April 10, 2019

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Pengajuan Tahun 2018 dan Pendanaan Tahun 2019


PKM Pengajuan 2018 dan Pendanaan 2019 sedang berlangsung, pemenang sudah diumumkan. Postingan ini bermanfaat sebagai persiapan PKM Pengajuan 2019 dan Pendanaan 2020.



Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan melakukan berbagai hal untuk menumbuhkembangkan inovasi dan kreativitas mahasiswa di Indonesia. Berkaitan dengan penerapan revolusi industri 4.0, Direktorat Kemahasiswaan melakukan berbagai perubahan, termasuk pemanfaatan teknologi informasi berbasis web untuk pelaksanaan Program Kreativitas Mahasiswa dan penambahan kategori baru. Upaya menumbuhkan kreativitas dan inovasi mahasiswa merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam membentuk karakter dan keterampilan berpikir serta bertindak mahasiswa. Program Kreativitas Mahasiswa merupakan implementasi Tridharma Perguruan Tingi.

Lihat :

Pedoman PKM 2018

Contoh Proposal PKM Kewirausahaan (UNY)

Contoh Proposal PKM Kewirausahaan (UMJ)

Contoh Proposal PKM Kewirausahaan (UPI)



115 komentar:

  1. nama : juen olivil manduapessy
    nim : 41415120002

    tujuan dari program ini yaitu untuk menumbuhkembangkan wirausaha baru kreatif yang inovatif berbasis Iptek.

    BalasHapus
  2. Nama : Satriya Wisnu Pradenta
    NIM : 41617120012

    Dengan adanya PKM, diharapkan mahasiswa mampu memiliki ide dan gagasan mengenai wirausaha yang akan dijalani. Disini kita dapat melihat beberapa contoh ide wirausaha yang sedang dijalani oleh rekan-rekan.

    BalasHapus
  3. Nama : Erika Surya Putra
    NIM : 41617120010

    PKM akan memberikan fasilitas kepada mahasiswa untuk bisa saling bertukar pikiran dan kreatifitas dalam bidang wirausaha sehingga mampu mengembangkan dan memaksimalkan potensi bisnis yang ada.

    BalasHapus
  4. Nama : Sidik Amanah
    NIM : 41815120092

    Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Pengajuan Tahun 2018 dan Pendanaan Tahun 2019, sepertinya sangat bagus untuk para pemula yang ingin membuat usaha dengan ide dan kreatif yang berbeda.

    BalasHapus
  5. Nama : Arief Dharma
    Nim : 43216110230

    PKM sangat membantu pengembangan kreativitas mahasiswa melalui perkembangan iptek makan di buat lah program untuk bisa bertukar pikiran dalam bidang wirausaha

    BalasHapus
  6. Nama : Dwi setiawan
    NIM : 41615120016

    Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) menurut saya sangat bagus kalo di liat dari tujuan sangat membantu dan membangun sifat kreatif dan inovatif bagi mahasiswa.

    BalasHapus
  7. Nama : Gilang Pratama
    NIM : 41615120063

    Menurut saya program PKM ini sangat bagus untuk mendorong mahasiswa yang mempunyai ide-ide kreatif dan inovatif.

    BalasHapus
  8. Nama : Alyfiah Nizar
    Nim : 44316110023

    Menurut saya program seperti PKM ini sangat membantu para mahasiswa untuk semakin memudahkan ia mewujudkan mimpi kreatif dalam usaha yang ia buat.

    BalasHapus
  9. Muhamad Asnawi
    43218110304

    Program PKM sangat membantu mahasiswa untuk tahap memulai ide kreatifitas serta tanggung jawab karena semua wirausaha yang berkaitan dengan PKM memicu untuk lebih meningkatkan usaha nya

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Nama : Daud Riyan Stefen
    NIM : 41617120026

    Program kreativitas mahasiswa yang telah dibuat oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan merupakan salah satu program yang sangat membantu terutama bagi mahasiswa yang memiliki suatu inovasi serta kreatifitas tetapi tidak memiliki dana untuk mencapai inovasi tersebut. Sehingga dengan demikian karakter dan keterampilan berpikir mahasiswa menjadi terbentuk sebelum mereka terjun kedunia pekerjaan.

    BalasHapus
  12. Nama : M.Darmawan
    NIM : 41215110057

    Menurut saya PKM Sangat membantu untuk para mahasiswa untuk mengembangkan inovasinya dan dapat membuat pola pikir mahasiswa menjadi lebih baik lagi.

    BalasHapus
  13. Zannatul Anwar
    41216120042

    PKM sangat mrmbantu untuk maemanage serta membantu mahasiswa untuk berbisnis,

    BalasHapus
  14. Sandi Maulana
    41615120048

    Menurut saya program PKM ini sangat bagus untuk mendorong mahasiswa yang mempunyai ide-ide kreatif dan inovatif. Serta membantu mahasiswa untuk tahap memulai ide kreatifitas juga tanggung jawab karena semua wirausaha yang berkaitan dengan PKM memicu untuk lebih meningkatkan usaha nya

    BalasHapus
  15. NIM : 41518110033
    Nama : Tumpal Tambunan

    Berdasarkan pedoman pkm yang telah saya baca, terdapat beberapa informasi yang saya dapat antara lain :
    1) pkm diluncurkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi pada tahun 2001 merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkan, mewadahi, dan mewujudkan ide kreatif serta inovatif mahasiswa.
    2) terdapat 3 komponen utama penilaian antara lain : Substansi Kreativitas Inovasi Kemanfaatan, Kejelasan Informasi Terbaca (visible) Terstruktur (structured), dan Lengkap Penyajian, Daya Tarik, Teliti Praktis (simple).

    BalasHapus
  16. NIM : 41818110142
    Nama : Rizki Rafdiansyah

    PKM sangat bagus bagi para mahasiswa yang ingin bersaing dan mengadu inovasi kreatif dalam membuka suatu usaha.

    BalasHapus
  17. 41516110152
    IRHAM RAMDONI

    Manfaat PKM bagi mahasiswa antara lain mendapat insentif, mendapat pengalaman, mendapat pengakuan, dan mendapat kenalan atau koneksi. Yang paling besar adalah membantu membangun Indonesia melalui ide-ide kreatif yang kita miliki. Dalam membuat PKM, yang harus mahasiswa lakukan apabila tidak memiliki ide kreatif dapat melakukan ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi). Ide-ide PKM tidak harus yang rumit, cukup yang sederhana, nyeleneh, sesuai isu global yang terjadi sekarang, dan sangat bermanfaat bagi masyarakat luas.  

    BalasHapus
  18. NIM : 41617120013
    Nama : Fahrul Rozi

    Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) adalah suatu wadah yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dalam memfasilitasi potensi yang dimiliki mahasiswa Indonesia untuk mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan teknologi yang telah dipelajarinya di perkuliahan kepada masyarakat luas. Dengan Tujuan meningkatkan kualitas peserta didik (mahasiswa) di perguruan tinggi agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan meyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan atau kesenian serta memperkaya budaya nasional.

    BalasHapus
  19. Nama: Tri Wastiono
    Nim : 41615110023
    Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) pengajuan 2018 dan pendanaan 2019 yang sedang berlangsung merupakan program direktorat jendral paembelajaran dan kemahasiswaan guna menumbuhkan perkembangan inovasi dan kreativitas mahasiswa indonesia . Upaya menumbuhkan kreativitas dan inovasi mahasiswa merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam membentuk karakter dan keterampilan berpikir serta bertindak mahasiswa. Program Kreativitas Mahasiswa merupakan implementasi Tridharma Perguruan Tingi. setelah mereview 3 contol proposal dan pedoman PKM kelompok kami menjadi semakin memiliki arah untuk menyelesaikan laporan guna untuk memenuhi syarat pendaftaran kegiatan program PKM yang akan di selengggarakan.

    BalasHapus
  20. Nama : Nazmi Aulia
    NIM : 41816110027

    Program Kreativitas Kemahasiswaan (PKM) Kewirausahaan (PKMK) merupakan upaya untuk menumbuhkan kreativitas dan inovasi mahasiswa dan merupakan proses untuk membentuk karakter dan keterampilan berpikir serta bertindak mahasiswa.

    BalasHapus
  21. Nama : Putri Fenni Rosa Uli
    NIM : 41818110067

    PKM cukup bermanfaat bagi mahasiswa, diantaranya :

    - Memberikan kesempatan untuk terlibat langsung dengan kondisi dunia kerja guna meningkatkan soft skill mahasiswa
    - Memberikan kesempatan langsung untuk terlibat dalam kegiatan nyata di UKM guna mengasah jiwa wirausaha.
    - Menumbuhkan jiwa bisnis sehingga memiliki keberanian untuk memulai usaha didukung dengan modal yang diberikan dan pendampingan secara terpadu.

    BalasHapus
  22. Nama : Afif Abdurrafi
    NIM : 41516110063

    PKM ( Program Kreativitas Kemahasiswaan ) merupakan cukup untuk membuktikan sebuah inovasi kreativitas mahasiswa, dengan wadah ini mahasiswa lebih terbuka dan membukakan pemikiran untuk berwirausaha lebih tinggi

    BalasHapus
  23. Nama : Marza Harizoni
    NIM : 41617110033

    PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mengasah dan menggali kreatifitas dan inovasi mahasiswa agar lahir pengusaha-pengusaha baru yang pada akhirnya dapat menciptakan banyak lapangan kerja.

    BalasHapus
  24. M. Huri Fikri
    41516110133

    Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) diselenggarakan untuk memberi motivasi kepada seluruh mahasiswa di Indonesia agar terus berkembang dengan produk yang ada. Diharapkan mahasiswa yang mempunyai minat dan bakat dalam berwirausaha dapat membuka lowongan pekerjaan di lingkungan sekitar, agar masyarakat dapat mempunyai pekerjaan tetap dari kreatifitas mahasiswa di bidang wirausaha.

    BalasHapus
  25. Nama : Avip Wijayanto
    Nim : 41617110053
    Artikel ini memotivasikan kita sebagai mahasiswa untuk lebih semangat mengikuti program KBM dan mampu mengimplementasikan program tersebut pada kehidupan sehari-hari.

    BalasHapus
  26. Nama : Amar Fadilah
    NIM : 41614120068

    PKM merupakan suatu program pengembangan untuk mengantarkan mahasiswa dalam taraf pencerahan kreatifitas dan inovasi. Pada awalnya PKM melakukan lima kegiatan berdasarkan pengolongannya seperti ; Penelitian (PKM-P), Kewirausahaan (PKM-K), Pengabdian kepada masyarakat (PKM-M), Penerapan teknologi (PKM-T), dan Penulisan ilmiah (PKM-I).PKM diperuntukan bagi mahasiswa seluruh Perguruan Tinggi melalui penyediaan dana yang bersifat kompetitif, akuntabel & transparan.

    BalasHapus
  27. Nama : Dery Saputra
    Nim : 41815120021


    Program kreativitas mahasiswa yang telah dibuat oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan merupakan salah satu program yang sangat membantu terutama bagi mahasiswa yang memiliki suatu inovasi serta kreatifitas tetapi tidak memiliki dana untuk mencapai inovasi tersebut. Sehingga dengan demikian karakter dan keterampilan berpikir mahasiswa menjadi terbentuk sebelum mereka terjun kedunia pekerjaan.

    BalasHapus
  28. Nama : Rangga Darmawan
    Nim : 41518110143

    PKM sangat membantu pengembangan kreativitas mahasiswa melalui perkembangan iptek makan di buat lah program untuk bisa bertukar pikiran dalam bidang wirausaha

    BalasHapus
  29. Nama : Fitri
    Nim : 41815120112

    PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) merupakan salah satu program yang dapat membantu mahasiswa untuk menuangkan kreativitas mereka dalam berbisnis atau untuk memulai bisnis. Dengan adanya PKM ini, mahasiswa diharapkan dapat memanfaatkan teknologi informasi untuk mendukung kreativitas dan inovasi mahasiswa dalam berbisnis.

    BalasHapus
  30. Nama : Maghfiroh Laila Fitri
    Nim : 41216120041

    Dengan adanya PKM adalah untuk mengembangkan inovasi dan kreativitas mahasiswa di Indonesia.Direktorat Kemahasiswaan pun melakukan berbagai perubahan yang berkaitan dengan revolusi industri 4.0, termasuk pemanfaatan teknologi informasi berbasis web untuk pelaksanaan atau penunjang Program Kreativitas Mahasiswa.

    BalasHapus
  31. Nama : Mohammad Arif Fakhrurrozi
    Nim : 41216110099

    Dengan adanya PKM ini menurut saya sebagai upaya untuk meningkatkan mutu mahasiswa dalam hal menerapkan, mengembangkan dan memperluas IPTEK kepada masyarakat umum. serta mengasah kreativitas, mengasah menulis dan menyampaikan serta menuangkan ide, mendapat pengalaman, mendapat pengakuan, dan mendapat kenalan atau koneksi dan yang paling besar manfaatnya ialah membantu membangun Indonesia atau daerah setempat melalui ide-ide kreatif yang dimiliki

    BalasHapus
  32. nama : dwi efendi muchlis zaelani
    nim : 41415120051

    mengasah kreativitas, mengasah menulis dan menyampaikan serta menuangkan ide, mendapat pengalaman, mendapat pengakuan, dan mendapat kenalan atau koneksi dan yang paling besar manfaatnya ialah membantu membangun Indonesia atau daerah setempat melalui ide-ide kreatif yang dimiliki

    BalasHapus
  33. Nama : Ika Nur Suciati
    NIM : 41816110087

    Berdasarkan post diatas, PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) adalah program yang tepat bagi mahasiswa agar dapat berkreasi dalam menciptakan produk baru bagi para masyarakat. engan adanya PKM ini, mahasiswa diharapkan dapat mengimplementasikan teknologi informasi dalam berbisnis.

    BalasHapus
  34. Nama : Dwika Muhamad Dien

    Nim : 41216120044

    Dengan adanya PKM adalah bertujuan untuk mengembangkan inovasi dan kreativitas mahasiswa di Indonesia.

    BalasHapus
  35. Nama : Lisa Permata Sari
    Nim : 44215110097

    PKM dikembangkan untuk mengantarkan mahasiswa mencapai taraf pencerahan kreativitasdan inovasi berlandaskan penguasaan sains dan teknologi serta keimanan yang tinggi.Dalam rangka mempersiapkan diri menjadi pemimpin yang cendekiawan, wirausahawan sertaberjiwa mandiri dan arif, mahasiswa diberi peluang untuk mengimplementasikan. Kemampuan, keahlian, sikap, tanggungjawab, membangun kerjasama tim maupun mengembangkan kemandirian melalui kegiatan yang kreatif dalam bidang ilmu yang ditekuni.

    BalasHapus
  36. Nama:Hildan Reza Agranis
    NIM :41817110020

    tujuan dari pkm ini adalah mengembangkan mahasiswa dalam membuat suatu karya

    BalasHapus
  37. Nama : Arief Risaldi
    NIM : 41615120021

    PKM ini bertujuan untuk mendorong mahasiswa mengeluarkan kreatifitas dan inovasi dengan pemanfaatan teknologi informasi berbasis web.

    BalasHapus
  38. Nama : Gandha Karisma
    NIM : 41117120103

    PKM ini membantu mahasiswa untuk mengembangkan inovasi dan kreatifitas dalam berwirausaha serta memantabkan mahasiswa untuk maju dalam mengembangkan bisnis .

    BalasHapus
  39. Nama : Gandha Karisma
    NIM : 41117120103

    PKM ini membantu mahasiswa untuk mengembangkan inovasi dan kreatifitas dalam berwirausaha serta memantabkan mahasiswa untuk maju dalam mengembangkan bisnis .

    BalasHapus
  40. Nama : Bella Suryani
    NIM : 44114120110

    PKM merupakan suatu program pengembangan untuk mengantarkan mahasiswa dalam taraf pencerahan kreatifitas dan inovasi, Melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) diharapkan muncul pebisnis-pebisnis baru dari kalangan mahasiswa-mahasiswa untuk meningkatkan kreatifitas mereka juga.

    BalasHapus
  41. Nama : Saskia Rizqi Fajri
    NIM : 44316110071

    Kreatifitas merupakan hal pokok yang harus dimiliki oleh semua mahasiswa di indonesia sebagai agent of change dalam mendorong kemajuan bangsa. Pentingnya PKM dalam meningkatkan kreatifitas, daya pikir ,dan kemandirian mahasiswa dalam mencari ilmu sudah dapat dibuktikan dari sekian banyak mahasiswa yang saat ini memiliki banyak prestasi dan membanggakan negara Indonesia setelah mengikuti dan memenangkan inovasinya dalam ajang PKM. Hal tersebut dikarenakan dalam proses pengerjaan PKM mahasiswa dituntut untuk menjadi pribadi yang mampu berfikir out of the box, menjunjung tinggi nilai kerjasama, kepedulian, serta mengutamakan jiwa yang pantang menyerah.

    BalasHapus
  42. Nama : Andini Nurmaulida
    NIM : 41818110081

    Dengan adanya PKM ini merupakan salah satu wadah untuk memfasilitasi kreatifitas mahasiswa di bidang bisnis sehingga dapat terwujud

    BalasHapus
  43. Nama : Ilham Rahmaditia Arlingga
    Nim : 41816110031

    Menurut saya program PKM ini sangat membantu para mahasiswa untuk semakin memudahkan ia mewujudkan mimpi kreatif dalam usaha yang ia buat dan juga dapat membuat percaya diri karena jadi mempunyai peluang.

    BalasHapus
  44. Nama : Adrian Arasy
    Nim : 41215110108

    Dengan adanya PKM ini menurut saya sebagai upaya untuk meningkatkan mutu mahasiswa dalam hal menerapkan, mengembangkan dan memperluas IPTEK kepada masyarakat umum. Manfaat PKM bagi mahasiswa antara lain mendapat insentif, mendapat pengalaman, mendapat pengakuan, dan mendapat kenalan atau koneksi. Yang paling besar adalah membantu membangun Indonesia melalui ide-ide kreatif yang kita miliki.

    BalasHapus
  45. nama : Achmad Latif
    nim : 4121 511 0104

    bagus sekali untuk mengasah kreativitas, berpikir kritis dan melihat peluang di dunia bisnis

    selain itu juga memperluas pengetahuan dan teknologi kekinian sehingga menambah wawasan dan pengalaman

    BalasHapus
  46. Nama : Andre Rizaldi
    Nim : 41516110151

    PKM ini sangat bagus untuk memberikan kreatifitas kepada mahasiswa dan menambahkan kepercayaan diri mereka degan usaha mereka.

    BalasHapus
  47. Nama : Roy Andreas
    NIM : 41617120006

    PKM merupakan suatu wadah yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaaan. Kagiatan ini bertujuan untuk dapat menumbuhkembangkan inovasi dan kreatifitas dari mahasiswa yang ada di Indonesia. Selain itu kegiatan ini juga merupakan bagian dari implementas Tridharma Perguruan Tinggi.

    BalasHapus
  48. Nama : Nur Khafi
    NIM : 41616110110

    PKM membuka kesempatan peluang usaha dengan reward modal usaha yang lumayan besar. Hal ini dapat meningkatkan keinginan untuk mahasiswa menjadi kreatif.

    BalasHapus
  49. Nama : Ari Agus Pratama
    Nim : 43217110039
    PKM akan memberikan fasilitas kepada mahasiswa untuk bisa saling bertukar pikiran dan kreatifitas dalam bidang wirausaha sehingga mampu mengembangkan dan memaksimalkan potensi bisnis yang ada.

    BalasHapus
  50. Nama : Dewi Sri Utami
    NIM : 41816110015

    PKM merupakan program yang sangat bagus untuk menumbuhkembangkan inovasi dan kreativitas mahasiswa di Indonesia.PKM adalah wadah bagi mahasiswa-mahasiswi mengembangkan kreativitas intelektual dan kecerdasan dalam berorganisasi.

    BalasHapus
  51. Nama : Laurenshia
    Nim : 41615110004

    PKM dapat menampung ide dari mahasiswa selanjutnya dapat dikembangnkan menjadi peluang usaha.

    BalasHapus
  52. Nama : Andika Fikriyanto
    Kelas : 41516110145

    PKM itu kegiatannya para mahasiswa untuk berinovatif. Proogram PKM juga dapat memberikan fasilitas bagi para mahasiswa untuk bereksperimen dan menuangkan ide - ide kreatif.

    BalasHapus
  53. Nama : Aditya Alif
    Nim : 41816110010

    Menurut saya program PKM ini sangat membantu para mahasiswa untuk semakin memudahkan ia mewujudkan mimpi kreatif dalam usaha yang ia buat dan juga dapat membuat percaya diri karena jadi mempunyai peluang.

    BalasHapus
  54. Nama : Hari Herlambang
    Nim : 41415110054

    Proogram PKM juga dapat memberikan fasilitas bagi para mahasiswa untuk bereksperimen dan menuangkan ide - ide kreatif.



    BalasHapus
  55. Nama : Rino Ashari
    NIM : 41915110091

    PKM membantu mahasiswa untuk lebih kreatif dalam memanfaatkan peluang bisnis yang ada dengan mengembangkan ide ide menarik, erta pemanfaatan teknologi yang kian canggih akan lebih membantu mereka untuk mensosialisasikan sesuatu yang mereka tawarkan kepada khalayak umum.

    BalasHapus
  56. Nama : Ali Arridho
    NIM : 41817110003

    menurut saya dengan adanya PKM ini bisa menjadi wadah bagi mahasiswa untuk menuangkan ide kreatif, serta untuk meningkatkan daya kompetisi mahasiswa

    BalasHapus
  57. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  58. Nama : Rendi
    NIM : 41615120022

    Dengan adanya Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dapat membuat lulusan perguruan tinggi mempunya skil dan kreativitas agar bisa bersaing di dunia usaha. Program ini sangat bagus karena dapat membuka peluang bagi mahasiswa agar dapat terjun di dunia bisnis atau usaha, dengan di bekali pengetahuan ketika mengikuti program kreativitas mahasiswa di harapkan dapat menjadi bekal yang cukup ketika mahasiswa lulus nanti.

    BalasHapus
  59. Nama : Budiono
    NIM : 44215120003

    PKM membantu mahasiswa untuk dapat mengembangkan ide, inovasi serta kreatifitas hingga menjadi peluang bisnis yang dapat menjanjikan kehidupan dimasa depan kelak serta agar dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis yang tinggi serta dapat menerapkan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan atau kesenian serta memperkaya budaya nasional.

    BalasHapus
  60. nama :yorgi ganda
    nim :41916120058
    PKM,dimana sebagai seorang mahasiswa selain belajar disisi lain untuk menunjang masa depan ketika kelak lulus pkm sangat membantu , sehingga mahasiswa dapat bersemangat untuk mendapatkan modal untuk dikembangkan dalam usaha yang mereka ciptakan.

    BalasHapus
  61. Nama: muhmmad ekky chandra

    Nim: 41816110222

    Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)sangat bagus bagi para mahasiswa yang ingin bersaing inovasi kreatif dalam membuka suatu usaha/bisni Pengajuan Tahun 2018 dan Pendanaan Tahun 2019, sepertinya sangat bagus untuk para pemula yang ingin membuat usaha dengan ide dan kreatif yang berbeda

    BalasHapus
  62. Nama : Didik Kurniawan
    NIM : 41315110092

    Tentu dengan adanya Progam Kreativitas Mahasiswa (PKM) mahasiswa merasa sangat terbantu mengenai modal/pendanaan. Ini juga yang membantu menaikkan semangat mahasiswa itu sendiri untuk lebih semangat dan kreatif dalam menciptakan inovasi suatu produk ataupun jasa. Saya rasa ini suatu progam yang sangat bermanfaat, karena tidak hanya memberikan experience kepada mahasiswa, akan tetapi juga menaikkan minat mahasiswa lainnya untuk ikut berpartisipasi menjadi seorang wirausahawan.

    BalasHapus
  63. Nama : Andy rachmat
    Nim : 46116110061

    PKM sangat membantu pengembangan kreativitas mahasiswa melalui perkembangan iptek makan di buat lah program untuk bisa bertukar pikiran dalam bidang wirausaha

    BalasHapus
  64. Nama: Hamsyah
    41916120051

    Menurut saya program PKM ini sangat bagus untuk mendorong mahasiswa yang mempunyai ide-ide kreatif dan inovatif. Serta membantu mahasiswa untuk tahap memulai ide kreatifitas juga tanggung jawab karena semua wirausaha yang berkaitan dengan PKM memicu untuk lebih meningkatkan usahanya

    BalasHapus
  65. Nama: Ledy Nur Cahyanto
    Nim: 41216120016
    PKM membantu mahasiswa dalam melatih kreatifitas dalam mengembangkan kemampuan berwirausaha..

    BalasHapus
  66. Nama : Luthfi Firdaus
    Nim : 41215110045

    Menurut saya Program Kreativitas Mahasiswa sangat membantu untuk mengembangkan inovasi dan kreativitas mahasiswa/mahasiswi untuk bisa bertukar pikiran dalam bidang wirausaha

    BalasHapus
  67. Nama : Candra Andika Putra
    NIM : 41617110106

    PKM akan bermanfaat bagi Indonesia atau daerah setempat melalui ide-ide kreatif Mahasiswa dalam berbagai bidang.

    BalasHapus
  68. Nama: pradhika deskarnando cantona

    Nim: 41515120070

    Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)sangat bagus bagi para mahasiswa yang ingin bersaing inovasi kreatif dalam membuka suatu usaha/bisni Pengajuan Tahun 2018 dan Pendanaan Tahun 2019, sepertinya sangat bagus untuk para pemula yang ingin membuat usaha dengan ide dan kreatif yang berbeda

    BalasHapus
  69. Nama : Novita Mawardi
    NIM : 41616110005

    PKM merupakan salah satu upaya yangdilksanakan oleh peerintah untuk menumbuhkan, mewadahi, dan mewujudkan ide kreatif serta inovatif mahasiswa.PKM memberikan dampak terhadap peningkatan prestasi mahasiswa dan prestasi perguruan tinggi dalam pemeringkatan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

    BalasHapus
  70. NIM : 41517120120
    Nama: Sandi Jauhar Taufiqi

    PKM-K adalah sebuah ajang dimana mahasiswa dapat menuangkan ide apa yang ada dalam benak mereka, menuliskannya dan mengajukannya untuk kemudian mendapatkan kesempatan untuk merealisasikannya dengan bantuan pemerintah. disini mereka juga perlu untuk memaparkan ide mereka dengan cara yang kreatif dan inovatif agar dapat menjadi sebuah pembeda dari pada ide lainnya.

    BalasHapus
  71. Nama: M. Irfan Siddik Pakpahan
    NIM: 41815110165

    Program kreativitas mahasiswa adalah suatu wadah yang dibentuk oleh direktorat jenderal pembelajaran dan kemahasiswaan kementerian riset, teknologi, dan pendidikan tinggi republik Indonesia dalam memfasilitasi potensi yang dimiliki mahasiswa Indonesia untui mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan teknologi yang telah dipelajarinya di perkuliahan kepada masyarakat luas. saat ini PKM memiliki 8 sub program antara lain PKM-penelitian (PKM-P), PKM-kewirausahaan (PKM-K), PKM-penerapan teknologi (PKM-T), PKM-pengabdian kepada masyarakat (PKM-M), PKM-artikel ilmiah (PKM-AI), PKM-Karya cipta (PKM-KC), PKM-gagasan tertulis (PKM-GT), dan PKM-gagasan futuristik konstruktif (PKM-GFK).

    BalasHapus
  72. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  73. Nama : Andrea Mahananda P
    Nim : 4126120052
    Program PKM ini sangat membantu para mahasiswa dalam kreatif berwirausaha .

    BalasHapus
  74. Nama : Rizky Dimas Dhayana
    NIM : 41915110078

    Dengan Program PKM ini dapat memberikan fasilitas kepada mahasiswa untuk berkreatifitas dalam bidang wirausaha sehingga dapat mengembangkan dan memaksimalkan potensi bisnis yang ada.

    BalasHapus
  75. Nama : Aan Budi Setiawan
    NIM : 41314110024

    Dengan adanya PKM in membantu mahasiswa untuk mengembangkan kreativitasnya dan apabila tingkat kreativitasnya sesuai dengan kriteria maka dapat pendanaan dari Dikti.

    BalasHapus
  76. Nama : Fathuludin Syahrul Ramdhani
    NIM : 41215110030

    Menurut saya PKM sangat membantu mahasiswa untuk menumbuh kembangkan kreativitas dan inovasi dalam berwirausaha.

    BalasHapus
  77. Nama : Robby Wijayanto
    NIM : 41216120049

    PKM akan membantu mahasiswa untuk berkreatifitas dalam berwirausaha.

    BalasHapus
  78. nama: daulica
    nim : 41117120061
    PKM-K adalah sebuah ajang dimana mahasiswa dapat menuangkan ide apa yang ada dalam benak mereka, menuliskannya dan mengajukannya untuk kemudian mendapatkan kesempatan untuk merealisasikannya dengan bantuan pemerintah. disini mereka juga perlu untuk memaparkan ide mereka dengan cara yang kreatif dan inovatif agar dapat menjadi sebuah pembeda dari pada ide lainnya. Program PKM ini sangat membantu para mahasiswa dalam kreatif berwirausaha . PKM akan memberikan fasilitas kepada mahasiswa untuk bisa saling bertukar pikiran dan kreatifitas dalam bidang wirausaha sehingga mampu mengembangkan dan memaksimalkan potensi bisnis yang ada.

    BalasHapus
  79. seto dwiki kurniawan - 41815120043

    Menurut Saya PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) merupakan Tempat atau wadah bagi kalangan mahasiswa yang mempunyai ide kreatif dan inovatif sehingga dapat disalurkan dan diwujudkan agar dapat menjadi suatu karya yang di realisasikan baik ide bisnis atau ide kreativitas mereka yang dapat mempunyai nilai jual

    BalasHapus
  80. Nama : Hari Herlambang
    Nim : 41415110054

    Program Kreativitas Mahasiswa dan penambahan kategori baru. Upaya menumbuhkan kreativitas dan inovasi mahasiswa merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam membentuk karakter dan keterampilan berpikir serta bertindak mahasiswa.

    BalasHapus
  81. Nama : Achmad chendy fradana
    Nim : 44215110047

    Yang dilakukan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan dalam pembentukan karakter mahasiswa melalui penggunaan teknologi 4.0 menurut saya akan baik dilakukan jika berkesinambungan.

    BalasHapus
  82. nama : Gandha Karisma
    NIM : 41117120103

    PKM membantu mewujudkan minat mahasiswa untuk mengembangkan wirausaha.

    BalasHapus
  83. nama : Gandha Karisma
    NIM : 41117120103

    PKM membantu mewujudkan minat mahasiswa untuk mengembangkan wirausaha.

    BalasHapus
  84. nama : Andre Rizaldi
    nim ; 41516110151

    PKM sangat membantu para mahasiswa untuk lebih mengembangkan kreatifitas dan inovatif

    BalasHapus
  85. Failussufi A A | 41215110060

    PKM mendorong anak muda untuk memacu rivalitas dan semangat agar dapat menjadi wirausaha yang sukses di usia dini

    BalasHapus
  86. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  87. Nama : Ari Agus Pratama
    Nim : 43217110039
    Dengan adanya PKM, diharapkan mahasiswa mampu memiliki ide dan gagasan mengenai wirausaha yang akan dijalani. Disini kita dapat melihat beberapa contoh ide wirausaha yang sedang dijalani oleh rekan-rekan.

    BalasHapus
  88. Nama : Harun Setiawan
    Nim : 41216120029

    PKM adalah wadah yang tepat untuk mengasah jiwa kewirausahaan bagi mahasiswa agar lebih terarah dan kreative dalam mengkaji, pengembangan, dan menerapkan ilmu &teknologi.

    BalasHapus
  89. Nama : Wardiyati
    Nim : 41815120078

    Menurut saya program PKM sangat membantu pagi mahasiswa yang ingin memulai sebuah bisnis, PKM mempunyai tujuan yang jelas untuk membangun usaha

    BalasHapus
  90. Nama : Ahmad Aenur Rizqi
    NIM : 41118120070

    Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) adalah suatu wadah yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dalam memfasilitasi potensi yang dimiliki mahasiswa Indonesia untuk mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan teknologi yang telah dipelajarinya di perkuliahan kepada masyarakat luas. Dengan Tujuan meningkatkan kualitas peserta didik (mahasiswa) di perguruan tinggi agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan meyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan atau kesenian serta memperkaya budaya nasional.

    BalasHapus
  91. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  92. Nama : Taufik hidayat
    Nim : 41118120137

    Dengan adanya PKM, Mahasiswa menjadi punya wadah untuk menyalurkan idenya dan mempunyai perbandingan dengan ide-ide dan kreativitas lain, sehingga diharapkan dapat mengetahui kekurangan dan kelebihan tiap ide dalam berwirausaha.

    BalasHapus
  93. Nama : Muhammad Hari Wicaksana
    NIM : 41617120031

    Dengan adanya PKM adalah untuk mengembangkan inovasi dan kreativitas mahasiswa di Indonesia.

    BalasHapus
  94. Nama: Delisha Permata Putri
    NIM: 41617120003

    PKM atau Program Kreativitas Mahasiswa merupakan ajang yang sangat bergengsi bagi semua mahasiswa perguruan tinggi baik negeri ataupun swasta di seluruh Indonesia. PKM Kewirausahaan bisa diartikan sebagai program dari Kemenristekdikti dalam pengembangan ketrampilan mahasiswa dalam berwirausaha dan berorientasi pada profit atau keuntungan. Adapun untuk komoditas usaha yang dihasilkan dapat berupa barang atau jasa.

    Salah satu hal yang langsung berpengaruh terhadap reputasi dari ide usaha yang ingin di tawarkan adalah judul pada PKM itu sendiri. Pertama kali yang dibaca oleh reviewer dari sebuah Proposal PKM adalah judul. Sebagai kunci pembuka minat pembaca, judul harus menarik dan membuat pembaca menjadi penasaran untuk membaca lebih jauh, karena judul adalah bagian terdepan dari suatu pemaparan. Pemilihan judul yang tepat dan menarik, akan mampu memberikan reputasi positif kepada juri ataupun pihak sebagai penglihat atau penilai.
    Usahakan judul proposal PKM mampu memikat pembaca pada pandangan pertama. Karena judul sangat menentukan lolos atau ditolaknya proposal PKM yang diajukan.
    Judul proposal PKM yang baik adalah sebuah judul yang dapat menyatakan pernyataan mengenai kegiatan yang akan dilakukan secara ringkas dan spesifik, namun cukup jelas memberikan gambaran kegiatan yang akan dilakukan.

    Dibawah ini 5 judul PKM yang menarik menurut saya antara lain:
    1. PKM (Penutup Kompres Mata) Anti Kantong Panda

    2. “Exmos De Human” (Exterminator of Mosquitos with Detector of Human) Pemanfaatan Sinar untuk Membasmi Nyamuk Terintegrasi dengan Pendeteksi Manusia

    3. "MERCEDES": Mesophilic Reactor Anaerobic Digestion sebagai Penghasil Biogas dan Pupuk Cair dalam Upaya Desa Mandiri Energi

    4. GENETIKA (GENTING BETON ESTETIKA) berbahan dasar limbah sekam padi berbasis nano zeolite dan nano silica sebagai solusi mengatasi pencemaran lingkungan.

    5. KUMAN NARSIS (Kunci Pengaman kendaraan Otomatis) Inovasi kunci pengaman tambahan kendaraan bermotor roda dua berbasis RFID, GPS, SMS, dan Mikrokontroler

    BalasHapus
  95. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  96. Nama : Rexa Ramadhan
    NIM : 41617120050

    Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Pengajuan Tahun 2018 dan Pendanaan Tahun 2019, sepertinya sangat bagus untuk para pemula yang ingin membuat usaha dengan ide dan kreatif yang berbeda.

    BalasHapus
  97. Nama : Erick Yudha M
    Nim : 41315120050
    Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) adalah suatu wadah yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dalam memfasilitasi potensi yang dimiliki mahasiswa Indonesia untuk mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan teknologi yang telah dipelajarinya di perkuliahan kepada masyarakat luas.

    BalasHapus
  98. Nama : Deni Sutrisno
    Nim : 41416110090

    Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) adalah suatu wadah yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dalam memfasilitasi potensi yang dimiliki mahasiswa Indonesia untuk mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan teknologi yang telah dipelajarinya di perkuliahan kepada masyarakat luas.
    Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mengajukan proposal PKM tahun 2019 untuk pendanaan tahun 2020. PKM terdiri dari PKM 5 Bidang, PKM Karya Tulis (PKM-KT), dan PKM Gagasan Futuristik Konstruktif (PKM-GFK).

    PKM 5 Bidang terdiri dari:

    PKM-Penelitian (PKM-P)
    PKM-Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M)
    PKM-Kewirausahaan (PKM-K)
    PKM-Teknologi (PKM-T)
    PKM-Karsa Cipta (PKM-KC)
    PKM-Karya Tulis (PKM-KT) terdiri dari:

    PKM-Artikel Ilmiah (PKM-AI)
    PKM-Gagasan Tertulis (PKM-GT)

    BalasHapus
  99. Nama : Yoyok Muji Raharjo
    NIM : 41617120046

    Judul PKM yang kreatif dan unik sangat berpengaruh tetapi ide usaha juga wajib diperhatikan karena judul PKM yang menarik akan langsung dilirik oleh dewan juri, menurut saya berikut ini 5 daftar judul PKM yang unik dan menarik:
    1. LDR (Lantern D'code Electric)
    2. KUMAN NARSIS (Kunci Pengaman kendaraan Otomatis) Inovasi kunci pengaman tambahan kendaraan bermotor roda dua berbasis RFID, GPS, SMS, dan Mikrokontroler.
    3. "Egg to Egg" Pengawet Telur dari Telur
    4. Pembuatan Masker Kain Penyerap Polutan Timbal (Pb) dari Daun Puring dan Daun
    Lidah Mertua
    5. Kucek Kucek Hotahe ( Jasa Laundri)

    BalasHapus
  100. Nama : Muhammad Ghozy Al Patih
    Nim : 43118110060

    setelah mengetahui program ini , saya sangat termotifasi untuk berfikir out of the box untuk sebuah ide kewirausahaan ke depan , karena melihat kebutuhan manusia yang tak ada habisnya dan selalu berubah-ubah, sehingga dengan mengeluarkan inovasi terbaru dalam produk atau jasa kita akan memberikan kepuasan kepada masyarakat.

    BalasHapus
  101. Nama : Hari Setiawan
    NIM : 44215120086
    Program PKM menurut saya sangat bagus dan sangat membantu untuk membangun sifat inovatif bagi mahasiswa yang ingin mengembangkan ide bisnisnya

    BalasHapus
  102. Nama : Gayatri Destyarini
    Nim : 41917110012

    menurut saya judul yang kreatif juga harus menciptakan suatu produk atau jasa yang juga inovatif dan menarik sehingga berbobot untuk dijual di pasaran.

    BalasHapus
  103. nama : toni martinus
    nim : 41517110065

    Pemilihan judul sangatlah penting, kaaena bertujuan untuk memberikan nilai tambah khazan keilmuan bagi segenap pembaca sekalian yang sedang membutuhkan berbagai rekomendasi mengenai proposal usaha makanan, baik makanan ringan, makanan tradisional, makanan modern.
    berikut nama unik dalam bidang usaha saya.

    BBM Card Untuk Mengontrol Distribusi BBM bersubsidi Agar Subsidi Dapat Tepat Sasaran
    Protipe Electronic Nose Sebagai Insytrumen Uji Mutu Tembakau
    Ayo Jarji (Ayo Belajar Mengaji):Suatu Program Meningkatkan Minat Belajar Mengaji dan Mengetahui Tentang Islami di Kalangan Anak Jalanan Sekitar Pasar Johar Semarang
    Kambudja(Kampung Budaya Jawa) Program Pelestarian Budaya Jawa Di RT 15 RW 5 Sayangan Desa Jamus Mranggen Demak Melalui Pelatihan Pengenalan Budaya Jawa
    Pemburu(Pemberantasan Buta Huruf):Suatu Program Pemberantasan Buta Huruf Latin Kelurahan Krajan Kulon Dengan Menggunakan Metode Games Interaktif dan Teknologi

    BalasHapus
  104. Nama : Dimas Wahyu Hidayat
    NIM : 41617110109

    Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diluncurkan oleh Direktorat Jenderal
    Pendidikan Tinggi pada tahun 2001 merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkan,
    mewadahi, dan mewujudkan ide kreatif serta inovatif mahasiswa.
    Berikut adalah contoh judul proposal yang menurut saya menarik :
    PKM-KARSA CIPTA (PKM-KC)
    PKM-PENERAPAN TEKNOLOGI (PKM-T)
    PKM-PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (PKM-M)
    PKM-KEWIRAUSAHAAN (PKM-K)
    PKM-PENELITIAN (PKM-P)

    BalasHapus
  105. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  106. Nama : danang irwantoni
    Nim : 41315110069

    Dalam PKM ini sangat diperlukan untuk para mahasiswa di zaman ini. Karena kreatifitas kreatifitas para mahasiswa sanagat diperlukan untuk meningkatkan kemajuan bangsa. Dengan kreatifitas tersebut dapat menciptakan usaha usaha sendiri tanpa harus mencari pekerjaan milik orang asing.

    BalasHapus
  107. Nama : Arif Budiman
    Nim. : 41417110032

    Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)sangat bagus bagi para mahasiswa yang ingin bersaing inovasi kreatif dalam membuka suatu usaha/bisni Pengajuan Tahun 2018 dan Pendanaan Tahun 2019, sepertinya sangat bagus untuk para pemula yang ingin membuat usaha dengan ide dan kreatif yang berbeda

    BalasHapus
  108. Nama :Imam Nurdiansyah
    Nim :41416110092

    Menurut saya PKM adalah suatu wadah yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dalam memfasilitasi potensi yang dimiliki mahasiswa Indonesia untuk mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan teknologi yang telah dipelajarinya di perkuliahan kepada masyarakat luas.
    Berikut lima judul proposal yang menarik yaitu :
    1. UKS Cerdas untuk memantau Status Gizi Anak Sekolah Dasar
    2. "Egg to Egg" Pengawet telur dari telur
    3. BULUKUDA (Boneka Unik Limbah Kayu Untuk Wisuda)
    4. TAS CILIK (Tas Cinta Lingkungan) sebagai terobosan baru penyelamatan bumi
    5. KETAPEL (Konveyor Penyortir Apel) Berbasis Sensor Warna

    BalasHapus
  109. Nama : risna robiyati
    Nim : 46116110054

    program PKM ini sangatlah bagus untuk mahasiswa yang mempunyai ide gagasan yang inovasi kreatif untuk mengembangkan usaha dan bisnis yang akan di jalani. dijaman membuka usaha dan bisnis harus mempunyai ide ide yang kreatif agar usaha yang akan dijalani berkembang dan tidak ketinggalan jaman.
    berikut judul proposal yang unik :
    1. UKS Cerdas untuk memantau Status Gizi Anak Sekolah Dasar
    2. "Egg to Egg" Pengawet telur dari telur
    3. BULUKUDA (Boneka Unik Limbah Kayu Untuk Wisuda)
    4. TAS CILIK (Tas Cinta Lingkungan) sebagai terobosan baru penyelamatan bumi
    5. KETAPEL (Konveyor Penyortir Apel) Berbasis Sensor Warna.

    BalasHapus
  110. NIM : 41517110006
    Nama : Aprila eki priatna

    Berdasarkan pedoman pkm yang telah saya baca, terdapat beberapa informasi yang saya dapat antara lain :
    1) pkm diluncurkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi pada tahun 2001 merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkan, mewadahi, dan mewujudkan ide kreatif serta inovatif mahasiswa.
    2. "Egg to Egg" Pengawet Telur dari Telur
    3. Pembuatan Masker Kain Penyerap Polutan Timbal (Pb) dari Daun Puring dan Daun Lidah Mertua

    BalasHapus
  111. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

  112. Dion Karel24 Oktober 2019 21.58
    NIM : 41618110104
    Nama : Dionsius Karel P

    Program PKM ini merupakan program yang bagus untuk menumbuhkan dan meujudkan ide kreatif mahasiswa dalam berwirausaha. Program ini bisa mencetak wirausaha2 muda yang mampu bersaing dengan baik di dunia usaha.
    5 judul unik menurutsaya
    1. BULUKUDA (Boneka Unik Limbah Kayu untuk Wisuda)
    2. Celana Anti Pembalut
    3. Magnet Elastik sebagai Alternatif Pengganti Otot Buatan
    4. AREMI : Arem-arem Mie Rumput Laut Inovasi Pangan Fungsional Kaya Antioksidan Sebagai Alternatif Menu Sarapan Pagi
    5. Cokelat Kopi "Wani Ora" Mengungkapkan Apresiasi Dalam Sebatang Cokelat

    BalasHapus
  113. NIM : 41817110168
    Nama : Ardian Subagya

    Dari sekian banyaknya judul yang sangat inovatif, berikut 5 judul menarik yang dapat saya kutip:

    JAGAU (Jakarta Anti Galau) Solusi Alternatif untuk Mewujudkan Kali Bersih dan Atasi Banjir-Muhammad Joffy Mahardhika(Institut Pertanian Bogor)

    LDR (Lantern D'code Electric)

    HELI RIP(HERBAL FERTILIZER FOR RICE PLAN

    EDELWEIS: Pemanfaatan LimbahKelapa sebagai Kerajinan Inovatif dan Fashionable Berbasis Eco-Friendly Solusi Peningkatan Daya Saing Produk Lokal dalam Persaingan Pasar Global

    KRIK KRIK D'KOS MONEY (Usaha Budidaya Ternak Jangkrik sebagai Pemanfaatan ruangan Kosong di Kosan Mahasiswa untuk Sumber Pendapatan)

    Terimakasih.

    BalasHapus
  114. Nama : Dwi Purnamasari
    NIM : 44316110028

    wadah bagi mahasiswa-mahasiswi mengembangkan kreativitas intelektual dan kecerdasan dalam berorganisasi. Kreativitas merupakan paduan tiga unsur utama dalam diri manusia, yaitu: pikiran, perasaan, dan keterampilan.

    BalasHapus
  115. Nama : adi kurnia
    Nim : 41415120120

    PKM sangat mrmbantu untuk maemanage serta membantu mahasiswa untuk berbisnis

    BalasHapus