April 22, 2019

Penting nya Mengetahui cara berpikir kreatif dan inovatif bagi Pebisnis

ABSTRAK

Pentingnya Mengetahui Cara Berpikir Kreatif Dan Inovatif Bagi Pebisnis.
Seorang pebisnis, harus mengetahui Cara Berpikir Kreatif Dan Inovatif. Mengapa? Maju mundurnya bisnis akan ditentukan oleh kreativitas Anda. Bisa jadi, sebuah bisnis saat ini maju atau berjalan. Namun perubahan akan terur berlanjut.
Bisa jadi, bisnis Anda sudah tidak bisa lagi berkembang akibat perubahan yang ada. Disini, kreativitas Anda diperlukan untuk mengubah cara Anda menjalankan bisnis dan menghasilkan produk atau jasa baru sesuai dengan perkembangan pasar.
Pasar tidak membutuhkan produk atau jasa Anda. Tapi, pasar membutuhkan solusi dan manfaat. Untuk itu, seorang pebisnis harus inovatif, artinya menciptakan produk dan jasa yang diterima oleh masyarakat (pasar). Inovasi tidak selalu harus yang wah, tetapi sejauh mana produk atau jasa Anda bermanfaat untuk sebanyak mungkin orang.
Lalu apa hubungannya kreatif dan inovatif? Inovasi di awali dari sebuah ide. Kemudian mengubah ide itu menjadi sesuatu yang bermanfaat. Nah, ide dihasilkan dari kreativitas. Jadi, kreatif dan inovatif adalah 2 hal yang harus ada pada seorang pebisnis dan saling berhubungan.
Lalu Bagaimana Cara Berpikir Kreatif?
Ada yang bertanya, bagaimana cara berpikir kreatif bukan reaktif. Sebenarnya lawan reaktif itu adalah proaktif bukan kreatif. OK, nanti mungkin akan saya bahas apa itu proaktif. Fokus kita saat ini adalah cara untuk berpikir kreatif terlebih dahulu. Sebab memang ini bahasa kita kali ini.
5 Cara Berpikir Kreatif
Ada banyak cara berpikir kreatif yang bisa Anda kuasai. Berikut adalah 5 cara diantaranya bisa Anda gunakan yang cukup ampuh.
1.       Teknik SKAMPERR. Yaitu teknik menSubtitusi, Kombinasi, Adaptasi, Memperbesar, Penggunaan lain, Eliminasi, Re-arrange (mengatur ulang), dan Reverse (kebalikan).
2.       Asosiasi. Asosiasi adalah menghubungkan satu hal dengan hal lain dan akan menghasilkan ide baru.
3.       Meminjam Pikiran Orang. Teknik menggunakan cara pandang dan wawasan miliki orang lain agar mampu menghasilkan ide yang tak terpikirkan oleh kita.
4.       Membelokan Asumsi. Ini adalah teknik dimana kita akan melepaskan diri dari kungkungan berpikir dengan cara mengubah asumsi.
5.       Dan yang kelima dengan intuisi. Bagaimana mendapatkan ide dengan intuisi Anda.

Cara Cepat Berpikir Kreatif
Bagaimana agar kita bisa cepat mampu berpikir kreatif? Kreativitas itu adalah sebuah skill atau kemampuan. Seperti Anda mengendarai mobil, Anda dengan cepat mengganti persneling karena Anda sudah berlatih dan biasa. Bagi yang belum bisa dan belum biasa, hal itu akan sulit. Begitu juga dengan kreativitas, harus berlatih dan membiasakan. Setelah mahir dan biasa, otomatis Anda akan cepat berpikir kreatif.
Cara Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif
Pada dasarnya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif adalah dengan memperbaiki mental dan kemampuan teknik. Keduanya sangat penting. Jika Anda hanya mempelajari masalah teknis, tetapi mental Anda masih belum kreatif, maka kreativitas Anda akan terhambat. Sebaliknya, orang yang sudah bermental kreatif, tidak mengetahui tekniknya, akan kurang optimal juga.
Langkah pertama adalah Anda harus mengetahui cara mengatasi hambatan berpikir kreatif. Penghambat utama berpikir kreatif adalah tidak mau menerima sesuatu yang baru dan aneh. Ingat, berpikir kreatif adalah menghasilkan sesuatu yang baru, jika Anda tidak mau menerima yang baru, bagaimana ide-ide hebat akan muncul?
5 Cara Melatih Berpikir Kreatif
1.      Gunakan teknik-teknik berpikir kreatif yang Anda pelajari di ebook Anda Pun Bisa Jenius. Semakin dilatih, Anda akan semakin kreatif. Bahkan Anda bisa berpikir kreatif secara otomatis tanpa menggunakan urutan teknis.
2.      Mau membuka diri terhadap pendapat orang lain. Bacalah buku, ikuti seminar, bicaralah dengan orang lain, tanyalah orang lain, dan sebagainya.
3.      Pergilah ke tempat yang belum pernah Anda kunjungi. Agar mata Anda terbuka melihat hal-hal baru.
4.      Latihlah untuk selalu terbuka terhadap ide aneh atau gila sekali pun. Termasuk saat bingung terhadap ide tersebut.
5.      Belajarlah keterampilan baru, yang tidak berhubungan dengan bisnis atau pekerjaan Anda.
Cara Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif
OK, setelah saya melatih kemampuan berpikir kreatif, lalu bagaimana cara mengukut kemampuannya? Mudah, sejauh mana ide-ide kreatif dan inovatif yang Anda hasilkan. Jika masih sedikit, artinya perlu diasah. Mengetahui saja tidak cukup, tetapi harus melatihnya. Kreativitas bukan ilmu, tetapi keterampilan yang perlu dilatih.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar