Selasa, April 2

Pentingnya "Model Bisnis" dalam Berbisnis.


Oleh : @M10-ERLANGGA, @Proyek-M04, @STARTUP-M03.






Abstrak.

Setiap manusia memiliki kehidupannya masing-masing. Jalan menuju kesuksesesan yang digunakan oleh manusia juga sangat beragam. Ada yang bekerja di sebuah perusahaan ada juga yang merintis bisnis sendiri. Apapun jalan yang dipilih oleh orang tersebut sebaiknya memiliki rencana. Rencana dapat mempermudah perjalanan seseorang untuk mencapai sesuatu. Terutama dalam dunia bisnis, rencana menjadi bagian vital dalam menjalankannya. Terkadang rencana menjadi penentu sebuah bisnis yang dijalankan akan berkebang menjadi besar atau malah sebaliknya jika tidak dipikirkan baik baik.

Kata kunci: Kehidupan, Bisnis, Perusahaan, Rencana.


            Bisnis merupakan proses transaksi, baik dalam bentuk produk atau jasa yang ditujukan kepada konsumen untuk mendapatkan keuntungan. Performa bisnis dipengaruhi oleh faktor lingkungan perubahan, serta model bisnis. Lingkungan dianggap sebagai akses pertama perusahaan untuk mendapatkan keuntungan. Sebuah perusahaan dianggap sukses jika mereka mampu mengidentifikasi kebutuhan konsumennya. Sedangkan faktor perubahan merupakan ancaman bagi perusahaan. Perusahaan yang lambat dalam merespon perubahan akan semakin tertinggal. (Warni, 2016).

Rencana dalam dunia bisnis dapat juga dikatakan sebagi model bisnis dari perusahaan yang ingin kita buat. Menurut Warni (2016), Model Bisnis didefinisikan sebagai model yang menjabarkan bagiamana sebuah perusahaan bergerak dalam mendapatkan keuntungan. Menurut Peter Drucker, sebuah model bisnis yang handal harus dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan krusial seperti “siapa pelanggan perusahaan?” “seberapa penting pelanggan bagi perusahaan?” “bagaimana manajemen mampu menghasilkan keuntungan bagi perusahaan?” atau “apa yang mendasari manajemen memutuskan kapan dan bagaimana harus memberikan nilai tambah bagi pelanggan?”.

Dalam model bisnis kita dapat menentukan beberapa hal dibawah ini. Menurut Indah (2018), hal yang perlu diperhatikan dalam membuat model bisnis adalah :
  • Marketplace, ketahui pelanggan, sasaran pembeli untuk produk atau jasa.
  • Pelayanan, kecepatan dan kemudahan menjadi peran penting diera modern seperti ini.
  • Berlangganan, biasanya terdapat pada bisnis jasa seperti JOOX, Spotify dan Netflix. Para pelanggan harus berlangganan untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan.
  • Add Value, nilai lebih yang ditampilkan, hal yang tidak dimiliki oleh para pesaing.

            Contoh bisnis waralaba dengan model bisnis yang baik adalah perkembangan warteg-warteg modern. Dulu warteg identik sebagai tempat makan serba sederhana dan apa adanya untuk kalangan menengah ke bawah. Namun seiring berjalannya waktu, warteg berhasil masuk jajaran tempat makan yang menjadi andalan warga ibu kota. Kesan warteg yang terlihat kumuh dan tidak nyaman dapat diubah oleh Henny (Warteg 313) dan Yudi (Warteg Kharisma Bahari). Warteg 313, model warteg modern dengan mengubah konsep tempat warteg yang dulu hanya tempat makan diwarung biasa diubah menajadi sebuah kafe, namun memiliki harga yang bersaing. Begitupun Yudi, yang telah memiliki 200 cabang diJabodetabek. Mengusung warteg bersih dan kekinian. Tembok full keramik dan dapat melakukan online payment.

            Dapat kita simpulkan bahwa pentingnya model bisnis dalam menjalankan bisnis apapun baik produk maupun jasa. Baik online, konvensional maupun waralaba. Karena jika kita menjalankan sesuatu tanpa rencana yang matang maka akan mengalami hambatan yang dapat membangkrutkan bisnis yang dijalani. Namun jika kita memiliki rencana yang matang maka segala hambatan dapat di hadapi dengan baik dan menuju kesuksesan.

DAFTAR PUSTAKA.



7 komentar:

  1. Nama : Fadjar Imaniar
    Nim : 43117010001

    Artikel ini sangat benar, baik dan bermanfaat.
    Bahwa pentingnya model bisnis dalam menjalankan bisnis apapun baik produk maupun jasa. Baik online, konvensional maupun waralaba. Masing masing mempunyai kekurangan dan kelebihan nya.

    BalasHapus
  2. Nama : Rosada Tri Asnada
    NIM : 41415110052

    Setiap manusia memiliki kehidupannya masing-masing. Jalan menuju kesuksesesan yang digunakan oleh manusia juga sangat beragam.

    BalasHapus
  3. Nama : Sulistianto
    NIM : 41617110021

    Artikel yang cukup bagus, karena dalam model bisnis kita dapat menentukan beberapa hal seperti market place, pelayanan, berlangganan, add value.

    BalasHapus
  4. Nama : Yusup Maulana

    NIM : 41416120114


    Model dalam berbisnis sangt penting, agar bisnis yang kita bangun tidak monoton atau itu-itu saja

    BalasHapus
  5. Nama : Anenaya Nurul Afifah
    NIM : 43218110265

    Menurut saya artikel ini sangat bagus. Rencana dalam dunia bisnis dapat juga dikatakan sebagi model bisnis dari perusahaan yang ingin kita buat. Model Bisnis didefinisikan sebagai model yang menjabarkan bagiamana sebuah perusahaan bergerak dalam mendapatkan keuntungan.

    BalasHapus
  6. Nama : Ezra Feroza Dwi Antono
    NIM : 41617120059

    Artikel sangat bagus dan menarik pada dasarnya model bisnis sangat diperlukan dalam menjalankan bisnis. dengan adanya model bisnis mampu memiliki rencana matang dan disusun dengan rapi sehingga hambatan dapat dilalui dan akan mendapatkan kesuksesan

    BalasHapus
  7. Nama : Saripudin
    Nim : 41617110111

    Sangat Bermanfaat Khusus nya bagi saya yang baru menjelajahi dunia bisnis.

    BalasHapus