Jumat, April 5

Perkembangan Teknologi Di Dunia Bisnis



Abstrak

Perkembangan dunia bisnis yang terus meningkat menyebabkan kebutuhan teknologi informasi menjadi semakin berperan dalam menunjang kegiatan bisnis sehari-hari.
Peranan Sistem Informasi sebagai alat bantu dalam melaksanakan kegiatan bisnis menjadi sangat dibutuhkan. Oleh karena itu perusahaan jasa pengembangan sistem informasi memiliki peluang yang sangat besar dalam menawarkan jasa pengembangan sistem informasi. Untuk melakukan pengembangan sistem informasi diperlukan suatu proses yang tepat karena setiap tahapan didalamnya mempunyai keterkaitan. Bilamana tahapan proses ini tidak berjalan dengan baik dan tepat maka akan menimbulkan keterlambatan atau ketidakwajaran dan ketidakefisienan. Untuk memperbaiki proses yang sudah berjalan dapat digunakan rekayasa-ulang proses bisnis. Dengan rekayasa-ulang ini, dapat dilakukan suatu inovasi baru dalam bisnis dimana kebiasaan lama dapat ditinggalkan dan memulainya dengan proses baru yang lebih baik. 

kata kunci : Teknologi, Bisnis, Konvensional, Waralaba, E-commerce

Bisnis Konvensional

Konvensional atau yang lebih sering dikenal dengan bisnis offline adalah kegiatan atau transaksi jual-beli yang dilakukan secara langsung, bertatap muka antara penjual dengan pembeli.

Kelebihan dalam bisnis konvensional : 
1. Pembeli langsung dapat melihat produk yang akan dibeli sehingga pembeli tidak merasa rahgu akan produk yang akan dibeli, pembeli juga dapat memilih produknya sendiri. 
2. Umumnya bisnis konvensional memiliki tempat atau kios sendiri sehingga pembeli dapat mengunjungi kios dan dapat secara langsung bertemu dnengan penjual. 
3. Memiliki banyak stok sehingga apabila sewaktu-waktu pembeli ingin membeli produk, mereka tidak perlu waktu yang lama untuk mendapatkan produk tersebut. 
4. Terjamin, karena selain dapat melihat barang secara langsung, pembeli juga dapat mengetahui penjual secara langsung  (face to face), sehingga tindakan penipuan minim terjadi.

Kekurangan dalam bisnis konvensional :
  1. Lingkup pemasarannya terbatas, jika ingin memperluas lingkup pemasaran, maka harus membuka cabang di berbagai daerah.
  2. Membutuhkan modal yang cukup besar karena biasanya bisnis konvensional memerlukan tempat untuk memasarkan produknya.
  3. Memerlukan banyak stok, ini juga berpengaruh terhadap modal yang dikeluarkan sehingga modal menjadi bertambah.
  4. Apabila pembeli ingin membeli barang, maka harus pergi ke toko tempat dijualnya barang tersebut.

Waralaba 
Yang dimaksud dengan waralaba adalah waralaba jika dalam bahasa Inggris yaitu dari kata “Franchising” dan jika dalam bahasa Francis yaitu “Franchise”, Merupakan hubungan bisnis atau usaha antara pemilik merek, produk maupun sistem operasioal dengan pihak kedua yang berupa pemberian izin dari pemakaian merek, produk dan sistem operasional dalam jangka waktu yang telah di tentukan sebelumnya.
Atau definisi lain dari waralaba adalah bentuk kerjasama bisnis atau usaha dengan memakai prinsip kemitraan, sebuah perusahaan yang sudah mapan baik itu dari segi sistem manajemennya, keuangannya maupun dari marketingnya serta adanya merek dari produk perusahaan yang sudah dikenal oleh masyarakat luas, dengan perusahaan ataupun individu yang memakai merek dari produk maupun sistem tersebut itulah yang disebut dengan waralaba.
Beberapa contoh waralaba
Di Indonesia saat ini waralaba yang sedang berkembang pesat dan juga masih sangat menguntungkan misalnya waralaba pada bidang makanan, contohnya seperti: Wong Solo, CFC, Sapo Oriental, Red Crispy dan masih banyak lagi merek-merek yang lainnya.
Lalu waralaba berbentuk retail mini outlet, misalnya seperti: Indomaret, Yomart, AlfaMart dan masih banyak lagi yang lainnya. Dan waralaba seperti ini telah banyak menyebar ke pelosok daerah. Dan masih banyak contoh waralaba yang lainnya.
jenis-jenis waralaba
Adapun jenis dari waralaba dapat dibagi menjadi 2 (dua), yang diantaranya sebagai berikut ini:
  • Waralaba luar negeri – jenis waralaba ini paling banyak disukai, sebab sistemnya yang sudah jelas, merek produknya sudah diterima oleh masyarakat dunia dan dirasakan jauh lebih bergengsi dari pada yang lainnya.
  • Waralaba dalam negeri – jenis ini juga telah menjadi salah satu pilihan investasi bagi orang yang mempunyai keinginan untuk menjadi seorang pengusaha akan tetapi tidak memiliki atau masih kurang akan pengetahuan mengenai piranti awal dan kelanjutan usaha ini yang disediakan oleh pemilik waralaba (Franchisor).

E-commerce

Secara umum, pengertian E-commerce (perdagangan elektronik) adalah kegiatan jual beli barang/jasa atau transmisi dana/data melalui jaringan elektronik, terutama internet. Dengan perkembangan teknologi informasi dan software, hal ini membuat transaksi konvensional menjadi mungkin untuk dilakukan secara elektronik. Website digunakan sebagai pengganti toko offline. Website ecommerce mencakup berbagai fungsi seperti etalase produk, pemesanan online dan inventarisasi stok, untuk menjalankan fungsi utama sebagai e-commerce Software yang digunakan terpasang pada server e-commerce dan bekerja secara simultan dengan sistem pembayaran online untuk memproses transaksi. Secara umum e-commerce artinya melakukan bisnis melalui jaringan yang saling terhubung (interconnected networks/internet). Untuk semakin memahami mengenai e-commerce. 
Berikut beberapa contoh dari praktek e-commerce:
  • Menerima pembayaran kartu kredit untuk transaksi penjualan online
  • Menghasilkan pendapatan dari iklan online
  • Pertukaran saham melalui broker online
  • Penyaluran informasi kepada perusahaan melalui intranet
  • Penyaluran manufaktur dan distribusi dengan partner melalui ekstranet
  • Melakukan penjualan produk digital melalui website
Transaksi e-commerce terjadi pada banyak ruang lingkup mulai dari bisnis ke bisnis, bisnis ke konsumen, konsumen ke konsumen dan konsumen ke bisnis. Istilah e-commerce atau e-business sering digunakan secara bergantian juga dengan istilah e-tail dalam referensi untuk proses transaksional belanja online.

MANFAAT BISNIS E-COMMERCE

Beberapa manfaat penting yang bisa didapat dari bisnis E-Commerce adalah mampu menekan biaya barang dan jasa serta dapat menyampaikan informasi dengan sangat cepat. Biaya barang dan jasa yang lebih murah serta kecepatan pelayanan yang diberikan, tentu akan meningkatkan kepuasan pelanggan dan pada akhirnya juga akan berdampak pada meningkatnya pendapatan bisnis Anda.
Diatas adalah manfaat bisnis E-Commerce yang didapat oleh penjual (seller), sementara manfaat bisnis E-Commerce yang didapat pembeli (buye) tentu akan jauh lebih banyak, diantaranya adalah :
  • Mencari produk lebih cepat
  • Menghemat waktu dan biaya perjalanan
  • Bisa diakses kapan saja dan dimana saja
  • Mudah dalam melakukan pembayaran
Intinya, baik dari sisi penjual maupun pembeli akan sama-sama mendapatkan untung / manfaat dari bisnis E-Commerce.

CONTOH BISNIS E-COMMERCE

Ada berbagai macam contoh atau jenis-jenis bisnis E-Commerce, namun secara garis besar bisnis E-Commerce dibedakan menjadi 3 Model, ketiga model bisnis E-Commerce yang saya maksud tersebut adalah :
  1. E-Commerce C2C (Customer to Customer)

    Salah satu contoh bisnis E-Commerce C2C adalah website marketplace. Marketplace adalah jenis bisnis E-Commerce yang menyediakan fasilitas berupa tempat promosi dan aktifitas transaksi uang kepada pelanggan. Dengan kata lain, bisnis eCommerce berbasis marketplace mempunyai fokus utama untuk memfasilitasi para penjual.
    Bisnis E-Commerce dengan model Marketplace sangat populer di internet dan sudah ada banyak sekali situs-situs yang mengadopsinya, seperti :
    • Flippa
    • oDesk
    • eBay
    Situs Marketplace di Indonesia juga ada banyak, sebagai contoh adalah Tokopedia dan Elevania.
  2. E-Commerce Business To Business (B2B)

    E-Commerce Business To Business adalah jenis bisnis eCommerce yang dilakukan antara dua belah pihak yang saling menguntungkan dan biasanya dilakukan secara berkelanjutkan.
    Contoh model bisnis E-Commerce B2B adalah dua perusahaan yang saling melakukan transaksi jual beli.
  3. E-Commerce B2C (Business to Consumer)

    Jenis E-Commerce B2C adalah menawarkan barang langsung ke konsumen.
    Contoh penerapan bisnis E-Commerce B2C adalah toko online, dimana konsumen bisa langsung berkomunikasi dengan pelaku bisnis (penjual).
Secara garis besar, ketiga contoh model bisnis E-Commerce diataslah yang paling sering digunakan oleh para pelaku bisnis E-Commerce di Indonesia. Meskipun perlu diakui masih ada bentuk / macam bisnis eCommerce lain seperti Classifieds dan Shooping Mall, namun sayangnya tidak terlalu populer.

                                                                  Daftar Pustaka






26 komentar:

  1. NAMA ; FREDI WIBOWO
    NIM :41617110115

    Artikel yang menarik dan lengkap.

    BalasHapus
  2. Nama: Suhardianto Noor
    Nim: 43217120172

    Artikel tersebut sangat membantu saya dalam lebih mengenal perkembangan teknologi di dunia bisnis, bahwa yang kita tahu dengan berjalannya perkembangan jaman, teknologi sudah makin maju dalam dunia bisnis.

    BalasHapus
  3. Nama : Rosada Tri Asnada
    NIM : 41415110052

    Perkembangan dunia bisnis yang terus meningkat menyebabkan kebutuhan teknologi informasi menjadi semakin berperan dalam menunjang kegiatan bisnis sehari-hari.

    BalasHapus
  4. Nama : Ratu Nasia Nastashia Sakina
    NIM : 41118110154

    Setiap waktu teknologi terus berkembang dengan pesat, bahkan saat ini orang banyak ingin membeli kebutuhannya melalui E-commerce dan ShoppingMall agar mempermudah berbelanja. Artikel ini memberitahu denganbaik para pebisnis untuk terus berkembang dengan memanfaatkan pasar teknologi yang telah tersedia saat ini.

    BalasHapus
  5. Nama : Puspa Rahayu
    NIM : 43117110268

    artikel ini memberitahukan perkembangan dunia bisnis yang terus meningkat dalam bidang teknologi, terutama bidang e-commerce dan permbelanjaan online ( shopping mall ) , artikel ini memberitahukan untuk para pembisnis agar terus berkembang dengan memanfaatkan teknologi yang semakin maju .

    BalasHapus
  6. Nama : Cindy
    NIM : 43218110114

    Artikel ini sangat bermanfaat. perkembangan bisnis saat ini terus meningkat dalam bidang teknologi contohnya a-commerce untuk mempermudah dalam berbelanja.

    BalasHapus
  7. NAMA : SANDRO HANDIKA
    NIM : 41617110108

    Artikel yang cukup bagus karna memberitahukan tentang perkembangan dunia bisnis yang terus meningkat dalam berbagai bidang seperti teknologi dll.

    BalasHapus
  8. Nama : Sulistianto
    NIM : 41617110021

    Artikel ini sangat membantu dalam mengenal perkembangan teknologi di dunia bisnis, bahwa yang kita tahu dengan berjalannya perkembangan jaman, teknologi sudah semakin maju dalam dunia bisnis.

    BalasHapus
  9. Nama : abdul hadi hadzami
    Nim : 41318110064

    Artikel tersebut sangat membantu saya dalam lebih mengenal perkembangan teknologi di dunia bisnis, bahwa yang kita tahu dengan berjalannya perkembangan jaman, teknologi sudah makin maju dalam dunia bisnis.

    BalasHapus
  10. Nama : Yusup Maulana

    NIM : 41416120114


    Di dalambperkembangan bisnis saat ini terus meningkat dalam bidang teknologi contohnya a-commerce seperti tokopedia, buka lapak, shopee . Tentinya dapat mempermudah dalam berbelanja.

    BalasHapus
  11. NAMA:YORGIGANDA
    NIM:41916120058
    Artikel ini sangat membantu dalam mengenal perkembangan teknologi di dunia bisnis, bahwa yang kita tahu dengan berjalannya perkembangan jaman

    BalasHapus
  12. Nama : Anggi Wahyu Guntara
    Nim : 41117110111

    Artikel yang bagus dan bermanfaat.

    BalasHapus
  13. Nama : Muhammad Refiansyah
    NIM : 41617110113

    Artikel yang sangat bagus dan mudah di pahami

    BalasHapus
  14. Nama : Ricco Yudistira

    Nim : 41617110077

    Jadi kita tahu perkembangan teknologi didunia bisni itu seperti apa

    BalasHapus
  15. Nama: Rosliana jhon febri s
    NIM: 43117110141

    Peranan Sistem Informasi sebagai alat bantu dalam melaksanakan kegiatan bisnis menjadi sangat dibutuhkan. Oleh karena itu perusahaan jasa pengembangan sistem informasi memiliki peluang yang sangat besar

    BalasHapus
  16. Nama : Anenaya Nurul Afifah
    NIM : 43218110265

    Artikel yang sangat bagus. Perkembangan dunia bisnis yang terus meningkat menyebabkan kebutuhan teknologi informasi menjadi semakin berperan dalam menunjang kegiatan bisnis sehari-hari dan Peranan Sistem Informasi sebagai alat bantu dalam melaksanakan kegiatan bisnis menjadi sangat dibutuhkan.

    BalasHapus
  17. Nama : Zahrawani Ilmi Pradina
    NIM : 43218110083
    Artikel yang sangat bermanfaat, setelah membaca artikel ini,saya jadi mengetahui perkemangan bisnis. Mulai dari bisnis konvesional, e-commerce, waralaba.

    BalasHapus
  18. Nama : Saripudin
    Nim : 41617110111

    Artikel yang bagus , dari yng dulu nya konvensional sekarang ke bisnis waralaba dan e- comerce yang sering di minati pebisnis.

    BalasHapus
  19. Nma : Dinda Juliskha Yanti
    Nim : 43218110220

    Menurut Saya,
    Artikel yang sangat bagus. Perkembangan dunia bisnis yang terus meningkat menyebabkan kebutuhan teknologi informasi menjadi semakin berperan dalam menunjang kegiatan bisnis sehari-hari dan Peranan Sistem Informasi sebagai alat bantu dalam melaksanakan kegiatan bisnis menjadi sangat dibutuhkan.
    Terimakasih .

    BalasHapus
  20. Nama : Satriya Ramahdika Utama
    NIM : 41413120157

    Berwawasan luas saja memang tidak cukup tanpa dibarengi dengan kreatifitas dna inovatif, ada pepatah yang pernah berkata bahwa orang pintar akan kalah dengan orang kreatif dan orang kreatif akan kalah dengan orang beruntung. Maka ketika kepandaian ilmu kita hanya sampai situ saja tanpa sebuah kreatif dan inovatif maka belum cukup untuk melangkah kepada sesuatu yang kita capai.

    BalasHapus
  21. Nama : Feralvin Satria Lanusa H
    NIM : 41617110045

    Artikel yang cukup menarik.

    BalasHapus
  22. Nama : Rima Apriyana
    Nim : 43117110171

    Peranan Sistem Informasi sebagai alat bantu dalam melaksanakan kegiatan bisnis menjadi sangat dibutuhkan. Untuk melakukan pengembangan sistem informasi diperlukan suatu proses yang tepat karena setiap tahapan didalamnya mempunyai keterkaitan.

    BalasHapus
  23. Nama : Ezra Feroza
    NIM: 41617120059
    Perkembangan teknologi khususnya dalam bisnis snagat positif artinya sebagai alat bantu pembisnis dan pembeli dalam kegiatan jual - beli dengan sangat mudah.

    BalasHapus
  24. Nama: Devi Widya Winata
    NIM : 43217120173

    Artikel yang lengkap, kita bisa lebih memahami jenis-jenis e-commerce dan paham kelebihannya dengan melakukan model bisnis e-commerce

    BalasHapus
  25. NAMA : IRMA JELITA NURAINI
    NIM : 44218120122

    Artikel yang begitu menarik karena banyak memberikan informasi terkait kemunculan aplikasi e-commerce yang memang banyak membawa keuntungan. Salah satunya adalah kemudahan berkomunikasi antara penjual dan pembeli. Dari segi pemasaran barang juga jauh lebih menguntungkan karena kita tidak perlu mengeluarkan biaya tinggi untuk melakukan promosi, hanya dengan menggunakan jaringan internet kita dapat memasarkan produk atau jasa kita secara luas ke masyarakat.

    BalasHapus
  26. Nama : Anggi Yos Indra
    Nim : 41617110049

    Peranan Sistem Informasi sebagai alat bantu dalam melaksanakan kegiatan bisnis menjadi sangat dibutuhkan. Untuk melakukan pengembangan sistem informasi diperlukan suatu proses yang tepat karena setiap tahapan didalamnya mempunyai keterkaitan.oleh karena itu kita mesti mengerti tahapan-tahapan tersebut dengan pemahaman yang baik.

    BalasHapus