Jumat, Maret 29

Yuk! Kreatif Dan Inovatif


Oleh: Rofiqoh Awaliyah (@M22-Rofiqoh)

Abstrak Kreatif? Apakah itu kreatif? Apakah kreatif memicu munculnya inovasi? Bagaimana cara agar dapat memunculkan kreatifitas? Karena tidak semua orang mampu memiliki pemikiran yang kreatif, yang berbeda dari orang lain.


Kata Kunci: kreatif, inovatif.

Harus kita sadari bahwa berbagai kemajuan yang berkembang di era saat ini membuat semua orang harus memiliki kreativitas untuk bisa bersaing dengan yang lain. Suryana (2003) dalam Hadiyati (2011), menyatakan bahwa kreativitas adalah: “Berpikir sesuatu yang baru”. “Kreativitas sebagai kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru dan untuk menemukan cara-cara baru dalam memecahkan persoalan dalam menghadapi peluang”.

Kreatif adalah suatu kemampuan dalam menciptakan produk/hal-hal yang baru atau cara yang baru dari sesuatu yang telah di ciptakan (sudah ada) sebelumnya. Umumnya Kreatif ini akan muncul jika ada suatu halangan atau rintangan yang memerlukan solusi terbaru.
Apakah kalian tahu bungkus kopi? Setelah dipakai kemanakah bungkus kopi ini akan berakhir? Jika tidak ke tempat sampah mungkin berakhir di tempat daur ulang. Apakah kalian tahu bungkus kopi dapat dibuat menjadi sebuah kotak pencil atau berbagai macam hal yang berguna lainnya. Seseorang yang mempunyai daya kreatifitas akan memikirkan hal tersebut, dalam hal ini bungkus kopi merupakan masalah utama dan solusi yang ditemukan adalah menjadikannya kotak pencil.
Melihat prosesnya menurut Winardi (2003) dalam Sya’roni dan Sudirham (2012), proses kreatif berlangsung melalui sejumlah tahapan berikut:
1.      Orientasi merupakan langkah pertama yang terdiri dari kegiatan merumuskan masalah yang akan dipecahkan serta tindakan memilih atau menetapkan pendekatan yang akan ditempun untuk memecahkan masalah.
2.      Preparasi, dimana dikumpulkannya fakta atau informasi.
3.      Analisis, dimana bahan atau informasi yang terkumpul dipelajari serta analisis.
4.      Sintesis, dimana berbagai macam informasi serta ide dikombinasikan secara keseluruhan yaitu akumulasi pengetahuan yang meliputi membaca, berkomunikasi, penyerapan informasi, termasuk memperluas wawasan.
5.      Inkubasi, dimana seseorang tidak selalu harus menerus memikirkan masalah yang dimiliki, tetapi melakukan kegiatan lainnya yang tidak sama sekali ada hubungannya dengan masalah yang dihadapi. Salah satu pernyataan mengenai tahap inkubasi bahwa tahap ini dapat membebaskan kita dari fikiran-fikiran melelahkan akibat proses pemecahan masalah. Melupakan masalah yang berat dalam sementara waktu dapat membantu kita menemukan ide-ide baru yang lebih sesuai untuk memecahkan masalah tersebut.
6.      Ide dan Solusi, yang datang secara langsung atau juga tiba-tiba sebelum ke tahap verifikasi.

Inovasi menurut Goman (1991) merupakan penerapan secara praktis gagasan kreatif. Inovasi tercipta karena adanya kreativitas yang tinggi. Kreativitas adalah kemampuan untuk membawa sesuatu yang baru ke dalam kehidupan. (Dalam modul: Kiat Mengembangkan Sikap Kreatif Dan Inovatif).

Pengertian atau definisi inovatif yang benar pun selain menyandarkan kepada sebuah pemikiran inovatif harus menghasilkan sesuatu yang sangat bermanfaat bagi dirinya maupun bagi orang lain secara umum inovatif yang bermanfaat bagi orang lain yaitu menciptakan segala sesuatu yang berguna untuk masyarakat baik lapangan pekerjaan, pemikiran atau paham serta hal-hal lain yang berkaitan dengan kehidupan sosial. (Ibrahim, 2018).

Jadi kreatifitas adalah proses timbulnya ide baru, sedangkan inovasi adalah pengimplementasian ide itu sehingga dapat merubah dunia. Kreatifitas membelah batasan dan asumsi dan membuat koneksi yang tidak berhubungan menjadi sesuatu yang baru. Inovasi ide yang dijadikan produk atau proses yang nyata dikehidupan.

Kesimpulan
Jadi, cobalah untuk mencari hal baru yang bisa kalian dapatkan dari penggabungan pengetahuan dan hal-hal lain yang kalian miliki. Kalian juga bisa belajar dari anak kecil yaitu rasa ingin tahu yang besar dengan mencoba hal-hal yang baru untuk mendapatkan ciptaan yang baru. Hal yang terpenting adalah bebaskan cara berpikir anda selebar-lebarnya jangan pernah menghambat diri untuk bisa berinovasi dan terbelenggu dengan hal yang merupakan rutinitas membosankan.

Daftar Pustaka
Hadiyati, Ernani. 2011. Kreativitas dan Inovasi Berpengaruh Terhadap Kewirausahaan Usaha Kecil. Jurnal Managemen Dan Kewirausahaan, Vol.13, No. 1, Maret 2011: 8-16 http://jurnalmanajemen.petra.ac.id/index.php/man/article/view/18240/18108

Supardi, Endang. 2004. Kiat Mengembangkan Sikap Kreatif Dan Inovatif http://psbtik.smkn1cms.net/adaptif/kewirausahaan/kiat_mengembangkan_sikap_kreatif_dan_inovatif.pdf

Sya’roni, Dadan A.W, dan Sudirham, Janivita J. 2012. Kreatifitas dan Inovasi Penentu Kompentensi Pelaku Usaha Kecil. http://elib.unikom.ac.id/files/disk1/631/jbptunikompp-gdl-dedenawaha-31522-3-jurnala-).pdf

Ibrahim, Adzkia. 2018. Pengertian Inovatif yang Positif. https://pengertiandefinisi.com/pengertian-inovatif-yang-positif/


26 komentar:

  1. NAMA: SANDRO HANDIKA
    NIM : 41617110108

    Dan artikel ini mendidik saya semakin kreatif agar bisa menciptakan produk atau hal-hal yang baru.

    BalasHapus
  2. Nama : Nurring Tyas
    Nim : 41617110119

    saya setuju dengan artikel tersebut, dimana dengan adanya kreativitas maka inovasi akan muncul. seperti menciptakan produk lain dari barang tak bernilai. contohnya bungkus kopi yang tidak terpakai akan berakhir jika tidak ke tempat sampah mungkin berakhir di tempat daur ulang.namun jika seseorang yang mempunyai daya kreatifitas akan memikirkan hal tersebut, dalam hal ini bungkus kopi merupakan masalah utama dan solusi yang ditemukan adalah menjadikannya kotak pencil.

    BalasHapus
  3. NAMA : SIDIK PURNOMO
    NIM : 41617110057

    saya setuju dengan atrikel ini, sebab cobalah untuk mencari hal baru yang bisa kalian dapatkan dari penggabungan pengetahuan dan hal-hal lain yang kalian miliki. Kalian juga bisa belajar dari anak kecil yaitu rasa ingin tahu yang besar dengan mencoba hal-hal yang baru untuk mendapatkan ciptaan yang baru. Hal yang terpenting adalah bebaskan cara berpikir anda selebar-lebarnya jangan pernah menghambat diri untuk bisa berinovasi dan terbelenggu dengan hal yang merupakan rutinitas membosankan.

    BalasHapus
  4. NAMA : PUSPA RAHAYU
    NIM : 43117110268

    Saya setuju dengan artikel ini, dimana dengan mencari ide baru kita bisa menciptakan produk baru yang sesuai dengan cara fikir kita, misal botol aqua , bekas botol aqua bisa dijadikan untuk tempat pensil namun harus di kasih sentuhan cat warna warni, atau bisa dijadikan pot bunga

    BalasHapus
  5. NAMA : MUHAMAD ARYA DWI PANGGA
    NIM : 41617110087

    menurut saya kreatifitas adalah modal untuk berinovasi.. tentunya untuk mendapatkan ide ide yang kreatif setiap orang buat penyemangat contohnya seperti , kata kata bijak yang dapat memacu agar seorang dapat berpikir dengan tenang.

    BalasHapus
  6. NAMA : RIKI SAEFULLOH
    NIM : 41617110029
    Saya setuju dengan artikel di atas "Kreatifitas dan Inovatif"
    dimana Inovatif muncul karena adanya kreatifitas yang sangat tinggi. Menciptakan hal yang baru agar berguna bagi dirinya dan orang lain.

    BalasHapus
  7. NAMA : NABILA MAHSA IRAWAN
    NIM : 44218110072

    Kreatif adalah suatu kemampuan dalam menciptakan produk/hal-hal yang baru atau cara yang baru dari sesuatu yang telah di ciptakan (sudah ada) sebelumnya. Umumnya Kreatif ini akan muncul jika ada suatu halangan atau rintangan yang memerlukan solusi terbaru. Dan Inovasi menurut Goman (1991) merupakan penerapan secara praktis gagasan kreatif. Inovasi tercipta karena adanya kreativitas yang tinggi. Kreativitas adalah kemampuan untuk membawa sesuatu yang baru ke dalam kehidupan.
    artikel yang sangat bagus dan dapat dimengerti.

    BalasHapus
  8. Nama : FREDI WIBOWO
    NIM : 41617110115

    Untuk menjadi pembisnis yang sukses memang kita harus selalu berkreasi dan berinovasi sehingga dapat memunculkan produk " yang baru dan di sukai masyarakat.

    BalasHapus
  9. Nama: Muhammad Refiansyah
    Nim: 41617110113

    Artikelnya mudah di pahami

    BalasHapus
  10. Nama: Rosliana jhon febri s
    NIM: 43110110141

    dari artikrl ini mengajarkan untuk mencari hal baru yang bisa dapatkan dari penggabungan pengetahuan dan hal-hal lain yang miliki. dengan mencoba hal-hal yang baru untuk mendapatkan ciptaan yang baru. Hal yang terpenting adalah bebaskan cara berpikir selebar-lebarnya jangan pernah menghambat diri untuk bisa berinovasi.

    BalasHapus
  11. Nama : Ratu Nasia Nastashia Sakina
    NIM : 41118110154

    Artikel yang mudah untuk dibaca dan dipahami, berpikir dengan rasa ingin tahu dan membebaskan pikiran untuk hal yang lebih baik adalah sesuatu yang positif untuk menghasilkan sesuatu yang kreatif dan inovatif.

    BalasHapus
  12. Nama : yorgi ganda
    Nim : 41916120058

    saya setuju dengan artikel tersebut, dimana dengan adanya kreativitas maka inovasi akan muncul. seperti menciptakan produk lain dari barang tak bernilai. contohnya bungkus kopi yang tidak terpakai akan berakhir jika tidak ke tempat sampah mungkin berakhir di tempat daur ulang.namun jika seseorang yang mempunyai daya kreatifitas akan memikirkan hal tersebut,

    BalasHapus
  13. Nama : Feralvin Satria L.H
    Nim : 41617110045

    Saya setuju dengan artikel tersebut, dimana dengan adanya kreativitas maka inovasi akan muncul. seperti menciptakan produk lain dari barang tak bernilai.

    BalasHapus
  14. Nama : Septy Luthfiani
    NIM : 43117110280

    Yang saya sukai dari artikel ini adalah kalimat dimana "Hal yang terpenting adalah bebaskan cara berpikir anda selebar-lebarnya jangan pernah menghambat diri untuk bisa berinovasi dan terbelenggu dengan hal yang merupakan rutinitas membosankan"

    BalasHapus
  15. Nama : Yusup Maulana
    NIM : 46117120014

    setelah saya membaca artikel di blog ini, dapat menyadarkan para pembaca untuk menpunyai pemikiran yang kreatifitas dengn adanya pemikiran kreatifitas dapat menimbulkan inovasi-inovasu baru untuk usaha.

    BalasHapus
  16. Nama : Nurhadi Budi Santoso.Y
    Nim : 41617110063

    Saya setuju dengan artikel di atas.menurut saya Kreatif dan inovatif sebenarnya bisa diterapkan secara sederhana.Kuncinya sebenarnya adalah kepekaan dalam mencium peluang serta kemampuan dalam membaca pasar supaya bisa tepat sasaran.

    BalasHapus
  17. Nama : Helena Mutiara H
    Nim : 43218110214

    yang paling penting menurut saya, dalam artikel ini berani keluar dari zona nyaman yang merupakan rutinitas dan mau mengambil resiko atau apapun kesempatan yang ada.

    BalasHapus
  18. Nama : Dinda Juliskha Yanti
    Nim : 43218110220

    saya setuju dengan artikel tersebut, dimana dengan adanya kreativitas maka inovasi akan muncul. seperti menciptakan produk lain dari barang tak bernilai. contohnya bungkus kopi yang tidak terpakai akan berakhir jika tidak ke tempat sampah mungkin berakhir di tempat daur ulang.namun jika seseorang yang mempunyai daya kreatifitas akan memikirkan hal tersebut, dalam hal ini bungkus kopi merupakan masalah utama dan solusi yang ditemukan adalah menjadikannya kotak pencil.

    Terimakasih

    BalasHapus
  19. Nama : Rima Apriyana
    Nim : 43117110171

    Diartikel ini saya dapat mengetahui tentang definisi dari kreatif dan inovatif yg ternyata saling berkaitan dimana kreatif merupakan proses timbulnya ide baru, dan inovasi adalah pengimplementasian ide itu sehingga dapat merubah dunia. Sedangkan kreatif memiliki 6 proses yaitu : Orientasi, Preparasi, Analisis, Sintesis, Inkubasi, Ide dan Solusi, yang datang secara langsung atau juga tiba-tiba sebelum ke tahap verifikasi.

    BalasHapus
  20. Nama : Satriya Ramahdika Utama
    NIM : 41413120157

    Mnurut saya kreatifitas adalah modal untuk berinovasi.. tentunya untuk mendapatkan ide ide yang kreatif setiap orang buat penyemangat contohnya seperti , kata kata bijak yang dapat memacu agar seorang dapat berpikir dengan tenang.

    BalasHapus
  21. Nama: Hana Kartika
    Nim: 42317110015
    Sangat menginspirasi sekali tulisannya, semangat saya menjadi bertambah

    BalasHapus
  22. Nama: Devi Widya Winata
    NIM : 43217120173

    Artikel yang menarik, megajak kita untuk berpikir Kreeatif dan Inovatif sehingga menjadi Wirausaha yang berbeda dengan yang lain.

    BalasHapus
  23. Nama : Anggi Wahyu Guntara
    NIM : 41117110111

    Kreativitas dapat menyalurkan inspirasi dan ilham terhadap gagasan-gagasan baru untuk kemajuan dalam bidang usahanya. Memang, Kita tidak mungkin sepenuhnya memiliki gambaran yang lengkap mengenai sesuatu yang akan datang, tetapi tindakan kita akan memiliki konsekuensi di masa depan. Oleh karena itulah, kita memerlukan pemikiran yang kreatif yang membantu untuk melihat konsekuensi dari tindakan serta untuk memberikan alternatif tindakan.

    BalasHapus
  24. NAMA : EZRA FEROZA
    NIM : 41617120059

    Semakin kreatif seseorang akan semakin menimbulkan ide atau gagasan baru. maka dari itu dibutuhkan kreatif yang tinggi seorang pengusaha

    BalasHapus
  25. Nama : Saripudin
    Nim : 41617110111

    Ide yang bagus muncul dari seseorang yang merupakan ide yang belum ada / baru dalam berwirausaha memang harus segera di implementasikan.
    artikel ini semakin memotivasi saya dalam menciptakan inovasi.

    BalasHapus
  26. Nama: Suhardianto Noor
    Nim: 43217120172

    Menurut saya, artikel tersebut sangat bagus karena dalam mencapai dunia wirausaha kita harus memiliki ide yang kreatif dan inovatif.

    BalasHapus