Kamis, April 25

SUKSES MENJADI PENGUSAHA MUDA





Abstract


Kewirausahaan merupakan sebuah usaha kreatifitas yang berdasarkan inovasi untuk menghasilkan sesuatu yang baru, telah ditambahkan nilai, manfaat, menciptakan lapangan kerja dan hasil bermanfaat bagi orang lain. Jumlah wirausaha di Indonesia terus meningkat setiap tahun. Tapi masih banyak diperlukan terutama generasi muda karena sangat penting bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Menjadi seorang pengusaha sukses yang perlu didasarkan pada prinsip-prinsip yang tepat dan strategi-strategi yang kuat untuk mengembangkan bisnis. Banyak pengusaha muda Indonesia berhasil menjadi terkenal di luar negeri dan ini adalah sebuah motivator untuk generasi muda. Menjadi seorang pengusaha muda sangat bangga. Karena di usia produktif mampu berpikir secara mandiri di bangunan upaya tekad dan semangat yang kuat. Menjadi seorang pengusaha memiliki banyak keuntungan yang diperoleh, yaitu kami dapat memiliki hubungan yang luas, meningkatkan pendapatan kita sendiri dan menambah wawasan. Selain itu, tentu saja kita dapat menyalurkan hobi atau bakat yang dimiliki. Anda percaya instincts, pernah menyesal kesulitan atau gagal untuk mengalahkan Anda, bangkit dan optimis.


Kata kunci: Kewirausahaan, sukses, lebih muda, bisnis




1.   PENDAHULUAN
            Pengangguran di Indonesia yang semakin meningkat tiap tahunnya, peluang kerja yang kecil, serta pendidikan yang rendah menjadi pemicu seseorang untuk mendirikan sebuah usaha kecil dan sederhana. Tanpa memikirkan dampak dan resiko dalam berwirausaha, seseorang yang mempunyai tekad kuat untuk memulai usaha akan mempunyai semangat tinggi untuk bekerja keras membangun dan menjalankan usaha tersebut. Dengan bermodalkan skill dan

kemampuan dalam mengelolanya, seseorang bisa mendapatkan profit yang menjanjikan.

Bagi kalangan masyarakat yang berpendidikan tinggi, kebanyakan dari mereka mencari pekerjaan di perusahaan besar atau menjadi pekerja kantoran. Semakin tinggi pendidikan mereka, semakin tinggi pula minat bekerja.

Ada banyak faktor yang menjadi alasan anak muda untuk memilih berwirausaha :

1.   Waktu luang

Ini bisa memakan waktu lama. Awalnya Anda akan bekerja lebih lama dengan hasil sedikit. Tapi jika Anda melakukannya dengan benar, Anda bisa mulai menguasai jadwal Anda dan kebebasan yang Anda punya.

2.   Mencari uang

Anak-anak muda ingin selalu memiliki uang tambahan untuk bekal hidupnya. Berbagai keinginan dan keperluan yang harus dipenuhi menjadi kebutuhan pokok anak muda dalam kelangsungan hidupnya. Dengan berwirausaha menjadi jalan untuk bisa menambah pemasukan.

3.   Kebanggaan.

Bila Anda membangun sesuatu yang sukses, itu adalah perasaan yang hebat. Anda memiliki sebuah visi, mampu mengeksekusinya dan tidak dapat menuai keuntungan dari mengatakan "Saya melakukan ini."

4.   Berbuat baik

Dengan berwirausaha tentu kita telah melakukan sesuatu yang baik, tidak hanya untuk keuntungan sendiri tetapi berharap bisa bermanfaat bagi orang lain.
5.   Kebaruan

Sebagai manusia yang menyukai pengalaman baru, tapi jarang Anda bisa mengalami sejumlah hal baru dari dalam bilik Anda. Ini semua berubah saat Anda menjalankan usaha. Memulai bisnis Anda sendiri akan memastikan Anda akan selalu menghadapi tantangan baru dan mengalami sesuatu yang baru.

6.      Menjadi seorang yang ahli Dengan menjalankan sebuah usaha

dan terus menekuni, maka kita telah berhasil menjadi seorang ahli dalam jenis bidang usaha yang kita pilih.

7.   Keterampilan

Memiliki keterampilan sendiri terdorong untuk memulai membangun sebuah usaha. Dengan menjadi seorang entrepreneur tentu kita akan mengasah keterampilan yang dimiliki.
8.   Minat

Jika mempunyai minat atau passion berwirausaha maka tentu akan senang dan bersungguh-sungguh dalam membangun usaha tersebut.

2.   METODE
 Rasio wirausaha Indonesia mengalami kenaikan yang sebelumnya hanya 1,67%, kini menjadi 3,1%. Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga mengatakan, Gerakan Kewirausahaan Nasional (GKN) adalah gerakan yang tumbuh dari bawah sehingga memiliki pondasi yang kuat untuk berkembang. Hal itu yang antara lain membuat rasio wirausaha Indonesia yang pada 2013/2014 lalu masih 1,67% kini, berdasarkan data BPS sudah naik menjadi 3,1 persen.
Menteri Koperasi Puspayoga menjelaskan, berdasarkan data BPS 201 dengan jumlah penduduk 252 juta, jumlah wirausaha non pertanian yang menetap mencapai 7,8 juta orang atau 3,1%. Dengan demikian, tingkat kewirausahaan Indonesia telah melampaui 2% dari populasi penduduk sebagai syarat minimal suatu masyarakat akan sejahtera.

Menkop mengakui, rasio wirausaha sebesar 3,1% itu masih lebih rendah dibandingkan dengan negara lain, seperti Malaysia 5%, Cina 10%, Singapura 7%, Jepang 11%, maupun AS yang 12%. Setidaknya, rasio sudah di atas batas minimal 2% dan dirinya meyakini hal itu akan terus berkembang.

Menurut dia, tumbuhnya wirausaha tak lepas dari peran masyarakat bersama pemerintah yang terus mendorong, juga swasta dan kalangan mahasiswa atau kampus. Puspayoga mengajak mahasiswa peminat wirausaha untuk memanfaatkan sim kredit murah seperti KUR dengan suku bunga 9%, LPDB dengan suku bunga 0,2%-0,3% per bulan ataupun yang sekarang baru diluncurkan kredit ultra mikro dengan maksimum pinjaman Rp 10 juta.

"Pengusaha muda harus menjadi social entrepreneur, yang tidak mengejar

keuntungan semata, namun juga bermanfaat bagi lingkungan sekitar," ucapnya.

Saat ini kewirausahaan memang sedang trend, tak sedikit kalangan muda yang terjun dalam bidang ini. Menjadi seorang entrepreneur banyak sekali keuntungan yang diperoleh, yaitu kita dapat memiliki relasi yang luas, menambah pendapatan sendiri dan menambah wawasan. Selain itu tentu kita bisa menyalurkan hobi atau bakat yang dimiliki. Dengan mendapatkan peluang bertemu dengan banyak orang baru dan bisa memiliki tabungan sendiri, bukankah itu dinamakan sukses?

Survey dari Reynolds & White (1997) yang menunjukkan bahwa kewirausahaan telah menjadi gaya hidup dan karir bagi banyak orang. Tahun demi tahun kewirausahaan di Indonesia semakin tumbuh dan berkembang, ini menjadi bukti bahwa negara Indonesia berada dititik kesejahteraan yang baik. Dan mayoritas dari mereka yang menjalankan usaha dengan hubungan hidupnya merasa menyenangkan.

  3.       HASIL DAN PEMBAHASAN
            Entrepreneur muda seperti Reza Nurhilman, Sunny Kamengmau dan Nicholas Kurniawan, mereka adalah pemuda yang sangat menginspirasi banyak orang khususnya yang berminat menjadi pengusaha. Mereka ada yang berasal dari pendidikan yang tinggi, bahkan ada yang tidak tamat SMA. Tetapi berwirausaha mengubah dunia mereka. Kini mereka berhasil menyandang sebagai pengusaha muda sukses. 
Berawal dari nol dengan berjualan kecil, kemudian memulai membuka usaha baru, mengalami jatuh bangun, bangkit lagi dan terus mengelola serta

mengembangkan usahanya dengan didasari prinsip-prinsip berwirausaha, maka hasilnya pun cukup menjanjikan. Berkat kerja keras keringat mereka yang sangat melelahkan akhirnya terbayar dengan sangat bangga.

Berbagai jenis bidang usaha yang diciptakan entrepreneur di Indonesia. Mereka sukses memasarkan produk usahanya hingga terkenal keluar negeri seperti produk tas dan makanan. Ada juga yang menjalin hubungan bisnis dengan pengusaha luar negeri.

Anak muda yang mencoba menjalani usaha baru meski dengan modal kecil, pantas menjadi contoh temannya untuk berwirausaha juga. Anak muda cenderung memiliki banyak ide-ide kreatif dan wawasan luas untuk memulai usaha. Bisa merintis sendiri ataupun bekerja sama dengan temannya.

Berikut beberapa jenis bidang usaha yang banyak dipilih para wirausaha baru adalah :
1.   Usaha Kuliner
   Seperti : makanan ringan, minuman dingin yang berasa, kue-kue, dan sebagainya.


2.   Usaha Aksesoris 
Seperti : jam tangan, anting, gelang, dan sebagainya.

3.   Usaha Pendidikan

Seperti : Pendidikan untuk anak sekolah dan umum melalui berbagai media seperti video, koran, dan seminar.


Sedangkan jenis-jenis usaha yang banyak diminati oleh anak muda adalah :

1.   Usaha Kuliner

Usaha kuliner sangat cocok bagi siapapun yang menyukai memasak dan mencoba membuat resep masakan baru. Selama semua orang masih bisa merasakan lapar dan memiliki indera pengecap, dengan membuka usaha kuliner yang baru dan unik pasti selalu ramai konsumen.


2.   Usaha kerajinan tangan

Dengan memiliki jiwa kreatif dan imajinasi yang luas, kerajinan tangan bisa

menjadi pilihan untuk memulai berwirausaha. Bahkan bisa menghasilkan omset yang menjanjikan dengan nilai seni yang tinggi.


3.   Fashion

Berpenampilan menarik umumnya diutamakan bagi kalangan muda. Karena merupakan kebutuhan pokok dan mengikuti perkembangan dunia fashion, tidak heran bisnis ini banyak digemari konsumen.


Setelah menentukan jenis usaha sesuai skill dan kemampuan, seorang wirausaha harus menerapkan prinsip kewirausahaan, diantaranya :
1.   Optimis

Dalam memulai sebuah usaha harus optimis bahwa usaha yang kita jalankan akan berhasil baik.


2.   Ambisius
Seorang yang ambisius adalah orang yang percaya diri bisa mengejar yang diimpikan.
3.       Dapat membaca peluang pasar Menjadi  seorang  entrepreneur  harus
bisa membaca peluang pasar, tidak hanya untuk memulai usaha tetapi dalam mengembangkan usaha sebagai pondasi.

4.   Sabar

Dalam menjalankan sebuah usaha harus diikuti rasa sabar agar dalam setiap langkahnya bisa dinikmati dan berjalan dengan baik meskipun mengalami jatuh bangun berulang kali.

5.   Tekun

Salah satu kunci sukses dalam berwirausaha adalah tekun. Jika sering merasa malas, maka usaha yang dijalani pun terhambat dan akan mengalami rugi.
6.   Semangat

Untuk menjadi sukses perlu semangat yang tinggi dalam bekerja keras dan menerima keadaan apapun selama menjalankan usaha.
7.   Mandiri

Seorang yang berwirausaha harus mandiri dalam memulai usahanya, mampu berfikir luas dan kritis, serta bijak dalam mengambil keputusan.
8.       Berani mengambil resiko

Memiliki tekad kuat untuk berwirausaha berarti berani mengambil resiko. Banyak resiko yang terjadi nantinya ketika sedang menjalankan sebuah usaha.

9.   Jujur

Bersikap jujur selain mencerminkan kepribadian, sangat menentukan usaha yang dijalankan akan seperti apa kedepannya.

10. Kreatif 
Memiliki jiwa kreatif sangat penting untuk menghasilkan suatu produk yang kita buat. Ide-ide kreatif yang muncul akan menjadi pertimbangan untuk mengembangkan usaha yang dijalani.menghadapi banyak tantangan yang mengurangi kemungkinan keberhasilan dan kelangsungan hidup mereka, oleh karena itu, penelitian tentang strategi kewirausahaan sebagian besar berfokus pada tantangan pengusaha tertentu. 
1.      Percaya pada naluri Anda Pengusaha yang sukses dan berpikiran

independen tahu kapan harus mempercayai naluri mereka. Badan penelitian yang berkembang dari sejumlah bidang termasuk ekonomi, neurologi, dan psikologi kognitif menegaskan bahwa intuisi adalah bentuk pengetahuan yang sesungguhnya. Ini adalah keterampilan yang dapat Anda kembangkan yang sangat berharga di lingkungan bisnis yang paling kacau dan liquid, ketika Anda harus membuat keputusan penting dan bertekanan tinggi pada saat itu juga. Pada saat seperti itu, intuisi biasanya mengalahkan analisis rasional. Mempercayai naluri Anda juga memberi semangat Anda untuk menjalankan gagasan dan usaha baru yang belum teruji, bahkan ketika tidak ada orang lain yang percaya pada mereka. Ini tentang melihat kebutuhan akan produk atau layanan baru dan hanya dengan mengetahui bahwa Anda dapat mewujudkannya. Anda mungkin tidak memiliki uang tunai di tangan untuk melakukan studi pasar atau melakukan kelompok fokus, namun Anda tetap mempertaruhkan reputasi dan uang Anda atas gagasan itu. Mengapa? Karena itulah yang dikatakan oleh nalurimu.

2.   Jangan       Pernah       Menyesal Kesulitan atau Gagal Mengalahkan Anda

Jangan menerima batasan yang dimiliki orang lain atau keadaan di atas Anda. Rangking pengusaha sukses dipenuhi pria dan wanita yang menolak untuk berhenti percaya pada diri mereka sendiri, terlepas dari cemoohan orang lain atau kegagalan yang memilukan di masa lalu.

3. Pergilah Berburu Harta Karun dan Temukan ceruk dibawah. Di dunia bisnis, tidak ada yang lebih menarik daripada menemukan ceruk yang kurang terlayani yang mewakili pasar yang menguntungkan yang tidak dapat dilihat dan ditargetkan oleh orang lain. Itu seperti menemukan emas batangan di pantai yang penuh sesak ada disana untuk dilihat orang lain, tapi Andalah yang memperhatikan kilau emas di pasir. Bahkan perusahaan multi-miliar dolar besar pun tidak bisa menawarkan sesuatu untuk semua orang. Cari cara untuk mengisi ceruk jalan yang bisa dilakukan oleh pemula kecil sekalipun. Banyak ceruk terlalu kecil untuk diperhatikan perusahaan raksasa.

4. Mulai saja 
Jika Anda memiliki ide untuk bisnis, yakin itu akan berhasil, dan bersedia mendorong diri Anda lebih keras daripada sebelumnya, lalu ambil resiko dan mulailah. Jika naluri Anda mengatakan bahwa ide bisnis ini adalah pemenang, ambil tindakan sekarang juga. Waktu "sempurna" untuk peluncuran bisnis tidak akan pernah muncul dengan sendirinya. Lebih sering daripada tidak, menunggu hanya memberi calon pesaing kesempatan untuk mengalahkan Anda sampai pukulan. Banyak yang menghadapi rintangan finansial yang luar biasa. Meskipun demikian, mereka melihat peluang pasar dan meraihnya.

5.       Eksploitasi Kelemahan Pesaing Anda dan Jadikan Kekuatan Anda. 
Pengusaha paling tajam memiliki kemampuan untuk melihat dunia dari sudut pandang pelanggan mereka. Kualitasitubisamembantu mengidentifikasi kelemahan dan kekurangan pesaing Anda. Jika pesaing nomor satu Anda memiliki reputasi untuk pengiriman lambat, misalnya, pastikan pengiriman Anda tiba dalam waktu yang lebih singkat. Libatkan dan dengarkan pelanggan untuk mengidentifikasi kelemahan tersebut.

Ada beberapa keterampilan penting untuk entrepreneur muda diantaranya : 
1.      Keterampilan manajemen dan kepemimpinan.
2.      Kemampuan networking dan komunikasi.
3.      Merencanakan  rencana  bisnis
4.       Keterampilanpemasaran digital.


Hal-hal yang biasa menjadi kendala seseorang dalam memulai usahanya adalah :

1.      Kesulitan modal

Seringkali jika seseorang ingin memulai usaha terkendala pada modal, atau kekurangan modal ketika sedang


2.       Takut gagal dan tidak mau mengambil resiko

Terlalu banyak pikiran untuk memulai sebuah usaha yang akhirnya membuat diri menjadi pesimis. Sebaiknya jika sudah berniat untuk memulai membangun usaha harus bisa berani menghadapi apapun tantangan yang akan terjadi kedepannya. Tetaplah optimis, karena untuk menjadi seorang pengusaha sukses harus melewati berbagai tantangan yang tidak mudah.

3.       Mencari pemasok dan menjual produk

Kesulitan dalam mencari pemasok dan menjual produk usaha juga sering dialami oleh para wirusaha. Saat ini teknologi semakin berkembang dan gunakan media-media yang ada untuk mempermudah usaha Anda.
4.       Bisnis yang tidak sesuai dengan skill dan kemampuan sendiri.

Jika kita ingin memulai membuka sebuah usaha harus dipikirkan dan dipertimbangkan jenis bidang usaha yang akan kita pilih harus sesuai dengan hati. Jangan sampai salah pilih yang akhirnya menjadi beban dan meyulitkan hidup kita.

5.   Rasa malas dan kurang percaya diri

Seorang yang ingin berwirausaha harus menjauhi rasa malas. Jadikan malas sebagai musuh dalam hidup. Jika kita sering mengeluh ataupun malas, maka apa yang kita harapkan dan sudah direncanakan tidak akan tercapai. 

Menjadi seorang wirausaha yang sukses tentu tidak hanya membanggakan diri sendiri, tetapi keluarga, masyarakat dan negara. Ciri-ciri seorang wirausaha yang sukses adalah :
1.            Minat        dan        Motivasi.

Meski ada banyak sifat yang membuat seorang entrepreneur sukses, mungkin yang terpenting adalah minat dan motivasi.

2.                          Tak Takut Mengambil Resiko.

Pengusaha adalah pengambil resiko, siap terjun jauh ke masa depan ketidakpastian. Tapi tidak semua pengambil resiko adalah

pengusaha sukses. Apa yang membedakan pengusaha sukses dari yang lain dalam hal resiko? Pengusaha sukses bersedia mengambil resiko waktu dan uang mereka untuk hal-hal yang tidak

diketahui, namun mereka juga menyimpan sumber daya, rencana dan bandwidth untuk menangani "hal-hal yang tidak diketahui" yang diketahui. Ketika mengevaluasi resiko, seorang pengusaha sukses akan bertanya kepada dirinya sendiri, "Apakah resiko ini





berharga untuk biaya karir, waktu dan uang saya?" Dan, "Apa yang akan saya lakukan jika usaha ini tidak berhasil?"

3.                        Kepercayaan diri, Kerja Keras

danDedikasiyangDisiplin.

Pengusaha percaya diri dan berdedikasi pada proyek mereka. Fokus mereka yang intens dan kepercayaan pada gagasan mereka mungkin salah paham sebagai sikap keras kepala, tapi kemauan untuk bekerja keras dan menentang peluang yang membuat mereka sukses.

4.                        Beradaptasi   dan   Fleksibel.

Menjadi bergairah dan berdedikasi adalah penting, namun tidak fleksibel mengenai kebutuhan klien atau pasar akan menyebabkan kegagalan. Ingat, usaha kewiraswastaan bukan hanya tentang melakukan apa yang Anda yakini baik, tapi juga membuat bisnis yang sukses darinya. Pengusaha sukses menyambut semua saran untuk pengoptimalan atau penyesuaian yang dapat meningkatkan penawaran mereka dan memuaskan kebutuhan klien dan pasar.

5.                        Pengetahuan Produk dan Pasar.

Pengusaha tahu produk mereka di dalam dan di luar. Mereka juga tahu pasar. Sebagian besar menjadi sukses karena mereka menciptakan sesuatu yang belum ada atau mereka secara signifikan memperbaiki produk yang ada setelah mengalami frustrasi dengan cara kerjanya. Sisa karena tidak sadar akan perubahan kebutuhan pasar, pergerakan pesaing dan

faktor eksternal lainnya dapat menyebabkan produk hebat gagal.





4. KESIMPULAN

Menjadi seorang entrepreneur sejati yang sukses dan bermanfaat adalah dengan mengumpulkan ilmu sebanyak mungkin dan menuangkannya dalam bidang usaha sesuai minat Anda. Dengan meningkatnya jumlah wirausaha di Indonesia sangat berpengaruh terhadap kemajuan perekonomian Indonesia.

 DAFTAR PUSTAKA
[1]   Budiman. Rasio Wirausaha Indonesia Naik Menjadi 3.1%. 2017. 
[2]       Brian.  Pengertian  Kewirausahaan,Ciri-ciri Wirausaha, dan Tujuan Berwirausaha. 2017.
[3] Science Daily. Learning Entrepreneurship: Starting Business is a matter of adequate training. 2015. 

[4]  Ansoff, H. I. "The concept of corporate strategy." Homewood, IL: Irwin (1987).

[5] Renee and M Don. 16 Women and Men Who Built Great Businesses Share Their Entrepreneurial Strategies For Success. 2013.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar