Kamis, Maret 28

Wirausahawan Harus Berfikir Kreatif dan Inovatif

Oleh : Muhammad Irvin R (M09-IRVIN)
Abstrak
Seiring perkembangan dan pesatnya persaingan dalam berwirausaha menuntut wirausahawan untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan produk atau jasa yang dimilikinya dalam rangka menyelaraskan kebutuhan konsumen yang semakin beragam dan tanpa batas. Kreativitas diartikan sebagai kemampuan untuk menciptakan suatu produk baru. Inovasi merupakan salah satu proses mengubah peluang menjadi gagasan dan ide-ide yang dapat dijual.

Kata kunci : Kreativitas , Inovati, Kewirausahaan


Kreativitas dan Inovasi

Kreativitas adalah inisiatif terhadap suatu produk atau proses yang bermanfaat, benar, tepat, dan bernilai terhadap suatu tugas yang lebih bersifat heuristic yaitu sesuatu yang merupakan pedoman, petunjuk, atau panduan yang tidak lengkap yang akan menuntun kita untuk mengerti, mempelajari, atau menemukan sesuatu yang baru (Ernani Hadiyati, 2011)

Inovasi merupakan penerapan secara praktis gagasan kreatif. Inovasi tercipta karena adanya kreativitas yang tinggi. Inovasi adalah kemampuan untuk membawa sesuatu yang baru ke dalam kehidupan. Inovasi adalah kemampuan untuk membuat kombinasi-kombinasi atau melihat hubungan-hubungan baru antara unsur, data, variabel, yang sudah ada sebelumnya (Herulono M).

Menurut Herulono M, Ada beberapa alasan yang menjadikan inovasi sangat penting. Di antaranya adalah:

1.       Teknologi berubah sangat cepat seiring adanya produk baru, proses dan layanan baru dari pesaing, dan ini mendorong usaha entrepreneurial untuk bersaing dan sukses. 

2.       Efek perubahan lingkungan terhadap siklus hidup produk semakin pendek, yang artinya bahwa produk atau layanan lama harus digantikan dengan yang baru dalam waktu cepat, dan ini bisa terjadi karena ada pemikiran kreatif yang menimbulkan inovasi.

3.       Konsumen saat ini lebih pintar dan menuntut pemenuhan kebutuhan. Harapan dalam pemenuhan kebutuhan mengharap lebih dalam hal kualitas, pembaruan, dan harga. Oleh karena itu skill inovatif dibutuhkan untuk memuaskan kebutuhan konsumen sekaligus mempertahankan konsumen sebagai pelanggan.

4.       Dengan pasar dan teknologi yang berubah sangat cepat, ide yang bagus dapat semakin mudah ditiru, dan ini membutuhkan metode penggunaan produk, proses yang baru dan lebih baik, dan layanan yang lebih cepat secara kontinyu.

5.       Inovasi bisa menghasilkan pertumbuhan lebih cepat, meningkatkan segmen pasar, dan menciptakan posisi korporat yang lebih baik.

Menurut Jordan E. Ayan dalam bukunya Bengkel Kretivitas, mengungkapkan cara mengembangkan kreativitas, yaitu dengan cara C.O.R.E :

1. Cari tahu, kita selalu bertanya ketika mendapatkan permasalahan dan berfikiran untuk menjadi lebih jalan keluarnya.

2. Oleh keterbukaan, bersikaplah terbuka pada hal-hal baru, merki terasa aneh dan janggal.

3. Kamu harus berani melawan arus, melakukan untung-untungan bahkan jadi bahan tertawaan.

4. Teruslah bersemangat dalam melakukan sesuatu, kreativitas kamu akan muncul dengan sendirinya.

Pentingnya memiliki kreatifitas dan inovatif untuk mencapai sukses
      Tidak semua orang mampu memiliki pemikiran yang kreatif, nah bagaimana cara agar dapat memunculkan kreatifitas yang berbeda dari orang lain dan tidak monoton.
Hal yang terpenting adalah bebaskan cara berpikir anda selebar-lebarnya jangan pernah menghambat diri untuk bisa berinovasi dan terbelenggu dengan hal yang merupakan rutinitas membosankan.

Kesimpulan

Kreativitas meliputi terbuka terhadap pengalaman, suka memperhatikan melihat sesuatu dengan cara yang tidak biasa, kesungguhan, menerima dan merekonsiliasi sesuatu yang bertentangan, tole-ransi terhadap sesuatu yang tidak jelas, inde-penden dalam mengambil keputusan, berpikir dan bertindak dan lainnya.
Inovasi yang meliputi menganalisi peluang, apa yang harus dilakukan untuk memuaskan peluang, sederhana dan terarah dimulai dari yang kecil, berpengaruh secara parsial terhadap variabel kewirausahaan.

Daftar Pustaka

Ernani, hadiyati. 2011. Kreativitas dan Inovasi Berpengaruh Terhadap Kewirausahaan Usaha Kecil. JURNAL MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN, VOL.13, NO. 1, MARET 2011: 8-16. Universitas Gajayana Malang (diunduh tanggal 22 Maret 2018) dalam http://jurnalmanajemen.petra.ac.id/index.php/man/article/view/18240/18108

Herulono,M. Kewirausahaan 1 Modul 4 : Berpikir Kreativitas dan Inovasi. Universitas Mercu Buana
Nadia, sasmita. 2016. Berpikir Kreatif dan Inovatif. Universitas Negeri Yogyakarta. Dalam http://staffnew.uny.ac.id/upload/198807082014042002/pendidikan/materi-kewirausahaan-02.pdf (diunduh tanggal 22 Maret 2018)


2 komentar:

  1. Nama : Riki Saefulloh
    NM : 41617110029
    sangat penting bagi entrepreneur berfikir kreatif dan inovatif kalau tidak ada kreatif dan inovatif bisa saja usaha anda hanya berdiri sebentar saja.

    BalasHapus
  2. Nama: Suhardianto Noor
    Nim: 43217120172

    Saya sangat setuju dengan artikel tersebut, karena dalam dunia wirausaha, wirausahawan harus bisa berpikir secara kreatif dan inovatif supaya bisa mencapai kesuksesan.

    BalasHapus