Jumat, Mei 10

Komunikasi Kaitannya Dengan Kepemimpinan

Oleh : Aris Akbar Setiawan (41618010012)

Abstrak


Komunikasi kepemimpinan merupakan salah satu topik yang menarik untuk dibahas keterkaitannya dengan komunikasi organisasi. Seorang pemimpin organisasi harus memiliki gaya komunikasi kepemimpinan yang tepat agar bisa membawa organisasinya mencapai tujuannya.

Komunikasi kepemimpinan yang baik akan memastikan tiap anggota organisasi bisa mengerjakan tugasnya dengan baik. Dalam komunikasi kepemimpinan, terdapat banyak aspek yang bisa diperhatikan. Banyak pula teori komunikasi kepemimpinan yang patut untuk diketahui bersama.

A  Kepemimpinan
Kepemimpinan (leadership) adalah proses dalam mengarahkan dan mempengaruhi para anggota dalam melakukan berbagai aktivitas di suatu organisasi. Proses disini, bagaimana pemimpin menggunakan pengaruhnya untuk memperjelas tujuan organisasi pada bawahannya, memotivasi mereka untuk memcapai tujuan organisasi dan membantu menciptakan suasana kerja agar para karyawan bisa produktif dalam bekerja. Kepemimpinan merupakan hal yang penting untuk dimiliki seorang pemimpin, kemampuan untuk dapat mempengaruhi orang lain tanpa menggunakan kekuatan, sehingga orang yang dipimpinnya menerima sebagai sosok yang layak untuk memimpin.

Hal-hal yang menyebabkan seseorang menjadi pemimpin :1.    Tradisi, menjadi pemimpin karena warisan/keturunan2. Kekuatan pribadi, menjadi pemimpin karena memiliki kemampuan, baik fisik maupun kecakapannya.3.    Pengangkatan atasan, menjadi pemimpin karena diangkat oleh atasannya.4. Pemilihan, menjadi pemimpin berdasarkan hasil pemilihan yang sudah dilakukan Seorang pemimpin yang sukses adalah seseorang yang dapat menciptakan kerjasama antara internal environment, yakni keseluruhan perusahaan seperti karyawan, kegiatan produksi, pemasaran, administrasi, finansial, dan lainnya dengan external environment, yakni hal-hal luar yang dapat mempengaruhi perusahaan seperti perekonomian, teknologi, politik, kebijakan pemeritah, konsumen, kompetitor dan lainnya. 

B.  Komunikasi
Komunikasi adalah proses penyampaian dan pertukaran informasi sekurang-kurangnya antara 2 pihak yang berperan sebagai pengirim (sender) dan penerima (receiver) dengan menggunakkan berbagai media yang ada. Komunikasi memiliki beberapa elemen penting, yaitu :1.  Komunikasi melibatkan orang-orang, sehingga komunikasi yang efektif terkait dengan bagaimana orang-orang dapat berinteraksi satu sama lain dengan lebih efektif.2. Dalam komunikasi terjadi penyampaian dan pertukaran informasi dan pengertian, sehingga agar proses ini dapat terjadi dan dapat dipahami, maka pihak-pihak yang berkomunikasi perlu meyadari dan mengerti berbagai istilah dalam berkomunikasi.
3. Komunikasi dapat berupa bentuk simbolis seperti angaka, suara, hurus, bahasa tubuh, dan lainnya.

 Arti penting komunikasi.
Sebenarnya komunikasi itu sangatlah penting, semua orang tahu, karena ini merupakan basic instinct dari setiap makhluk hidup. Setiap makhluk punya cara komunikasi masing-masing, setiap manusia pun tak lepas dari cara dia melakukan komunikasi.Kemudian kita tidak bisa membeda-bedakan bahasa, suku, adat, kebiasaan, tradisi maupun agama karena pada dasarnya berkomunikasi, menyampaikan pesan itu asal dilakukan dengan baik dan benar, serta dalam keadaan saling terbuka, fikiran jernih tanpa sentimen dan perasaan negatif, pasti maksud yang ingin disampaikan dapat diterima.
B. Jenis-jenis proses komunikasi.Jenis-jenis pada komunikasi terbagi menjadi enam diantaranya adalah :
  • Komunikasi intrapribadi (intrapersonal communication) adalahkomunikasi dengan diri sendiri, baik kita sadari atau tidak. Misalnyaberpikir.
  • Komunikasi antarpribadi (interpersonal communication) adalah komunikasi antara orang-orang secara tatap muka, yang memungkinkan respon verbal maupun nonverbal berlangsung secara langsung.
  • Komunikasi kelompok merujuk pada komunikasi yang dilakukan sekelompok kecil orang (small-group communication).
  • Komunikasi publik adalah komunikasi antara seorang pembicara dengan sejumlah orang (khalayak), yang tidak bisa dikenali satu persatu.
  • Komunikasi organisasi (organizational communication) terjadi dalam suatu organisasi, bersifat formal dan informal, dan berlangsung dalam jaringan yang  lebih  besar  dari  komunikasi
  • Komunikasi massa (mass communication) adalah komunikasi yangmenggunakan media  massa  cetak  maupun  elektronik  yang dikelola sebuah lembaga.
*Proses Komunikasi :
Apakah  yang  dimaksud dengan proses komunikasi ? Proses komunikasi adalah bagaimana komunikator bisa menyampaikanpesan kepada komunikannya, sehingga dapat menciptakan suatu persamaan makna antara komunikan dengan komunikatornya. Dan juga proses komunikasi ini bertujuan untuk menciptakan komunikasi yang efektif (sesuai dengan tujuan komunikasi pada umumnya).


 *Komunikasi yang efektif. pengertian komunikasi yang efektif itu adalah Kegiatan komunikasi yang sudah menjadi sebagian besar kegiatan kita dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari antar teman/pribadi, kelompok, organisasi atau massa. Misalnya tercapainya kesepahaman, bertambahnya informasi, dan perubahan sikap pada teman/orang lain. Jadi komunikasi efektif itu seperti saling bertukar pendapat,dll. pengertian komunikasi yang efektif itu adalah Kegiatan komunikasi yang sudah menjadi sebagian besar kegiatan kita dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari antar teman/pribadi, kelompok, organisasi atau massa. Misalnya tercapainya kesepahaman, bertambahnya informasi, dan perubahan sikap pada teman/orang lain. Jadi komunikasi efektif itu seperti saling bertukar pendapat,dll.
Daftar Pusataka



Tidak ada komentar:

Posting Komentar