Jumat, April 5

MENGENAL MODEL BISNIS



     Manusia yang berjaya biasanya dikatakan mampu berbisnis dan bisa memanfaatkan peluang bisnis, dan pada akhirnya menciptakan lapangan kerja dengan bisnisnya.
Dengan begitu model bisnis seperti apa yang biasanya dipilih para pembisnis sukses?, mari lihat dan coba terapkan model bisnis yang sesuai dengan negara yang ditinggali agar sesuai dengan kehidupan yang dijalani.
      Model Bisnis didefinisikan sebagai model yang menjabarkan bagaimana sebuah perusahaan bergerak dalam mendapatkan keuntungan. Sangat banyak model bisnis yang dapat diterapkan pada sebuah perusahaan, namun model bisnis yang bagaimana yang akan dipilih pasti akan menentukan keuntungan pasar perusahaan.
Ada 12 macam-macam model bisnis :
1.      Freemium
Model bisnis untuk startup ini menggabungkan dua kata: free dan premium.
Sistemnya yang cukup simpel menjadi daya tarik tersendiri dari model bisnis freemium.
Sistem kerja dari model bisnis ini adalah memberikan secara gratis sejumlah layanan dasar dari usaha mereka. Ketika ada konsumen yang ingin mendapatkan layanan yang lebih baik, maka barulah muncul skema biaya atau tarif kepada mereka.
Contoh startup yang menerapkan model ini adalah Urbanhire.


2.      Berlangganan
Model bisnis ini biasanya digunakan oleh mereka yang menyediakan konten-konten menarik. Seperti e-book, majalah digital, musik streaming, dan film.
Konsumen akan dikenakan tarif bulanan hingga tahunan untuk bisa menikmati layanan ini. Contoh startup di model ini adalah Scoop.
3. On-Demand
Model bisnis untuk startup yang satu ini tengah menjadi primadona di tanah air, juga dunia. Pasalnya, mereka memang menyediakan jasa yang bisa memenuhi kebutuhan pasar.
Dari mulai layanan transportasi online seperti Uber, Gojek, atau Grab yang sangat dibutuhkan masyarakat di perkotaan. Hingga layanan on-demand yang menyediakan  keperluan rumah tangga seperti Ahlijasa, Seekmi, atau Beres.
4. Penjualan Langsung
Dalam bisnis online ini Anda hanya bertugas membuat dan memproduksi hal-hal yang diminati pasar. Untuk penjualan dan pemasaran akan menggunakan jasa orang lain dengan imbalan komisi dari hasil penjualan.
5. Barang Customized
Kreativitas menjadi poin yang “dijual” oleh pelaku startup yang satu ini. Mereka menyediakan produk dasar yang kemudian bisa dikustomasi oleh konsumen.
Kemudian pihak startup akan menyediakan variasi dari produk dasar tersebut yang tentu saja punya harga yang berbeda.


6. Marketplace
Marketplace menjadi model bisnis untuk startup yang termasuk favorit. Anda cukup menyediakan tempat untuk mempertemukan penjual dan pembeli.
Contohnya adalah Tokopedia dan Bukalapak.
7. Lelang Balik
Jika Anda sudah mengenal situs lelang eBay, maka model bisnis ini punya sistem kerja yang terbalik dari situs yang sudah dikenal di dunia tersebut. Pihak pembeli justru berperan laiknya penjual yang ada di situs eBay. Salah satu startup yang sukses di model ini adalah Priceline.
8. Software as A Service (SaaS)
Model bisnis untuk startup ini cocok dipasarkan kepada para pengusaha, bukan perseorangan. Karena yang ditawarkan adalah jasa penyewaan perangkat lunak yang biasanya banyak digunakan oleh para pengusaha. Ada skema penyewaan yang harus dibayar klien kepada penyedia jasa ini.
9. e-Commerce
Model bisnis yang ini terlihat sangat old-school. Polanya sudah diterapkan sejak era internet memasuki kehidupan manusia. Penjual akan langsung mendapatkan keuntungan dari produk yang mereka jual di situs mereka.

10. Periklanan
Dalam model bisnis ini Anda akan menyediakan jasa penempatan iklan pada situs atau aplikasi yang diinginkan. Tentu saja yang sesuai dengan target market dari produk yang diiklankan. Mendapatkan uang dari iklan adalah satu hal yang mudah dan simpel. Meskipun hitungan satu klik iklan hanya beberapa rupiah saja, tapi jika dikalikan ribuan klik dan puluhan iklan yang dipasang maka nilainya akan tetap besar juga.
11. Afiliasi
Pola ini mengandalkan link yang diberikan oleh pihak yang ingin dibantu memasarkan produk mereka. Dari setiap produk yang terjual melalui link yang diberikan, produsen akan memberikan komisi sesuai dengan yang sudah disepakati di awal.
12. Pay-Per-Use
Bisnis ini cukup menarik dilakukan karena menawarkan sesuatu yang berbeda. Konsumen hanya membayar sesuai yang mereka gunakan dalam kurun waktu tertentu.

             Pada umumnya model bisnis memang menentukan keuntungan pasar pada bisnis yang dijalankan, namun tentukan juga target bisnis yang akan dijalankan, sehingga bisnis dengan model bisnis bisa berjalan sesuai.
Misalnya bisnis online, untuk bisnis online model bisnisnya ya sudah termasuk kedalam model bisnis E-commerce.

     Masalah pada umumnya saat menjalankan bisnis adalah kurang kepercayaan diri. Banyak pengusaha yang kurang percaya diri untuk mengakui bahwa ia memiliki sebuah bisnis.
Kalau permasalahan dalam menjalankan bisnis karena problem tersebut maka pilihlah model bisnis yang dapat menutupi dan menunjang bisnis yang dijalankan. Seperti mencoba percaya diri dengan menjadi pengusaha dan memilih model bisnis yang sesuai dengan kemampuan serta target dari bisnis itu sendiri.
Dengan mengenali model bisnis pembisnis akan mampu menjalankan bisnis dengan baik. Serta konsisten dalam menjalankan bisnis dan penerapan model bisnis bisa membuat pergerakan dalam bisnis mencapai keuntungan. Steve jobs berpesan kita tidak selalu bisa memprediksi apa yang akan terjadi di masa depan. Namun, yang perlu kita pahami adalah selalu belajar dari pengalaman untuk maju dan menjadi seorang individu yang lebih baik di masa depan.



DAFTAR PUSTAKA
https://zahiraccounting.com/id/blog/apa-itu-model-bisnis-dan-seberapa-pentingnya/
https://www.duniakaryawan.com/bisnis/model-bisnis-untuk-startup/
https://rhiel.id/pengertian-e-commerce/
https://www.jurnal.id/id/blog/2017-6-masalah-bisnis-yang-sering-terjadi-dan-bagaimana-solusinya/
https://www.cekaja.com/info/catat-11-kata-kata-motivasi-ini-bikin-semangat-berbisnis/

23 komentar:

  1. NAMA : FREDI WIBOWO
    NIM : 41617110115

    Artikelnya bagus, saya jadi mengetahuin macam macam model bisnis.

    BalasHapus
  2. Nama: Suhardianto Noor
    Nim: 43217120172

    Artikel tersebut sangat bagus, saya masih harus banyak belajar untuk bisa mengerti lebih jauh tentang model-model bisnis apa saja yang saat ini berkembang.

    BalasHapus
  3. Nama : Ratu Nasia Nastashia Sakina
    NIM : 41118110154

    Artikel yang bagus, mengajarkan pembaca untuk mengenal lebih dalam model bisnis itu seperti apa, sehingga membuat pemula mengerti dan bisa memilih bisnis yg baik.

    BalasHapus
  4. Nama : Puspa Rahayu
    Nim : 43117110268

    dari artikel diatas memberitahukan untuk para pembaca bahwa model bisnis ada berbagai macam, sehingga untuk para pemula yang akan membuka usaha bisnis bisa memilih bisnis apa yang bagus dan menguntungkan

    BalasHapus
  5. NAMA : SANDRO HANDIKA
    NIM : 41617110108

    Artikel yang cukup bagus karna mengenalkan tentang model-model bisnis agar membantu orang-orang yang mau memulai berbisnis.

    BalasHapus
  6. Nama : Helena Mutiara H
    NIM : 43218110214

    Artikel ini sungguh menarik. kita tidak selalu bisa memprediksi apa yang akan terjadi di masa depan. Namun, yang perlu kita pahami adalah selalu belajar dari pengalaman untuk maju dan menjadi seorang individu yang lebih baik di masa depan.

    BalasHapus
  7. Nama : Muhammad Husein Rifa'i
    Nim : 41617110054

    Artikel yang cukup bagus

    BalasHapus
  8. Nama : Fadjar Imaniar
    Nim : 43117010001

    Artikel ini sangat benar, baik dan bermanfaat.
    Dengan mengenali model bisnis pembisnis akan mampu menjalankan bisnis dengan baik. Serta konsisten dalam menjalankan bisnis .

    BalasHapus
  9. Nama : abdul hadi hadzami
    Nim : 41318110064

    Artikel ini sungguh menarik. kita tidak selalu bisa memprediksi apa yang akan terjadi di masa depan. Namun, yang perlu kita pahami adalah selalu belajar dari pengalaman untuk maju dan menjadi seorang individu yang lebih baik di masa depan.

    BalasHapus
  10. NAMA:YORGIGANDA

    NIM:41916120058
    Artikel ini sangat benar, baik dan bermanfaat.
    Dengan mengenali model bisnis pembisnis akan mampu menjalankan bisnis dengan baik.

    BalasHapus
  11. Nama : Muhammad Refiansyah
    NIM : 41617110113
    Artikelnya sangat bermanfaat, jadi untuk pembisnis yang awam bisa mengerti macam macam model bisnis

    BalasHapus
  12. Nama: Rosliana jhon febri s
    NIM: 43117110141

    artikel yang sangat bermanfaat, menerangkan berbagai macam jenis model-model bisnis dan menerangkan dengan mengenali model bisnis pembisnis akan mampu menjalankan bisnis dengan baik. Serta konsisten dalam menjalankan bisnis dan penerapan model bisnis

    BalasHapus
  13. Nama : Zahrawani Ilmi Pradina
    NIM : 43218110083
    Artikel yang sangat bermanfaat, setelah membaca artikel ini, saya dapat mengetahu macam-macam model bisnis.

    BalasHapus
  14. Nama : Dinda Juliskha Yanti
    Nim : 43218110220

    Menurut stya ,
    Artikel ini sangat benar, baik dan bermanfaat.
    Dengan mengenali model bisnis pembisnis akan mampu menjalankan bisnis dengan baik. Serta konsisten dalam menjalankan bisnis .
    Terimakasih.

    BalasHapus
  15. Nama: Saripudin
    Nim: 41617110111

    Artikel yang bagus ,memberi tahu pembaca tentang macam macam bisnis terutama bagi pemula yang ingin berbisnis.

    BalasHapus
  16. Nama: Hana Kartika
    Nim : 42317110015
    Artikel yang bermanfaat memberikan pemahaman untuk menjalankan bisnis yang baik.

    BalasHapus
  17. Nama : Satriya Ramahdika Utama
    NIM : 41413120157

    Kreativitas dan inovasi tak harus berasal dari ide yang besar, bahkan ia bisa muncul dari ide-ide yang kecil. Namun, bagi sebagian orang, ide-ide kecil ini berakhir begitu saja tanpa rencana untuk dimanifestasikan. Dengan mengerti cara sederhana untuk merealisasikan ide-ide “kecil” yang Anda miliki, akan bisa mengubahnya menjadi cetusan inovasi dan kreativitas.
    Terimakasih

    BalasHapus
  18. Nama : Feralvin Satria Lanusa H
    NIM : 41617110045

    Artikelnya cukup mambantu.

    BalasHapus
  19. Nama : Rima Apriyana
    Nim : 43117110171

    Artikel tersebut menjelaskan tentang macam-macam model bisnis. Model Bisnis didefinisikan sebagai model yang menjabarkan bagaimana sebuah perusahaan bergerak dalam mendapatkan keuntungan.

    BalasHapus
  20. Nama: Devi Widya Winata
    NIM : 43217120173

    Artikel yang menarik, dalam mencoba model bisnis yang perlu kita pahami adalah selalu belajar dari pengalaman untuk maju dan menjadi seorang individu yang lebih baik di masa depan.

    BalasHapus
  21. Nama : Nurring Tyas

    Nim : 41617110119

    Artikel diatas sangat bagus karena dapat menambah wawasan tentang macam - macam model bisnis yang ada dan penjelasanya cukup membuat orang awam mengerti apa maksud dari model itu.

    BalasHapus
  22. NAMA : IRMA JELITA NURAINI
    NIM : 44218120122

    Artikel yang sangat mengedukasi dan membuka wawasan saya dalam memahami cakupan beberapa model bisnis yang tidak saya ketahui selama ini.

    BalasHapus
  23. Nama:Anggi Yos Indra
    NIM:41617110049

    Dari artikel ini kita bisa mempelajari beberapa model bisnis yang ada, sehingga kita bisa mengetahui alternati-alternatif yang ditawarkan untuk kita lakukan sesuai dengan kebutuhan.

    BalasHapus