Maret 14, 2019

Tips Menjadikan Enterpreneur Sukses

Oleh : Muhammad Irvin R (@M09-IRVIN)


ABSTRAK
Menjadi pengusaha sukses itu adalah impian semua seorang pengusaha Seorang pengusaha untuk menjadi sukses harus pandai memulai usaha, mengelola, dan mengembangkannya menjadi sebuah bisnis yang produktif. Selain itu ada hal-hal penting yang harus diperhatikan seorang pengusaha muda untuk mencapai sukses.

Kata kunci : entrepreneur, motivasi, sukses


Tips menjadi pengusaha sukses
Sebaiknya pilih satu bidang usaha saja, yang benar-benar diminati dan dikuasai. Dengan demikian, konsentrasi Anda hanya tertuju pada satu jenis usaha tersebut. Tentunya kerja Anda akan lebih maksimal, sehingga mampu menghasilkan keuntungan yang menarik.
Kerjakan apa yang dipahami. Jangan memulai bisnis hanya karena alasan usaha tersebut sedang tren dan menawarkan keuntungan yang besar. Sebab jika Anda tidak memahami apa yang dikerjakan, hasilnya akan percuma. Lebih baik melakukan sesuatu yang benar-benar dikuasai dan disukai.
Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengembangkan bisnis anda :
Meningkatkan Pemasaran dengan Memperluas Jaringan
Cara paling ampuh untuk memperluas pemasaran adalah dengan mengenali target pasar dengan baik. Dengan mengidentifikasi calon konsumen, maka Anda dapat menyusun strategi marketing yang efektif.
Mendengarkan Apa yang Diinginkan Pelanggan
Berusaha memahami apa yang diinginkan pelanggan merupakan peluang untuk memproduksi barang atau jasa yang benar-benar dibutuhkan oleh pasar. Ini adalah kesempatan Anda untuk mengembangkan usaha dan berpotensi sukses. Kepuasan pelanggan adalah hal penting karena mempengaruhi penjualan.
Menambah Varian Produk
Kebanyakan bisnis, terutama yang sudah besar tidak berpikir untuk melakukan pembaruan dengan meluncurkan produk baru. Ini dikarenakan pengusaha terlena dengan pelanggan setia yang menggunakan produk mereka. Padahal perluasan bisnis dapat terjadi jika Anda menambahkan produk dan layanan untuk dapat menangkap segmen pasar baru.
Berikut adalah tips yang bisa membantu anda untuk dapat menjadi pengusaha yang sukses:
1.      Kerja Keras dan Tekun
2.      Berani Menantang Diri Sendiri
3.      Lakukan karena Passion
4.      Berani Mengambil Resiko
5.      Percaya Diri
6.      Kurangi Rasa Takut
7.      Visualisasikan Keinginan Anda
8.      Anda Memerlukan Rekan
9.      Bertindak
10.  Menghabiskan Waktu
11.  Merencanakan Keuangan Anda
12.  Siapa Pelanggan Anda
13.  Tanggapi Keluhan
14.  Melebihi Harapan
15.  Jangan Berhenti Belajar

Kesimpulan

Sukses menjadi pengusaha itu memang membutuhkan usaha keras. Saat ini, kekuatan seorang entrepreneur terletak pada pendidikan dan pengetahuan. Menjadi sibuk bukanlah sebuah alasan untuk berhenti belajar dan kamu tidak akan pernah menjadi seorang pengusaha sejati tanpa terus menggali ilmu.

Daftar Pustaka

Anonym, 2019, Tips Sukses menjadi wirausaha muda, dalam https://www.franchise-expo.co.id/Press/Tips/Tips-Sukses-Menjadi-Wirausaha-Muda/ (diakses dalam 14 march 2019).

Fauzi Fadhly Rachman, 2018, Mau Jadi Pengusaha Sukses? Ini Tips dari Orang Terkaya RI, dalam https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-3924337/mau-jadi-pengusaha-sukses-ini-tips-dari-orang-terkaya-ri (diakses dalam 14 march 2019).

Adliputra, 2018, Kalau Ingin Sukses Jadi Pengusaha, Kamu Harus Pahami 7 Hal Ini, dalam https://www.idntimes.com/life/career/adliputra/pelajaran-saat-ingin-jadi-pengusaha-c1c2 (diakses 14 march 2019).






24 komentar:

  1. Nama : Anggi Wahyu Guntara
    Nim : 41117110111

    Artikel yang bagus menurut saya.
    tips yang sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  2. Nama : Anenaya Nurul Afifah
    NIM : 43218110265

    Menurut saya, artikel ini sangat memberikan motivasi bagi saya untuk menjadi seorang enterpreneur yang sukses.
    Selain itu, pengusaha muda atau pemula seperti saya harus bisa membaca atau meniru perjalanan sukses pengusaha kelas dunia lainnya. Dengan mengetahui kisah dan perjalanan sukses para pengusaha besar, harapannya bisa mendapatkan inspirasi.

    BalasHapus
  3. nama : yorgi ganda
    nim : 41916120058

    sangat bermanfaat di artikel ini yang membuat diri saya untuk lebih giat daalam passion usaha yang dijalani yang memotivasi untuk menjadi seorang enterpreneur sukses

    BalasHapus
  4. Nama : agun kurniawan
    Nim : 41416120068

    Menjadi enterpreneur tidak lah mudah apalagi harus menancapkan ide didalamm kepala kita supaya bagaimana bisa sukses , dengan artikel ini membantu untuk lebih memahami apa itu enterpreneur sukses

    BalasHapus
  5. NAMA : Sandro Handika
    NIM : 41617110108

    Artike yang cukup baik, dimana dalam artikel ini kita mendapatkan ilmu bagaimana cara menjadi enterpreneur sukses dan kiat-kiatnya.

    BalasHapus
  6. Nama : Nurring Tyas

    NIM : 41617110119


    pada artikel ini menambah wawasan pembaca tentang kiat - kiat atau tips - tips menjadi pengusaha sukses dengan kalimatnya yang mudah dimengerti. menambahkan materi juga bagaimana cara memasarkan prodak dengan memperluas jaringan,mendengar permintaan konsumen, dan menambahkan varian agar konsumen selalu excited dengan prodak-prodaknya.

    BalasHapus
  7. nama : Dinda Juliskha Yanti
    Nim : 43218110220

    artikel ini sangat bagus
    karena memberitau bahwa kekuatan seorang entrepreneur terletak pada pendidikan dan pengetahuan. sehingga kita bisa memperbaiki pendidikan dan memperluas pengetahuan kita demi menjadi wirausaha yang baik dan benar.

    terimakasih

    BalasHapus
  8. Nama : Yusup Maulana

    NIM: 41416120114

    Menjadi enterpreneur harus memahami dan update tentang teori dan informasi, artikel ini banyak memberikan pembelajaran untuk ber enterpreneur

    BalasHapus
  9. Nama : Yusup Maulana

    NIM: 41416120114

    Menjadi enterpreneur harus memahami dan update tentang teori dan informasi, artikel ini banyak memberikan pembelajaran untuk ber enterpreneur

    BalasHapus
  10. Nama : Ratu Nasia Nastashia Sakina
    NIM : 41118110154

    Artikel ini sangat bagus karena bisa membuat seseorang yang baru terjun di dunia enterpreneur tahu apa saja tips untuk menuju kesuksesan.

    BalasHapus
  11. Nama : Riki Saefulloh
    NIM : 41617110029
    Menjadi enterpreneur haruslah memiliki kemampuan kreatifitas. Dalam hal yang perlu dimiliki dan dikembangkan dalam diri wirausaha demi perkembangan dan kesuksesan sebuah usaha.

    BalasHapus
  12. Nama : Abdul. Hadi. Hadzami
    NIM : 41318110064

    Dalam artikel diatas menjadi enterpreneur harus memahami dan memiliki kemampuan kreativitas yg kuat. Dan memiliki percaya diri dalam perkembangan usaha

    BalasHapus
  13. Nama : Feralvin Satria Lanusa H
    NIM : 41617110045

    Di dalam artikel tersebut menambah wawasan pembaca tentang tips - tips menjadi pengusaha sukses dengan kalimatnya yang mudah dimengerti. menambahkan materi bagaimana cara memasarkan product dengan memperluas jaringan, mendengar permintaan konsumen, dan menambahkan varian agar konsumen selalu excited dengan product tersebut.

    BalasHapus
  14. Nama:Fredi Wibowo
    NIM :41617110115

    Artikel ini menambah wawasan saya tentang bagaimana kiat kiat menjadi pengusaha sukses..
    sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  15. Nama: Rosliana jhon febri s
    NIM: 43117110141

    artikel ini bagus karena memberitahukan bahwa pengusaha sukses itu membutuhkan usaha keras, kerja keras dan terus menggali ilmu dalam di bidang pendidikan dan pengetahuan.

    BalasHapus
  16. Nama : Septy Luthfiani
    NIM : 43117110280

    Sukses menjadi pengusaha itu memang membutuhkan usaha keras. Tidak ada seorang pengusaha yang lansung sukses tanpa adanya jatuh bangun dalam membangun usahanya. Asalkan kita mau terus berusaha dan memotivasi diri kita untuk bisa berhasil dengan kerja keras.

    BalasHapus
  17. Mama :Anggi yos Indra
    NIM. :41617110049

    Menjadi pengusaha Yang sukses memang dibutuhkan knowledge yang baik.tidak hanya dengan mengandalkan niat saja akan tetapi dibutuhkan kemampuan memanfaatkan segala fasilitas teknologi,kemampuan melihat peluang Dan selalu berinovasi,serta dilengkapi dengan RND yang baik.dan pemilihan usaha serta market segment juga menentukan keberhasilan seorang pengusaha.

    BalasHapus
  18. Anna Deo Rika Sinabutar20 Maret 2019 pukul 15.52

    Nama: Anna Deo Rika Sinabutar
    NIM: 44218110104

    suka sekali baca artikel seperti ini,untuk pemula bisnis sperti saya harus berani dan sanggup menanggung segala jenis resiko jika kita memutuskan untuk berbisnis, terutama unduk modal/uang atau pun mental.

    BalasHapus
  19. Nama : Tri Sunarto
    Nim : 41515120006

    Artikel yang sangat membantu ketika seseorang yg baru memulai bisnis bisa membaca artikel ini agar menambah wawasannya

    BalasHapus
  20. Nama : Fadjar imaniar
    Nim : 43117010001

    Yaa benar sekali artikel ini.
    Menurut saya seorang pribadi sukses tidak akan berharap sesuatu berubah dengan sendirinya, tapi mereka akan mencoba mengubahnya sendiri. Mereka sadar bahwa semuanya tidak dapat berubah dengan sendirinya tanpa ada aksi atau perbuatan yang dilakukan.

    BalasHapus
  21. Nama: Devi Widya Winata
    NIM : 43217120173

    Artikel yang sangat bagus, Menjadi sibuk bukanlah sebuah alasan untuk berhenti belajar dan kamu tidak akan pernah menjadi seorang pengusaha sejati tanpa terus menggali ilmu. Terima kasih

    BalasHapus
  22. Nama: Mahfudin
    NIM : 41617110014
    usaha keras dan ilmu pengetahuan merupakan bagian dalam menentukan kesuksesan, jangan pernah berhenti dalam menambah ilmu pengetahuan

    BalasHapus
  23. Nama : Zahrawani Ilmi Pradina
    NIM : 43218110083

    Setelah saya membaca artikel tentang tips menjadi enterpreneur sukses ini saya merasa mendapatkan semangat, motivasi serta cara jitu untuk menjadi enterpreneur yang sukse.

    BalasHapus
  24. Nama : Muhammad Husein Rifa'i
    Nim : 41617110054

    Artikel ini sangat informatif dan bermanfaat bagi saya, good job bro

    BalasHapus