Jumat, April 5

Model Bisnis


Oleh: Rofiqoh Awaliyah (M22-Rofiqoh)

Abstrak Maraknya bisnis online terjadi dikerenakan berkembangan tingkat pengetahuan manusia serta berkembang teknologi yang membuat peluang usaha semakin besar. Namun sebelum maraknya bisnis online, terdapat bisnis konvensional yang merupakan dasar dalam berbisnis. Selain itu ada pula bisnis warabala.


Kata Kunci: Model Bisnis, Konvensional, E-Commerce, Waralaba

Masih ingatkah kalian? Pada jaman dahulu kita bertransaksi menggunakan sistem barter untuk memenuhi kebutuhan. Jaman terus berganti dan semakin maju, kini semua orang telah mengenal sistem mata uang dan mulailah dikenal kosakata harga. Harga adalah sebuah jumlah yang harus dibayarkan seseorang untuk mendapatkan sebuah barang. Jika pada jaman dahulu kegiatan jual-beli banyak dilakukan di pasar atau pusat-pusat perbelanjaan, maka kini tempat untuk berjualan telah merambah ke dunia maya. Kita dapat melakukan aktifitas jual-beli hanya dengan terhubung dengan dunia maya. Hal ini sangat membantu bagi manusia, khususnya untuk para business karena mendapat profit lebih dibandingkan dengan bisnis offline.

Konvensional atau yang lebih sering dikenal dengan bisnis offline adalah kegiatan atau transaksi jual-beli yang dilakukan secara langsung, bertatap muka antara penjual dengan pembeli. (Wahono, 2017).
Bisnis offline ini memiliki tempat usaha sendiri dan memiliki stok produk yang lumayan banyak sehingga tidak perlu khawatir kehabisan. Selain itu kelebihan dari bisnis offline ini adalah pembeli dapat melihat sendiri kualitas dan kuantitas produk yang akan dibeli dan lebih mampu menjaga kepercayaan, kualitas serta loyalitas konsumen, karena minimnya penipuan yang terjadi.

Namun untuk membuka bisnis konvensional ini membutuhkan modal yang tidak sedikit karena bisnis ini membutuhkan tempat dan juga produk yang tidak sedikit. Lalu, bisnis konvensional memiliki jangkauan pemasaran yang terbatas karena untuk memperluas pemasaran dibutuhkan pembukaan cabang didaerah lain serta bisnis ini masih direpotkan dengan segala perizinan untuk menjalani usaha.

Kemudian dijaman ini ada pula bisnis yang melibatkan transaksi online yaitu bisnis E-Commerce. E-commerce adalah pendekatan baru dalam dunia bisnis secara elektronik dan menggunakan jaringan dan internet. Dengan cara ini proses jual beli atau pertukaran produk, jasa dan informasi melalui komputer melakukan komunikasi dan jaringan termasuk internet (Turban et al., 2006 dalam Pradana, 2015).

E-commerce didefinisikan sebagai proses pembelian, penjualan, mentransfer atau bertukar produk, jasa atau informasi melalui jaringan komputer melalui internet. Dengan aktivitas bisnis secara e-commerce, maka perusahaan dapat memperluas aktivitas dan menjangkau konsumen dengan lebih mudah. Juga proses transaksi yang selama ini sifatnya konvensional menjadi lebih modern dengan tersedianya transaksi online. (Pradana, 2015)

Kelebihan lainnya adalah bisnis ini tidak perlu memiliki modal yang besar dan cocok untuk para pemula bisnis. Namun bisnis ini lebih memakan waktu karena membutuhkan waktu beberapa saat untuk mengirimkan kepada konsumen, lalu tingkat kepercayaan pembeli masih belum kuat karena produk yang dijual tidak dapat dilihat langsung oleh pembeli. Selain itu pengaruh maraknya penipuan bisnis online menjadi rintangan dalam bisnis, sehingga peluang usaha secara online masih rawan penipuan baik pembeli maupun penjual.

Selain bisnis konvensioal dan E-Commerce, usaha waralaba atau franchise juga sangat diminati. Awalnya usaha ini tidak dikenali oleh warga Indonesia namun. Karena pengaruh globalisasi, maka franchise masuk dalam tatanan hukum dan budaya masyarakat Indonesia. Istilah franchise selanjutnya menjadi istilah yang akrab denggan masyarakat, khususnya masyarakat bisnis Indonesia dan menarik perhatianbanyakpihakuntukmendalaminya.

Kemudian istilah franchise dicoba diIndonesia-kan dengan istilah “waralaba” yang diperkenalkan pertama kali oleh Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Manajemen (LPPM). Waralaba berasal dari kata “wara” (lebih atau istimewa) dan “laba” (untung), sehingga waralaba berarti usaha yang memberikan laba lebih atau istimewa (Sutedi, 2008).

Sumardi dalam Rivai (2012) dari sisi bisnis mendefinisikannya sebagai “suatu metode pendistribusian barang dan jasa kepada masyarakat konsumen, yang dijual kepada pihak lain yang berminat. Pemilik dari metode ini disebut franchisor, sedangkan pembeli yang berhak menggunakan metode disebut franchisee”.

Menurut Gurnick dalam Margono dan Angkasa dalam Rivai (2012), waralaba adalah model yang paling disukai para pelaku bisnis karena metodenya yang efektif dalam menyuplai sebuah model khusus kepada pasar dengan cara pembelian hak untuk mengcopy kekayaan intelektual yang dimiliki franchisor yang berupa merupa merk dagang, produk dan informasi rahasia dengan memberikan dukungan kepada franchisee dalam bentuk memberikan dukungan pelatihan, stratategi pemasaran, grup periklanan dan pengaturan pembeliannya.

Contoh waralaba yang sekarang sedang berkembang pesat ialah Indomaret dan Alfamart, bahkan keduanya saling bersaing dan menjadi polemik yang berkepanjangan dalam pengembangan bisnis retail/eceran antara retail modern, pedagang pasar tradisional dan pedagang warungan serta pedagang kaki lima (PKL).

Banyak keuntungan dalam berbisnis waralaba diantaranya adalah:
1.    Telah terbangunnya managemen bisnis, karena berbisnis di bawah bendera bisnis lain yang sudah memiliki reputasi yang bagus. Ide, penamaan dan manajemen suatu bisnis telah di uji coba sebelumnya dan siap untuk di implementasikan pada lokasi yang baru
2.    Dikenal masyarakat Pemasaran bisnis waralaba cenderung lebih mudah, karena bisnis sebelumnya lebih terdahulu di kenal masyarakat. Dengan kata lain, biaya dan tenaga yang diperlukan untuk membangun reputasi bisnis tersebut jauh lebih sedikit dibandingkan dengan membangun bisnis baru.
3.     Kemudahan dalam manajemen finansial. Investor cenderung lebih suka untuk memberikan modal pada bisnis yang telah kokoh dari segi finansial dan jaringan pemasaran. Dengan menggunakan bisnis waralaba, sistem manajeman finansial telah di tetapkan oleh pemilik waralaba utama, sehingga kita tidak perlu dipusingkan lagi dengan manajemen finansial seperti membangun bisnis baru.
4. Telah terbangunnya kerjasama bisnis. Orang yang membeli waralaba bisa mendapatkan keuntungan kerjasama yang telah terbangun sebelumnya oleh pemilik waralaba. Contohnya kerjasama dengan pemasok bahan baku, pihak periklanan dan juga pemasaran.
5.     Kuatnya dukungan dan keamanan. Pemilik waralaba biasanya akan memberikan pelatihan seperti manajemen finansial, pemasaran, periklanan dan lain lain. Hal – hal seperti ini biasanya sudah termasuk dalam paket pembelian waralaba.

Selain keuntungan dalam berbisnis waralaba tentunya ada pula kekurangannya, diantaranya adalah:
1.  Kurang kendali. Salah satu kekurangan dari bisnis waralaba adalah kurangnya kendali dari pembeli waralaba terhadap bisnisnya sendiri, karena semua sistem telah ditentukan oleh pemilik waralaba. Sehingga ruang gerak pembeli waralaba sangat terbatas. Ide-ide untuk berkreatifitas pun terkadang tidak bisa diaplikasikan, karena adanya perjanjian-perjanjian khusus.
2. Terikat dengan supplier. Untuk mendapatkan keuntungan yang mencukupi, tentunya setiap pengusaha menginginkan modal yang kecil. Salah satu caranya adalah mencari supplier yang murah. Dengan menggunakan sistem waralaba, pihak pemasok barang pun telah ditentukan. Sehingga kita tidak bisa memilih lagi supplier yang lebih murah.
3.     Ketergantungan pada reputasi. Salah satu kekurangan terbesar dari waralaba adalah tergantungnya reputasi waralaba terhadap waralaba yang lain. Jika waralaba yang lain melakukan kesalahan yang mengakibatkan rusaknya reputasi, maka hal ini juga akan mempengaruhi waralaba yang anda kelola.
4.    Biaya waralaba. Pihak pemilik waralaba akan mengajukan biaya awal untuk membeli perjanjian waralaba. Kemudian biaya lanjutan untuk pelatihan dan dukungan bagi para pembeli waralaba.
5.    Pemotongan keuntungan. Pembeli waralaba di haruskan untuk membayar royalti dari sejumlah keuntungan yang didapatkan. Jika keuntungan yang didapatkan sedikit, berarti keuntungan tersebut akan dipotong untuk menutupi biaya ini.

Kesimpulan
Dari artikel ini telah kita ketahui bahwa ada tiga jenis bisnis yaitu bisnis konvensional, bisnis E-commerce dan bisnis waralaba. Ketiga model bisnis ini memiliki keuntungan dan kelebihannya sendiri. Namun apapun model bisnis yang kita pilih untuk kita jalani, akan berhasil jika dimanage dengan tepat.

Daftar Pustaka
Pradana, Mahir. 2015. Klasifikasi Jenis-Jenis Bisnis E-Commerce Di Indonesia. Jurnal Neo-bis.                                                            Volume 9, No. 2, Desember 2015. Dalam http://journal.trunojoyo.ac.id/neo-bis/article/download/1271/1095 (Diakses 04 April 2019)

Wahono, Budi. 2017. Pengertian Bisnis Online dan Bisnis Konvensional. Dalam

Rivai, M. Muchtar. 2015. Pengaturan Waralaba Di Indonesia: Perspektif Hukum Bisnis. Jurnal Liquidity. Vol. 1, No.2, Juli-Desember 2012. Htm 159-166. Dalam http://ojs.stiead.ac.id/index.php/LQ/article/download/146/111/ (Diakses 03 April 2019)

Anonim. 2018. Mengenal Perbedaan Bisnis Konvensional VS Digital, Lebih Efektif Mana?. Dalam https://www.smartbisnis.co.id/content/read/belajar-bisnis/implementasi-bisnis/mengenal-perbedaan-bisnis-konvensional-vs-digital-lebih-efektif-mana (Diakses 03 April 2019)

Anonim. 2019. Tips Keuntunagn Dan Kekurangan Bisnis Waralaba. Dalam https://www.franchise-expo.co.id/Press/Tips/Keuntungan-Dan-Kekurangan-Bisnis-Waralaba/ (Diakses 03 April 2019)

27 komentar:

  1. Nama: Suhardianto Noor
    Nim: 43217120172

    Artikel tersebut sangat bagus, karena dengan berkembangannya jaman yang makin maju, banyak sekali model bisnis baik itu offline maupun online. Sekarang usaha sudah banyak yang menggunakan sistem online agar lebih mudah dalam bertransaksi jual belinya.

    BalasHapus
  2. Nama : Rosada Tri Asnada
    NIM : 41415110052

    Artikel yang bagus yang lengkap. Sangat menarik.

    BalasHapus
  3. Nama : Ratu Nasia Nastashia Sakina
    NIM : 41118110154

    Artikel yang sangat bermanfaat dan membantu karena kita bisa mengetahui jenis-jenis bisnis serta keuntungan dan kelebihannya, sehingga menambah wawasan pembaca.

    BalasHapus
  4. Nama : Puspa Rahayu

    dari artikel di atas kita bisa tahu macam-macam jenis bisnis, yaitu bisnis konvensional, bisnis E-commerce dan bisnis waralaba. dari ketiga bisnis tersebut kita bisa tahu keuntungan dan kelebihan masing" .

    BalasHapus
  5. Nama : Cindy
    NIM : 43218110114

    menurut saya artikel ini sangat lengkap karena dijelaskan berbagai jenis bisnis serta keuntungan dan kelebihannya.

    BalasHapus
  6. Nama : Natan
    NIM : 43117110110

    artikel nya sangat bagus.

    BalasHapus
  7. NAMA : SANDRO HANDIKA
    NIM : 41617110108

    Artikel yang cukup bagus karna mengandung penjelasan mengenai jenis-jenis bisnis dan keuntungan dan kelebihannya

    BalasHapus
  8. Nama : Helena Mutiara H
    NIM : 43218110214

    Artikel ini cukup bagus dengan penjelasan yang terperinci.

    BalasHapus
  9. Nama : Sulistianto
    NIM : 41617110021

    Artikel ini cukup bagus karena kita bisa tahu macam-macam jenis bisnis, yaitu bisnis konvensional, bisnis E-commerce dan bisnis waralaba. dari ketiga bisnis tersebut kita bisa tahu keuntungan dan kelebihan masing" .

    BalasHapus
  10. Nama : Muhammad Husein Rifa'i
    Nim : 41617110054

    Artikel yang cukup bagus dan sangat menambah wawasan

    BalasHapus
  11. Nama : abdul Hadi hadzami
    Nim : 41318110064

    Artikel yang sangat bermanfaat dan membantu karena kita bisa mengetahui jenis-jenis bisnis serta keuntungan dan kelebihannya, sehingga menambah wawasan pembacanya.

    BalasHapus
  12. Nama : Yusup Maulana

    NIM : 41416120114


    Setelh membaca artikel ini sangat menguntungkan bagi saya untuk mengetahuin apa saja model-model bisnis. Dan tentunya sangt bermanfaat untuk para pembaca yang lainnya

    BalasHapus
  13. Nama : Anggi Wahyu Guuntara
    Nim : 41117110111

    Artikel yang bagus dan bermanfaat.
    menambah wawasan

    BalasHapus
  14. Nama : Muhammad Refiansyah
    NIM : 41617110113


    Artikel ini cukup bagus karena kita bisa tahu macam-macam jenis bisnis, yaitu bisnis konvensional, bisnis E-commerce dan bisnis waralaba

    BalasHapus
  15. Nama : Ricco Yudistira
    Nim : 41617110077

    Arikelnya bagus kita jadi tau model model bisnin

    BalasHapus
  16. Nama: Rosliana jhon febri s
    NIM: 43117110141

    artikel yang bagus, dari artikel di atas menurut saya menerangkan berbagai model bisnis dari jaman dahulu sampai sekarang yang terus berkembang karena perkembangan jaman dan teknologi sampai pada sekarang menjadi bisnis e-commerce yang didefinisikan sebagai proses pembelian, penjualan, mentransfer atau bertukar produk, jasa atau informasi melalui jaringan komputer melalui internet.

    BalasHapus
  17. nama : Dinda Juliskha Yanti
    Nim : 43218110220

    Menurut saya ,
    Artikel tersebut sangat bagus, karena dengan berkembangannya jaman yang makin maju, banyak sekali model bisnis baik itu offline maupun online. Sekarang usaha sudah banyak yang menggunakan sistem online agar lebih mudah dalam bertransaksi jual belinya.
    Terimakasih .

    BalasHapus
  18. Nama : Satriya Ramahdika Utama
    NIM : 41413120157

    Mnurut saya kreatifitas adalah modal untuk berinovasi.. tentunya untuk mendapatkan ide ide yang kreatif setiap orang buat penyemangat contohnya seperti , kata kata bijak yang dapat memacu agar seorang dapat berpikir dengan tenang.

    BalasHapus
  19. Nama : Nurhadi Budi Santoso.Y
    Nim : 41617110063
    Artikel yang cukup bagus karna membahas penjelasan mengenai jenis-jenis bisnis dan kita bisa tahu macam-macam jenis bisnis, yaitu bisnis konvensional, bisnis E-commerce dan bisnis waralaba

    BalasHapus
  20. Nama : Rima Apriyana
    Nim 43117110171


    Dari artikel bahwa ada tiga jenis bisnis yaitu bisnis konvensional, bisnis E-commerce dan bisnis waralaba. Ketiganya memiliki keuntungan dan kelebihannya sendiri. Tergantung bagaimana kita sebagai pelaku binis.

    BalasHapus
  21. Nama : Ezra Feroza Dwi Antono
    NIM : 41617120059
    Artikel ini sangat menarik bahwa tiga jenis bisnis yaitu bisnis konvensional, bisnis E-commerce dan bisnis waralaba. Ketiga model bisnis ini memiliki keuntungan dan kelebihannya sendiri. Bgaimana kita mengolah jenis bisnis tersebut,sukses ditentukan oleh diri kita sendiri.

    BalasHapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  23. Nama : Nurring Tyas

    Nim : 41617110119

    artikel ini penyampaiannya cukup mudah untuk dimengerti, dengan berkembangnya zaman dan kebutuhan manusia memunculkan teknologi yang dapat membantu masyarakat modern, yaitu e- commerce. banyak orang yang telah memilih berbelanja di e-commerce daripada konvesional. karena cukup dirasa praktis dan dapat mengcompare harga dari satu toko ke toko yang lainnya.

    BalasHapus
  24. Nama: Devi Widya Winata
    NIM : 43217120173

    Sangat Bagus, dari artikel ini telah kita ketahui bahwa ada tiga jenis bisnis yaitu bisnis konvensional, bisnis E-commerce dan bisnis waralaba. Ketiga model bisnis ini memiliki keuntungan dan kelebihannya sendiri. Namun apapun model bisnis yang kita pilih untuk kita jalani, akan berhasil jika dimanage dengan tepat.

    BalasHapus
  25. NAMA : IRMA JELITA NURAINI
    NIM : 44218120122

    Cukup menambah wawasan dengan banyaknya orang yang memanfaatkan internet secara online baik melalui transaksi via email, media sosial, ataupun live chat, maka bisnis pun menjadi lebih mudah dengan adanya fasilitas online yang banyak dipergunakan saat ini. Dan pelajaran yang bisa diambil dari artikel ini adalah satu satu usaha menyikapi maraknya biisnis online yaitu tetap harus berhati - hati karena penipuan online juga bertambah seiring maraknya bisnis online.

    BalasHapus
  26. nama : yorgi ganda
    nim : 41916120058
    karena dengan berkembangannya jaman yang makin maju, banyak sekali model bisnis baik itu offline maupun online. Sekarang usaha sudah banyak yang menggunakan sistem online agar lebih mudah dalam bertransaksi jual belinya.dari artikel di atas kita bisa tahu macam-macam jenis bisnis, yaitu bisnis konvensional, bisnis E-commerce dan bisnis waralaba. dari ketiga bisnis tersebut kita bisa tahu keuntungan dan kelebihan masing" .

    BalasHapus
  27. Nama: Anggi Yos Indra
    NIM: 41617110049

    artikel yang bagus, dari artikel di atas menurut saya menerangkan berbagai model bisnis dari jaman dahulu sampai sekarang yang terus berkembang karena perkembangan jaman dan teknologi sampai pada sekarang menjadi bisnis e-commerce yang didefinisikan sebagai proses pembelian, penjualan, mentransfer atau bertukar produk, jasa atau informasi melalui jaringan komputer melalui internet.dan kita harus beradaptasi dengan sistem tersebut.

    BalasHapus