Kamis, Maret 21

"YOUR INSPIRATION"



Didalam kehidupan akan ada banyak orang yang berfikir bahwa saat "terjatuh ya tinggal bangkit saja" namun apa yang difikirkan itu terkadang tak cukup untuk membuat yang lemah bangkit kembali. Butuh sebuah dukungan untuk membangkitkan yang lemah. Memang tak semua yang lemah berputus asa tapi yang berputus asa sudah pasti yang lemah.
Sebagai penyemangat, memotifasi diri sendiri dan orang lain bukanlah hal yang merugikan. jikalau hidup susah, menghindar bukanlah solusinya apalagi sampai menyerah, dan mindset inilah yang harus diubah.
Pada prosesnya, “Berpikir” membagi dua entitas penting yang pertama adalah subjek (si pemikir) yang kedua adalah objek (yang dipikirkan). Meskipun beberapa filosof beranggapan bahwa berpikir adalah proses self interaction, yang mana subjek dan objek merupakan satu kesatuan.
Dalam sebuah kasus yang terjadi, problem yang sebenarnya banyak dilalui setiap orang seharusnya dapat terselesaikan dengan mudah, misalnya ada seorang mahasiswa yang didalam perkuliahannya mendapat begitu banyak tugas dari dosen. Namun tak satupun tugas terselesaikan dengan baik karena mahasiswa ini menganggap bahwa tugas itu terlalu sulit, padahal tugasnya mungkin tak sesulit yang difikirkan, tetapi memang pola pikirnya saja yang salah. Dan kebanyakan orang menganggap “menyudahi untuk berhenti” itu benar, padahal  berfikir yang benar menurut seorang mahasiswa adalah “menyerah itu tak apa asal jangan berhenti coba lanjut dan hadapi kembali". Inilah mindset yang harus dibenahi, dan coba terapkan kata yang kurang membangun menjadi kata yang lebih membangun. 
Menerapkan pola pikir yang positive akan membantu setiap orang untuk terus berusaha menggapai setiap prestasi , jadi apabila masalah datang menghampiri maka tidak menjadi suatu masalah bagi orang-orang yang selalu berfikir positive. Menurut orang yang selalu berfikir positive " Berhenti sejenak bukan masalah, memutar kembali tak apa, memeriksa  ulang  apa yg telah dilalui membiasakan diri untuk lebih waspada, asal terfokuslah untuk maju dan tidak menyerah"  dan jangan berpikir untuk terus benar, karena berpikir benar bukanlah berpikir tentang “kebenaran".

Proses yang membentuk pola pikir manusia yaitu:
1. Bersumber dari keturunan secara genetika.
2. Bersumber dari proses sosial
Kedua hal inilah yang membentuk pola pikir manusia, namun jika dilihat dari sumber keturunan  berdasarkan genetika,  masih bisa diubah apabila pola pikir yang diturunkan tidak baik. Dan pola pikir yang berdasarkan dari proses sosial biasanya terbentuk dari bagaimana seseorang bersosialisasi.

Menurut Hidayatno (2013), ada 4 pola berpikir yang bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari :
1. Berpikir logis
Definisi dari berpikir logis adalah menghubungkan dua atau lebih faktor dalam sebuah hubungan secara umum diterima argumentasinya.
2. Berpikir kritis           
Berpikir kritis adalah proses untuk melakukan analisa, sintesa dan konseptualisasi dari informasi yang didapatkan dari beberapa sumber untuk dijadikan sebagai panduan untuk bertindak dan mengambil keputusan. Pada berpikir kritis ini biasanya disertai argumentasi yang kuat dan memiliki struktur logika yang masuk akal.
3. Holistic view
Berpikir holistik artinya berpikir secara luas dan besar.
4. Berpikir lateral
Istilah berpikir lateral diperkenalkan oleh Edward De Bono. Inti dari berpikir lateral adalah bagaimana kita mencari solusi dari sebuah masalah melalui penciptaan asosiasi dengan hal-hal lain yang awalnya tidak memiliki hubungan. Ibaratnya disini kita mencari jalan-jalan kecil lain yang bisa kita gunakan untuk ke sebuah tujuan, terlepas kita tahu bahwa jalan besar yang awalnya dan biasa kita gunakan, sudah kita ketahui akan mengantarkan kita ke tujuan.

        Dan sebagian orang memiliki cara berpikir rasional dan logis. Cara berpikir seperti ini cenderung menggunakan nalar yang berdasar pada realitas bukan perasaan.
1. Anda berpikir tentang masa depan lebih dari masa lalu
2. Anda selalu menanyakan alasan terlebih dahulu
3. Menjalankan sesuatu sesuai rencana
4. Pastikan sebab-akibat dari keputusan yang diambil
5. Perkara mencapai target bukanlah sulit
6. Mudah mendapatkan informasi
7. Anda jarang memikirkan satu hal terlalu lama
8.Menyimpan rencana
9. Anda tidak membiarkan emosi membutakan penilaian
Hal inilah yang sering dilakukan oleh orang-orang yang suka berfikir secara logis. McClelland yang dikutip John P Houston (1985) dalam bukunya Motivation, menetapkan: orang yang suka berfikir logis pasti memiliki keinginan yang kuat untuk mengerjakan tugas dan mencari pemecahan masalah dengan kekuatan sendiri, mereka cenderung mengerjakan tugas sendiri dari pada bekerja sama dengan orang lain.
            Sebagai manusia yang hidup dengan sebuah tujuan, mencoba menciptakan pola fikir haruslah yang membangun, bijak dan baik maka hidup pasti akan lebih tertata.


Daftar Pustaka



9 komentar:

  1. Luaarr biasaaa, sangaatt membantu dan menjadi penyemangat😄😄

    BalasHapus
  2. Nama : cindy
    NIM : 43218110114

    Menurut saya artikel ini sangat baik. Karena kegagalan yang terjadi dalam bisnis kita seharusnya bukan untuk membuat kita menjadi hilang harapan dan menjadi takut untuk memulai lagi. Karena seharusnya kegagalan itulah yang menjadi motivasi kita dalam berbisnis dan dapat memperbaiki kesalahan yang dilakukan dimasa lalu sehingga bisa membangun bisnis yang lebih baik lagi.

    BalasHapus
  3. Nama : Fadjar Imaniar
    Nim : 43117010001

    Artikel ini sangat benar dan baik.

    Gagal puluhan, bahkan ratusan kali sudah biasa, tapi semangat dan pantang menyerah yang membuat kita menjadi orang luar biasa. Tidak ada yang mustahil di dunia ini bagi orang-orang yang mau bekerja keras dan berjuang meraih kesuksesan.
    Tetap semangat.

    BalasHapus
  4. Nama : Anggi Wahyu Guntara
    Nim : 41117110111

    Menerapkan pola pikir yang positive akan membantu setiap orang untuk terus berusaha menggapai setiap prestasi , jadi apabila masalah datang menghampiri maka tidak menjadi suatu masalah bagi orang-orang yang selalu berfikir positive. Menurut orang yang selalu berfikir positive " Berhenti sejenak bukan masalah, memutar kembali tak apa, memeriksa ulang apa yg telah dilalui membiasakan diri untuk lebih waspada, asal terfokuslah untuk maju dan tidak menyerah" dan jangan berpikir untuk terus benar, karena berpikir benar bukanlah berpikir tentang “kebenaran".

    BalasHapus
  5. Nama : muhammad arifin
    Nim. : 41617110062
    YOUR INSPIRATION
    Artikel ini membuka pikiran bahwa berfikir logis sangat penting untuk mencapai tujuan

    BalasHapus
  6. Nama : Riki Saefulloh
    NIM : 41617110029

    YOUR INSPIRATION, manusia yang hidup dengan tujuan, pastilah akan fokus terhadap tujuan ynag akan di raih. Tujuan hidup adalah hal mendasar untuk manusia bisa bertahan hidup di dunia ini. Setiap orang harus memiliki tujuan, sekecil apa pun itu. Your future is determined by what you start today

    Artikel yang Bagus.

    BalasHapus
  7. Nama : Hana Kartika
    Nim : 42317110015
    Artikel ini menyadarkan bahwa kita harus berfikir positif,dan tidak mudah patah semangat ketika berada dalam kegagalan untuk tetap bertahan dalam situasi agar sampai pada tujuan.

    BalasHapus
  8. Nama : Muhammad Refiansyah

    Nim :41617110113

    Artikel ini membuat saya menyadari tentang berfikir positif itu sangat penting dalam kehidupan.

    BalasHapus