April 26, 2019

Rahasia yang Diketahui Para Pengusaha Sukses


  














    Seorang pengusaha sukses mengatasi berbagai hambatan, mempertahankan fokus mereka, menunjukkan kedisiplinan hingga menciptakan perusahaan dan meraih kesuksesan mereka?
Tentu hal ini bukan hanya karena keberuntungan saja, tapi sebagian besar dikarenakan motivasi diri. Apa itu motivasi diri? Menurut psikologi, motivasi merupakan “keinginan untuk melakukan sesuatu.” Definisi yang lebih rinci lagi menjelaskan bahwa motivasi adalah “proses yang memulai, membimbing dan mempertahankan perilaku yang berorientasi pada tujuan.”
Saat Anda melihat seorang pengusaha sukses yang sedang populer, yang Anda lihat adalah motivasi yang luar biasa. Perilaku yang berorientasi pada tujuan. Motivasi itu seperti dorongan tenaga yang mengubah individu dari peserta pasif menjadi pemimpin aktif.
Hal ini mungkin karena pengusaha sukses tahu apa saja rahasia cara menjadi sukses. Inilah tujuh motivasi diri yang diketahui pengusaha-pengusaha sukses.
1. Pengusaha sukses tahu apa yang seharusnya mereka lakukan dalam hidup
  Motivasi itu sangat luas, bervariasi dan terkadang rumit, namun semua motivasi memberikan jawaban atas pertanyaan. Seperti, ‘Mengapa saya ada pada posisi ini?’, ‘Apa tujuan hidup saya?’, dan Anda harus mengetahui mengapa Anda hidup untuk menjadi benar-benar hidup.
Untuk itu, Anda perlu menentukan tujuan hidup Anda, apa hal yang Anda akan lakukan untuk mencapai tujuan hidup Anda dan Anda sudah selangkah lebih maju untuk menuju kesuksesan.
2. Mereka tahu apa yang harus mereka lakukan setiap hari
  Bila Anda tahu apa yang seharusnya Anda lakukan dalam hidup, Anda dapat menentukan apa yang harus Anda lakukan setiap hari.
Pengusaha sukses menentukan tugas dan tujuan mereka setiap memulai hari Anda. Anda bisa menentukan tujuan Anda setiap bulan, kemudian tujuan setiap minggu dan terakhir setiap hari untuk mencapai tujuan besar Anda. Hal ini akan memotivasi diri Anda untuk tetap berjalan sesuai tujuan yang sudah Anda tentukan sendiri dan jangan berhenti.
3. Persiapkan kondisi mental setiap hari
  Membuat rencana setiap hari saja tidaklah cukup. Anda pun harus mempersiapkan kondisi mental Anda dengan 4 cara memotivasi diri ini:
– Musik, merupakan cara yang cepat membantu pikiran Anda menjadi lebih kuat dan bersemangat
– Buatlah album di ponsel Anda untuk hal-hal yang Anda inginkan dalam hidup
– Lihat tujuan hidup Anda setiap hari baik sebelum tidur atau setelah bangun pagi
– Banyak kata-kata motivasi atau hal-hal yang memberikan motivasi hidup baik secara online atau offline
4. Pengusaha sukses tidak hanya mengandalkan Disiplin Diri saja
  Ada aura rasa hormat dan harga diri yang mengelilingi orang-orang yang melakukan disiplin diri. Melakukan disiplin diri sendiri atau kemauan keras di ibaratkan seperti otot, yang akan merasa lelah jika terlalu sering digunakan dan terbatas.
Maka itu Anda tidak bisa hanya mengandalkan disiplin diri Anda sendiri, karena dapat disiplin diri bisa melemah atau menurun. Akan tetapi lakukan pula motivasi diri yang dalam dan mendasar akan mendukung Anda. Anda melakukan disiplin diri untuk meningkatkan usaha Anda, tapi jangan mengandalkannya.
5. Pengusaha sukses menulis peraturan bagi diri mereka sendiri
  Semua manusia dikelilingi oleh orang-orang terdekat, kelompok, kultur dan berbagai faktor eksternal yang akan memengaruhi persepsi, tujuan, visi, dan impian seseorang. Namun, orang yang memiliki motivasi diri, mereka juga memiliki keberanian untuk menciptakan peraturan dalam hidupnya sendiri.
Seseorang yang mampu mengatasi tekanan eksternal tersebut dan membuat buku panduan hidupnya sendiri akan menciptakan pribadi yang luar biasa. Dengan kata lain, mereka yang memiliki motivasi diri selalu menetapkan standar mereka sendiri, dan merupakan standar yang tinggi seperti:

– Saya akan bangun pukul 5 pagi setiap hari
– Saya tidak akan makan gula
– Saya tidak akan menonton TV
– Saya akan bekerja setiap akhir pekan
– Saya akan menjauhkan orang yang memberikan pengaruh buruk dari hidup saya
Standar tinggi memang sulit dipertahankan. Namun, mereka yang memiliki motivasi besar, akan membantu mereka mencapai prestasi tinggi.
6. Mereka menjalankan tujuan yang ‘gila’
  Cara sukses yang dilakukan oleh pengusaha sukses untuk mendorong dan memotivasi diri adalah dengan menentukan tujuan. Menurut penelitian psikolog, ahli saraf, dan ilmuwan lainnya, menetapkan tujuan akan menanamkan pada diri sendiri seolah-olah Anda telah menyelesaikannya.
Artinya, dengan menetapkan sesuatu sebagai tujuan, betapa pun kecil atau besar, dekat atau jauh di masa depan, sebagian otak akan percaya bahwa hasil yang diinginkan adalah bagian penting dari diri Anda. Menentukan tujuan akan menjadi pendorong yang kuat dalam mencapai hasil yang Anda tetapkan.
Dalam perjalanan, ada yang menertawakan tujuan besar orang lain, beberapa mencemooh tujuan tersebut. Tetapi ada orang yang menetapkan tujuan ‘gila’, dan mereka mencapai hal-hal besar lalu menjadi pengusaha sukses.
7. Pengusaha sukses tidak pernah melupakan tujuan mereka
  Hanya menetapkan tujuan tidak dengan sendirinya mendorong Anda menjadi termotivasi dan mencapai kesuksesan. Anda harus selalu mengingat tujuan Anda setiap hari, baik ditaruh dalam ponsel, ditempelkan ke komputer Anda atau digantung pada dinding. Selalu tempatkan tujuan Anda dalam pikiran Anda, dan Anda tidak akan pernah kehilangan motivasi diri.
Kesimpulan
  Motivasi diri adalah salah satu kekuatan mendasar dan kuat yang membedakan pengusaha sukses dari mereka yang terombang-ambing dari satu startup yang terabaikan ke startup lain tanpa arah yang jelas.
Motivasi diri tidak mengandalkan keberuntungan atau pun disiplin diri, namun melihat pada kekuatan tujuan untuk pencapaian tertinggi dalam kehidupan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar