Selasa, April 9

Model Bisnis E-Commerce

   Perkembangan internet tidak hanya untuk sarana informasi maupun entertainment, namun saat ini banyak digunakan untuk transaksi secara online. Perkembangan ini didukung oleh industri hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak) yang tidak lepas dari semakin tingginya kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan yang berhubungan dengan internet.
Pemanfaatan internet dalam dunia bisnis lebih dikenal dengan istilah ‘electronic commerce’.
Definisi electronic commerce (e-commerce) menurut Laudon & Laudon (2009) adalah suatu proses membeli dan menjual produk-produk secara elektronik oleh konsumen dan dari perusahaan ke perusahaan dengan komputer sebagai perantara transaksi bisnis. E-commerce berguna dalam mengurangi biaya administrasi dan waktu siklus proses bisnis, dan meningkatkan hubungan dengan kedua mitra bisnis dan pelanggan.
Bisnis E-commerce
E-commerce didefinisikan sebagai proses pembelian, penjualan, mentransfer atau bertukar produk, jasa atau informasi melalui jaringan komputer melalui internet (Kozinets et al., 2010).
Telah disebutkan, bahwa teknologi saat ini memungkinkan kita untuk melakukan pemasaran apapun dengan bantuan internet. Oleh karena itu, dunia mengakui konsep baru aktivitas bisnis, yaitu dengan cara online. Salah satu keuntungan dalam menggunakan sumber internet untuk berhubungan dengan pelanggan adalah pengiriman data yang cepat dan informasi antara orang yang terlibat (Kozinets et al., 2010).
Dalam banyak kasus, sebuah perusahaan e-commerce bisa bertahan tidak hanya mengandalkan kekuatan produk saja, tapi dengan adanya tim manajemen yang handal, pengiriman yang tepat waktu, pelayanan yang bagus, struktur organisasi bisnis yang baik, jaringan infrastruktur dan keamanan, desain situs web yang bagus, beberapa faktor yang termasuk:
1. Menyediakan harga kompetitif
2. Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
3. Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
4. Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
5. Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
6. Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
7. Mempermudah kegiatan perdagangan
Enam dimensi keberhasilan sistem informasi menurut DeLone & McLean (2004) Yang dapat diterapkan juga pada lingkungan e-commerce adalah sebagai berikut:
1. Kualitas Sistem dalam lingkungan Internet. Dimana karakteristik sistem e-commerce dapat diukur sesuai kegunaan, ketersediaan, kehandalan, kemampuan beradaptasi, dan waktu respon (misalnya, waktu download dan proses data).
2. Kualitas Informasi dalam menangkap isu konten e-commerce. Jaringan konten harus dipersonalisasi, lengkap, relevan, mudah dimengerti, dan aman jika calon pembeli atau pemasok memulai transaksi melalui internet.
3. Kualitas layanan. Dukungan keseluruhan disampaikan oleh penyedia layanan, terlepas dari apakah dukungan tersebut disampaikan oleh departemen sistem informasi atau unit organisasi baru atau mungkin secara outsourcing ke penyedia layanan internet.
Contoh Kasus

Tokopedia.com merupakan salah satu pusat perbelanjaan daring di Indonesia yang mengusung model bisnis marketplace. Tokopedia memungkinkan setiap individu, toko kecil, dan brand untuk membuka dan mengelola toko daring.


Daftar Pustaka
Pradana, 2015. Klasifikasi Jenis-Jenis Bisnis E-Commerce Di Indonesia. Universitas Telkom Bandung. Vol. 9. Dalam : http://download.portalgaruda.org/article.php?article=433592&val=7695&title=KLASIFIKASI%20JENIS-JENIS%20BISNIS%20E-COMMERCE%20%20DI%20INDONESIA (diunduh, 25 Maret 2018)
Wibowo, 2011. Peluang Bisnis. Bisnis Online Website E-Commerce. STMIK AMIKOM YOGYAKARTA. Dalam : download.portalgaruda.org/article.php?article=90523&val=5001 (diunduh, 25 Maret 2018)
Suherman, 2010. Bisnis Internet (E-Commerce). STMIK AMIKOM YOGYAKARTA. Dalam : https://anzdoc.com/bisnis-internet-e-commerce.html (diunduh, 25 Maret 2018)

17 komentar:

  1. Nama : Muhammad Husein Rifa'i
    Nim : 41617110054

    Sangat bermanfaat sekali, thanks

    BalasHapus
  2. NAMA : Anggi Wahyu Guntara
    NIM : 41117110111

    Memang benar untuk jaman sekarang ini sudah memasuki milenial.. dimana segala sesuatu akan dibikin jadi mudah dan se efisien mungkin,. contohnya yang lagi marak saat ini seperti bisnis e-commerce, dimana kita di mudahkan melalui internet seperti berbelanja online.

    BalasHapus
  3. NAMA:YORGIGANDA
    NIM:41916120058

    menurut saya program e-commerce sangat memudahkan kita menjadi lebih praktis dan melek teknologi

    BalasHapus
  4. Nama: Muhammad Refiansyah
    NIM: 41617110113

    artikel ini sangat bagus, untuk memahami betapa mudahnya hidup kita karna adanya e-commerce

    BalasHapus
  5. Nama : Saripudin
    Nim: 41617110111

    Bagus, Tapi menurut saya akan lebih lengkap kalau di perjelas dan perbnyak jenis dan contohnya pada bisnis e-comerce.
    sebagai contoh :
    Toko Online di Media sosial : Berjualan di Face book dan Instagram.
    Banyaknya konsumen yang bisa dijangkau melalui media sosial juga membuat bisnis e-commerce ini cukup populer di kalangan pebisnis.

    BalasHapus
  6. Nama : Ricco Yudistira
    Nim : 41617110077

    artikel ini sangat bagus, untuk memahami E commerce

    BalasHapus
  7. Nama: Rosliana jhon febri s
    NIM: 43117110141

    artikel yang bagus, menerangkan untuk electronic commerce (e-commerce)Perkembangan internet tidak hanya untuk sarana informasi maupun entertainment, namun saat ini banyak digunakan untuk transaksi jual, beli dan transafer secara online.

    BalasHapus
  8. Nama : Anenaya Nurul Afifah
    NIM : 43218110265

    Menurut saya artikel inii sangat bagus karena pada saat ini perkembangan internet tidak hanya untuk sarana informasi maupun entertainment, namun saat ini banyak digunakan untuk transaksi secara online.

    BalasHapus
  9. Nama : Zahrawani Ilmi Pradina
    NIM : 43218110083
    Saat ini bisnis e-commerce memang sedang banyak digandrungi untuk membeli dan menjual produk secara online. Selain itu e-commerce sangat praktis serta mengutamakan efisiensi.

    BalasHapus
  10. Nama : Satriya Ramahdika Utama
    NIM : 41413120157

    Dari artikel diatas kita dapat mengambil kesimpulan bahwa, kreatif dan inovatif itu sangatlah diperlukan dalam kehidupan sehari hari. Karena kreatif dan inovatif itu sangat menentukan kualitas hidup kita. Apalagi dalam bidang kewirausahaan, untuk memiliki jiwa yang kreatif inovati karena keduanya akan menentukan hasil usaha kita.

    BalasHapus
  11. Nama : Feralvin Satria Lanusa H
    NIM : 41617110045

    Artikel yang cukup bagus.

    BalasHapus
  12. Nama : Rima Apriyana
    Nim : 43117110171

    Dapat kita simpulkan internet tidak hanya untuk sarana informasi maupun entertainment, namun saat ini bisa digunakan untuk transaksi secara online. Dengan adanya E-commerce dapat mempermudah proses jual-beli.

    BalasHapus
  13. Nama : Nurhadi Budi Santoso.Y
    Nim : 41617110063
    Artikel yang sangat bermanfaat dan dimana segala sesuatu akan menjadi mudah/praktis dan se efisien mungkin.dimana saat ini banyak digunakan untuk transaksi jual, beli dan transafer secara online.

    BalasHapus
  14. Nama: Devi Widya Winata
    NIM : 43217120173

    Artikel yang bagus dapat memberikan wawasan bagi kita dalam belajar bisnis di e-commerce.

    BalasHapus
  15. Nama : Nurring Tyas

    Nim : 41617110119



    saya setuju dengan artikel diatas, dimana Perkembangan internet tidak hanya untuk sarana informasi maupun entertainment, namun saat ini banyak digunakan untuk transaksi secara online. Perkembangan ini didukung oleh industri hardware dan software, dengan adanya kemudahan itu menjadikan banyaknya aplikasi e-commerce diluncurkan.

    BalasHapus
  16. NAMA : IRMA JELITA NURAINI
    NIM : 44218120122

    Artikel yang cukup menarik, menjelaskan bahwa seiring perkembangan teknologi dan informasi kegiatan transaksi dan jual beli berbagai produk bisa dengan mudah dilakukan dengan memanfaatkan jaringan internet. Berbagai platform layanan internet pun mulai bermunculan dengan berbagai kemudahan. Sebagian besar masyarakat saat ini pastinya sudah memulai bisnis melalui internet.

    BalasHapus
  17. Nama : Avip Wijayanto
    Nim : 4161711053
    Artikel ini sangat bagus karena mampu mengenalkan bisnis yang sekarang ada tetapi tidak mengetahui pengertian dari bisnis tersebut. E-Commerce adalah langkah untuk menuju perekonomian dengan kemauan teknologi.

    BalasHapus