Kamis, Mei 9

Komunikasi Dengan Model Kepemimpinan


Abstrak
 Manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup tanpa orang lain. Dalam kehidupan manusia dituntut untuk membangun relasi atau komunikasi dengan sesama disekitarnya.
Manusia juga dituntut memenuhi kebutuhan untuk bertahan hidup. Relasi yang dibangun oleh seseorang dengan orang disekitarnya bukan hanya semata untuk kepentingan oranglain tetapi juga menjadi tolak ukur bagi diri sendiri, khususnya dalam memimpin diri sendiri maupun  menjadi seorang pemimpin ditengah masyarakat.

Kata kunci: pemimpin, komunikasi, relasi.


Pendahuluan
Komunikasi adalah salah satu tuntutan penting dalam keberlangsungan hidup, tanpa komunikasi kehidupan akan terasa kurang. Komunikasi juga yang membantu kita memahami bahwa relasi sangat penting terhadap diri kita dan oranglain. Permasalahan yang kerap kali terjadi adalah ketidakpahaman atau kurangnya pengetahuan komunikasi atau relasi yang baik terhadap sesama, padahal itu juga merupakan suatu cara penilaian dalam memimpin diri kita ataupun menjadi pemimpin untuk banyak orang.

Kemampuan untuk memimpin dapat dilihat dari cara orang berkomunikasi, memberikan pengaruh 
atau nilai-nilai positif kepada pihak yang sedang berkomunikasi. Secara utuh seseorang memiliki naluri yang besar untuk menjadi seorang pemimpin, minimal untuk diri mereka sendiri. Dari sini dapat kita pahami lebih dalam bahwa komunikasi dapat menjadi tolak ukur kepantasan seseorang untuk memimpin bahkan model kepemimpinannya.

1.      Pengertian komunikasi dan kepemimpinan

Menurut Achmad S. Ruky, komunikasi merupakan proses pemindahan dan pertukaran pesan, dimana pesan ini dapat berbentuk fakta, gagasan, perasaan, data atau informasi dari seseorang kepada orang lain. Proses ini dilakukan dengan tujuan untuk mempengaruhi dan atau mengubah informasi yang dimiliki serta tingkah laku orang yang menerima pesan tersebut.

Komunikasi adalah proses dimana seseorang melakukan interaksi biasanya secara lisan. Pada umumnya komunikasi dibagi menjadi dua bagian yaitu verbal (langsung) dan nonverbal (tidak langsung) contohnya ketika berkomunikasi degan bahasa isyarat dengan menggunakan gerak-gerak tubuh atau bahasa tubuh lainnya yang dipahami kedua pihak yang sedang melakukan komunikasi.

Kepemimpinan berasal dari kata dasar “pimpin” yang berarti dituntun atau dibimbing sedangkan kepemimpinan berarti suatu keadaan seseorang mengepalai, menuntun ataupun membimbing.

2.      Pentingnya komunikasi

Ada beberapa pentingnya komunikasi yang dapat disimpulkan:
·         Bertukar pikiran
·         Memahami kekurangan oranglain
·         Memahami karakter oranglain
·         Menyelesaikan suatu masalah
·         Menjalin hubungan
·         Meningkatkan percaya diri
·         Meningkatkan motivasi bagi diri dan oranglain

3.      Hubungan antar Komunikasi dan Model Kepemimpinan

Komunikasi sangat berpengaruh pada model kepemimpinan seseorang. Berbeda cara berkomunikasi berbeda pula model kepemiminannya.
Kita pilah beberapa kasus atau relevansi yang hampir sama dengan topik ini.

            Joko Widodo adalah orang yang sederhana dipandang oleh beberapa orang yang kemudian juga berpengaruh pada model kepemimpinannya yang cenderung lesehan, blusukan, terjun kelapangan tanpa menghiraukan kata-kata orang yang berkata seorang pemimpin negara yang tidak takut untuk kotor ataupun kata-kata lainnya.
            Seorang mahasiswa yang ingin melakukan bimbingan sebelum skripsi,  sekalipun ia kuliah dijurusan ilmu komunikasi akan menjadi permasalahan jika kemampuan berkomunikasinya kurang khususnya terhadap dosen yang akan memberikan bimbingan kepadanya jika dia dapat berkomunikasi dengan baik.

Kesimpulan
Manusia tidak terlepas dengan yang namanya komunikasi sekalipun keadaan sesulit apapun. Tingkat kompromi terhadap komunikasi sangat tinggi dengan eksisting model kepemimpinan. Komunikasi pula yang dapat mempengaruhi model kepemimpinan seseorang dapat berbeda satu sama yang lain.

 Daftar Pustaka
Manuati Dewi. 2012. Model Kepemimpinan Efektif. Jurnal Universitas udayana. Dalam http://id.portalgaruda.org/?ref=browse&mod=viewarticle&article=13603. Diunduh 15 November 2012.
Anonim. KBBI. Pengertian komunikasi menurut para ahli. Di searching 29 Maret 2018. Dalam https://kbbi.web.id/komunikasi.
Kresensia. 2014. Hubungan Kepemimpinan dan Oraganisasi. Kompasiana. Dalam https://www.kompasiana.com/www.kresensia_01.com/hubungan-kepemimpinan-dan-komunikasi-dalam-organisasi_54f7a3ffa333112a1f8b464e. Diunduh15 April 2014.
Fauzi, Imfron. 2008. Model Kepemimpinan. Blogspot. Dalam https://imronfauzi.wordpress.com/2008/06/15/model-model-kepemimpinan/. Diunduh 15 Juni 2008.
Amalia, dkk. 2013. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal Bumi Indonesia. Dalam http://id.portalgaruda.org/?ref=browse&mod=viewarticle&article=123827. Diunduh 28 Februari 2013.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar