Jumat, Maret 22

The Power of Mindset



Pola fikir atau mindset adalah sekumpulan kepercayaan (belief) atau cara berpikir yang mempengaruhi perilaku dan sikap seseorang, yang akhirnya akan menentukan level keberhasilan hidupnya.  (Adi W. Gunawan dalam Yoga, 2008).
Pola pikir atau mindset adalah cara berpikir yang mempengaruhi sikap dan perilaku seseorang. Banyaknya sudut pandang seseorang untuk berpikir dipengaruhi oleh emosi, pendidikan, dan pengalaman. Seorang pengusaha harus memiliki pola pikir yang tepat seperti berfikir kreatif, inovatif, produktif, dan positif. Pola pikir juga dapat membentuk kehidupan anda dan dapat mendekati, bereaksi, dan pada kenyataannya menciptakan dunia kita berdasarkan pola pikir individual kita sendiri.
Menurut KBBI, Produktif sesuatu hal yang bersifat mampu menghasilkan dalam jumlah yang banyak. Seperti contohnya, sebuah pabrik bisa menghasilkan 1000 sepatu dalam sehari.
Kreatif adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan inovatif adalah mengembangkan ide baru menjadi produk yang berguna untuk kehidupan orang-orang.
Carol S Dweck (2006) menyatakan mindset mempunyai komponen pokok, antara lain:
Paradigma
Paradigma merupakan cara yang dipakai oleh seseorang dalam memandang sesuatu. Paradigman adalah sistem keyakinan dasar atau cara memandang dunia yang membimbing peneliti bukan saja dalam memilih metode tetapi juga cara-cara fundamental yang sifatnya ontologis dan epistomologis. Suatu paradigma bisa dipandang sebagai seperangkat kepercayaan dasar (atau yang ada di balik fisik yakni meta-fisik) yang sifatnya pokok atau prinsip utama. Suatu paradigma bisa dicirikan oleh respon pada tiga pertanyaan mendasar yakni pertanyaan ontologi, epistomologi dan metodologi (Guba, 1990:18)

Keyakinan Dasar
Keyakinan dasar merupakan kepercayaan yang melekat pada seseorang kepada sesuatu. Jika kita melakukan sesuatu yang diyakini, kita akan mengerjakan sesuatu dengan penuh hati. Keyakinan merupakan suatu sikap yang ditunjukkan oleh manusia ketika dia merasa cukup tahu dan menyimpulkan bahwa dirinya sudah mencapai kebenaran.
Adapun cara mengubah mindset seorang pengusaha :
1. Pelajari hal baru setiap hari
2. Miliki sifat petualang saat menyerap hal-hal baru
3. Bertemanlah dengan orang-orang yang memiliki pola pikir maju
4. Ubah definisi suksesmu
5. Ubah persepsi tentang kegagalaan
6. Jangan malas
Mindset atau cara berpikir yang dibutuhkan untuk sukses adalah :
1. Berpikir positif
Berpikir positif disini artinya kita harus selalu berpikir dan berharap bahwa sesuatu hal yang akan terjadi didiri kita itu baik.
2. jangan takut gagal
Tidak ada salahnya melakukan atau mengawali kegagalan asalkan bisa belajar kembali dari setiap kesalahan itu demi meraih keberhasilan yang tertunda. Tidak ada seorangpun yang menuju puncak keberhasilan tanpa mengalami kegagalan, terutama mereka yang meiliki mimpi besar untuk diwujudkan.
3. Siap bekerja keras
Untuk sukses, Anda perlu siap kerja keras, siap melakukannya dengan extra untuk meraih goal yang ingin Anda capai.
4. Sabar
Sabar adalah salah satu hal yang terpenting yang dimiliki oleh seorang pengusaha sukses.  karena kesabaran tersebut menawarkan banyak manfaat, seperti menghindarkan dari permasalahan yang timbul karena salah melangkah dan jika dia jeli maka dia akan mendapatkan peluang dari keadaan yang ada.

5. Pantang menyerah
Seorang pengusaha akan menjalankan usahanya dengan semangat dan pantang menyerah, meskipun rintangan yang dihadapi penuh pengorbanan demi mencapai tujuan .
            tidak ada seorangpun yang menuju puncak keberhasilan tanpa mengalami kegagalan, jadi untuk menjadi seseorang yang sukses kita perlu mengubah pola fikir kita seperti yang tadi dipaparkan diatas.
 Daftar Pustaka 


32 komentar:

  1. Nama : cindy
    NIM : 43218110114

    Menurut saya artikel ini sangat bermanfaat.
    Mindset yang baik sangat dibutuhkan dalam membangun bisnis kita karena dengan mindset yang benar kita bisa mencapai kesuksesan.

    BalasHapus
  2. Nama : Yusup Maulana
    NIM : 41416120114

    setelah membaca artikel ini saya lebih memahami tntang mindset yang harus di miliki oleh pembisnis. karena jika mindset kita positif kemungkinan yang lainny akan ikut positif.

    BalasHapus
  3. Nama : Sandro Handika
    NIM : 41617110108

    Menurut saya artikel ini cukup bagus, dimana setelah membaca artikel ini saya jadi mengerti bahwa kekuatan pola pikir sangatlah berpengaruh pada apa yang kita kerjakan, termasuk bisnis yang akan kita jalani.

    BalasHapus
  4. Nama : Priyo hadi prakoso
    NIM : 41314120089

    Pak, menurut saya terkadang tidak semua orang malas itu mempunyai mindset yang rendah. mungkin sebaliknya dari sebagian orang malas pak. karena dari malas itu maka akan semakin berfikir orang itu agar pekerjaannya menjadi lebih cepat dan efisien dengan cara mempergunakan cara lain atau meefisiensikan tenaganya dengan mengolah mindset kerjanya agar lebih cepat dan menghasilkan banyak. sebagai contoh jack ma entrepreneur dunia yang kata-katanya mendunia yaitu "Kemalasan adalah Kunci Sukses", Dalam sebuah pidato yang disampaikan kepada karyawan Yahoo China berjudul "Edison Tricked the World" secara umum Jack Ma mengatakan bahwa bekerja keras bukan cara untuk sukses.
    Thomas Alva Edison mengatakan bahwa kesuksesan dia hasil dari 99 persen keringat dan 1 persen inspirasi atau kalau boleh dibilang kepintaran.

    "Suatu hal yang keliru" kata Jack Ma.
    kira-kira seperti itu pak. terimakasih

    BalasHapus

  5. Nama : Nurring Tyas

    NIM : 41617110119


    mindset yang harus ditanamkan untuk menjadi sukses memang harus berpikir positif, karena kalau dri dalam diri sudah muncul sikap positif menjalankannya akan sepenuh hati.kemudian buang rasa takut akan kegagalan,atau meminimalisirkan suatu kegagalan.tapi dalam berwirausaha kegagalan memang terkadang datang. karena tidak langsung berhasil karena ada liku2- nya. makanya perlu menanamkan kesabaran juga. pantang menyerah juga harus dilakukan supaya bisa bangkit lagi dan berusaha lebih maksimal.dan jangan lupa berdoa juga.

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Nama : Fadjar Imaniar
    Nim : 43117010001

    Artikel ini sangat benar dan baik.
    Manusia dapat melihat Mindset mereka masing-masing,jika mindset digunakan dengan baik dan dikembangkan,maka itu membuat manusia tersebut memiliki pengetahuan,Namun jika seseorang memiliki mindset tapi tidak bisa mengubah/mengembangkan mindset yang ada pada dirinya, seseorang itu tidak bisa melihat perkembangan yang ada pada dirinya.

    BalasHapus
  8. Nama : Anggi Wahyu Guntara
    Nim : 41117110111

    Artikel yang baik, ingin menjadi pengusaha yang sukses memanng di butuhkanya mindset, dan bagaimana kita yang ingin menjadi sukses harus tau betul bagaimana cara mengaturnya.

    BalasHapus
  9. Nama : Siti Salmah

    Nim : 43117110046

    Artikel tersebut mengajarkan bagaimana mengubah mindset seorang pengusaha, dan cara berpikir yang dibutuhkan untuk sukses. Menurutku cocok untuk para pengusaha baru agar usahanya bisa lebih berkembang.

    BalasHapus
  10. Nama : Muhamad Arya dwi pangga
    Nim : 41617110087

    Artikel yang membuat semangat pembacanya, Mindset ini memang sudah menjadi fudamental yang dibutuhkan dalam membangun bisnis

    BalasHapus
  11. Nama : m arifin
    NIM : 41617110062
    Artikel ini membantu seorang pemula unyuk mengubah mindset sebagai pengusaha

    BalasHapus
  12. Nama : AVIP WIJAYANTO
    NIM : 41617110053

    artikel ini adalah bertujuan agar mahasiswa dan para pengusaha yang membaca mampu merubah pola pikir dasar menjadi lebih berkembang dan maju dalam memulai dan menjadi pengusaha.

    BalasHapus
  13. Nama: Devi Widya Winata
    NIM : 43217120173

    Artikel ini menjelaskan dengan baik dimana Seorang pengusaha harus memiliki pola pikir yang tepat seperti berfikir kreatif, inovatif, produktif, dan positif.

    BalasHapus
  14. Nama : Helena Mutiara H
    Nim : 43218110214

    Menurut saya, salah satu cara mengubah mindset bukan dari ubah "definisi suskesmu", karena setiap orang mempunyai hak untuk mengemukakan pendapatnya tentang sukses yang seperti apa untuk dirinya. Yang penting orang tersebut ada keinginan untuk terus berusaha walaupun betapa sulitnya tantangan yang ada.

    BalasHapus
  15. Nama : Riki Saefulloh
    NIM : 41617110029

    Setiap manusia pasti memiliki pola pikir dan cara pandang tentang segala hal, karena pada setiap manusia dilengkapi dengan akal. Dari permasalahan – permasalahan yang sering dihadapinya akan melahirkan satu padanganan tentang bagaimana cara atau solusi untuk menghadapi permasalahan – permasalahan itu. Baik permasalahan yang dihadapi tentang suatu keinginan, ambisi serta cita – cita hingga konsep kehidupan yang dilaliuinya.

    BalasHapus
  16. Nama : Natan
    Nim :43117110110
    Menurut saya, salah satu cara mengubah mindset bukan dari ubah "definisi suskesmu", karena setiap orang mempunyai hak untuk mengemukakan pendapatnya tentang sukses yang seperti apa untuk dirinya. Yang penting orang tersebut ada keinginan untuk terus berusaha walaupun betapa sulitnya tantangan yang ada.

    BalasHapus
  17. Nama : Ricco Yudistira
    NIM : 41617110077

    mungkin yang terpenting untuk memulai ya Just do it , cara pikir orang itu beda beda gasemua sama tp tujuannya sama untuk berhasil, jadi intinya apapun idenya lakukan dan wujudkan mimpinya..

    BalasHapus
  18. Nama : Puspa Rahayu
    NIM : 43117110268

    Menurut saya artikel ini menjelaskan bagaimana seorang pengusaha mengubah mindset agar lebih berkembang, karena seorang pengusaha harus tau betul cara mengatur usahanya agar lebih maju, yang terpenting adalah pengusaha tersebut harus mempunyai pandangan yang luas agar usaha tersebut sukses walaupun banyak rintangan yang di hadapi

    BalasHapus
  19. Nama : Abdul Hadi Hadzami
    Nim : 41318110064

    Artikel ini membantu seorang pemula untuk mengubah mindset sebagai pengusaha yg sukses, dan bersemangat dalam wirausaha.

    BalasHapus
  20. Nama : Fredi Wibowo
    NIM : 41617110115

    Artikelnya bagus, seseorang akan melakukansesuatu sesuai dengan apa yang dia fikirkan. inilah pentingnya membangaun mindset yang positif dalam kita menjalani bisnis.

    BalasHapus
  21. nama : yorgi ganda
    nim : 41916120058

    menurut saya artikel ini sangat bermafaat yaitu membantu apa yang seorang tuju kedepannya bisa tercapai dan terdapat kiat kiatnya untuk menjalani bisnis

    BalasHapus
  22. Nama : Ratu Nasia Nastashia Sakina
    NIM : 41118110154

    Artikel yang sangat membantu untuk pemula yang ingin menuju kesuksesan. Mindset setiap orang memang berbeda-beda, namun dengan adanya mindset yang positif seperti yang tertera pada pembahasan ini maka pastinya akan menuju ke hal yang positif juga.

    BalasHapus
  23. Nama : Muhammad Refiansyah
    Nim :41617110113

    Artikel ini sangat bagus karna bisa membantu berfikir tentang pola fikir untuk menjadi pengusaha yang sukses.

    BalasHapus
  24. Nama : Feralvin Satria Lanusa Hardjanto
    NIM : 41617110045

    mindset yang harus ditanamkan untuk menjadi sukses memang harus berpikir positif, karena kalau dri dalam diri sudah muncul sikap positif menjalankannya akan sepenuh hati.kemudian buang rasa takut akan kegagalan,atau meminimalisirkan suatu kegagalan.tapi dalam berwirausaha kegagalan memang terkadang datang. karena tidak langsung berhasil karena ada liku2- nya.

    BalasHapus
  25. Nama : Nabila mahsa irawan
    Nim : 44218110072

    Artikel yang bagus dan inovatif. Saya jadi lebih mengetahui kekuatan mindset yg sesungguhnya pada diri seseornag terutama pengusaha. Dan cara berpikir untuk menjadi sukses

    BalasHapus
  26. Nama: mahfudin
    Nim:41617110014
    Mindset atau cara berpikir yang dibutuhkan untuk sukses adalah :
    1. Berpikir positif
    2. jangan takut gagal
    3. Siap bekerja keras
    4. Sabar
    5. Pantang menyerah

    BalasHapus
  27. Nama : Rima Apriyana
    Nim : 43117110171

    Seorang pengusaha harus memiliki pola pikir yang tepat seperti berfikir kreatif, inovatif, produktif, dan positif. Jadi pola pikir mempengaruhi perilaku dan sikap seseorang, yang akhirnya akan menentukan level keberhasilan hidupnya.

    BalasHapus
  28. Nama: Rosliana jhon febri s
    NIM: 43117110141

    cara berpikir mempengaruhi sikap dan perilaku seseorang. Banyaknya sudut pandang seseorang untuk berpikir dipengaruhi oleh emosi, pendidikan, dan pengalaman.Pola pikir juga dapat membentuk kehidupan dan menciptakan dunia kita berdasarkan pola pikir individual kita sendiri.

    BalasHapus
  29. Nama : Sulistianto
    Nim : 41617110021

    Menurut saya artikel ini cukup bagus, karena berpikir positif, jangan takut gagal, siap bekerja keras, sabar dan pantang menyerah adalah mindset yang dibutuhkan untuk sukses

    BalasHapus
  30. Nama : Zahrawani Ilmi Pradina
    NIM : 43218110083
    Artikel yang sangat bermanfaat bagi saya. Mindset yang dimiliki setiap orang pastilah berbeda-beda dan juga dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti emosi, pendidikan dan pengalaman. Untuk menjadi sukses dibutuhkan mindset seperti berpikir positif, jangan takut gagal, siap bekerja keras, sabar serta pantang menyerah.

    BalasHapus
  31. Nama : Nurhadi Budi Santoso.Y
    Nim : 41617110063
    Menurut saya artikel ini cukup bagus, dimana setelah membaca artikel ini saya jadi mengerti bahwa kekuatan pola pikir sangatlah berpengaruh pada apa yang kita kerjakan, termasuk bisnis yang akan kita jalani.

    BalasHapus
  32. Nama : Dinda Juliskha yanti
    Nim : 43218110220

    Setiap manusia pasti memiliki pola pikir dan cara pandang tentang segala hal, karena pada setiap manusia dilengkapi dengan akal. Dari permasalahan – permasalahan yang sering dihadapinya akan melahirkan satu padanganan tentang bagaimana cara atau solusi untuk menghadapi permasalahan – permasalahan itu. Baik permasalahan yang dihadapi tentang suatu keinginan, ambisi serta cita – cita hingga konsep kehidupan yang dilaliuinya.

    Terimakasih

    BalasHapus