk dapat bekerja dengan lebih giat dan lebih keras dengan menunjukkan tekad kuat dari sebelumnya, bahkan dari orang lain”. Jadi untuk menjadi orang sukses tidaklah seperti mendapat keberuntungan begitu saja, dibalik sukses seseorang pasti ada sejarah dan sebuah cerita yang menarik.

Daftar Pustaka



20 komentar:

  1. Waw bagus sekali artikelnya afifah
    Aku jadi termotivasi jdi pengusaha deh hehhe
    Doain aku ya

    BalasHapus
  2. Ok semangat terus ya .......

    BalasHapus
  3. Artikel ini sangat berguna bagi saya..memotivasi dan memberi pencerahan untuk saya mengerjakan tugas di sekolah tentang motivasi kesuksesan..

    BalasHapus
  4. Nama : agun kurniawan
    Nim : 41416120068

    Sukses ada banyak cara nya , diartikel ini dijelas kan sukses. Di dalam dunia bisnis yg tidak banyak orang tahu dimana kunci kesuksesan tersebut

    BalasHapus
  5. Nama : helena mutiara h
    Nim : 43218110214

    Dalam artikel tersebut, dijelaskan proses menjadi sukses. Maka sudah jelas sekali kalau meraih kesuksesan tidaklah instan.

    BalasHapus
  6. Nama : muhammad arifin
    Nim : 41617110062
    Amazing
    Di artikel ini kita di lihatkan apa itu yg namanya proses.
    Tidak mudah tidak cepat dan tidak instan .

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. NAMA :Sandro Handika
    NIM :41617110108

    Terima kasih untuk artikelnya yang cukup bagus, dimana saya mendapatkan pelajaran bahwa untuk menjadi sukses tidak bisa instan, butuh proses yang panjang.

    BalasHapus
  9. Nama : Natan
    NIM : 43117110110

    Artikel ini sangat bagus .
    "Sukses tidak terbatas"
    kata ini sangat bagus . Memang kata sukses itu tidak terbatas , sebab jika kita selalu berusaha pasti akan selalu ada jalan .
    contoh nya : saya gagal membuat usaha kue sebanyak 10 kali, tapi saya sealu mencoba dan selalu belum puas utk setiap hasil yg saya peroleh. Untuk itu saya selalu mencari inspirasi dan mencari letak kegagalan saya . Dan saya tidak akan menyerah sebelum meraih sukses itu .
    Jadi sukses itu tidak akan terbatas, karena untuk meraih kesuksesan tersebut mengalahkan beribu tantangan yg berat .

    BalasHapus
  10. Nama : Rosada Tri Asnada
    NIM : 41415110052

    Artikel yang menjelaskan bahwa untuk mencapai titik kepuasan atau sukses itu tentunya ada proses dan tidak lepas dari sebuah usaha.

    BalasHapus
  11. Nama : Nabila Mahsa Irawan
    Nim : 44218110072

    Menjadi sukses harus rela mengorbankan beberapa hal yang sangat kita sukai. Menjadi sukses harus rela jatuh berpuluh puluh kali. Menjadi sukses harus rela mendengar cacian dan hinaan. Menjadi sukses memanfaatkan waktu dengan sangat baik.

    BalasHapus
  12. Nama : Ratu Nasia Nastashia Sakina
    NIM : 41118110154

    Pada artikel ini sudah dijelaskan bahwa untuk sukses harus terus berjuang dan berusaha,selain itu untuk menjadi sukses tidaklah instan, artikel ini sangat bagus dan menambah wawasan.

    BalasHapus
  13. Nama : Rima Apriyana
    Nim : 43117110171

    Dari artikel ini, untuk menciptakan impian agar terwujud hal yang paling penting adalah dengan terus berjuang dan berusaha. Dan pasti ada resiko dan masalah yang harus siap dijalani untuk menjadi sukses.

    BalasHapus
  14. Nama : Fredi Wibowo
    NIM : 41617120116

    Artikel yang cukup menginspirasi kita, dan memberikan pemahaman kita bahwa kesuksesan itu butuh proses perjuangan yang panjang..

    BalasHapus
  15. Nama :Nurhadi Budi Santoso Yohanes
    NIM :41617110063

    Menurut saya artikel yang saya baca di atas tadi sangat bagus dan bermanfaat.menuju suksesnya suatu usaha tidaklah semudah yang kita bayangkan atau omongkan.tetapi semua usaha yang sudah maju dan sukses pasti prosesnya panjang dan tidaklah mudah.semoga kita semua termotivasi dengan artikel ini dan bisa menjadi pengusaha/wirausaha yang sukses dan menciptakan lapangan pekerjaan.amin

    BalasHapus
  16. Nama : Satriya Ramahdika Utama
    Nim : 41413120157

    Proses menjadi sukses
    Proses untuk menjadi sukses diawali dengan adanya usaha. Usaha itu sendiri harus ada dan hadir dari diri sendiri karena untuk menciptakan impian agar terwujud hal yang paling penting adalah dengan mempengaruhi individu untuk terus berjuang dan berusaha. Sebagai pribadi yang masih bisa dipengaruhi oleh siapapun sangat mudah membangkitkan semangat untuk berusaha sehingga pada akhirnya menjadi sukses dapat terimplementasi dan terus bertumbuh. Maka kemajuan dalam usaha akan terus berkembang kemudian berhasil menciptakan kesuksesan yang besar.

    BalasHapus
  17. nama : Ezra feroza dwi antono
    nim : 41617120059

    Kesuksesan melalui proses perjuangan, pengalaman, dan pengorbanan. Akhir dari sebuah proses adalah kebahagian dalam mendapatkan kesuksesan tersebut. Semngat untuk mendapatkan kesuksesan melalui rintangan dan tantangan yang dihadapi.

    BalasHapus
  18. Nama : Siti Salmah
    Nim : 43117110046

    Artikel yang sangat membantu, membuat pengusaha semakin semangat dan tidak putus asa. Walaupun harus menempuh perjalanan yang cukup panjang, dan bahkan harus bisa merelakan hal2 yang disukai.

    BalasHapus